Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Mempresentasikan Konsep Berkreasi Musik Kontemporer Kelas 12 SMA/MA

Materi Mempresentasikan Konsep Berkreasi Musik Kontemporer Kelas 12 SMA/MA - Halo adik adik yang baik apa kabar? semoga dalam keadaan baik baik saja, kebetulan kakak ingin membagikan kepada adik adik berupa materi yang sudah dipersiapkan, materi ini kakak ambil dari mata pelajaran Seni Budaya tentang seni Musik yang pembahasannya adalah Mempresentasikan Konsep Berkreasi Musik Kontemporer Kelas 12 SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa membantu adik adik. Semangat yah.

Materi Mempresentasikan Konsep Berkreasi Musik Kontemporer Kelas 12 SMA/MA
Materi Mempresentasikan Konsep Berkreasi Musik Kontemporer Kelas 12 SMA/MA

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah mempelajari materi pembelajaran diharapkan siswa dapat : 
  1. Menjelaskan aspek pembaharuan karya musik kontemporer 
  2. Mengidentifikasi musisi terkenal musik kontemporer 

B. Uraian Materi 

a. Aspek Pembaharuan Pada Musik Kontemporer 

Pembaharuan dalam musik kontemporer adalah munculnya hal hal yang berbeda dari musik pada umumnya . Aspek – aspek pembaharuan yang muncul dalam karya karya musik kontemporer adalah :  
  1. Tema Musik yang tidak umum untuk menjadi sebuah karya musik, tema musik pada musik kontemporer  biasanya merupakan idealisme seniman untuk mengungkapkan kepekaan perasaannya dalam menghadapi fenomena kehidupan. Tema cinta dalam musik popular yang begitu mendominasi, tidak akan menarik bagi musisi kontemporer, seniman musik kontemporer lebih tertarik mengangkat kritik sosial dan kepekaan nya merespon permasalahan dalam kehidupan.  
  2. Pengunaan Instrumen dalam penggarapan musik kontemporer tidak hanya berupa penggabungan alat musik tradisional dan alat musik modern saja , namun juga dengan menggunakan sumber bunyi yang tidak biasa di gunakan seperti sendok, garpu, panci, kaleng bekas dll. 
  3. Penggabungan berbagai genre musik yang kemudian menjadi jenis musik yang baru bisa dikatakan sebagai musik kontemporer, namun ketika gabungan genre itu menjadi mapan dan sdh sering disajikn maka sudah tidak bisa disebut sebagai musik kontemporer lagi, contoh perpaduan musik dangdut dengan musik hip hop serta rap dalam Bahasa jawa pada karya berjudul Sayang yang dipulerkan oleh Via Vallen. 
  4. Penggunaan komputer dan perangkat digital untuk media membuat program musik yang terhubung dengan sound system, suara suara yang tidak ada dalam alat musik bisa digali dan di install pada komputer, sehingga tercipta karya yang benar benar baru. 
  5. Penggunaan akord akord yang tidak ada dalam ilmu harmoni tradisional barat, misalnya nada do sampai dengan nada si yang dibunyikan bersamaan pada karya Eric Witacre, penggunaan 2 akord secara bersamaan, akor akord disonan, sehingga menimbulkan politonalitas dan atonalitas. 
b. Musisi Musik Kontemporer Indonesia 

Beberapa musisi musik kontemporer yang terkenal di Indonesia antara lain : 
 
1)  Slamet Abdul Syukur  
Slamet Abdul Syukur lahir di Surabaya 30 juni 1935, dan wafat pada 24 maret 2015, beliau menuliskan rekam jejak yang tidak biasa dalam dunia musik kontemporer Indonesia. Ia bahkan mendapat penghargaan tertinggi dari pemerintah  Perancis untuk musik dan karena konsisten memajukkan musik di Indonesia.  
Gambar 7 : Slamet Abdul Syukur sastra 
Sumber : https://surabaya.tribunnews.com 
Dalam karya-karyanya, ia memakai desir angin, gesekan daun, gemericik air, bunyi gesekan sapu di jalanan, bunyi ketiak yang ditutup dengan telapak tangan, dan perbincangan orang-orang di sekitarnya dalam mengeksplorasi musiknya. Selain itu, ia juga pernah membuat paduan suara dari orangorang bersuara sengau dan mengumpulkan 200 anak pemulung sampah untuk bernyanyi sambil bermain instrumen bambu. Judul karya musik kontemporer Slamet Abdul Syukur antara lain : ‘Uwek- uwek”,  ”Sepur mendem”, “Tetabuhan sungut”, “Gelandangan” dll. 
 
