Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Protista Mirip Jamur Mapel Biologi kelas 10 SMA/MA

Materi Protista Mirip Jamur Mapel Biologi kelas 10 SMA/MA - Halo adik adik semuanya, jangan lupa untuk jaga kesehatan, menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan untuk menghindari bahaya penularan virus covid 19. Oiya pada kesempatan yang baik ini kakak ingin membagikan kepada adik adik kelas X SMA/MA tentang Materi Protista Mirip Jamur dari mata pelajaran Biologi. Tetap semangat yah.

Materi Protista Mirip Jamur Mapel Biologi kelas 10 SMA/MA
Materi Protista Mirip Jamur Mapel Biologi kelas 10 SMA/MA

Bakteri (dari kata latin bacterium, jamak: bacteria) adalah kelompok organisme uniseluler yang tidak memiliki membran inti sel. Organisme ini termasuk ke dalam prokariota dan berukuran sangat kecil (mikroskopis). Struktur sel bakteri relatif sederhana karena tidak memiliki organel-organel yang bermembran. Beberapa kelompok bakteri dikenal sebagai agen penyebab infeksi dan penyakit. Namun demikian bakteri juga mempunyai peran penting yang bermanfaat dalam kehidupan manusia. 

Istilah

  • Eukariotik : Mempunyai membran inti sel 
  • Flagel : Bulu cambuk sebagai alat gerak 
  • Pseudopodia : Kaki semu yang merupakan juluran sitoplasma 
  • Seksual : Melalui peleburan sel kelamin 
  • Aseksual : Tidak melalui peleburan sel kelamin 
  • Konjugasi : Perkembangbiakan secara seksual yang belum diketahui jenis kelaminnya 
  • Soliter : Hidup sendiri-sendiri/tidak dalam kelompok 
  • silia : Rambut getar sebagai alat gerak 
  • Epiteka : Dinding sel bagian atas pada diatom 
  • Zigosspora : Spora yang dibentuk oleh zigot pada Alga 
  • Isogami : Peleburan antara dua sel kelamin yang sama bentuk dan ukuran 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 2  ini diharapkan dapat : 
  1. Memahami ciri-ciri protista mirip jamur. 
  2. Memahami dasar pengelompokan protista mirip jamur 
  3. Memahami peranan protista mirip jamur bagi kehidupan manusia 

B. Uraian Materi 

Peserta didik yang pandai! Akhirnya sampai juga pada pembahasan kita nih tentang pengklasifikasian kingdom protista. Jika pada pembahasan sebelumnya kita telah membahas tentang jenis-jenis protista mirip hewan, maka pada pembahasan kali ini, kita akan membahas tentang subkingdom protista, yaitu protista mirip jamur. Hmm, kira-kira apa saja ya jenis-jenis dari subkingdom protista yang terakhir ini? Kalau begitu, langsung saja yuk baca modulnya! 
 
Protista Mirip Jamur 

Protista mirip jamur memiliki ciri-ciri sebagai berikut. 
  1. Bersifat eukariotik. 
  2. Tidak memiliki klorofil. 
  3. Dapat menghasilkan spora. 
  4. Bersifat heterotrof. 
Protista mirip jamur tidak dimasukkan ke dalam kingdom Fungi (jamur) karena struktur tubuh dan cara reproduksinya berbeda dengan kelompok Fungi. Sebagai contoh, jamur lendir yang merupakan anggota Protista mirip jamur memiliki struktur molekul membran sel yang mirip dengan Algae, sedangkan reproduksinya mirip dengan jamur. Sementara itu, gerakan pada fase vegetatifnya mirip dengan Amoeba. 
 
Klasifikasi Protista Mirip Jamur 

Protista mirip jamur dibagi ke dalam tiga filum, yaitu Myxomycota  (jamur lendir plasmodial), Oomycota (jamur air), dan Acrasiomycota (jamur lendir bersekat).  
 
1. Myxomycota (jamur lendir plasmodial) 

Jamur lendir bersifat heterotrof fagosit dan memiliki fase makan berbentuk massa ameboid (seperti Amoeba) dalam siklus hidupnya, yang disebut plasmodium. Struktur tubuh Myxomycota, Struktur vegetatif yang disebut plasmodium berupa massa sitoplasma berinti banyak dan tidak dibatasi oleh sekat yang kuat. Nukleus pada plasmodium umumnya bersifat diploid dan dapat membelah secara mitosis dalam waktu yang bersamaan. Plasmodium umumnya berwarna cerah seperti kuning atau oranye. Disebut sebagai jamur lendir dikarenkan mempunyai penampakan yang mengilap, basah, bertekstur layaknya gelatin, dan juga terlihat lebih mirip jamur daripada yang lainnya. Tubuh dari jamur lendir ada yang berwarna putih, namun sebagian besar berwarna kuning ataupun merah. Dalam ekosistemnya, jamur lendir berperan sebagai dekomposer. Tanah lembab, kayu busuk, atau daun busuk, adalah habitat dari jamur lendir. 
 
