Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Menganalisis Isi, Sistematika, dan Kebahasaan Proposal Mapel Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/MA

Materi Menganalisis Isi, Sistematika, dan Kebahasaan Proposal Mapel Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/MA - Hai adik adik yang baik apa kabar? semoga dalam keadaan baik baik saja, nah pada kesempatan kali ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai materi yang sudah kakak siapkan materi ini kakak ambil dari mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI SMA/MA, Tentang Menganalisis Isi, Sistematika, dan Kebahasaan Proposal. Semoga bermanfaat yah..

Materi Menganalisis Isi, Sistematika, dan Kebahasaan Proposal Mapel Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/MA
Materi Menganalisis Isi, Sistematika, dan Kebahasaan Proposal Mapel Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/MA

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah membaca dan mencermati isi modul dan mengerjakan pelatihan, Kalian diharapkan dapat menganalisis isi, sistematika dan kebahasaan sebuah proposal, dengan jujur, penuh rasa ingin tahu, bertanggung jawab, dan responsif.

B. Uraian Materi

Proposal merupakan rencana kerja yang ditulis secara sitematis, terperinci, dan formal mengenai rencana suatu kerja atau kegiatan. Proposal berisi program kerja dan bagaimana teknis pelaksanaannya. Proposal bertujuan untuk mendaptkan persetujuan atau tujuan tertentu dari pihak yang berkepentingan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merancang sebuah proposal agar tujuan yang diharapkan dapat tercapai, di antaranya:

1. Isi Proposal
Secara umum isi proposal berupa usulan kegiatan. Adapun isi secara khusus dapat bermacam-macam bergantung pada jenis kegiatan yang diusulkan. Proposal penelitian memiliki perbedaan dengan proposal kegiatan seperti kerja bakti atau bakti osial, perlombaan, dan kegiatan sejenis lainnya.

2. Sistematika Proposal
Proposal ilmiah memiliki sistematika yang baku sebagai berikut: 

HALAMAN JUDUL
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
Latar Belakang 
Rumusan Masalah 
Tujuan Penelitian 
Manfaat Penelitian
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
Review Literatur Batasan Konseptual
Kerangka Teori/Hipotesis 
BAB III METODOLOGI
Metode Penelitian
Teknik Pengumpulan Data
Teknik Analisis Data 
DAFTAR PUSTAKA 
LAMPIRAN

Kebahasaan Poposal

Terdapat pernyataan-pernyataan yang bersifat argumentatif (Menyampaikan pendapat yang memberikan alasan atau bukti pihak lain yang dituju).

Terdapat pernyataan yang bersifat persuasif (Kalimat pada proposal dapat mempengaruhi dan meyakinkan orang lain)

Banyak menggunakan istilah ilmiah, baik berkenaan dengan kegiatan itu sendiri ataupun istilah-istilah yang berkaitan dengan bidang keilmuannya dan tidak menggunakan bahasa kiasan.

Banyak menggunakan kata kerja tindakan yang menyatakan langkah-langkah kegiatan (metode penelitian), misalnya, berlatih, membaca, mengisi, mendokumentasikan, mengamati, melakukan.
Menggunakan kata-kata yang menyatakan pendefinisian yang ditandai oleh penggunaan kata merupakan, adalah, yaitu, yakni.

Menggunakan kata-kata yang bermakna perincian seperti, selain itu, pertama, kedua, ketiga.
Menggunakan kata-kata yang mencerminkan sebuah perencanaan. Hal itu sesuai dengan sifat proposal sebagai usulan, rencana, atau rancangan program kegiatan.

Menggunakan kata-kata bermakna lugas (denotatif). Hal ini penting guna menghindari kesalahan pemahaman antara pihak pengusul dengan pihak tertuju atau penerima proposal.

Dari uraian di atas Kalian telah mengetahui pengertian proposal, isi, sistematika serta kaidah kebahasaan yang ada di dalamnya. Dengan begitu Kalian semakin memahami dan dapat merancang proposal yang baik dan benar pada kegiatan kedua. Demikian semoga uraian ini bermanfaat untuk Kalian semua.

C. Rangkuman

Proposal merupakan rencana kerja yang ditulis secara sistematis, terperinci, dan formal mengenai rancangan suatu kerja atau kegiatan

Hal yang perlu diperhatikan dalam menulis proposal yaitu,
1. Isi Proposal
2. Sistematika Proposal 
HALAMAN JUDUL 
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
Latar Belakang 
Rumusan Masalah 
Tujuan Penelitian 
Manfaat Penelitian
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
Review Literatur 
Batasan Konseptual
Kerangka Teori/Hipotesis 
BAB III METODOLOGI
Metode Penelitian
Teknik Pengumpulan Data 
Teknik Analisis Data 
DAFTAR PUSTAKA 
LAMPIRAN

3. Kebahasaan Poposal

D. Latihan Soal

Anak-anak hebat, kini saatnya Kalian harus menganalisis proposal dari segi isi, sistematika, dan kebahasaannya. Gunakan tabel yang telah disediakan berikut ini. Selamat bekerja, selalu semangat ya.

