Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Evaluasi dan laporan Pameran Seni Rupa Kelas 12 SMA/MA

Materi Evaluasi dan laporan Pameran Seni Rupa Kelas 12 SMA/MA - Pagi adik adik yang baik, jangan lupa untuk selalu menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan. Oiya pada kesempatan yang baik ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai materi yang sudah dipersiapkan, seperti biasa materi yang kakak bagikan juga dilengkapi dengan Rangkuman dan Latihan soal serta pembahasan yang memudahkan adik adik memahami isi dari materi. Materi ini kakak ambil dari Materi Evaluasi dan laporan Pameran Seni Rupa Kelas 12 SMA/MA. Semoga bermanfaat yah.

Materi Evaluasi dan laporan Pameran Seni Rupa Kelas 12 SMA/MA
Materi Evaluasi dan laporan Pameran Seni Rupa Kelas 12 SMA/MA

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran tiga ini, siswa diharapkan dapat : 
  1. Mengevaluasi hasil penyelenggaraan pameran karya seni rupa.  
  2. Menyusun penulisan laporan hasil evaluasi pameran karya seni rupa. 
  3. Mempresentasikan laporan penyelenggaraan pameran di luar secara lisan dan tulisan.  

B. Uraian Materi 

LAPORAN EVALUASI KEGIATAN PAMERAN 
 
Evaluasi adalah kegiatan melihat, memperhatikan, kemudian mengoreksi kembali dari satu , pelaksanaan pameran atau tahap dua, sampai tahap tiga atau tahap akhir kegiatan pameran. Apakah ada kesulitan, atau keganjalan, hambatan-hambatan apa yang sekiranya perlu diatasi pada kegiatan berikutnya.  

Dari hasil evaluasi tersebut tentunya akan didapat sebuah keuntungan-keuntungan diantaranya : 
  1. Dengan diadakannya evaluasi diharapkan kegiatan berikutnya dapat berjalan lebih baik dan lebih lancar dibanding yang telah lalu.  
  2. Prediksi anggaran dapat diketahui dengan akurasi sekitar 90 persen. Data sebelumnya akan memberikan informasi mengenai jumlah anggaran yang akan dikeluarkan nantinya. 
  3. Evaluasi merupakan sarana memperbaiki diri dan meningkatkan kualitas kegiatan sebuah pameran. 
Demikian beberapa keuntungan yang diperoleh jika panitia mengadakan evaluasi. Untuk mengabadikan hasil evaluasi, perlu adanya laporan pertanggung jawaban yang biasa kita kenal atau disingkat dengan sebutan LPJ. 

Setelah berakhirnya kegiatan pameran, panitia harus menyusun laporan kegiatan pameran secara tertulis. Laporan pameran khususnya pameran seni rupa dibuat sebagai bentuk pertanggung jawaban atas keterlaksanaannya pameran.  
 
Laporan kegiatan pameran tidak hanya berisi hal-hal yang baik saja, tetapi juga kekurangan dan kelemahan dalam penyelenggaraannya. Laporan pameran juga berfungsi sebagai alat evaluasi sehingga kelemahan dan kekurangan dalam penyelenggaraan pameran dapat diperbaiki oleh panitia pada kegiatan pameran yang akan datang. Dalam kegiatan pameran di sekolah, laporan ini ditujukan kepada kepala sekolah sebagai pihak yang bertanggung jawab terhadap segala kegiatan di sekolah. Laporan kegiatan juga diberikan kepada sponsor utama jika pihak sponsor memintanya kepada seniman atau lembaga kesenian professional yang memamerkan karyanya. Sebagai penyandang dana utama kegiatan pameran, pihak sponsor umumnya ingin mengetahui apakah dana yang diberikannya digunakan secara baik dan bertanggung jawab oleh panitia.  

Jika demikian tentunya adanya LPJ maka tentu akan menghasilkan beberapa manfaat LPJ diantaranya sebagai berikut :  
  1. Dapat dijadikan acuan untuk kegiatan berikutnya karena digunakan sebagai bahan perencanaan kegiatan berikutnya. 
  2. Memberikan semangat para donatur sebab uangnya benar-benar digunakan dalam kegiatan. 
Laporan kegiatan , umumnya memiliki bentuk yang sama dengan Proposal. Namun pada bagian anggaran diganti dengan Laporan keuangan , kemudian ditambahkan Evaluasi kegiatan. Dibawah ini adalah contoh penulisan Evaluasi kegiatan pada laporan pameran : 

Kesimpulannya adalah bahwa kegiatan pameran merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi siswa, dengan kegiatan pameran maka siswa dilatih untuk berorganisasi, siswa dilatih untuk mengemukakan pendapatnya, siswa dilatih untuk berdiskusi, menghormati pendapat orang lain, dan siswa dilatih etika bermusyawarah. Intinya adalah kegiatan pameran adalah sarana melatih siswa untuk terus berlatih, jika nanti benar-benar sudah terjun dalam masyarakat secara nyata, maka siswa tersebut tidak kesulitan dalam berorganisasi. 
 
