Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Mengembangkan Proposal Karya Ilmiah Mapel Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/MA

Materi Mengembangkan Proposal Karya Ilmiah Mapel Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/MA - Adik adik yang baik apa kabar? semoga dalam keadaan baik baik saja, pada kesempatan yang cerah ini tentunya kakak tidak pernah bosan untuk membagikan materi dan contoh soal mata pelajaran kepada adik adik. Kali ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai Materi Mengembangkan Proposal Karya Ilmiah Mapel Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/MA. Semoga bermanfaat yah.

Materi Mengembangkan Proposal Karya Ilmiah Mapel Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/MA
Materi Mengembangkan Proposal Karya Ilmiah Mapel Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/MA

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah memahami menyusun kerangka karya ilmiah pada kegiatan kedua, setelah mempelajari modul babak ketiga ini, diharapkan kalian dapat mengembangkan kerangka yang telah kalian susun menjadi sebuah proposal sederhana yang utuh dengan memperhatikan isi dan esensi kebutuhan.

B. Uraian Materi

Setelah kalian menyususn kerangka proposal, kalian akan berlatih mengembangkan proposal tersebut secara utuh.
Materi pada kegiatan ketiga modul ini mengembangkan proposal karya ilmiah,cermati materiberikut agar kalian dapat menulis sesuai ketentuan penulisan proposal.

Format Proposal

Naskah proposal terdiri atas bagian awal, bagian utama, dan bagian akhir.

3.1 Bagian Awal
Bagian awal mencakup sampul depan (cover), lembar judul, lembar pengesahan, kata pengantar, daftar isi, d aftar tabel, daftar gambar, dan daftar lampiran.

3.1.1. Sampul depan Sampul depan memuat judul proposal, logo, nama, nama sekolah tempat penyusunan proposal, serta tahun penilaian proposal, dengan ketentuan sebagai berikut:
a) Judul proposal harus memenuhi kriteria singkat, jelas, dan menunjukkan masalah yang diteliti, serta tidak membuka peluang penafsiran yang beragam. Di atas judul ditulis kata PROPOSAL;
b) Logo sekolah dengan diameter 6 cm;
c) Nama siswa harus ditulis lengkap.
d) Kelas dan jurusan;
e) Tahun yang dimaksud adalah tahun pelaksanaan penilaian Proposal;
f) Sampul depan Proposal harus terbuat dari kertas buffalo (kertas ukuran A-4); g) Semua huruf pada sampul depan ditulis dengan huruf besar, Times New
Roman, ukuran 14, dan dicetak tebal.

3.1.2. Lembar judul Lembar judul
Lembar judul sama seperti sampul depan, namun menggunakan kertas HVS ukuran A-4, warna putih. Contoh Sampul depan Proposal.

3.1.3. Lembar pengesahan
Lembar pengesahan memuat tulisan LEMBAR PENGESAHAN PROPOSAL, judul Proposal, nama penyusun, kelas, kolom persetujuan (guru pembimbing)
 
3.1.4. Kata pengantar
Kata pengantar memuat uraian singkat mengenai maksud penyusunan Proposal, dan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang berjasa pada keberhasilan penyusunan Proposal. Kata pengantar tidak memuat hal-hal yang ilmiah. Di pojok kanan bawah paragraf kata pengantar ini ditulis kota, bulan, tahun dan nama penyusun.

3.1.5. Daftar isi
Daftar isi memberi informasi secara menyeluruh mengenai isi Proposal, mulai dari lembar judul hingga lampiran. Daftar isi dilengkapi dengan nomor halaman untuk menemukan hal-hal yang diinformasikan.

3.1.6. Daftar tabel
Daftar tabel memuat urutan tabel yang terdapat dalam naskah Proposal. Urutan tabel dibuat dengan angka Arab dalam kaitan dengan urutan bab, sub-bab dalam bagian utama. Setelah nomor tabel kemudian ditulis judul tabel, dan halaman tabel dalam naskah proposal.

3.1.7. Daftar gambar
Daftar gambar memuat urutan gambar (grafik, diagram, peta, dan lain-lain yang termasuk kategori gambar) yang terdapat dalam naskah Proposal. Cara penulisan daftar gambar sama seperti daftar tabel.

3.1.8. Daftar lampiran
Daftar lampiran memuat urutan lampiran yang terdapat dalam naskah Proposal. Setelah nomor urut lampiran kemudian ditulis lampiran. Daftar Lampiran tidak mencantumkan nomor halaman.