Cermati proposal berikut!

Proposal 
KEBERSIHAN LINGKUNGAN

BAB I 
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Kebersihan lingkungan ialah suatu keadaan yang bebas dari kotoran seperti , debu, sampah, dan juga bau. Indonesia khususnya, masalah kebersihan lingkungan selalu menjadi perdebatan dan juga masalah yang terus berkembang. Kasus yang menyangkut suatu masalah kebersihan lingkungan pada tiap tahunnya terus meningkat.

Masalah kebersihan   lingkungan    yang   tidak    kondusif     disebabkan karena masyarakat belum sepenuhnya memiliki kesadaran akan manfaat serta dampak kebersihan lingkungan. Tempat pembuangan sampah juga tidak dipergunakan sebagaimana mestinya dan juga tidak dirawat dengan baik. Akibatnya, berbagai penyakit muncul, seperi diare, penyakit kulit, penyakit pernapasan, dan penyakit lainnya. Selain itu, masalah sampah juga menyebabkan kurang terjaganya keindahan dan kenyamanan para penghuni suatu lingkungan. Perkembangan kesehatan anak-anak pun menjadi terhambat.

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang maslah tersebut, rumusan masalah yang akan dibahas dalam karya tulis ini, adalah:
Bagaimanakah kepedulian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan sekitar? Bagaimana cara untuk menjaga kebersihan lingkungan di sekitar tempat tinggal?

C. Tujuan Penelitian

Supaya lingkungan di sekitar kita dapat tetap terjaga kebersihannya.
Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya lingkungan yang bersih.

D. Metode dan Teknik Penelitian

Untuk mendapatkan informasi dan juga data yang diperlukan, penulis akan menggunakan metode penelitian kualitatif berupa studi pustaka dan juga  observasi dan wawancara. Adapun teknik yang dipergunakan dalam penelitian ini ialah sebagai berikut:

Teknik Pengamatan Langsung, ialah penulis terjun langsung dan juga meneliti ke lapangan untuk dapat mengetahui bagaimana kebersihan lingkungan dan juga bagaimana peranan pelajar terhadap suatu masalah kebersihan lingkungan.

Teknik Wawancara, Tujuan dari teknik ini ialah agar memperoleh suatu gambaran yang lebih tentang kasus yang dibahas. Responden yang meliputi masyarakat sekitar, khususnya ahli kebersihan  lingkungan  hidup  ialah  sebagai  sumber  informasi tentang studi kasus masalah kebersihan lingkungan.

Studi Pustaka, dalam metode ini, ialah membaca buku-buku dan juga tulisan yang berhubungan serta dengan penulisan karya ilmiah dan juga yang berkaitan  erat  dalam masalah lingkungan hidup serta perilaku remaja sekitar.

E. Sistematika Penulisan

Sisteamtika penulisan laporan ini diawali dengan pendahuluan yang meliputi: latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan penelitian, metode dan teknik penelitian, dan sistematika penulisan. Dilanjutkan pada bagian kedua berupa kajian pustaka dan hasil penelitian. Diakhiri bagian ketiha berupa penutup.

BAB II 
KAJIAN PUSTAKA

A. Kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan
Kebersihan ialah sebagai cerminan bagi tiap individu dalam menjaga kesehatan yang begitu penting didalam kehidupan . Dan juga Seperti yang diketahui bahwa kebersihan ialah sebagai dari iman , kebersihan juga suatu keadaan dimana bebas dari kotoran, penyakit, dan juga lain sebagainya, yang jelas dapat merugikan ke segala aspek yang menyangkut tiap kegiatan dan juga pada perilaku lingkungan masyarakat. Sebagaimana diketahui bahwa kehidupan manusia tersebut tidak bisa dipisahkan baik itu lingkungan alam ataupun  juga lingkungan  sosial.  Oleh  sebab  itu, sebagai masyarakat harus dapat menjaga kebersihan lingkungan tersebut. Tanpa adanya lingkungan yang bersih pada tiap individu atau pun masyarakat itu sendiri akan dapat menderita sebab salah satu faktor yang merugikan seperti halnya kesehatan. Kesehatan tersebut begitu mahal harganya. Sehingga baiknya kebersihan tersebut semuanya harus di olah dengan baik . Lingkungan yang kotor tersebut berarti ialah penganggu kesehatan yang juga ialah berarti menanamkan bibit penyakit.

tetapi segala sesuatu terdapat suatu perubahan hanya saja didalam segala persoalan dalam menjaga kebersihan lingkungan, semua itu tidak dapat dijalankan dengan tanpa sebuah kesadaran dari setiap individu ataupun masyarakat untuk menjaga kebersihan, Oleh karena itu Kebersihan tersebut akan berguna dan juga akan menimbulkan keuntungan jika tiap individu ataupun juga masyarakat dapat menjaga lingkungan di sekitarnya.

B. Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan
Berikut ini tips dan juga cara menjaga kebersihan lingkungan:
Dimulai keingininan dari diri sendiri dengan cara memberi contoh kepada masyarakat banyak bagaimana menjaga suatu kebersihan lingkungan;
Libatkan tokoh masyarakat yang dapat  berpengaruh  untuk  dapat  memberikan arahan kepada masyarakat bahwa pentingnya menjaga suatu kebersihan lingkungan; Sertakan juga para pemuda untuk dapat ikut aktif menjaga kebersihan lingkungan di sekitar;
Buat pekerjaan sebagai petugas kebersihan lingkungan dengan cara memberi imbalan setiap bulannya;
Sosialisasikan pada masyarakat untuk harus terbiasa memilih sampah rumah tangga ke sampah organik dan nonorganik;
Pelajari juga teknologi pembuatan pupuk kompos dari sampah organik agar yang dihasilkan dapat dimanfaatkan;
Harus kreatif dengan membuat souvenir atau juga membuat kerajinan tangan dengan menggunakan sampah;
Buat jadwal untuk kegiatan kerja bakti untuk membersihkan lingkungan sekitar; Perbanyak juga tempat sampah di sekitar lingkungan.


BAB III 
PENUTUP

A. Kesimpulan
Dari hal ini dapat diambil suatu kesimpulan bahwa pada masyarakat masih terdapat yang belum peduli terhadap kebersihan lingkungan sekitar sendiri. Kebanyakan dari mereka berfikir secara parsial dan juga hanya ingin menguntungkan diri sendiri, seperti pada masalah pembuangan sampah yang tidak benar, pembuangan limbah pabrik, polusi udara dari kendara, pencemaran air, dan lain sebagainya. Kasus-kasus yang menyangkut suatu masalah kebersihan pada tiap tahunnya selalu meningkat. Dan juga mengakibtakan keadaan yang dapat merugikan kota. Jadi, dari hal ini kita harus dapat menyadari pentingnya kebersihan itu. Marilah kita semua dapat menjaga kebersihan dengan secara bersama-sama.

B. Saran
Saya menyadari bahwa dalam membuat penulisan karya tulis tentang kebersihan lingkungan di sekitar kita ini masih banyak terdapat kekurangan baik dari segi materi, isi materi, dan juga bahkan cara penulisan karya tulis ini, untuk hal itu penulis meminta saran dari Anda pembaca semua untuk dapat makalah tersebut bisa untuk lebih sempurna lagi untuk penulisan selanjutnya. Atas perhatiannya Saya ucapkan terima kasih.
Sumber: https://www.gurupendidikan.co.id/contoh-proposal-karya-ilmiah/

Setelah mencermarti proposal tersebut, jawablah pertanyaan berikut dengan mengisikan hasil kegiatan pada tabel hasil analisis proposal yang tersedia!

Hasil Analisis Isi Proposal

Kunci jawaban latihan 1
Hasil Analisis Isi Proposal
Rubrik penilian latihan 1
Keterangan
Jawaban benar nilai skor 1 
Jawaban salah skor 0
Soal 4 bila semuanya benar nilai seratus

E. Penilaian Diri

Bagaimana kalian sekarang?
Setelah kalian belajar melalui kegiatan belajar 1, berikut diberikan tabel untuk mengukur diri kalian terhadap materi yang sudah kalian pelajari. Jawablah sejujurnya terkait dengan penguasaan materi, dan Isilah tabel refleksi diri terhadap pemahaman materi dengan cara memberi tanda centang (√)


Jika menjawab “TIDAK” pada salah satu pertanyaan di atas, maka pelajarilah kembali materi tersebut dan pelajari ulang kegiatan belajar 2, yang sekiranya perlu kalian ulang dengan bimbingan Guru atau teman sejawat. Jangan putus asa untuk mengulang lagi!.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Menganalisis Isi, Sistematika, dan Kebahasaan Proposal Mapel Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 





#
Menganalisis Isi, Sistematika, dan Kebahasaan Proposal File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • sistematika proposal
      • contoh proposal
      • apa saja langkah-langkah memperoleh data untuk proposal penelitian ilmiah
      • merancang sebuah proposal karya ilmiah dengan memperhatikan informasi tujuan dan esensi karya ilmiah
      • kaidah kebahasaan teks proposal
      • contoh proposal penelitian
      • struktur proposal
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022