ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Materi Pentingnya Kesadaran Bela Negara Bagi Bangsa Indonesia Mapel PKn kelas 10 SMA/MA

Materi Pentingnya Kesadaran Bela Negara Bagi Bangsa Indonesia Mapel PKn kelas 10 SMA/MA - Hai adik adik yang baik apa kabar? semoga dalam keadaan baik baik saja, kebetulan kali ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai materi yang sudah disusun, sebelum membagikan materi ini diaharapkan untuk adik adik selalu mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah dengan cara menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan. Oiya materi ini adalah Materi Pentingnya Kesadaran Bela Negara Bagi Bangsa Indonesia Mapel PKn kelas 10 SMA/MA. Semoga bermanfaat yaah.

Materi Pentingnya Kesadaran Bela Negara Bagi Bangsa Indonesia Mapel PKn kelas 10 SMA/MA
Materi Pentingnya Kesadaran Bela Negara Bagi Bangsa Indonesia Mapel PKn kelas 10 SMA/MA

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran  2 ini diharapkan Kalian dapat memahami Konsep dan landasan hukum Bela Negara serta mampu menunjukan Pentingnya  Kesadaran Bela Negara Bagi Bangsa Indonesia 

B. Uraian Materi 

Untuk memudahkan dalam memahami Modul kegiatan pembelajaran 2 ini, seperti biasa Kalian terlebih dahulu harus membaca uraian materi secara  seksama, beikut. 
 
1. Pengertian Bela Negara 
Sebelum membahas lebih jauh mengenai bela negara, sebaiknya kalian memahami terlebih dahulu pengertian bela negara.  
Menurut penjelasan UU Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2002 Pasal 9 Ayat (1) tentang Pertahanan Negara, upaya bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dalam menjamin kelangsungan hidup Ayo Bela Negara bangsa dan negara.  

Sumber : Kemhan RI 
Upaya bela negara bukan hanya sebagai kewajiban dasar manusia, tetapi juga merupakan kehormatan warga negara sebagai wujud pengabdian dan kerelaan berkorban kepada bangsa dan negara.  Bela Negara yang dilakukan oleh warga negara merupakan hak dan kewajiban membela serta mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan segenap bangsa dari segala ancaman.  

Pembelaan yang diwujudkan dengan keikutsertaan dalam upaya pertahanan negara merupakan tanggung jawab dan kehormatan setiap warga negara. Oleh karena itu, warga negara mempunyai kewajiban untuk ikut serta dalam pembelaan negara, kecuali ditentukan lain dengan undang-undang.  
Dengan demikian, upaya pertahanan negara harus didasarkan pada kesadaran akan hak dan kewajiban warga negara, serta keyakinan pada kekuatan sendiri. Hal tersebut sebagaimana tercantum dalam UU Republik Indonesia Nomor 3 tahun 2002 tentang Pertahanan Negara pada Pasal 1 Ayat (1), yaitu Pertahanan keamanan Negara adalah segala usaha untuk mempertahankan negara, keutuhan wilayah NKRI, dan keselamatan bangsa dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.  
Bangsa Indonesia cinta perdamaian, tetapi lebih cinta kemerdekaan dan kedaulatan. Alinea pertama Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menyatakan, “Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan. Karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan”.  
Sebagai warga negara yang baik sudah sepantasnya kita wajib turut serta dalam bela negara, yaitu dengan mewaspadai dan mengatasi berbagai macam ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan (ATHG) yang dapat mengganggu dan meronrong keutuhan  Negara Kesatuan Republik Indonesia baik yang datangnya dari dalam maupun luar negeri.

Berikuti arti ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan (ATHG) yang perlu diwaspadai bangsa Indonesia. 
1. Ancaman adalah usaha yang bersifat mengubah atau merombak kebijaksanaan yang dilakukan secara konsepsional melalui tindak kriminal dan politis. Ancaman militer adalah ancaman yang menggunakan kekuatan bersenjata yang terorganisasi yang dinilai mempunyai kemampuan yang membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah negara, dan keselamatan segenap bangsa. Ancaman militer dapat berasal dari luar negeri maupun dari dalam negeri. Beberapa macam ancaman dan gangguan pertahanan dan keamanan negara. 
 
