Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Persiapan dan Penyelenggaraan Pameran Seni Rupa Kelas 12 SMA/MA

Materi Persiapan dan Penyelenggaraan Pameran Seni Rupa Kelas 12 SMA/MA - Halo adik adik yang baik apa kabar? mudah mudahan dalam keadaan baik baik saja, kebetulan kakak ingin menyampaikan kepada adik adik mengenai protokol kesehatan yang di anjurkan oleh pemerintah, dengan cara menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan. Oiya pada kesempatan yang baik ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai Materi Persiapan dan Penyelenggaraan Pameran Seni Rupa dari mata pelajaran Seni Budaya untuk adik adik Kelas 12 SMA/MA. Semoga bermanfaat yah.

Materi Persiapan dan Penyelenggaraan Pameran Seni Rupa Kelas 12 SMA/MA
Materi Persiapan dan Penyelenggaraan Pameran Seni Rupa Kelas 12 SMA/MA

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 2 ini,  siswa diharapkan  dapat : 
  1. Menyusun rencana pameran karya seni rupa. 
  2. Memilih karya yang baik dan layak untuk dipajang pada ruangan pameran. 
  3. Menyiapkan perlengkapan yang harus ada pada ruang pameran. 
  4. Mendekorasi ruang pameran sehingga dapat dibuat semenarik mungkin. 
  5. Menyelenggarakan pameran seni Rupa 

B. Uraian Materi 

1. Menyiapkan dan memilih karya 
 
Syarat utama terselenggaranya sebuah pameran adalah ketersediaan karya, karena karya-karya tersebut adalah inti dari kegiatan pameran seni rupa. 

Sesuai dengan salah satu persyaratan pameran, keberadaan karya mutlak diperlukan. Untuk memperoleh karya yang akan dipamerkan, kalian perlu mempersiapkan karya yang akan dipamerkan.  
 
Materi/karya pameran seni rupa disekolah terdiri dari tiga sumber, yaitu sebagai berikut : 
  1. Materi pameran dari koleksi karya tugas-tugas siswa terbaik misalnya seni lukis, desain, kriya, atau karya yang lain yang dipilih oleh guru atau panitia dan dikoleksi selama satu semester. 
  2. Materi pameran dari karya-karya siswa yang dibuat atas kehendak sendiri, diluar tugas yang diberikan oleh guru di sekolah. 
  3. Materi pameran dari karya-karya siswa yang memenangkan lomba kesenirupaan seperi seni lukis, desain, kriya, logo, animasi, dan lain-lainbaik ditingkat lokal, nasional, maupun internasional yang pernah diraih oleh siswa. 
Jenis karya yang dipamerkan ini dapat ditentukan satu jenis karya saja atau campuran dari berbagai jenis. Penentuan jenis karya ini akan mempengaruhi perlengkapan pameran yang harus di sediakan. Sebagai contoh jika kebanyakan yang dipamerkan adalah karya seni rupa dua dimensi maka kemungkinan besar panitia pameran harus menyediakan tempat untuk menggantung karya-karya tersebut. Sebaliknya jika karya yang dipamerkan kebanyakan karya seni rupa tiga dimensi, maka tempat untuk meletakkan karya tersebut harus mendapat perhatian lebih besar. 
 
Aspek lain yang perlu diperhatikan dalam penentuan karya pameran adalah kaitan pameran dalam budaya masa kini, maka pameran yang diselenggarakan dapat mencerminkan sesuai perkembangan kebudayaan saat pameran tersebut dilaksanakan, misalnya karya seni rupa masa kini menggunakan media dan teknologi baru yang telah dipraktekan oleh sebagian siswa seperti computer art, video art, web art, digital painting, dan lain-lain, sehingga pengunjung pameran mendapatkan sajian yang baru dengan wawasan seni masa kini. 
 
2. Menyiapkan perlengkapan pameran 
 
Pelaksanaan pameran mencakup kegiatan pelaksanaan kerja panitia secara bersama-sama, penataan ruang, pelaksanaan pameran dan penyusunan laporan. Pelaksanaan pameran memerlukan perlengkapan (sarana dan prasarana) agar karya yang dipamerkan dapat diapresiasi dengan baik, sehingga tujuan pameran sesuai yang diharapkan.  Perlengkapan tersebut meliputi : 

1. Sekat partisi (panel/panil), untuk menata karya berdasarkan jenis atau temanya, dapat digunakan sebagai pengatur aliran pengunjung juga. 

