Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Aspek Trigatra dan Pancagatra Wawasan Nusantara Mapel PKn kelas 10 SMA/MA

Materi Aspek Trigatra dan Pancagatra Wawasan Nusantara Mapel PKn kelas 10 SMA/MA - Halo adik adik yang baik apa kabar? semoga dalam keadaan baik saja. Salam sejahtera Anak anakku sekalian, Apa kabarnya hari ini, Selamat yah Kalian telah menyelesaikan pembelajaran 2 pada Modul 3. Untuk kegiatan Pembelajaran 2 kali ini, Kalian akan mempelajari materi tentang : “Aspek Trigatra dan Pancagatra Wawasan Nusantara” 

Materi Aspek Trigatra dan Pancagatra Wawasan Nusantara Mapel PKn kelas 10 SMA/MA
Materi Aspek Trigatra dan Pancagatra Wawasan Nusantara Mapel PKn kelas 10 SMA/MA

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 2 ini diharapkan Kalian dapat memahami Aspek  Aspek Trigatra dan Pancagatra dalam konsepsi Wawasan Nusantara sebagai Geopolitik Indoneasia 

B. Uraian Materi 



1) Letak dan Bentuk Geografis 
Indonesia terletak pada 6 LU – 11 LS, 95 BT – 141 BT, dilalui garis khatulistiwa yang ditengahtengahnya terbentang garis equator sehingga Indonesia mempunyai 2 musim yaitu musim hujan dan kemarau.  
 
2) Keadaan dan Kemampuan Penduduk 
Penduduk ialah semua orang yang menempati suatu daerah tertentu. Kemampuan penduduk yang tidak seimbang dengan pertumbuhan penduduk dapat menimbulkan ancaman-ancaman terhadap pertahanan nasional. Tiga faktor kependudukan yang sangat berpengaruh : 
➢ Kelahiran (Natalitas) 
➢ Kematian (Mortalitas) 
➢ Perpindahan (Migrasi) 
 
3) Keadaan dan kekayaan alam 
Sifat unik kekayaan alam yaitu jumlahnya yang terbatas dan penyebarannya tidak merata. Sehingga menimbulkan ketergantungan dari dan oleh negara dan bangsa lain. 
Bentuk sumber daya alam ada dua : 
➢ Dapat diperbarui 
➢ Tidak dapat diperbarui 

Sumber daya alam harus diolah atau dimanfaatkan dengan prinsip atau azaz : 
a. Azaz maksimal 
Artinya sumber daya alam yang dikelola atau dimanfaatkan harus betul-betul menciptakan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat. 
b.  Azaz lestarai 
Artinya pengolahan sumber daya alam tidak  boleh menimbulkan kerusakan lingkungan, menjaga keseimbangan alam. 
c. Azaz Berdaya saing 
Artinya bahwa hasil-hasil sumber daya alam harus bisa bersaing dengan sumber daya alam negara lain. 
bangsa. merupakan mengenai yang ingin diiperjuangkan dalam kehidupan nyata. 

Ideologi
Ideologi dapat dijabarkan kedalam sistem nilai kehidupan, yaitu serangkaiannilai yang tersusun secara sistematis dan merupakan kebulatan ajaran dan doktrin.Dalam strategi pembinaan ideologi ada beberapa prinsip yang harus diperhatikan yaitu : Ideologi harus diaktualisasikan dalam bidang kenegaraan oleh WNI‡ Ideologi sebagai perekat pemersatu harus ditanamkan pada seluruh WNI 

Ideologi harus dijadikan panglima, bukan sebaliknya‡ Aktualisasi ideologi dikembangkan kearah keterbukaan dan kedinamisan‡ Ideologi pancasila mengakui keaneragaman dalam hidup berbangsa dandijadikan alat untuk menyejahterakan dan mempersatukan masyarakat‡ Kalangan elit eksekutif, legislatif, dan yudikatif harus harus mewujudkancita-cita bangsa dengan melaksanakan GBHN dengan mengedepankankepentingan bangsa‡ Mensosialisasikan pancasila sebagai ideologi humanis, religius, demokratis,nasionalis, dan berkeadilan Tumbuhkan sikap positif terhadap warga negara dengan meningkatkanmotivasi untuk mewujudkan cita-cita bangsa 

Politik 
Dalam hal ini politik diartikan sebagai asas, haluan, atau kebijaksanaanyang digunakan untuk mencapai tujuan dan kekuasaan. Kehidupan politik dapat dibagi kedalam dua sektor yaitu sektor masyarakat yang memberikaninput dan sektor pemerintah yang berfungsi sebagai output.Sistem politik yang diterapkan dalam suatu negara sangat menentukankehidupan politik di negara yang bersangkutan. 