1)  Dari luar negeri 
a. Agresi 
b. Pelanggaran wilayah oleh negara lain 
c. Spionase (mata-mata) 
d. Sabotase 
e. Aksi terror dari jaringan internasional 
  
TNI Penjaga NKRI 	  Sumber : nasional.okezone.com
TNI Penjaga NKRI   
Sumber : nasional.okezone.com 
2) Dari dalam negeri 
a. Pemberontakan bersenjata 
b. Konflik horizontal 
c. Aksi teror  
d. Sabotase  
e. Aksi kekerasan yang berbau SARA 
f. Gerakan separatisme 
g. Pengrusakan lingkungan 
Adapun, ancaman nonmiliter adalah ancaman yang tidak menggunakan senjata tetapi jika dibiarkan akan membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah negara, dan keselamatan segenap bangsa. 

Selain ancaman dalam bidang militer, kita juga harus mewaspadai adanya ancaman di  bidang ekonomi, yaitu sebagai berikut. 
1) Sistem Free fight liberalism, sistem persaingan bebas yang saling menghancurkan  dan dapat menumbuhkan eksploitasi masyarakat dan bangsa lain. 
2) Sistem etatisme, dalam artinegara beserta aparatur negara bersifat dominan dan  mematikan potensi dan daya kreasi unit-unit ekonomi di luar sektor negara.  3) Pemusatan kekuatan ekonomi pada suatu kelompok dalam bentuk monopoli yang  merugikan masyarakat dan bertantangan dengan cita-cita keadilan sosial. 

2. Tantangan adalah hal atau usaha yang bertujuan untuk menggugah kemampuan. 
3. Hambatan adalah usaha yang berasal dari diri sendiri yang bersifat atau bertujuan untuk melemahkan atau menghalangi secara tidak konsepsional. 
4. Gangguan adalah hal atau usaha yang berasal dari luar yang bersifat atau bertujuan melemahkan atau menghalangi secara tidak konsepsional (tidak terarah).  
 
2. Landasan Hukum Bela Negara 

Landasan hukum dan peraturan tentang wajib bela Negara bagi bangsa Indonesia, diantaranya adalah : 
  1. Tap MPR No.VI Tahun 1973 tentang konsep Wawasan Nusantara dan Keamanan Nasional. 
  2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 29 tahun 1954 tentang PokokPokok Perlawanan Rakyat. 
  3. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 1982 tentang Ketentuan Pokok Hankam Negara RI, diubah oleh Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 1988. 
  4. Tap MPR No.VI Tahun 2000 tentang Pemisahan TNI dengan POLRI. 
  5. Tap MPR No.VII Tahun 2000 tentang Peranan TNI dan POLRI.  
  6. Amandemen UUD NRI Tahun 1945 Pasal 30 Ayat (1) dan (2) yang menyatakan “bahwa tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan Negara yang dilaksanakan melalui sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta oleh TNI dan Kepolisian sebagai komponen utama, dan rakyat sebagai kekuatan pendukung. Serta terdapat pada Pasal  27 Ayat (3): “Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaaan negara”.  
  7. Undang-Undang RI Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara, Ayat (1): “Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya bela negara yang diwujudkan dalam Penyelenggaraan Pertahanan Negara”, dan Ayat (2): “Keikutsertaan warga negara dalam upaya bela negara dimaksud ayat 1 diselenggarakan melalui: 
    • pendidikan Kewarganegaraan, 
    • pelatihan dasar kemiliteran, 
    • pengabdian sebagai prajurit TNI secara sukarela atau wajib, dan 4) pengabdian sesuai dengan profesi. 
3. Membangun Kesadaran Bela Negara  Bagi Bangsa Indonesia 

Dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 tahun 2002 tentang Pertahanan Negara Pasal 9 Ayat 2, ditegaskan berbagai bentuk usaha pembelaan negara adalah : 

1. Pendidikan Kewarganegaraan  
Berdasarkan Pasal 7 Ayat 1 dan 2 UndangUndang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 
2003 tentang Sisdiknas, dijelaskan bahwa Pendidikan Kewarganegaraan merupakan pelajaran wajib yang diajarkan di tingkat pendidikan dasar, menengah, dan tingkat pendidikan tinggi. Pendidikan kewarganegaraan dapat memupuk jiwa patriotik, rasa cinta tanah air, semangat kebangsaan, kesetiakawanan sosial, kesadaran dan sikap menghargai jasa para pahlawan. Pendidikan kewarganegaraan dapat memberikan pemahaman, analisis, dan menjawab masalah yang dihadapi oleh masyarakat, bangsa, dan negara secara berkesinambungan dan konsisten dengan cita-cita dan sejarah nasional. 