Gambar 1. Panel karya 
https://encryptedtbn0.gstatic.com/image 
2. Katalog pameran atau buku pameran yang berisi kuratorial atau teks pernyataan/gagasan kurator terhadap tema dan karya yang dipamerkan, gambar dan teks pernyataan/gagasan seniman terhadap karya yang diperlihatkan pada pameran. 
Gambar 2. Katalog 
https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images 
3. Buku tamu, untuk menampung data para pengunjung yang akan berguna sebagai laporan akhir dan evaluasi pameran. 
Gambar 3. Buku Tamu 
https://encrypted tbn0.gstatic.com/images 
4. Pencahayaan, seperti lampu sorot untuk memperjelas penampilan karya-karya yang dipamerkan, lampu penerangan, lampu ambient, dsb. 
   
5. Stand display merupakan tempat yang digunakan untuk memajang karya seni rupa tiga dimensi, biasanya berupa kotak kaca yang ditata sedemikian rupa dengan lightning untuk memperindah tampilan karya seni. 
Gambar 5. Stand Display https://encryptedtbn0.gstatic.com/images 
6. Poster, x-banner, brosur dan media penunjang display lainnya. Terkadang beberapa pameran juga biasanya menampilkan seni instalasi untuk mengganti penunjang display ini. 
 
3. Penataan Ruang Pameran 
 
Penataan dilakukan dengan mengikuti rancangan denah yang telah dipersiapkan sebelumnya. Beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam penataan ruang pameran seni rupa adalah : 

1. Karya yang memiliki hue warna kuat, tidak didekatkan dengan komposisi warna yang lebih rendah atau halus. Hal ini dimaksudkan agar karya dengan komposisi warna halus tidak terbandingkan terhadap warna yang lebih terang sehingga tampak lebih pucat. 
2. Karya yang memiliki komposisi warna ringan hendaknya tidak diletakan pada ruangan yang gelap, karena akan semakin memperlemah visual warnanya. 
3. Pencahayaan tidak boleh menyilaukan mata pengunjung. 
4. Pemasangan karya harus hampir sejajar dengan pandangan mata pengunjung, tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah, untuk meningkatkan kenyamanan pemandangnya. 
  
Gambar 6. Penempatan Karya dua dimensi 
https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images 
Jika pemasangan karya harus lebih tinggi dari pengunjung, maka condongkan karya kebawah, sehingga lebih mudah dilihat dari bawah. 

5. Letakan karya tiga dimensi pada karya yang dapat dinikmati dari berbagai sudut pandang. 
  
Gambar 7. Penempatan Karya tiga dimensi 
https://docplayer.info/docsimages/62/46806375/images/20-0.jpg 
Gambar 8. Kelompok karya berdasarkan ukurannya. 
https://encrypted-tbn0.gstatic.com 
Penataan alur arus pengunjung perlu disesuaikan dengan kondisi ruang, di antaranya pengaturan lalu lintas pengunjung dalam ruang dengan satu pintu dan dua pintu. 
Gambar.9 Denah ruang pameran 
https://3.bp.blogspot.com/-xs6VuE4jSj4/WZ_Cwa6wnaI 
Letakan beberapa dekorasi penunjang lain seperti pot bunga, atau instalasi lain untuk membuat ruangan menjadi tampak lebih segar dan indah. 
6. Perhatikan suhu ruangan, pastikan ventilasinya baik atau gunakan AC jika diperlukan. 
7. Sediakan tempat sampah, terutama ditempat tersedia kudapan. 
 
4. Pelaksanaan Pameran 

Setelah perencanaan dan persiapan pameran selesai dilakukan, barulah kita menuju pada tahap pelaksanaan pameran. 

Tahapan pelaksanaan pameran meliputi : 
  1. Menerima tamu undangan dan mempersilakan tamu untuk mengisi buku tamu. 
  2. Membagikan katalog pameran kepada pengunjung pada saat memasuki ruang pameran. 
  3. Pembukaan pameran dilakukan oleh Kepala Sekolah sesuai jadwal yang ditentukan. 
  4. Selama berlangsungnya pameran, terdapat beberapa panitia yang ditempatkan di sekitar pameran. Panitia bertugas memberikan informasi kepada pengunjung mengenai karya seni yang dipamerkan. 
  5. Tahap evaluasi dan pelaporan. 
         Setelah pelaksanaan pameran berakhir, seluruh panitia berkumpul dan mengevaluasi seluruh kegiatan. Segala keberhasilan dan kekurangan dicatat dan dilaporkan oleh masing-masing bagian dari kepanitiaan. Setelah seluruh data ditampung, laporan pertanggungjawaban penyelenggaraan pameran seni akan disusun dan disampaikan kepada kepala sekolah.  

