Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Struktur Teks Prosedur Mapel Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/MA

Materi Struktur Teks Prosedur Mapel Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/MA - Hai adik adik yang baik apa kabar? semoga dalam keadaan baik baik saja, nah jangan lupa untuk selalu menggunakan masker ya, untuk menghindari hal hal yang tidak di inginkan. Nah tidak perlu basa basi pada kesempatan yang baik ini tentunya kakak ingin membagikan kepada adik adik kelas XI SMA/MA mengenai materi yang sudah di rangkum dari berbagai sumber, materi ini diambil dari mata pelajaran Bahasa Indonesia tentang Struktur Teks Prosedur. Semoga bermanfaat!

Materi Struktur Teks Prosedur Mapel Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/MA
Materi Struktur Teks Prosedur Mapel Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/MA

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari kegiatan pembelajaran satu ini diharapkan kalian dapat menganalisis struktur teks prosedur dengan cermat, teliti dan penuh tanggung jawab sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

B. Uraian Materi

Struktur Teks Prosedur
Pada modul sebelumnya, kita sudah mempelajari pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur. Nah, berarti kalian sudah mendapat gambaran tentang suatu prosedur. Sekarang marilah kita menggali teks prosedur lebih mendalam!

Setiap teks memang memiliki struktur agar penyusunan teks jauh lebih baik dan benar. Seperti halnya teks prosedur, dimana ada struktur pada saat pembuatan maupun penyusunan teksnya.

Struktur teks prosedur tentunya sangat penting sekali pada saat pembuatan teksnya, dan struktur itu terbagi menjadi 3. Yang pertama ialah bagian tujuan, yang kedua adalah langkah-langkah dan yang ketiga ialah bagian penegasan ulang.

Penasaran seperti apa struktur teks prosedur? Simak penjelasan struktur teks prosedur berikut ini:

1. Tujuan
Untuk struktur tujuan yang ada di dalam teks prosedur memang cukup beragam, contoh yang paling sering kita jumpai ialah pengantar topik. Tak hanya itu saja, bisa saja tujuan tersebut berisi mengenai kenapa teks prosedur tersebut di buat. Yang artinya, tujuan ini merupakan hasil akhir jika kita melakukan suatu hal yang mana mengikuti pedoman langkah- langkah yang ada di dalam teks prosedur tersebut.

2. Langkah-langkah
Untuk bagian yang ke dua ialah bagian langkah- langkah yang mana di dalamnya menerangkan mengenai proses dari tahapan maupun langkah yang wajib untuk  di laksanakan demi memperoleh hasil yang jauh lebih maksimal dimana sesuai dengan tujuan dari pembuatan teks prosedur.

Pada bagian ini, langkah- langkah wajib di susun dengan cara yang berurutan sebab nantinya akan membahas dari tahapan nol sampai pembahasan hasil pencapaian. Misalnya saja, pada saat kita membuat sebuah teks prosedur mengenai memasak tidak mungkin sekali jika kita akan menulis langsung mengenai menghidangkan masakan sebelum kita menjelaskan langkah- langkah dari proses penyiapan bahan dan proses memasaknya.

3. Penegasan ulang
Untuk penegasan ulang berupa harapan ataupun manfaat apabila petunjuk- petunjuk itu dijalankan dengan baik.
 
Perhatikan contoh teks prosedur berikut!