Bela Negara Pelajar 
Sumber : kompasiana.com akan sejarah perjuangan bangsa Indonesia,  
2. Pelatihan dasar kemiliteran  
Selain TNI, salah satu komponen warga negara yang mendapat pelatihan dasar militer adalah kalian sekolah menengah dan unsur mahakalian. Unsur mahakalian tersusun dalam organisasi Resimen Mahakalian (Menwa). Setelah memasuki resimen tersebut, mahakalian harus mengikuti latihan dasar kemiliteran. Adapun, kalian sekolah menengah dapat mengikuti organisasi yang menerapkan dasar-dasar kemiliteran, seperti Pramuka, Patroli Keamanan Sekolah (PKS), Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra), Palang Merah Remaja (PMR), dan organisasi sejenis lainnya. 

3. Pengabdian sebagai Tentara Nasional Indonesia 
Dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 30 Ayat 2 disebutkan bahwa TNI dan Polri merupakan unsur utama dalam usaha pertahanan dan keamanan rakyat. Prajurit TNI dan Polri merupakan pelaksanaan dan kekuatan utama dalam usaha pertahanan dan keamanan negara. Setiap warga negara berhak untuk mengabdi sebagai prajurit TNI dan Polri melalui syarat-syarat tertentu. 
 
4. Pengabdian sesuai dengan keahlian atau profesi 
Upaya bela negara tidak hanya melalui cara-cara militer saja tetapi banyak usaha bela negara dapat dilakukan tanpa cara militer. Misalnya, sebagai atlet nasional dapat mengharumkan nama bangsa dengan meraih medali emas dalam pertandingan olahraga. Selain itu, kalian yang ikut Olimpiade Fisika, Matematika atau Kimia di luar negeri dan mendapatkan penghargaan merupakan prestasi yang menunjukkan upaya bela negara. Pengabdian sesuai dengan profesi adalah pengabdian warga negara untuk kepentingan pertahanan negara termasuk dalam menanggulangi dan memperkecil akibat yang ditimbulkan oleh perang, bencana alam, atau bencana lainnya. 
Upaya bela negara merupakan sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Bela negara bukan lagi hanya sebagai kewajiban dasar tetapi merupakan kehormatan bagi setiap warga negara yang harus dilaksanakan dengan penuh kesadaran, tanggung jawab, dan rela berkorban.

C. Rangkuman 

Berdasarkan uraian materi diatas, dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut : 
1. Upaya bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara 
2. Salah satu bentuk kesadaran warga negara dalam bela negara dilakukan dengan mewaspadai dan mengatasi berbagai macam ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan (ATHG) yang dapat mengganggu dan merongrong keutuhan  Negara Kesatuan Republik Indonesia baik yang datangnya dari dalam maupun luar negeri 
3. Keikutsertaan warga negara dalam upaya bela negara dimaksud ayat 1 diselenggarakan melalui: 
a) pendidikan Kewarganegaraan, 
b) pelatihan dasar kemiliteran, 
c) pengabdian sebagai prajurit TNI secara sukarela atau wajib, dan 
d) pengabdian sesuai dengan profesi. 
 

D. Penugasan Mandiri  

Sebagai penugasan mandiri pada pembelajaran Modul ini, Kalian diminta untuk melakukan survey sederhana di sekitar lingkungan tempat tinggal Kalian masing masing, berkaitan dengan Kesadaran Bela Negara bagi Masyarakat sekitar, dengan Langkah Langkah sebagai berikut : 
1. Identifikasikan bentuk kesadaran bela negara yang ada di masyarakat sekitan Kalian 
2. Tuangkan hasil temuan (identifikasi) bentuk kesadaran bela negara yang ada di masyarakat Kalian  kedalam Tabel 3. Dibawah ini ! 
Tabel 3. Kesadaran Bela Negara pada Kelompok Masyarakat 
 

E. Latihan Soal  

Untuk mengukur sejauh mana tingkat penguasaan materi dalam Modul ini, Silahkan Kalian menjawab Latihan soal berikut ini! 

