Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Merancang Dan Membuat Karya Seni Rupa (Reklame) Kelas 12 SMA/MA

Materi Merancang Dan Membuat Karya Seni Rupa (Reklame) Kelas 12 SMA/MA - Hai adik adik yang baik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu jangan lupa untuk selalu menggunakan masker menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan agar kesehatan selalu menyertai adik adik. Nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai materi yang sudah kakak susun yaitu Merancang Dan Membuat Karya Seni Rupa (Reklame) dari mata pelajaran Seni Budaya untuk adik adik Kelas 12 SMA/MA. Semoga bermanfaat yah.

Materi Merancang Dan Membuat Karya Seni Rupa (Reklame) Kelas 12 SMA/MA
Materi Merancang Dan Membuat Karya Seni Rupa (Reklame) Kelas 12 SMA/MA

A. Tujuan  

Setelah mempelajari materi dalam modul ini dengan baik, diharapkan siswa dapat membuat karya seni rupa (poster) 

B. Uraian Materi  

1. Pengertian Poster 

Poster adalah media publikasi yang terdiri atas tulisan, gambar atau kombinasi antar keduanya dengan tujuan memberikan informasi kepada khalayak ramai. Poster biasanya dipasang ditempat-tempat umum yang dinilai strategis seperti sekolah, kantor, pasar, mall dan tempat-tempat keramaian lainnya. Informasi yang ada pada poster umumnya bersifat mengajak masyarakat. 

Menurut wikipedia, pengertian poster adalah sebuah karya seni grafis yang dibuat dengan perpaduan antara huruf dan angka diatas kertas yang ukurannya relatif besar. Poster ini umumnya ditempel didinding atau permukaan yang relatif datar ditempat-tempat umum yang ramai agar informasi dan pesan yang ada didalam poster tersebut bisa tersampaikan kepada masyarakat. 
 
Gambar 8: Beberapa contoh poster.  https://encrypted-tbn0.gstatic.com 
2. Jenis Poster 

Berdasarkan dari isinya poster dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya sebagai berikut ini: 
a. Poster Layanan Masyarakat 
Poster yang berisikan informasi tentang pelayanan-pelayanan kepada masyarakat, seperti poster layanan kesehatan atau kesejahteraan masyarakat. 

Gambar 9: Poster Layanan Masyarakat https://encrypted-tbn0.gstatic.com 

b. Poster Niaga 
Poster yang berisikan tentang menjual dan mempromosikan suatu produk atau jasa yang dijual oleh perusahaan. 

Gambar 10: Poster niaga 
https://i.pinimg.com 
3. Poster kegiatan 

Poster yang berisikan tentang informasi pada suatu kegiatan yang akan dilaksanakan, supaya kegiatan tersebut diketahui oleh banyak orang dengan harapan orang-orang tersebut dapat menghadiri kegiatan yang akan di laksanakan. 
Gambar 11: Poster Kegiatan https://i0.wp.com/www.romadecade.org/wp-content 

4. Poster Karya Seni 
Poster yang sifatnya ekspresif dan belum tentu diartikan sama antara orang satu dengan orang lainnya. 
Gambar 12: Poster Karya Seni 
https://1.bp.blogspot.com /Poster_Karya_Seni.jpg 
  5. Poster Pendidikan 

Poster yang berisikan tentang informasi yang dapat memberikan pengarahan dan pendidikan kepada masyarakat. 
 
1. Ciri-ciri dan Syarat Poster 
Berikut ini adalah ciri – ciri umum dari sebuah poster: 
  • Desain grafis dari poster harus memuat komposisi yang terdiri atas huruf dan gambar di atas media kertas atau kain yang berukuran besar. 
  • Cara pengaplikasiannya dapat dengan cara ditempel pada dinding, tempat umum atau permukaan datar yang lain dengan sifat membidik perhatian mata semaksimal mungkin. 
  • Poster pada umumnya dibuat dengan perpaduan warna yang kuat dan kontras. 
  • Poster lazimnya mempergunakan bahasa yang singkat, jelas, tidak rancu agar mudah dipahami. 
  • Pesan yang ingin disampaikan sebaiknya disertai dengan gambar. 
  • Poster dapat dibaca secara sambil lalu. 
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan karya seni rupa poster: 
2. Unsur-Unsur Poster 
a. Tipografi : bentuk huruf yang cocok untuk membuat katakata/kalimat 
b. Illustrasi : gambar yang sesuai dan memperjelas poster 
 
3. Syarat Pembuatan Poster 
a. Estetis : poster yang mengandung nilai-nilai keindahan 
b. Etis : poster yang bresifat sopan dan santun/ mengandung norma kebaikan 
c. Persuasif : poster yang menarik perhatian orang banyak 
d. Edukatif : poster yang mengandung pendidikan/ajakan bebuat positif 
e. Harmonis : poster yang mengandung komposisi warna, bidang dan objeck yang selaras. 