Sumber : slideshare.net 
Upaya bangsa Indonesiauntuk meningkatkan ketahanan di bidang politik adalah upaya mencari keseimbangan dan keserasian antara keluaran dan masukan berdasarkan pancasila dan merupakan pencerminan dari demokrasi Pancasila. 

Ekonomi
Kegiatan ekonomi adalah seluruh kegiatan pemerintah dan masyarakatdalam mengelola faktor produksi dan distribusi barang dan jasa untuk kesejahteraan rakyat. Upaya meningkatkan ketahanan ekonomi adalah upayameningkatkan kapasitas produksi dan kelancaran barang dan jasa secaramerata ke seluruh wilayah negara.Upaya untuk menciptakan ketahan ekonomi adalah Sistem ekonomi diarahkan untuk kemakmuran rakyat. 
Sumber : slideshare.net 
Ekonomi kerakyatan harus menghindari free fight liberalism, etatisme, dantidak dibenarkan adanya monopoli Struktur ekonomi dimantapkan secara seimbang dan selaras antarsektor Pembangunan ekonomi dilaksanakan bersama atas dasar kekeluargaan. Pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya harus dilaksanankan secaraselaras dan seimbang antarwilayah dan antarsektor Kemampuan bersaing harus ditumbuhkan dalam meningkatkan kemandirianekonomi. Ketahanan dibidang ekonomi dapat ditingkatkan melalui pembangunan nasional yang berhasil, namun tidak dapat dilupakan faktor-faktor non-teknis dapat mempengaruhi karena saling terkait dan berhubungan. 

Sosial budaya
Sosial budaya dapat diartikan sebagai kondisi dinamik budaya bangsa yang berisai keuletan untuk mengembangkan kekuatan nasional dalmmenghadapi dan mengatasi ATHG, baik dari dalam maupun luar, baik yanglangsung maupun yang tidak langsung, yang membahayakan kelangsunganhidup sosial NKRI berdasarkan pancasila dan UUD 1945. 

Sumber : sahabatnesia.com 
Sedangkan esensi ketahanan budaya adalah pengaturan dan penyelenggaraan kehidupan sosial budaya. Dengan demikian, ketahanan budaya merupakan pengembangan sosial budaya dimana setiap warga masyarakat dapat mengembangkan kemampuan pribadi dengan segenap potensinya berdasarkan nilai-nilai Pancasila. 
 
Pertahanan dan keamanan diartikan sebagai kondisi dinamik kehidupan pertahanan dan keamanan bangsa Indonesia yang berisi keuletandan ketangguhan yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi dan mengatasi ATHG yang membahayakan identitas, integritas, dan kelangsungan hidup bangsa berdasarkan pancasila dan UUD 1945. 

Ketahanan dibidang keamanan adalah ketangguhan suatu bangsa dalam upaya bela negara, dimana seluruh IPOLEKSOSBUD-HANKAM disusun,dikerahkan secara terpimpin, terintegrasi, terorganisasi untuk menjaminterselenggaranya Sistem Ketahan Nasional

Sumber : gurugeografi.id
Prinsip- prinsip Sistem Ketahanan Nasional antara lain :Bangsa Indonesia cinta damai tetapi lebih cinta kemerdekaan Pertahanan keamanan dilandasi dengan landasan ideal pancasila, landasankonstitusional UUD 1945, dan landasan visional wawasan nusantara Pertahanan keamanan negara merupakan upaya terpadu yang melibatkan segenap potensi dan kekuatan nasional Pertahanan dan keamanan diselenggarakan dengan Sishankamnas (Sishankamrata). 