Pilihlah salah satualternatif  jawaban yang dianggap paling Benar  ! 
1. Sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai kecintaannya terhadap negara Kesatuan republik Indonesia berdasarkan pancasila dan UUD Negara RI tahun 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup hidup bangsa dan negara. Pernyataan tersebut merupakan pengertian .... 
A. Bela negara 
B. Sistem bela negara 
C. Pertahanan negara 
D. Sistem keamanan nasional 
E. Sistem pertahanan keamanan rakyat semesta 
2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara, Ayat 2, menyebutkan bahwa Keikutsertaan warga negara dalam upaya bela negara diselenggarakan melalui beberapa program, kecuali … 
A. pendidikan Kewarganegaraan 
B. pelatihan dasar kemiliteran 
C. pengabdian sesuai dengan profesi 
D. Sistem pertahananan dan keamanan rakyat semesta 
E. pengabdian sebagai prajurit TNI secara sukarela atau wajib 

3. Landasan hukum penerapan Upaya bela negara yangg dapat dilakukan oleh warga negara tertuang dalam Undang-Undang Republik Indonesia tentang Pertahanan Negara, yaitu … 
A. UU Nomor 3 Tahun 2001 
B. UU Nomor 2 Tahun 2002 
C. UU Nomor 3 Tahun 2002 
D. UU Nomor 2 Tahun 2003 
E. UU Nomor 3 Tahun 2003 
 
4. Pasal 30 Ayat (1) dan (2) UUD NRI Tahun 1945 menyatakan bahwa tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan Negara yang dilaksanakan melalui sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta, dengan komponen utama, yaitu … 
A. Masyarakat 
B. TNI dan Polri 
C. Tentara Nasional Indonesia  
D. Kepolisian Republik Indonesia 
E. Pertahanan Sipil 
 
5. Ancaman merupakan setiap usaha atau kegiatan baik dari dalam maupun dari luar yang dinilai dapat membahayakan kedaulatan dan keutuhan wilayah suatu Negara, serta juga dapat berbahaya bagi keselamatan bangsa dan warga Negara. Bentuk ancaman terhadap Negara ada beberapa macam, salah satunya yaitu ancaman dibidang militer. Yang termasuk ancaman dibidang militer yaitu.... 
A. Perdagangan narkoba 
B. Banyaknya tindakan korupsi   
C. Agresi, spionase, dan sabotase 
D. Kegiatan imigrasi gelap/ilegal  
E. Penangkapan ikan di laut secara illegal 
6. Pengabdian warga Negara yang mempunyai profesi tertentu diarahkan untuk kepentingan negara. Berikut adalah contoh usaha yang dapat memperkecil dampak akibat dari bencana alam adalah … 
A. Atlet yang meraih juara nasional 
B. TIM SAR yang mengevakuasi korban 
C. Relawan yang mendonorkan jantungnya 
D. Kalian yang mengikuti upacara bendera 
E. Pengiriman pasukan perdamaian keluar negeri 
 
7. Pada dasarnya dalam sistem pertahanan keamana rakyat semesta, keberadaan rakyat berfungsi sebagai  kekuatan .... 
A. utama sistem keamanan 
B. utama sistem pertahanan 
C. mayoritas sistem pertahanan 
D. pendukung pertahanan keamanan 
E. utama sistem pertahanan dan keamanan 
 
8. Contoh keikutsertaan kalian di sekolah dalam pelatihan dasar kemiliteran dapat dilakukan melalui kegiatan ...... 
A. Menjadi prajurit TNI/Polri 
B. Mengikuti pertandingan olah raga di tingkat internasional 
C. Mengikuti kegiatan kepramukaan dengan penuh kesadaran 
D. Mengikuti olimpiade fisika, matematika dan kimia di luar negeri 
E. Pengabdian warga negara dalam menanggulangi korban bencana alam 
9. Dibawah ini adalah tempat yang harus dilindungi dari aksi sabotase, yaitu … 
A. objek-objek vital nasional dan instalasi strategis 
B. daerah yang menjadi pusat hiburan masyarakat 
C. daerah wisata pantai ancol dan pantai laut selatan 
D. objek-objek wisata pegunungan dan agro industri 
E. objek-objek hiburan nasional yang menjadi ikon daerah 
 
10. Peningnya membangun kesadaran bela negara bagi bangsa Indonesia adalah dalam rangka … 
A. menjadikan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang kuat dan disegani  
B. mempertahankan keberadaan dan kelangsungan hidup bangsa Indonesia 
C. menjamin kelangsungan sistem pemerintahan negara yang sedang berkuasa 
D. menciptakan suasana hidup rukun, damai dan tentram antara pemeluk agama 
E. membantu pemerintah dalam menciptakan sistem politik  yang stabil dan kuat 
 
Kunci Jawaban 
1 A
2 D
3 C
4 B
5 C
10
 
PEMBAHASAN 
 
1. bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UndangUndang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara. 
 