Melakukan hal positif semacam ini akan memunculkan beberapa keuntungan yang luar biasa. Dengan berorganisasi siswa diharapkan menjadi lebih kreatif, inovatif, memiliki kecerdasan tinggi, Miliki integritas tinggi, Berkualitas, dan dilengkapi dengan akhlaqul karimah, sehingga siswa menjadi generasi yang sudah siapa untuk melanjutkan perjuangan generasi yang sudah tidak muda lagi. 

C. Rangkuman 

Evaluasi yang dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui berbagai hambatan yang dihadapi oleh setiap seksi, cara memgatasi persoalan yang ada serta mengetahui keadaan keuangan pada kegiatan yang dilaksanakan. Hasil evaluasi tersebut dapat dipergunakan sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan serupa pada masa yang akan datang. 
 
Selain memiki tujuan di atas, evaluasi juga memiliki manfaat diantaranya adalah sebagai berikut : 
  • Memberikan umpan balik bagi panitia maupun pihak lain. 
  • Sebagai tolak ukur atas keberhasilan suatu kegiatan. 
Evaluasi dilaksanakan setelah kegiatan pameran dan penyelenggaraan selesai dan pelaksanaan evaluasinya sebaiknya tidak terlalu lama dari pelaksanaan pameran, bahkan lebih cepat lebih baik. Namun demikian, hendaknya panitia diberi waktu yang cukup untuk mempersiapkan laporan tentang hal-hal yang telah dikerjakan, yang terdiri dari : 

D. Penugasan Mandiri (optional) 

Buatlah sebuah kegiatan pameran kecil-kecilan bersama teman atau keluargamu dan carilah lebih banyak lagi dari sumber-sumber yang lainnya cara membuat laporan evaluasi pameran karya seni rupa. Kemudian cobalah membuat laporan evaluasi tentang pameran yang sudah kamu laksanakan. Tulislah laporannya pada kertas putih dengan tulisan tangan yang rapih. 

E. Latihan Soal 

1. Apakah yang dimaksud dengan evaluasi pameran ? 
2. Mamfaat apa saja yang kamu dapatkan jika melaksanakan kegiatan evaluasi ? 
3. Susunlah kerangka laporan kegiatan Pameran seni rupa! 

Pembahasan dank unci jawaban  
1. Evaluasi adalah kegiatan melihat, memperhatikan, kemudian mengoreksi kembali kegiatan pameran yang telah di laksanakan.  
2. Manfaat melaksanakan kegiatan evaluasi merupakan pengalaman dan pembelajaran untuk pelaksanaan kegiatan pameran tahap selanjutnya.  Apakah ada kesulitan, hambatan-hambatan apa yang sekiranya perlu diatasi pada kegiatan berikutnya.  
3. Susun kerangka laporan kegiatan Pameran seni rupa 
a. Pendahuluan  
b. Nama kegiatan 
c. Waktu dan tempat pelaksanaan  
d. Tujuan 
e. Kepanitiaan  
f. Penggunaan Anggaran 
g. Penutup 

E. Latihan Soal 

No.

                                    Pertanyaan  

Jawaban  

1.

Apakah kamu dapat menjelaskan pengertian dari evaluasi pameran ? 

Ya

Tidak

2 .

Apakah kamu mengetahui keuntungan dari melaksanakan kegiatan evaluasi ?

Ya

Tidak

3 .

Apakah              kamu    mengetahui       kata       lain        dari               laporan pertanggungjawaban?

Ya

Tidak

4 .

Apakah kamu dapat menjelaskan mengapa laporan pameran harus dibuat ?

Ya

Tidak

5 .

Apakah kamu dapat menyebutkan manfaat dari laporan evaluasi pameran ? 

Ya

Tidak

6. 

Apakah              kamu    mengetahui       kapan   evaluasi               harus dilaksanakan ?

Ya

Tidak


Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Evaluasi dan laporan Pameran Seni Rupa Kelas 12 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

#
Evaluasi dan laporan Pameran Seni Rupa File ini dalam Bentuk pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • kerangka laporan kegiatan pameran seni rupa
      • evaluasi pameran adalah
      • manfaat evaluasi pameran
      • susunlah kerangka laporan kegiatan pameran seni rupa
      • manfaat apa saja yang kamu dapatkan jika melaksanakan kegiatan evaluasi
      • jelaskan sarana penunjang kelengkapan pameran
      • sebutkan dan jelaskan bagian-bagian yang harus dievaluasi pada saat berakhirnya pameran!
      • hasil karya seni rupa merupakan bentuk dari
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022