Hubungan Antar Gatra Wawasan Nusantara
 
Antara Trigatra dan Pancagatra serta antar gatra itu sendiri terdapat hubungan timbal balik yang erat yang dinamakan korelasi dan interdependensi, dalam arti bahwa:  
  1. Ketahanan Nasional pada hakikatnya bergantung kepada kemampuan bangsa dan Negara di dalam mendayagunakan secara optimal gatra Alamiah (Trigatra) sebagai modal dasar untuk penciptaan kondisi dinamis yang merupakan kekuatan dalam penyelenggaraan kehidupan nasional (Pancagatra).  
  2. Ketahanan nasional adalah suatu pengertian holistic, yaitu suatu tatanan yang utuh, menyeluruh dan terpadu, dimana terdapat saling hubungan antar gatra didalam keseluruhan kehidupan nasional (Astagatra).  
  3. Kelemahan di salah satu gatra dapat mengakibatkan kelemahan di gatra lain dan mempengaruhi kondisi secara keseluruhan sebaliknya kekuatan dari salah satu atau beberapa gatra dapat didayagunakan untuk memperkuat gatra lainnya yang lemah, dan mempengaruhi kondisi secara keseluruhan.  
  4. Ketahanan Nasional Indonesia bukan merupakan suatu penjumlahan ketahanan segenap gatranya, melainkan suatu resultante keterkaitan yang integrative dari kondisi-kondisi dinamik kehidupan bangsa di bidang-bidang ideologi, politik, ekonomi, social budaya, pertahanan dan keamanan. 
Sumber : dosenppkn.com
Selanjutnya hubungan antar gatra, dikemukakan seperti uraian berikut:  
Harmonisasi
1. Gatra geografi, Karakter geografi komangputra.com sangat mempengaruhi jenis, kualitas dan persebaran kekayaan alam dan sebaliknya kekayaan alam dapat mempengaruhi karakter geografi.  
2. Antara Gatra Geografi dan Gatra Kependudukan; Bentuk-bentuk kehidupan dan penghidupan serta persebaran penduduk sangat erat kaitannya dengan karakter geografi dan sebaliknya karakter geografi 
mempengaruhi kehidupan dari Harmonisasi pendudukanya.  
3. Antara Gatra Kependudukan dan Gatra Kekayaan Alam; Kehidupan dan penghidupan pendudukan dipengaruhi oleh jenis, kualitas, kuantitas dan persebaran kekayaan alam, demikian pula sebaliknya jenis, kualitas, kuantitas dan persebaran kekayaan alam dipengaruhi oleh faktor-faktor kependudukan khususnya kekayaan alam yang dapat diperbaharui.  Kekayaan alam mempunyai manfaat nyata jika telah diolah oleh penduduk yang memiliki kemampuan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.  
4. Hubungan Antar gatra Dalam Pancagatra; Setiap gatra dalam Pancagatra memberikan kontribusi tertentu pada gatra-gatra lain dan sebaliknya setiap gatra menerima kontribusi dari gatra-gatra lain secara terintegrasi. 
  • Antara Gatra Ideologi dengan Gatra Politik, Ekonomi, Sosial-Budaya, Pertahanan dan Keamanan, dalam arti ideologi sebagai falsafah bangsa dan landasan idiil negara merupakan nilai penentu bagi kehidupan nasional yang meliputi seluruh gatra dalam Pancagatra dalam memelihara kelangsungan hidup bangsa dan pencapaian tujuan nasional. 
  • Antara Gatra Politik dengan Gatra Ideologi, Ekonomi, Sosial Budaya, Pertahanan dan Keamanan; Berarti kehidupan politik yang mantap dan dinamis menjalankan kebenaran ideologi, memberikan iklim yang kondusif untuk pengembnagan ekonomi, budaya, pertahanan dan keamanan.  Kehidupan politik bangsa dipengaruhi oleh bermacam hal yang satu dengan yang lainnya saling berkaitan.  Ia dipengaruhi oleh tingkat kecerdasan dan kesadaran politik, tingkat kemakmuran ekonomi, ketaatan beragama, keakraban  dan rasa keamanannya. 
  • Antara Gatra Ekonomi dengan Gatra Ideologi, Politik, Sosial Budaya, Pertahanan dan Keamanan; Berarti kehidupan ekonomi yang tumbuh mantap dan merata, akan menyakinkan kebenaran ideologi yang dianut, mendinamisir kehidupan politik dan perkembangan budaya serta mendukung pengembangan Pertahanan dan Keamanan.  Keadaan ekonomi yang stabil, maju dan merata menunjang stabilitas dan peningkatan ketahanan aspek lain. 
  • Antara Gatra Sosial Budaya dengan Gatra Ideologi, Politik, Ekonomi, Pertahanan dan Keamanan; Dalam arti kehidupan budaya yang serasi, stabil, dinamis, berbudaya dan berkepribadian, akan menyakinkan kebenaran ideologi, memberikan iklim yang kondusif untuk kehidupan politik yang berbudaya, kehidupan ekonomi yang tetap mementingkan kebersamaan serta kehidupan pertahanan dan keamanan yang menghormati hak-hak individu.  Keadaan yang terintegrasi secara serasi, stabil, dinamis, berbudaya dan berkepribadian hanya dapat berkembang di dalam suasana aman dan damai.  Kebesaran dan keseluruhan nilai sosial budaya bangsa mencerminkan tingkat kesejahteraan dan keamanan nasional baik fisik  maupun mental Keadaan yang timpang dengan kontradiksi di berbagai bidang kehidupan memungkinkan timbulnya ketegangan  yang dapat berkembang menjadi gejolak. 
  • Antara Gatra Pertahanan dan Keamanan dengan Gatra Ideologi, Politik, Ekonomi dan Sosial Budaya; Dalam arti kondisi kehidupan pertahanan dan keamanan yang stabil dan dinamis akan meyakinkan kebenaran ideologi, memberikan iklim yang kondusif untuk pengembangan kehidupan politik, ekonomi dan budaya.  Keadaan pertahanan dan keamanan yang stabil, dinamis, maju dan berkembnag di seluruh aspek kehidupan akan memperkokoh dan menunjang kehidupan ideologi, politik, ekonomi dan budaya. 
  • Astagatra Dalam Pendekatan Kesejahteraan dan Keamanan, Peranan tiap-tiap gatra untuk kesejahteraan dan keamanan tergantung dari sifat masing-masing gatra, yakni: (1) Gatra Alamiah mempunyai peranan sama besar baik untuk kesejahteraan maupun untuk keamanan. (2) Gatra Ideologi, Politik dan Sosial Budaya mempunyai peranan sama besar untuk kesejahteraan dan keamanan. (3) Gatra Ekonomi mempunyai peranan lebih besar untuk kesejahteraan dari pada peranan untuk keamanan. (4) Gatra Pertahanan dan Keamanan mempunyai peranan lebih besar untuk keamanan dari pada peranan untuk kesejahteraan. 