2. Undang-Undang RI Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara, Ayat (1): “Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya bela negara yang diwujudkan dalam Penyelenggaraan Pertahanan Negara”, dan Ayat (2): “Keikutsertaan warga negara dalam upaya bela negara dimaksud ayat 1 diselenggarakan melalui: 
a. pendidikan Kewarganegaraan, 
b. pelatihan dasar kemiliteran, 
c. pengabdian sebagai prajurit TNI secara sukarela atau wajib, dan 
d. pengabdian sesuai dengan profesi. 
3. Undang-Undang RI Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara, Ayat (1): “Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya bela negara yang diwujudkan dalam Penyelenggaraan Pertahanan Negara” 
 
4. Pasal 30 Ayat (1) dan (2) UUD NRI Tahun 1945 menyatakan bahwa tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan Negara yang dilaksanakan melalui sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta, dengan komponen utama, yaitu TNI dan Polri 
 
5. Ancaman merupakan setiap usaha atau kegiatan baik dari dalam maupun dari luar yang dinilai dapat membahayakan kedaulatan dan keutuhan wilayah suatu Negara, serta juga dapat berbahaya bagi keselamatan bangsa dan warga Negara. Bentuk ancaman terhadap Negara ada beberapa macam, salah satunya yaitu ancaman dibidang militer. Yang termasuk ancaman dibidang militer yaitu Agresi, spionase, dan sabotase. 
 
6. Pengabdian warga Negara yang mempunyai profesi tertentu diarahkan untuk kepentingan negara. Berikut adalah contoh usaha yang dapat memperkecil dampak akibat dari bencana alam adalah TIM SAR yang mengevakuasi korban 

7. Pada dasarnya dalam sistem pertahanan keamana rakyat semesta, keberadaan rakyat berfungsi sebagai  kekuatan pendukung pertahanan keamanan 

8. Contoh keikutsertaan kalian di sekolah dalam pelatihan dasar kemiliteran dapat dilakukan melalui kegiatan Mengikuti kegiatan kepramukaan dengan penuh kesadaran 
 
9. tempat yang harus dilindungi dari aksi sabotase, yaitu objek-objek vital nasional dan instalasi strategis, daerah yang menjadi pusat hiburan masyarakat, objek-objek wisata pegunungan dan agro industri, dan objek-objek hiburan nasional yang menjadi ikon daerah 
 
10. Peningnya membangun kesadaran bela negara bagi bangsa Indonesia adalah dalam rangka mempertahankan keberadaan dan kelangsungan hidup bangsa Indonesia 
 

F. Penilaian Diri 

Setelah Kalian  mempelajari materi Modul  ini, Silahkan Kalian mengisi kolom pada tabel 2. Penilaian Diri tentang Sikap, keterampilan dan Pemahaman Kalian terhadap Materi Modul ini  Catatan : 
Berilah tanda  check (√) pada Kolom YA tau TIDAK 
Dalam mengisi tabel mohon dilakukan dengan tanggungjawab dan penuh kejujuran.  
Jika Jawaban Kalian cenderung menjawab “YA”, Kalian dapat melanjutkan pembelajaran ke Modul selanjutnya dan sebaliknya jia Jawaban dominan “TIDAK”, Kalian dapat melakukan Pembelajaran Ulang (review) pada materi pembelajaran 2 
 
Tabel 2. Penilaian Diri tentang Sikap, Keterampilan  dan Pemahaman Materi 


Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Pentingnya Kesadaran Bela Negara Bagi Bangsa Indonesia Mapel PKn kelas 10 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Pentingnya Kesadaran Bela Negara File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

Pencarian yang paling banyak dicari
  • setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara
  • contoh bela negara sebagai pelajar
  • pentingnya membangun kesadaran bela negara bagi bangsa indonesia adalah dalam rangka
  • tunjukkan contoh perbuatan yang mencerminkan bela negara
  • contoh upaya bela negara
  • bela negara adalah
  • pentingnya bela negara
  • bela negara bagi mahasiswa
  • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022

Post a Comment

Post a Comment