Gambar 12. Tubuh buah Myxomycota 

Sumber : https://www.masdayat.net 
 
Cara reproduksi Myxomycota 
Myxomycota bereproduksi secara aseksual dan seksual. Reproduksi Myxomycota secara aseksual dilakukan dengan membentuk sporangium dan secara seksual dilakukan dengan singami antara sesama sel ameboid atau sesama sel berflagela. 
 
2. Oomycota 

Oomycota yang berarti jamur air disebut juga dengan jamur karat putih atau jamur berbulu halus. 
 
a. Struktur tubuh Oomycota 

Oomycota merupakan organisme uniseluler atau multiseluler dengan dinding dari bahan selulosa. Oomycota yang multiseluler memiliki hifa yang halus, tidak bersekat-sekat, dan berinti banyak (senositik). 
 
b. Cara hidup Oomycota 

Oomycota merupakan organisme heterotrof yang menguraikan organisme mati (saprofit) atau sebagai parasit pada organisme lainnya. 
 
c. Cara reproduksi Oomycota 

Oomycota bereproduksi secara aseksual dan seksual. Reproduksi aseksual dilakukan dengan cara membentuk zoospora berflagela dua. Reproduksi ini dilakukan jika kondisi lingkungan menguntungkan dan tersedia banyak makanan. Sementara itu, reproduksi secara seksual dilakukan dengan fertilisasi antara sel telur dan inti sperma yang menghasilkan zigot resisten (oospora). Reproduksi ini dilakukan jika lingkungan dalam kondisi buruk. 
 
d. Contoh-contoh Oomycota 

Organisme yang merupakan anggota dari Oomycota adalah sebagai berikut. 
  1. Saprolegnia sp. adalah parasit pada ikan dan serangga yang dapat hidup di air tawar dengan suhu 3 – 330C. Beberapa spesies Saprolegnia antara lain adalah Saprolegnia australis dan Saprolegnia ferax. 
  2. Phythophthora sp. adalah parasit pada tanaman budidaya. Beberapa spesies Phythophthora adalah sebagai berikut.  
  3. Phythophthora infestans adalah parasit pada tanaman kentang dan tomat. 
3. Acrasiomycota Ciri-ciri Acrasiomycota 
  • Acrasiomycota adalah jamur lendir bersekat. Jamur ini memiliki fase makan berupa sel-sel yang hidup soliter. Akan tetapi, jika makanannya habis, sel-sel tersebut akan membentuk agregat (koloni) dalam suatu unit. Dalam satu unit agregat, terdapat 125.000 sel. Agregat ini dapat berpindah-pindah tempat. 
  • Acrasiomycota bersifat haploid dan zigotnya bersifat diploid. 
  • Acrasiomycota menghasilkan sel-sel ameboid dan myxamoeba. 
  • Pada fase makan, sel soliter akan membentuk kaki-kaki semu (pseudopodia) untuk bergerak dan memakan bakteri. 
  • Habitat Acrasiomycota hidup di tempat-tempat yang mengandung kotoran dan vegetasi yang sudah membusuk. Acrasiomycota bereproduksi secara aseksual dan seksual. Reproduksi aseksual dilakukan dengan cara membentuk tubuh buah (fruiting body) yang berisi spora dan memiliki batang penyokong (stalk). Sementara itu, reproduksi seksual dilakukan dengan cara singami sel ameboid 
Gambar 14.  Reproduksi Pada Acrasiomycota 

http://pustaka.pandani.web.id  
 

C. Rangkuman 

Protista mirip jamur memiliki ciri-ciri bersifat eukariotik, tidak memiliki klorofil, dapat menghasilkan spora, bersifat heterotrof. Protista mirip jamur tidak dimasukkan ke dalam kingdom Fungi (jamur) karena struktur tubuh dan cara reproduksinya berbeda dengan kelompok Fungi. Sebagai contoh, jamur lendir yang merupakan anggota Protista mirip jamur memiliki struktur molekul membran sel yang mirip dengan Algae, sedangkan reproduksinya mirip dengan jamur. Sementara itu, gerakan pada fase vegetatifnya mirip dengan Amoeba. Protista mirip jamur dibagi ke dalam tiga filum, yaitu Myxomycota  (jamur lendir plasmodial), Oomycota (jamur air), dan Acrasiomycota (jamur lendir bersekat). 
 

D. Latihan Soal  

Untuk mengukur kemampuan dalam pembelajaran 2 kalian dapat menjawab soal-soal berikut ini. Plilihlah salah satu jawaban yang paling tepat. 
 