4. Bentuk Poster 
a. Simetris : objeck gambar/ tulisan kanan-kiri seimbang 
b. Asimetris : objeck gambar/ tulisan kanan-kiri tidak seimbang 
 
Setelah membahas mengenai ciri-ciri poster, berikut ini adalah sedikit ulasan mengenai syarat sebuah poster: 
  • Poster wajib mempergunakan bahsa yang mudah dipahami. 
  • Susunan kalimat poster harus singkat, padat, jelas, tetapi berisi. 
  • Poster sebaiknya dikombinasikan dengan bentuk gambar. 
  • Poster harus mampu menarik minat khalayak. 
  • Media poster harus mempergunakan bahan yang tidak mudah rusak atau sobek. 
  • Ukuran poster sebaiknya disesuaikan dengan tempat atau lahan pemasangan serta target pembaca.  
  • Sementara itu, hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat poster adalah: 
  • Gambar dibuat mencolok dan sesuai dengan ide yang akan dikomunikasikan. 
  • Kata-kata yang digunakan dalam poster harus efektif, sugestif, serta mudah diingat. 
  • Jenis font sebaiknya adalah jenis yang mudah dibaca dan dengan size yang besar. 
5. Tujuan Poster 
Secara umum tujuan dan maksud dibuatnya poster adalah sebagai media publikasi agar masyarakat bisa membacanya dan melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang ada dalam poster tersebut. 
Tetapi secara khusus maksud dan tujuan dibuatnya poster tergantung dengan apa yang diinginkan pembuat, bisa untuk tujuan komersil, mencari simpati publik, mencari perhatian masyarakat, dan lain sebagainya. 
 
6. Mengomunikasikan Karya Poster 
Setiap karya seni, pada umumnya akan disajikan kepada masyarakat atau audiens. Ketika karya seni itu hadir di dalam masyarakat, maka disitulah terjadi interaksi antara audiens dan karya seni tersebut. Disitu karya seni dinikmati, diamati, diapresiasi, sehingga timbullah proses komunikasi. Dalam mengamati sebuah karya seni rupa, apresiator dapat dengan bebas menilai, mencari, dan menggali makna visual dari sebuah karya seni rupa tersebut. Fungsi seni dalam masyarakat dibagi menjadi dua bagian yaitu fungsi rekreasi dan fungsi komunikasi. Fungsi seni di masyarakat yang berhubungan dengan rekreasi atau wisata, apabila karya seni itu dikonsep atau diprogram untuk menarik wisatawan. Dalam hal ini para apresiator dapat menikmati sebuah karya seni secara langsung dan tidak lansung. Pengamatan secara langsung ini dapat kita jumpai misalkan pada pameran seni lukisan, pameran patung dan seni publik. Sedangkan apresiasi karya seni yang tidak langsung, mempunyai pengertian apabila karya seni tersebut tidak dijadikan konsep utama. Artinya sebuah karya seni tersebut hanya sebagai pelengkap dalam suatu acara atau bangunan. Ini dapat dijumpai misalkan lukisan yang terpajang di restaurant, hotel, dan perkantoran. 

Mengomunikasikan karya poster yang telah dibuat oleh peserta didik dapat dilakukan melalui presentasi karya di kelas atau melalui pameran. 
 
Gambar.13 pameran karya poster https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images 

Karya seni rupa dapat dikatakan berhasil menyampaikan pesan, apabila makna dari sebuah karya tersebut dapat dicerna dan dipahami oleh audiens atau apresiator. Kecenderungan karya seni rupa yang mempunyai muatan pesan, dapat dijumpai pada karya seni Poster. Dengan adanya karya-karya poster seperti poster, spanduk, neonbox, banner dan pamphlet, sebagai karya seni terapan yang penggunaannya lebih kepada fungsi komunikasi.  
 