3.2. Bagian Utama Bagian utama memuat:
I. PENDAHULUAN
II. TINJAUAN PUSTAKA
III. METODE PENELITIAN

3.2.1. Pendahuluan
Pendahuluan   memuat:  latar  belakang permasalahan, rumusan masalah, hipotesis (bila ada), tujuan, dan manfaat penelitian.
a) Latar belakang permasalahan memuat alasan-alasan penting dan perlunya meneliti masalah. Pada latar belakang permasalahan juga dijelaskan kedudukan masalah yang diteliti dalam lingkup permasalahan yang lebih luas.
b) Rumusan masalah memuat pernyataan singkat tentang masalah yang diteliti, batasan masalah yang diteliti, yang dapat disusun dalam kalimat pertanyaan.
c) Hipotesis (bila ada) memuat pernyataan singkat sebagai jawaban sementara terhadap masalah yang dihadapi yang masih harus dibuktikan kebenarannya.
d) Tujuan penelitian memuat sasaran yang akan diperoleh dalam penelitian.
e) Manfaat penelitian memuat manfaat yang akan diperoleh dari penelitian, baik untuk pengembangan ilmu, teknologi, metodologi, atau pembangunan nasional.
 
3.2.2. Tinjauan pustaka/Kajian teori
Tinjauan pustaka/kajian teori memuat uraian mengenai landasan teori dan landasan empiris yang mendukung pendekatan pemecahan masalah. Tingkat kedalaman dan keluasan aspek-aspek yang diteliti, tergantung pada ketajaman analisis permasalahan. Selain teori, hasil-hasil penelitian lain yang relevan, dapat juga disajikan dengan menyebutkan sumber referensinya.

3.2.3. Metode penelitian
Metode penelitian memuat tempat dan waktu penelitian, bahan dan alat penelitian, jenis dan variabel penelitian, cara kerja atau cara pengumpulan data, dan cara analisis data.

a) Tempat dan waktu, memuat tempat pelaksanaan penelitian, baik penelitian yang dilaksanakan di laboratorium atau di lapangan (dijelaskan wilayah administratifnya). Kalau perlu diberi deskripsi singkat mengenai lokasi penelitian beserta petanya. Waktu artinya waktu pelaksanaan penelitian.

b) Bahan dan alat, memuat uraian bahan dan alat yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian. Misalnya, bahan: kimia, hayati, atau bahan-bahan lain yang digunakan, dapat pula dijelaskan spesifikasinya. Demikian juga alat yang digunakan dapat dijelaskan tingkat kehandalan, kesahihan, dan ketelitiannya. Untuk penelitian yang menggunakan hewan, tumbuhan, dan mikroba harus disertai nama ilmiahnya.

c) Cara kerja, memuat uraian rinci mengenai urutan pelaksanaan penelitian, mulai dari persiapan hingga pengujiannya, termasuk prosedur analisis kimia, fisika, dan hayati. Untuk penelitan eksperimental dapat dikemukakan jenis rancangan percobaan, jumlah perlakuan, dan replikasinya. Variabel penelitian memuat variabel/parameter yang diamati dan diukur, termasuk variabel yang dikendalikan. Di samping jenis-jenis data penelitian (nominal, ordinal, interval dan rasio) dapat pula dijelaskan satuan pengukurannya.

d) Cara analisis data memuat cara-cara pendekatan pengujian hipotesis (jika ada), baik melalui analisis statistik deskriptif, inferensi, atau cara analisis lainnya.

e) Penutup
Pada bagian penutup berisi simpulan dari latar belakang dan kajian teori, serta saran yang ditujukan kepada semuapihak yang membaca proposal tersebut.

3.3. Bagian Akhir
Bagian akhir memuat jadwal pelaksanaan penelitian, anggaran, daftar pustaka, dan lampiran.

3.3.1. Jadwal pelaksanaan penelitian memuat perkiraan lamanya persiapan dan pelaksanaan penelitian dalam penyusunan skripsi.