1. Daur hidup protista mirip jamur yang bergerak amuboid untuk mengelilingi dan menelan bahan makanan, ditemukan pada …. 
A. Fase generatif Acrasiomycota 
B. Fase generatif Myxomycota 
C. Fase generatif Oomycota 
D. Fase vegetatif Myxomycota 
E. Fase vegetatif Oomycota 
 
2. Perhatikan ciri protista berikut ini ! 
1) Eukariotik 
2) Tidak mempunyai klorofil 
3) Mempunyai klorofil 
4) prokariotik 
Berdasarkan ciri di atas yang merupakan ciri protista mirip jamur adalah..... 
A. 1) dan 2) 
B. 1) dan 3) 
C. 1) dan 4 
D. 2) dan 3) 
E. 2) dan 4) 
 
3. Perhatikan gambar di bawah ini ! 


Berdasarkan gambar merupakan kelompok..... 
A. Myxomycota 
B. Oomycota 
C. Acrasiomycota 
D. Basidiomycota 
E. Ascomycota 
 
4. Perhatikan daur hidup Acrasiomycota berikut ini ! 
Berdasarkan gambar reproduksi secara seksual adalah nomor... 
A. 1-2-3-4 
B. 5-6-7-8 
C. 6-7-8-9 
D. 7-8-9-10 
E. 9-10-11-12 
 
5. Kelompok Protista mirip jamur yang reproduksi secara seksual dilakukan dengan fertilisasi antara sel telur dan inti sperma yang menghasilkan zigot resisten (oospora) adalah kelompok ... 
A. Myxomycota 
B. Oomycota 
C. Acrasiomycota 
D. Basidiomycota 
E. Ascomycota 
 
6. Kelompok Oomycota yang sering merugikan karena dapat merusak tanaman kentang dan tomat adalah .... 
A. Saprolegnia sp. 
B. Saprolegnia australis 
C. Phythophthora infestans  
D. Phythium sp 
E. Plasmopara viticola 
 
KUNCI DAN PEMBAHASAN
 

1. D
Jamur lendir bersifat heterotrof fagosit dan memiliki fase makan berbentuk massa ameboid (seperti Amoeba) dalam siklus hidupnya, yang disebut plasmodium. Siklus ini berada pada fase vegetatif  Myxomycota 

2. A
Protista mirip jamur memiliki ciri-ciri sebagai berikut. 
  1. Bersifat eukariotik. 
  2. Tidak memiliki klorofil. 
  3. Dapat menghasilkan spora. 
  4. Bersifat heterotrof.  
3. A
Plasmodium pada Myxomycota umumnya bersifat diploid dan dapat membelah secara mitosis dalam waktu yang bersamaan. Plasmodium umumnya berwarna cerah seperti kuning atau oranye 

4. E
Pase seksual terjadi dengan ciri terbentuk zigot  

5. B
Ciri utama kelompok Oomycota adalah reproduksi seksualnya dengan membentuk Oospora (zigot resisten) 

6. C
Saprolegnia sp. adalah parasit pada ikan dan serangga yang dapat hidup di air tawar dengan suhu 3 – 330C. Beberapa spesies Saprolegnia antara lain adalah Saprolegnia australis dan Saprolegnia ferax. 
Phythophthora sp. adalah parasit pada tanaman budidaya. Beberapa spesies Phythophthora adalah sebagai berikut.  
  • Phythophthora infestans adalah parasit pada tanaman kentang dan tomat. 
  • Phythium sp. adalah penyebab penyakit rebah semai pada tanaman, karena menyerang bagian pangkal batang bibit tanaman. Plasmopara viticola adalah parasit pada tanaman anggur 

E. Penilaian Diri 

Lakukan penilaian diri untuk mengetahui seberapa jauh, kalian memahami materi pada kegiatan pembelajaran 2. Berilah tanda centang (v) pada kolom jika sesuai atau tidak sesuai dengan yang dirasakan 
 

Jika menjawab “Tidak” pada salah satu pertanyaan di atas maka pelajari kembali modul kegiatan pembelajaran 2. “Jangan putus asa”. Jika menajwab “Ya “ pada semua pertanyaan, maka lanjutkan ke kegiatan pembelajaran 3. 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Protista Mirip Jamur Mapel Biologi kelas 10 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Protista Mirip Jamur File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • ciri-ciri protista mirip jamur
    • reproduksi protista mirip jamur
    • peranan protista mirip jamur
    • manfaat protista mirip jamur
    • protista mirip tumbuhan
    • apakah protista mirip jamur memiliki klorofil
    • perbedaan protista mirip jamur dengan jamur
    • protista mirip hewan
    • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022