Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Merancang Kerangka Proposal Mapel Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/MA

Materi Merancang Kerangka Proposal Mapel Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/MA - Halo adik adik yang baik apa kabar? semoga dalam keadaan baik baik saja, nah pada kesempatan kali ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai materi yang telah kakak siapkan, materi ini merupakan materi dari kelas XI SMA/MA tentang Materi Merancang Kerangka Proposal yang dilengkapi juga latihan soal berserta kunci jawaban. Semoga bermanfaat yah.

Materi Merancang Kerangka Proposal Mapel Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/MA
Materi Merancang Kerangka Proposal Mapel Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/MA

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah memahami isi, sistematika, dan kebahasaan proposal pada kegiatan kegiatan pembelajaran kesatu, pada kegiatan kedua ini, kalian diharapkan dapat merancang proposal karya ilmiah dengan memperhatikan tujuan dan esensi karya ilmiah yang diperlukan

B. Uraian Materi

Materi pada kegiatan kedua modul ini merancang proposal yang difokuskan pada proposal karya ilmiah. Cermati materi berikut, agar kalian dapat menyusun kerangka proposal dengan mudah.

Kerangka Proposal
Proposal penelitian merupakan rancangan yang menjelaskan tentang rencana penelitian. Sebagai rencana, tentunya proposal menggambarkan apa dan bagaimana penelitian nantinya dilakukan. Penjelasan mengenai rencana penelitian ini harus sistematis dan tidak keluar dari kaidah ilmiah. Oleh karenanya, setiap bab dan subbab harus ringkas dan jelas isinya.

Sebelum mengembangkan proposal secara lengkap, sebaiknya kalian menyususn kerangka proposal terlebih dahulu. Kerangka proposal ini akan berisi poin-poin penting yang nati akan dituangkan kedalam proposal. Dengan demikian proposal yang kalian buat akan lebih sistematis.

Langkah-langkah Menyusun Kerangka Proposal

Agar kegiatan kalian mudah danhasilnya benar, kalian harus mengikuti langkah- langkah untuk menyususn kerangkaproposal berikut ini:
Langkah pertama peneliti menjelaskan fenomena yang relevan dengan penelitian. Fenomena harus mengandung masalah yang akan diselesaikan dengan langkah yang dilakukan.
Dari masalah ini, peneliti merumuskan pertanyaan penelitian atau rumusan masalah. Masalahnya dapat digambarkan hanya sebagai apa yang peneliti ingin ketahui dan penyelesaiannya.
Tujuan dan manfaat penelitian dapat dirumuskan secara sekilas untuk sekadar mengetahui bahwa penelitian kalian memang sesuai dengan tujuannya. Pada titik ini kita setidaknya telah menyelesaikan Bab I dari pendahuluan.
Bab I yang lengkap ini dapat digunakan sebagai dasar untuk perumusan judul penelitian yang sederhana. Judul tidak harus final karena ada waktu untuk merevisinya jika perlu.
Mengumpulkan kajian pustaka yang sesuai dengan isi proposal yang tergambar pada latar belakang dan tujuan.
Menentukan metode penelitian yang akan digunakan untuk menemukan pemecahan masalah.
Menyimpulkan dan menyususn saran dari proposal berdasarkan uraian pada Bab I dan Bab 2.

C. Rangkuman

Untuk dapat menulis proposal dengan mudah, sebelumnya kalian menyusun terlebih dahulu kerangka proposal sesuai sistematika dengan menuliskan poin- poin penting dari proposal yang akan ditulis. Untuk dapat memahami materi kegiatan ini dengan baik berikut disajikan rangkuman materi.
a. Kerangka Proposal
Rancangan pembuatan proposal yang berisi poin-poin yang ada pada proposal.
b. Langkah-langkah menyusun proposal
Ada beberapa langkah menyususn proposal yang harus dilakukan oleh penulis, sehingga mempermudah penyusunannya dan hasilnya sistematis.

D. Latihan Soal

Tugas pada bagian ini kalian akan menyusun karangka proposal serta mengembangkannya menjadi proposal karya ilmiah.

Kunci jawaban latihan 2

Kerangka Proposal

Rubrik penilian latihan 2
Keterangan
Jawaban benar nilai skor 1 Jawaban salah skor 0
Soal 3 bila semuanya benar nilai seratus

E. Penilaian Diri

Bagaimana kalian sekarang?
Setelah kalian belajar melalui kegiatan belajar 1, berikut diberikan tabel untuk mengukur diri kalian terhadap materi yang sudah kalian pelajari. Jawablah sejujurnya terkait dengan penguasaan materi, dan Isilah tabel refleksi diri terhadap pemahaman materi dengan cara memberi tanda centang (√)

Jika menjawab “TIDAK” pada salah satu pertanyaan di atas, maka pelajarilah kembali materi tersebut dan pelajari ulang kegiatan belajar 2, yang sekiranya perlu kalian ulang dengan bimbingan Guru atau teman sejawat. Jangan putus asa untuk mengulang lagi!.
 
Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Merancang Kerangka Proposal Mapel Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 





#
Merancang Kerangka Proposal File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • sistematika proposal
      • contoh proposal
      • apa saja langkah-langkah memperoleh data untuk proposal penelitian ilmiah
      • merancang sebuah proposal karya ilmiah dengan memperhatikan informasi tujuan dan esensi karya ilmiah
      • kaidah kebahasaan teks proposal
      • contoh proposal penelitian
      • struktur proposal
      • kerangka proposal penelitian pdf
      • kerangka proposal penelitian kualitatif
      • kerangka proposal penelitian kuantitatif
      • kerangka proposal usaha
      • kerangka proposal kegiatan
      • urutan kerangka proposal
      • kerangka proposal bisnis
      • struktur kerangka proposal
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022