7. Cara Membuat Poster 
Disini saya tidak akan menjelaskan mengenai bagaimana mendesain (menggambar) sebuah poster, namun yang akan dijabarkan adalah bagaimana langkah-langkah konseptual dari pembuatan poster itu sendiri.  
a. Tentukan Topik & Tujuan 
Pertama, Anda harus menentukan apa yang ingin dibahas dalam poster tersebut, apakah membahas produk kecantikan, kegiatan sosial, atau sebuah film animasi.  
Kemudian, tentukan pula alasan Anda membuat poster tersebut. Anda membuatnya untuk promosi? atau hanya sekedar sosialisasi. Tentunya, poster-poster promosi lebih membutuhkan riset serius dalam hal gambar, kata-kata, dan peletakan daripada sebuah poster sosialisasi program.  
 
b. Buat Kalimat Singkat dan Bersifat Mensugesti 
Poster biasanya dibaca secara sekilas oleh pengunjung. Sedikit sekali pejalan kaki atau pengendara yang berlama-lama di suatu tempat, hanya untuk membaca sebuah poster.  
Untuk itu, buatlah kalimat yang singkat agar bisa dibaca hanya dalam waktu beberapa detik saja. Nantinya, melalui bahasa singkat tersebut, maka pesan yang ditulis oleh para pembuat poster bisa tersampaikan dengan baik.  

Tetapi, jangan sampai kata-kata tersebut malah ambigu dan membuat para pembaca kebingungan. Buatlah kalimat yang jelas serta mensugesti orang untuk membeli atau melakukan sesuatu (terutama ketika Anda membuat poster promosi produk).  
 
c. Gunakan Gambar 
Gambar merupakan alat penyampai pesan yang paling menarik. Inilah mengapa berbagai poster saat ini menggunakan gambar dengan proporsi jauh lebih besar dibandingkan dengan tulisan. Gambar dengan warna-warna mencolok adalah jenis yang sebaiknya Anda gunakan demi pengunjung yang lebih banyak.  
 
d. Gunakan Media yang Tepat 
Media (tempat ditempelnya poster) akan menentukan apakah poster Anda banyak dilihat atau tidak. Jika Anda menempelkan poster di dinding-dinding yang ada di pasar, kemungkinan poster tersebut jauh lebih 'laris' ketimbang jika ditempel pada dindingdinding perkampungan. 

C. Rangkuman  

Dalam mengamati sebuah karya seni rupa, apresiator dapat dengan bebas menilai, mencari, dan menggali makna visual dari sebuah karya seni rupa tersebut. Fungsi seni dalam masyarakat dibagi menjadi dua bagian yaitu fungsi rekreasi dan fungsi komunikasi. Fungsi seni di masyarakat yang berhubungan dengan rekreasi atau wisata, apabila karya seni itu dikonsep atau diprogram untuk menarik wisatawan. Dalam hal ini para apresiator dapat menikmati sebuah karya seni secara langsung dan tidak lansung. 

Karya seni rupa dapat dikatakan berhasil menyampaikan pesan, apabila makna dari sebuah karya tersebut dapat dicerna dan dipahami oleh audiens atau apresiator. Kecenderungan karya seni rupa yang mempunyai muatan pesan, dapat dijumpai pada karya seni Poster.  

D. Latihan Soal 

Setelah memahami contoh di atas, buatlah sebuah poster non komersial dengan tema budaya lokal, cari inspirasi dari berbagai sumber. 
  1. Buat definisi atau pengertian seni poster yang kamu pahami! 
  2. Mengapa tujuan poster komersial ingin mencari keuntungan sebanyak-banyaknya! 
  3. Bagaimanakah poster non komersial dapat berfungsi maksimal untukmempengaruhi masyarakat! 

E. Penilaian Diri  

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jujur dan bertanggungjawab! 

 

No.

Pertanyaan

Jawaban

1.

Apakah Anda telah membaca dengan cermat materi di atas?

Ya

Tidak

2.

Apakah Anda telah memahami tahapan-tahapan di atas?

Ya

Tidak

3.

Apakah Anda berhasil mempraktekkannya?

Ya

Tidak

4.

Apakah Anda telah menganalisis peluang usaha berdasarkan jenis produk dan jasa?

Ya

Tidak

5.

Apakah Anda telah menganalisis peluang usaha berdasarkan minat dan daya beli konsumen?

Ya

Tidak

                 

Bila ada jawaban "Tidak", maka segera lakukan review pembelajaran, terutama pada bagian yang masih "Tidak". Bila semua jawaban "Ya", maka Anda dapat melanjutkan ke pembelajaran berikutnya 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 
Materi Merancang Dan Membuat Karya Seni Rupa (Reklame) Kelas 12 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

#
Merancang Dan Membuat Karya Seni Rupa (Reklame) File ini dalam Bentuk pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • merancang dan membuat karya seni rupa 3 dimensi
      • merancang karya seni rupa
      • merancang karya seni rupa 3 dimensi
      • merancang karya seni rupa terapan
      • merancang karya seni rupa tumbuh dari
      • contoh rancangan karya seni rupa
      • merancang karya seni rupa nusantara
      • membuat rancangan karya seni rupa
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022