https://tirto.id/slamet-abdul-sjukur-mengubah-wajah-musikkontemporer-indonesia-ehfn 
 
2). Harry Roesli  
Harry Roesli tak bisa dilepaskan sebagai salah satu musisi legendaris di belantika musik Indonesia. Ia disebut-sebut sebagai tokoh yang melahirkan budaya musik kontemporer yang berbeda, komunikatif, dan gencar menyuarakan kritik sosial. Beberapa karya musiknya yang terkenal di antaranya : “Musik Rumah Sakit” ( 1979 dan 1980 di  Jakarta), “Parenthese”, “Musik Sikat Gigi” (1982 di Jakarta),  Opera Ikan Asin, dan Opera Kecoa.  
Gambar 8 : Harry Roesli 
 Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Harr y_Roesli#/media/File:Harry_Roesli.j pg 
 
Jika kita menyimak karya Harry Roesli seolah unsur pembaharuan yang di sajikan sudah bukan hal yang baru dan unik lagi, namun tema kritik sosial, perpaduan musik trdisonal dan barat, teknik permainan dan perpaduan genre yang disajikan menjadi hal yang sangat baru dan sangat berani di era th 80 an.  
 
3). Djadug Ferianto 
Gambar 9 : Djadug Ferianto 
 Sumber : https://www.google.com/imgres? 
 
Djaduk Ferianto adalah putra seniman besar Bagong Kusudiharjo, bersama kelompok musik Kua Etnika dan Sinten Remen, Djadug banyak memadukan elemen musik tradisional dan modern. Dalam karya musiknya, alat musik yang digunakan sudah sering kita lihat, hanya saja perpaduan yang belum pernah ada sebelumnya. Misalnya kendang dipadu dengan flute. Kekayaan dan keragaman etnis bunyi alat musik dari seluruh Nusantara menunjukkan kecintannya pada ibu pertiwi. Karya musik Djadug sangat beragam dan tidak semua karya nya masuk dalam kategori music kontemporer. Segar, kaya.unik, humoris dan menghibur menjadi karakter karya Djadug Ferianto yang memberi warna musik di Indonesia. 
 
4) I Nyoman Winda 
  
Gambar 10 : I Nyoman Winda 
Sumber : https://www.google.com/url? 
 
I Nyoman Winda mengarap musik kontemporer dengan komposisi baru, yaitu simfoni bambu yang dipadu dengan musik vokal. Berbeda sekali dengan musik tradisional Bali yang didominasi gamelan Bali yang lincah dan dinamis. Penggalian sumber bunyi baru, kolaborasi dengan genre musik Jazz, menjadi keberanian dan hal yang membedakan I Nyoman Winda dengan seniman musik Bali pada umumnya. https://speunand.blogspot.com/2010/11/tokoh-tokoh-musik-kontemporerindonesia.html 
 
c.  Musisi Musik Kontemporer Barat 

1.  Arnold Scoenberg 
Arnold Schoenberg (lahir, 13 September 1874 di Vienna - meninggal, 13 Juli 1951 di Los Angeles) adalah seorang komposer Austria - Amerika yang menciptakan metode baru komposisi berdasarkan baris, atau seri, dari 12 nada-a, metode ini disebut dengan keadaan tanpa nada.[1] Schoenberg juga salah satu guru paling berpengaruh abad ke-20. 
 
https://id.wikipedia.org/wiki/Arnold_S chonberg 
 
Gambar 11 : Arnold Scoenberg 

Sumber : https://www.google.com/url? 
 