Cara Mendaftar UTBK
UTBK merupakan ujian yang digunakan sebagai syarat seorang calon mahasiswa untuk mengikuti SBMPTN. Hasil dari UTBK akan digunakan untuk menyaring calon mahasiswa yang mendaftar ke sebuah PTN. Pendaftaran harus dilakukan melalui website LTMPT selaku penyelenggara ujian ini.    Jika sudah    mendaftar,    mahasiswa bisa mendapatkan bukti yang bisa dicetak melalui website tersebut.
Langkah-langkah:
1. Pastikan sudah memiliki akun LTMPT
2. Login menggunakan akun LTMPT di laman portal LTMPT
3. Pilih menu pendaftaran UTBK-SBMPTN
4. Pilih pusat UTBK
5. Isilah kebutuhan khusus jika diperlukan.
6. Jika mendaftar melalui skema KIP, maka lakukan tahapan berikut:
a. Pastikan sudah memiliki KIP kuliah
b. Isi nomor pendaftaran KIP Kuliah
7. Isi jenis jurusan SMTA
8. Pilih PTN dan program studi yang diminati
9. Unggah portofolio (bagi program studi yang mewajibkan untuk mengunggah portofolio)
10. Lakukan konfirmasi data dan melakukan simpan permanen
11. Cetak kartu tanda bukti peserta UTBK-SBMPTN
Dengan persiapan matang dan mengerjakan soal dengan baik saat mengikuti UTBK, semoga kita dapat berhasil dan diterima menjadi mahasiswa melalui jalur SBMPTN.
Teks prosedur di atas dibentuk oleh ungkapan tentang tujuan, langkah- langkah, dan penegasan ulang.

1. Tujuan merupakan pengantar tentang topik yang akan dijelaskan dalam teks. Pada contoh teks berjudul “Cara Mendaftar UTBK” , tujuan yang dimaksud adalah yang berupa pengertian UTBK dan manfaat bagi peserta, yaitu:
UTBK merupakan ujian yang digunakan sebagai syarat seorang calon mahasiswa untuk mengikuti SBMPTN. Hasil dari UTBK akan digunakan untuk menyaring calon mahasiswa yang mendaftar ke sebuah PTN.
2. Langkah-langkah berupa perincian petunjuk yang disarankan kepada pembaca terkait pada topik tertentu Pada contoh teks berjudul “CaraMendaftar UTBK” , langkah-langkahnya, yaitu:

Langkah-langkah:
1. Pastikan sudah memiliki akun LTMPT
2. Login menggunakan akun LTMPT di laman portal LTMPT
3. Pilih menu pendaftaran UTBK-SBMPTN
4. Pilih pusat UTBK
5. Isilah kebutuhan khusus jika diperlukan.
6. Jika mendaftar melalui skema KIP, maka lakukan tahapan berikut:
a. Pastikan sudah memiliki KIP kuliah
b. Isi nomor pendaftaran KIP Kuliah
7. Isi jenis jurusan SMTA
8. Pilih PTN dan program studi yang diminati
9. Unggah portofolio (bagi program studi yang mewajibkan untuk mengunggah portofolio)
10. Lakukan konfirmasi data dan melakukan simpan permanen
11. Cetak kartu tanda bukti peserta UTBK-SBMPTN

3. Penegasan ulang berupa harapan ataupun manfaat apabila petunjuk- petunjuk itu dijalankan dengan baik. Pada contoh teks berjudul “Cara Mendaftar UTBK” penegasan ulangnya,yaitu:
Dengan persiapan matang dan mengerjakan soal dengan baik saat mengikuti UTBK, semoga kita dapat berhasil dan diterima menjadi mahasiswa melalui jalur SBMPTN
Berdasarkan penjelasan di atas maka dapat diperoleh bagan struktur teks prosedur sebagai berikut.

Bagan 1.1 Struktur teks prosedur


C. Rangkuman

Struktur teks prosedur adalah sebagai berikut:
  1. Tujuan, yaitu pengantar tentang topik yang akan dijelaskan dalam teks.
  2. Langkah-langkah, yaitu berupa perincian petunjuk yang disarankan kepada pembaca terkait dengan topik yang ditentukan.
  3. Penegasan ulang berupa harapan ataupun manfaat apabila petunjuk- petunjuk itu dijalankan dengan baik.

D. Penugasan Mandiri

Contoh Teks Prosedur

Cara Membuat Bingkai Foto dari Kardus Bekas

Bingkai foto atau yang lebih sering disebut sebagai Pigura adalah sebuah tepi dekoratif yang dibuat untuk memasang, melindungi, dan memajang sebuah gambar, foto, atau lukisan.