C. Rangkuman 

Berdasarkan uraian materi diatas, dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut : 
  1. Trigatra merupakan aspek alamiah yang meliputi posisi serta lokasi geografis negara, keadaan dan kekayaan alam, serta keadaan dan kemampuan penduduknya.  
  2. Pancagatra merupakan aspek kemasyarakatan yang terdiri dari Ipoleksosbudhankam (ideologi, politik, ekonomi, budaya dan pertahanan keamanan). 
  3. Ketahanan Nasional pada hakikatnya bergantung kepada kemampuan bangsa dan Negara di dalam mendayagunakan secara optimal gatra Alamiah (Trigatra) sebagai modal dasar untuk penciptaan kondisi dinamis yang merupakan kekuatan dalam penyelenggaraan kehidupan nasional (Pancagatra).  
  4. Ketahanan nasional adalah suatu pengertian holistic, yaitu suatu tatanan yang utuh, menyeluruh dan terpadu, dimana terdapat saling hubungan antar gatra didalam keseluruhan kehidupan nasional (Astagatra).  
  5. Kelemahan di salah satu gatra dapat mengakibatkan kelemahan di gatra lain dan mempengaruhi kondisi secara keseluruhan sebaliknya kekuatan dari salah satu atau beberapa gatra dapat didayagunakan untuk memperkuat gatra lainnya yang lemah, dan mempengaruhi kondisi secara keseluruhan.  

D. Latihan Soal  

Untuk mengukur sejauh mana tingkat penguasaan materi dalam Modul ini, Silahkan Kalian menjawab Latihan soal berikut ini! 
 
Pilihlah salah satu jawaban yang merupakan Jawaban yang paling Benar 
1. Perhatikan aspek wanus berikut ! 
1) Geografi 
2) Idiologi 
3) Kekayaan alam 
4) Sosial budaya 
5) Pertahanan keamanan 
Berdasarkan aspek wawasan nusantara diatas, yang merupakan aspek alamiah  wawasan nusantara ditandai oleh nomor …. 
A 1), dan 3) 
B 1), dan 5) 
C 2), dan 4) 
D 2), dan 5) 
E 3), dan 5) 
 
2. Aspek Wawasan Nusantara meliputi aspek trigatra yang  merupakan aspek alamiah dan aspek pancagatra yang merupakan aspek 24able24. Dibawah ini yang merupakan aspek 24able24 wawasan nusantara adalah….  
A Agama 
B wilayah 
C penduduk 
D 24able24 budaya 
E sumber daya alam 
 