C. Rangkuman 

Persyaratan utama yang harus dipenuhi dalam penyelenggaraan pameran adalah ketersediaan karya-karya seni yang akan dipamerkan. Faktor lainnya yang mendukung kegiatan pameran adalah ruang dan pengunjung pameran. Panitia penyelenggara pameran perlu dibentuk untuk menata dan mengatur kegiatan pameran sejak perencanaan, persiapan hingga pelaksanaannya. Kelancaran proses penyelenggaraan dipengaruhi pula oleh kemampuan kerjasama panitia sesuai beban tugas dan tanggung jawabnya masing-masing.  
 
Tahapan Persiapan hingga penyelenggaraan pameran meliputi : 
  1. Menyiapkan dan memilih karya 
  2. Menyiapkan perlengkapan pameran 
  3. Penatan ruang pameran 
  4. Pelaksanaan pameran 

D. Penugasan Mandiri (optional) 

Amatilah dari berbagai macam media elektronik maupun cetak bagaimana proses penyelenggaraan pameran seni rupa berjalan. Jika perlu, datanglah kalian ke museum atau pameran seni rupa untuk dapat melihat secara langsung apa saja yang terdapat di dalam museum atau pameran seni rupa yang sedang berlangsung. Mulai dari penataan ruang, penataan karya, pencahayaan, alur pengunjung yang datang, dan lain sebagainya. Diharapkan setelah mengamati, kalian dapat menambah pengetahuan kalian tentang pameran karya seni rupa.  
 

E. Latihan Soal 

  1. Sebutkan tiga hal pokok yang harus diperhatikan agar pameran dapat berjalan dengan baik ? 
  2. Bagaimana cara memajang dan menata hasil karya seni rupa dua dan tiga dimensi untuk dipamerkan ? jelaskan masing-masing. 
  3. Jelaskan lima hal yang perlu diperhatikan dalam penataan ruang pameran ? 
  4. Dalam menata ruang pameran, bagaimana pengaturan alur pengunjung yang baik sehingga pelaksanaan pameran berjalan dengan lancar dan teratur ? 
  5. Apa fungsi stand display dalam pameran seni rupa ? 
Pembahasan dan  Kunci jawaban  
1. Hal pokok yang harus diperhatikan pada kegiatan pameran diantaranya: 
  • Tersedianya karya yang dipamerkan  
  • Mempersiapkan perlengkapan pameran  
  • Penataan  ruang pameran  
2. Cara memajang dan menata hasil karya seni rupa dua dan tiga dimensi pada kegiatan pameran, karya dua dimensi di pajang sejajar dengan mata atau diatas mata, karya yang di pajang diatas mata sebaiknya condong kebawah. Sementara karya tiga dimensi diletakan pada posisi yang dapat dinikmati dari berbagai arah 
3. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penataan ruang pamer diantaranya:  
  • Penataan alur arus pengunjung perlu disesuaikan dengan kondisi ruang yang tersedia 
  • Pemasangan karya harus sejajar dengan pandangan mata pengunjung, untuk meningkatkan kenyamanan pandangan 
  • Kelompokkan karya berdasarkan ukurannya 
  • Karya yang memiliki komposisi warna ringan hendaknya tidak diletakan pada bagian ruangan yang memiki cahaya yang cukup. 
  • Pencahayaan tidak boleh menyilaukan mata pengunjung. 
4. Dalam menata ruang pameran, pengaturan alur lalulintas pengunjung perlu diperhatikan, bedakan pintu masuk dan pintu keluar untuk ruangan yang memiliki dua pintu, sedangkan pada ruangan  satu pintu buatlah petunjuk arah untuk menuntun pengunjung.  
5. Stand display dalam ruang pamer berfungsi sebagai tempat pemajangan karya tiga dimensi  

F. Penilaian Diri 

No.

                                    Pertanyaan  

Jawaban  

1.

Apakah kamu mengetahui hal pokok yang harus diperhatikan agar pameran dapat berjalan lancar ? 

Ya

Tidak

2 .

Apakah kamu mengetahui cara menata karya seni rupa ?

Ya

Tidak

3 .

Apakah kamu dapat menjelaskan bagaimana penataan ruang pameran yang baik ?

Ya

Tidak

4 .

Apakah kamu mengetahui fungsi dari stand display ?

Ya

Tidak

5 .

Apakah kamu dapat menjelaskan alur pengunjung yang baik sehingga pelaksanaan pameran berjalan teratur ?

Ya

Tidak


Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Persiapan dan Penyelenggaraan Pameran Seni Rupa Kelas 12 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

#
Persiapan dan Penyelenggaraan Pameran Seni Rupa File ini dalam Bentuk pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • contoh pameran seni rupa
      • pameran seni rupa di indonesia
      • contoh tema pameran seni rupa
      • manfaat pameran seni rupa
      • contoh perencanaan pameran seni rupa
      • tahap persiapan pameran
      • jenis pameran seni rupa
      • pameran seni rupa adalah
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022