Bahan-bahan:
  1. Siapkan kardus bekas dari apa saja dengan ukuran sesuai dengan kebutuhan.
  2. Siapkan gunting
  3. Kaca
  4. Lem
  5. Siapkan juga pita atau kertas kado.
  6. Siapkan penggaris. 
Cara Membuat:
  1. Langkah yang pertama adalah dengan mengukur kardus dengan memakai penggaris, ukuran nantinya dapat di sesuaikan dengan ukuran dari foto yang akan di pajang.
  2. Kemudian kaca di ukur seperti halnya kardus tadi.
  3. Langkah yang berikutnya ialah dengan memotong dua lembar kardus yang bisa di sesuaikan dengan ukuran potongan kardus yang pertama.
  4. Kemudian Anda perlu membuat sekat pada bagian tengah kardus guna untuk memakai potongan dari kardus kecil yang lain.
  5. Langkah selanjutnya, rekatkan dengan memakai lem
  6. Untuk berikutnya, ambil kardus lagi lalu bentuk sesuai dengan keinginan. Kardus ini nantinya akan di pakai sebagai penopang frame agar tidak jatuh.
  7. Selanjutnya ialah dengan memasang kaca pada bagian dalam kardus tersebut.
  8. Untuk yang terakhir ialah dengan menggunakan kertas kado atau pita tadi. Tempelkan kertas pada bagian luar kardus sehingga bisa di jadikan hiasan dan supaya lebih cantik.
https://ngertiaja.com/



Mudah, bukan berarti tidak menarik. Hanya dengan manik-manik pita di dua sudut dengan satu warna, namun tetap memberikan kesan elegan dan rapi. Kamu juga bisa membuat bingkai dengan lebih indah, jika kamu benar-benar menggunakan kreativitasmu.
 
Demikianlah prosedur bagaimana kardus bekas dapat dimanfaatkan menjadi sebuah bingkai foto yang unik dan dapat kalian kreasikan sebebasnya. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Setelah kamu membaca teks tersebut, selanjutnya ikutilah instruksi di bawah ini!
1. Jelaskanlah struktur pembentuk teks tersebut secara jelas!
2. Simpulkan teks tersebut berdasarkan kelengkapan strukturnya!
3. Tuliskan hasil analisismu dalam format penilaian seperti berikut ini!

E. Latihan Soal

1. Jelaskan struktur teks prosedur!
2. Buatlah tujuan teks prosedur berdasarkan gambar di bawah ini!
https://ngertiaja.com/
3. Buatlah teks prosedur menggunakan struktur yang lengkap dengan tema bercocok tanam dengan air atau hidroponik!
 
Pembahasan dan Pedoman Penskoran Latihan Soal Pembelajaran 1

F. Penilaian Diri

Setelah kalian belajar melalui kegiatan pembelajaran satu, berikut diberikan tabel untuk mengukur diri kalian terhadap penguasaan materi yang sudah kalian pelajari. Jawablah sejujurnya terkait dengan penguasaan materi dengan mengisi tabel refleksi diri terhadap pemahaman materi pada tabel berikut dan centanglah (√).
Jika menjawab “TIDAK” pada salah satu pertanyaan di atas, maka pelajarilah kembali materi tersebut dan pelajari ulang kegiatan pembelajaran satu. Bila perlu kalian dapat meminta bimbingan guru atau teman sejawat. Jangan putus asa untuk mengulang lagi.


Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Struktur Teks Prosedur Mapel Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 


#
Struktur Teks Prosedur File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • contoh struktur teks prosedur
      • struktur teks prosedur brainly
      • jelaskan struktur teks prosedur
      • struktur teks prosedur kompleks
      • tujuan teks prosedur
      • ciri bahasa teks prosedur
      • teks prosedur kompleks memiliki struktur yaitu
      • struktur teks deskripsi
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022