3. Perhatikan aspek wawasan nusantara berikut. 
1) Politik 
2) Ekonomi 
3) Kekayaan alam 
4) Kependudukan 
5) Hankam 
Berdasarkan aspek wawasan nusantara diatas,  yang merupakan aspek wawasan nusantara  ditandai oleh nomor…. 
A. 1), 2), dan 3) 
B. 1), 2), dan 4) 
C. 1), 2), dan 5) 
D. 2), 3), dan 4) 
E. 3), 4), dan 5) 
 
4. Aspek Wawasan Nusantara meliputi aspek trigatra yang  merupakan aspek alamiah dan aspek pancagatra yang merupakan aspek social. Dibawah ini yang merupakan aspek alamiah  wawasan nusantara adalah….  
A Agama 
B wilayah 
C penduduk 
D budaya 
E sumber daya alam 
 
5. Perhatikan aspek wawasan nusantara berikut ! 
1) Geografi 
2) Idiologi 
3) Kekayaan alam 
4) Sosial budaya 
5) Pertahanan keamanan 
Berdasarkan aspek wawasan nusantara diatas, yang merupakan aspek  sosial  wawasan nusantara ditandai oleh nomor …. 
A. 1), 2), dan 3) 
B. 1), 3), dan 5) 
C. 1), 4), dan 5) 
D. 2), 4), dan 5) 
E. 3), 4), dan 5) 
 
6. Perhatikan berbagai pernyataan di bawah ini: 
(1) Ideologi negara Indonesia adalah Pancasila. 
(2) Letak geografis di antara dua benua dan samudera. 
(3) Jumlah penduduk Indonesia yang besar. 
(4) Ketangguhan dalam menghadapi ancaman. 
(5) Sumber daya alam yang sangat melimpah. 
Dari berbagai pernyataan tersebut yang termasuk aspek alamiah dari Wawasan Nusantara adalah …. 
A. (1), (2), dan (3) 
B. (1), (3), dan (4) 
C. (2), (3), dan (4) 
D. (2), (3), dan (5) 
E. (3), (4), dan (5) 
 
7. Perhatikan aspek wawasan nusantara berikut! 
(1) Letak dan bentuk geografis wilayah Indonesia 
(2) Keadaan dan kemampuan penduduk bangsa Indonesia 
(3) Keadaan dan kekayaan alam yang dimiliki bangsa Indonesia 
(4) Sistem politik yang sangat menentukan kehidupan politik negara  
(5) Kondisi dinamis dalam kehidupan pertahanan dan keamanan bangsa Indonesia  
(6) Kegiatan pemerintah dalam mengelola 25able25 produksi dan distribusi barang dan jasa  
 Berdasarkan aspek wawasan nusantara diatas, yang merupakan aspek sosial wawasan nusantara ditandai oleh nomor ….  
A. (1), (2) dan (3) 
B. (1), (3) dan (5) 
C. (2), (4) dan (6) 
D. (3), (4) dan (5) 
E. (4), (5) dan (6) 
 
8. Perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai Satu Kesatuan Politik, dalam kontek geo politik bangsa Indonesia adalah …. 
A Kehidupan perekonomian di seluruh wilayah Nusantara sebagai wujud kedaulatan bangsa 
B tingkat perkembangan ekonomi harus serasi dan seimbang di seluruh wilayah tanah air Indonesia 
C Ancaman terhadap suatu pulau pada hakikatnya ancaman terhadap seluruh bangsa dan negara Indonesia 
D bahwa kebulatan wilayah nasional dengan segala isi dan kekayaannya merupakan satuMilik 25able25a bangsa 
E bahwa kebulatan wilayah nasional dengan segala isi dan kekayaannya merupakan satu kesatuan wilayah, wadah, ruang hidup 
 
9. Aspek wawasan Nusantara meliputi aspek trigatra yang  merupakan aspek alamiah dan aspek pancagatra yang merupakan aspek  kemasyarakatan. Yang termasuk aspek kemasyarakatan adalah… 
A agama 
B wilayah 
C penduduk 
D sumber daya alam 
E ipoleksosbudhankam 
 
10. Wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa  mengenai diri dan Bentuk geografinya berdasarkan. Dalam pelaksanannya wawasan nusantara mengutamakan kesatuan wilayah dan menghargai kebhinekaan untuk mencapai tujuan nasional.  Salah satu perwujudan wawasan nusantara sebagai satu kesatuan politik adalah…. 
A kebulatan wilayah dengan segala isinya merupakan modal dan milik bangsa Indonesia 
B tingkat perkembangan ekonomi harus seimbang dan serasi diseluruhdaerah dalam wilayah Indonesia 
C kekayaan di wilayah nusantara secara potensial dan efektif menjadi modaluntuk memenuhi kebutuhan 
D wawasan nusantara dapat disampaikan melalui langsung, tidak langsung atau melalui keteladan dan komunikasi 
E dua konsepsi dasar yang saling mendukung sebagai pedoman bagi penyelenggaraan kehidupan barbangsa dan bernegara 
 
Kunci Jawaban 
1. A
2. D
3. C
4. D
5. D
6. C 
7. E 
8. E 
9. E
10. A 
 
Pembahasan  
1. Trigatra merupakan aspek alamiah yang meliputi posisi serta lokasi geografis negara, keadaan dan kekayaan alam, serta keadaan dan kemampuan penduduknya.  
2. penduduk Aspek Wawasan Nusantara meliputi aspek trigatra yang  merupakan aspek alamiah dan aspek pancagatra  
3. Politik, Ekonomi dan Hankam merupakan aspek wawasan nusantara  
4. Aspek Wawasan Nusantara meliputi aspek trigatra yang  merupakan aspek alamiah dan aspek pancagatra yang merupakan aspek social. Budaya merupakan aspek alamiah  wawasan nusantara  
5. Pancagatra merupakan aspek kemasyarakatan yang terdiri dari Ipoleksosbudhankam (ideologi, politik, ekonomi, budaya dan pertahanan keamanan). 
6. Trigatra merupakan aspek alamiah yang meliputi posisi serta lokasi geografis negara, keadaan dan kekayaan alam, serta keadaan dan kemampuan penduduknya.  
7. Aspek sosial wawasan nusantara diantaranya yaitu, Sistem politik yang sangat menentukan kehidupan politik negaraKondisi dinamis dalam kehidupan pertahanan dan keamanan bangsa Indonesia dan Kegiatan pemerintah dalam mengelola  able  produksi dan distribusi barang dan jasa 
8. Perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai Satu Kesatuan Politik, dalam kontek geo politik bangsa Indonesia bahwa kebulatan wilayah nasional dengan segala isi dan kekayaannya merupakan satu kesatuan wilayah, wadah, ruang hidup 
9. Pancagatra merupakan aspek kemasyarakatan yang terdiri dari Ipoleksosbudhankam (ideologi, politik, ekonomi, budaya dan pertahanan keamanan). 
10. Wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa  mengenai diri dan Bentuk geografinya berdasarkan. Dalam pelaksanannya wawasan nusantara mengutamakan kesatuan wilayah dan menghargai kebhinekaan untuk mencapai tujuan nasional. Salah satu perwujudan wawasan nusantara sebagai satu kesatuan politik adalah kebulatan wilayah dengan segala isinya merupakan modal dan milik bangsa Indonesia 

E. Penilaian Diri 

Setelah Kalian  mempelajari materi Modul  ini, Silahkan Kalian mengisi kolom pada 
28able 2. Penilaian Diri tentang Sikap, keterampilan dan Pemahaman Kalian terhadap Materi Modul ini  Catatan : 
Berilah tanda  check (√) pada Kolom YA tau TIDAK 
Dalam mengisi 28able mohon dilakukan dengan tanggungjawab dan penuh kejujuran.  
Jika Jawaban Kalian cenderung menjawab “YA”, Kalian dapat melanjutkan pembelajaran ke Modul selanjutnya dan sebaliknya jia Jawaban dominan “TIDAK”, Kalian dapat melakukan Pembelajaran Ulang (review) pada materi pembelajaran 2 
 
Tabel 2. Penilaian Diri tentang Sikap, Keterampilan  dan Pemahaman Materi 
Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Aspek Trigatra dan Pancagatra Wawasan Nusantara Mapel PKn kelas 10 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Aspek Trigatra dan Pancagatra Wawasan Nusantara File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • aspek trigatra dalam wawasan nusantara
      • aspek pancagatra dalam wawasan nusantara
      • aspek trigatra adalah
      • makalah aspek trigatra dan pancagatra dalam wawasan nusantara
      • hubungan trigatra dan pancagatra dengan wawasan nusantara
      • tujuan wawasan nusantara
      • aspek alamiah wawasan nusantara
      • trigatra wawasan nusantara
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022