2. John M Cage 
Gambar 12 : Jhon M Cage
Sumber : https://www.google.com/url? 
 
John Milton Cage Jr (5 September 1912 - 12 Agustus 1992) adalah seorang komposer Amerika, ahli teori musik, artis, dan filsuf. Sebagai pelopor ketidakpastian dalam musik, musik elektroakustik, dan penggunaan instrumen musik yang tidak standar, Cage adalah salah satu tokoh terkemuka avant-garde pasca-perang. Para kritikus memuji dia sebagai salah satu komposer paling berpengaruh di abad ke-20. [1] [2] [3] [4] Dia juga berperan dalam pengembangan tarian modern, sebagian besar melalui kerjasamanya dengan koreografer Merce Cunningham, yang juga pasangan romantis Cage untuk sebagian besar hidup mereka. Sampai saat ini karya Cage menjadi rujukan untuk mempelajari dan memahami music kontemporer.Kontroversi karya musik kontemporer  John Cage sampai saat ini masih terus menjadi perbincangan yang menarik untuk di bahas.  

https://en.wikipedia.org/wiki/John_Cage 

C. Rangkuman 

Aspek pembaharuan pada musik kontemporer meliputi tema musik, penggunaan instrumen, penggabungan genre, penggunaan perangkat digital sound dan penggunaan akord yang tidak umum. 
Musisi musik kontemporer tidak sebanyak musisi dari jenis musik lainnya. 

Musisi musik kontemporer menunjukan kepekaan nya terhadap permasalahan kehidupannya dan mengungkapkannya dalam karya musik yang sangat orisinil dan kreatif dengan menampilkan aspek pembahuruan dalam tiap karyanya. 
 

D. Penugasan Mandiri (optional) 

Amatilah dua contoh partitur music kontemporer  musik kontemporer karya musisi dalam negri dan karya musisi luar negeri, tuliskan apa perbedaan secara visual dari kedua  notasi karya  musik kontemporer tersebut. 

1. Notasi karya Slamet Abdul Sjukur tetabuhan Sungut 
  
Gambar 13 :  Notasi Karya Slamet

2. Notasi karya JOHN CAGE LIVING ROOM MUSIC To Begin 
Gambar 14 :  Notasi Karya John
 
Nyatakan pendapatmu ke dalam bentuk tulisan dan kerjakan pada lembar terpisah tugas mandiri, 

E. Latihan Soal 

Latihan 
Pilihlah jawaban yang paling tepat  ! 
 
1. Musik kontemporer menjadi musik yang sulit dipahami masyarakat pada umumnya, hal ini di sebabkan karena … 
a. memiliki tingkat kesulitan yang sangat tinggi dan rumit. 
b. tidak menghibur dan tidak berfungsi sebagai media komunikasi.. 
c. mengangkat tema tema yang tidak terpikirkan penonton. 
d. Tidak menggunakan alat musik yang standart 
e. Tidak memiliki konsep berkarya yang jelas. 
Kunci Jawaban : C 
Pembahasan : Dalam musik kontemporer,tema yang diangkat umumnya berkisar pada cinta,duka, dan gembira. Musik kontemporer mengusung tema yang seringkali "baru".Misalnya Tetabuhan Sungut karya Slamet Abdul Syukur,yang mengusung tema eksplorasi kemampuan bunyi mulut manusia. Dari segi pendengaran sulit dicerna maksudnya. 
 
2. Musik dangdut pada awalnya kemunculannya bias disebut sebagai musik kontemporer, karena merupakan hal baru dari pengembangan musik melayu hal ini sesuai dengan aspek pembaharuan pada musik kontemporer yaitu  
a. perubahan pada tema musik 
b. pembaharuan  genre musik 
c. perpaduan tradisi dan modern 
d. modernisasi teknik mmusik  
e. penggunakan akord akord yang unik 
Kunci Jawaban : B 
Pembahasan : Genre musik adalah pengelompokan musik sesuai dengan kemiripannya satu sama lain. Musik juga dapat dikelompokan sesuai dengan kriteria lain, misalnya geografi. Sebuah genre dapat didefinisikan oleh teknik musik, gaya, konteks, dan tema musik. 