3.3.2. Daftar pustaka
Daftar pustaka, disusun secara vertikal menurut urutan abjad dan secara horizontal.

3.3.3. Lampiran
Lampiran-lampiran diberi nomor dengan angka Arab, tanpa nomor halaman

C. Rangkuman

Format proposal memiliki 3 bagian yaitu bagian awal,bagian utama, dan bagian akhir.
1. Bagian awal
a. Sampul depan (cover)
b. Lembar pengesahan
c. Kata pengantar
d. Daftar isi
e. Daftar tabel
f. Daftar gambar
g. Daftar lampiran
2. Bagian Utama
a. Pendahuluan
b. Tinjauan Pustaka
c. Metode Penelitian
d. Penutup
3. Bagian Akhir
a. Jadwal penelitian
b. Anggaran
c. Daftar pustaka
d. Lampiran

D. Latihan Soal

Jawablah pertanyaan berikut !
1. Buatlah judul proposal karya ilmiah !
2. Buatlah latar belakang proposal karya ilmiah!
3. Buatlah perumusan masalah !
4. Buatlah metode penelitian !

Kunci jawaban
1. Analisis Potensi Limbah Tebu Sebagai Bahan Bakar Pembangkit Listrik Energi Biomassa Di Pabrik Gula
2. Saat ini, Seiring berjalannya waktu industri– industri baik industri rumahan maupun pabrik semakin banyak di Indonesia. Kini sangat mudah ditemukan sebuah industri meskipun letaknya dekat dengan pemukiman padat penduduk. Letak sebuah pabrik yang berdekatan dengan pemukiman warga tentu dapat menimbulkan dampak buruk, baik itu melalui limbah padat, cair maupun gas.

Terutama limbah padat yang membutuhkan tempat penampungan yang cukup besar. Aktifnya perindustrian di Indonesia tidak dapat berlangsung terus menerus tanpa adanya proses yang dapat menekan dampak buruk yang diakibatkan oleh pembuatan produk di suatu perindustrian.

3. Untuk memudahkan penyusunan tugas akhir ini penulis merumuskan masalah kedalam beberapa bentuk kalimat pertanyaan, sebagai berikut ini:
a.Potensi ampas tebu dalam penyediaan energi listrik. b.Analisis penerapan ampas tebu di pabrik gula.

4. Untuk memudahkan penyusunan tugas akhir ini penulis merumuskan masalah kedalam beberapa bentuk kalimat pertanyaan, sebagai berikut ini:
a. Potensi ampas tebu dalam penyediaan energi listrik.
b. Analisis penerapan ampas tebu di pabrik gula.

Rubrik penilian latihan 3


Keterangan
Jawaban benar nilai skor 1 Jawaban salah skor 0
Soal 4 bila semuanya benar nilai seratus

E. Penilaian Diri

Bagaimana kalian sekarang?
Setelah kalian belajar melalui kegiatan belajar 1, berikut diberikan tabel untuk mengukur diri kalian terhadap materi yang sudah kalian pelajari. Jawablah sejujurnya terkait dengan penguasaan materi, dan Isilah tabel refleksi diri terhadap pemahaman materi dengan cara memberi tanda centang (√)
Jika menjawab “TIDAK” pada salah satu pertanyaan di atas, maka pelajarilah kembali materi tersebut dan pelajari ulang kegiatan belajar 2, yang sekiranya perlu kalian ulang dengan bimbingan Guru atau teman sejawat. Jangan putus asa untuk mengulang lagi!.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Mengembangkan Proposal Karya Ilmiah Mapel Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 


#
Mengembangkan Proposal Karya Ilmiah File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • sistematika proposal
      • contoh proposal
      • apa saja langkah-langkah memperoleh data untuk proposal penelitian ilmiah
      • merancang sebuah proposal karya ilmiah dengan memperhatikan informasi tujuan dan esensi karya ilmiah
      • kaidah kebahasaan teks proposal
      • contoh proposal penelitian
      • struktur proposal
      • kerangka proposal penelitian pdf
      • kerangka proposal penelitian kualitatif
      • kerangka proposal penelitian kuantitatif
      • kerangka proposal usaha
      • kerangka proposal kegiatan
      • urutan kerangka proposal
      • kerangka proposal bisnis
      • struktur kerangka proposal
      • contoh proposal karya ilmiah
      • struktur proposal karya ilmiah
      • proposal karya ilmiah adalah
      • contoh proposal ilmiah pdf
      • contoh karya ilmiah
      • contoh proposal penelitian pengembangan
      • proposal ilmiah adalah
      • struktur proposal ilmiah
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022