3. Aspek pembaharuan pada karya musik kontemporer Djadug ferianto adalah… 
a. Tema musik yang merupakan kritik sosial yang komunikatif. 
b. penggunaan notasi musik auditif dan tindakan. 
c. penggunaan sumber bunyi yang tidak lazim seperti panci , gallon dll. 
d. memadukan alat musik konvensional berbagai etnis menjadi hal baru. 
e. mengemas musik kedalam humor yang menggelitik. 
Kunci Jawaban : D 
Pembahasan : Karya-karya Djaduk, terutama lewat kelompok Kua Etnika, seringkali terlihat "main-main", dengan menekankan aksen-aksen bunyi yang kuat, keras, cepat, dan mengentak. Disuguhkan dengan suasana riang gembira, tidak jarang juga terkesan lucu atau mbanyol. Tapi dari yang main-main itu sejatinya dilandasi dengan proses yang serius. Kekompakan musikal menjadi harga mati yang tak dapat ditawar. Bayangkan saja, semua musisi memainkan satu pola melodi yang sama dengan tempo yang sangat rapat. Satu saja salah, maka akan terlihat di mata dan terdengar di telinga penonton. 

4. “I can not understand why people are afraid of new ideas. I’m afraid of the old ones” merupakan pendapat dari … 
a. Slamet Abdul Syukur 
b. Harry Roesly 
c. Arnold Scoenberg 
d. Dieter Mack 
e. John M Cage 
Kunci Jawaban : E 
Pembahasan : John Milton Cage Jr. (Lahir 5 September 1912 – 12 Agustus 1992 pada 12 Agustus 1992 pada usia 79 tahun) adalah seorang komposer, teori musik, artis,dan filsuf asal Amerika Serikat. Pelopor ketidaknetralan dalam musik, musik elektroaklitik, dan penggunaan alat musik nonstandar,Cage adalah salah satu tokoh terkemuka dari avant-garde pascaperang. Para kritikus telah memujinya sebagai salah satu komposer paling berpengaruh di abad ke-20 

5. Tokoh musik Kontemporer yang menjadi  pengajar di Indonesia adalah … 
a. Karl Edmund Prier 
b. Arnold Scoenberg. 
c. Dieter Mack. 
d. John M Cage. 
e. Debussy.  
Kunci Jawaban : C 
Pembahasan : Lahir di Speyer, Jerman 65 tahun silam, Mack menekuni studi musik di Hochschule fur Musik Freiburg, tempat ia mempelajari komposisi di bawah gemblengan Klaus Huber dan Brian Feneyhough. Dia akrab dengan gamelan Bali dan sejak 1980 mengajar improvisasi serta gamelan Bali di almamaternya.Mack sempat menetap di Saba, Gianyar, selama satu tahun untuk mempelajari gamelan pa 1981. Marck ritin bolak balik ke Indonesia untuk belajar musik tradisional dan mengajar di sejumlah kampus, diantaranya di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung dan Institut Seni Indonesia Surakarta. 
 

F. Penilaian Diri 

No

Pernyataan

Ya

Tidak

Alasan

1

Saya mampu menjelaskan aspek pembaharuan musik kontemporer.

 

 

 

2

Saya mampu mengidentifikasi aspek pembaharuan musik kontemporer pada salah satu karya musisi kontemporer.

 

 

 

3

Saya mampu mengidentifikasi musisi musik kontemporer dari Indonesia dan luar negri.

 

 

 

4

Saya mampu menjelaskan karakteristik karya musisi musik kontemporer Indonesia

 

 

 


Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Mempresentasikan Konsep Berkreasi Musik Kontemporer Kelas 12 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

#
Mempresentasikan Konsep Berkreasi Musik Kontemporer File ini dalam Bentuk pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • teknik musik kontemporer
      • konsep musik kontemporer
      • sejarah musik kontemporer
      • contoh musik kontemporer dunia
      • ciri-ciri musik kontemporer
      • fungsi musik kontemporer
      • jenis musik kontemporer
      • tokoh musik kontemporer
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022