Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Konsep Musik Kontemporer Kelas 12 SMA/MA

Materi Konsep Musik Kontemporer Kelas 12 SMA/MA - Halo adik adik yang baik apa kabar? semoga dalam keadaan baik baik saja, nah sebelum masuk ke materinya untuk itu adika dik di sarankan untuk mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah dengan cara menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya Selalu untuk mencuci tangan. Oiya kembali ke Materi, kali ini materi yang kakak bagikan ini merupakan materi dari mata pelajaran Seni Budaya untuk adik adik Kelas XII SMA/MA, Semoga bermanfaat yah.

Materi Konsep Musik Kontemporer Kelas 12 SMA/MA
Materi Konsep Musik Kontemporer Kelas 12 SMA/MA

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 2 ini diharapkan : 
  1. Peserta didik mampu memahami konsep musik kontemporer dari tinjauan sejarah dan gaya musik 
  2. Peserta didik mampu mengambil ide atau gagasan,konsep musik kontemporer dari tinjauan sejarah dan gaya musiknya 

B. Uraian Materi 

1. Konsep Musik Kontemporer dengan Tinjauan Sejarah dan gaya musiknya 

Untuk mempelajari konsep musik lebih jauh perlu sekiranya mempelajari tinjauan sejarah dan gaya musiknya. Hal ini untuk memperkaya pengembangan gagasan dan ide-ide serta wawasan tentang musik kontemporer itu sendiri.  

Sejarah panjang musik klasik Barat dari abad pertengahan (abad ke 14) sampai dengan Era Romantik akhir (akhir abad ke 19) mengalami evolusi dan pengembangan baik dari sisi komposisi musiknya maupun fungsi dan perannya dalam kehidupan masyarakat dunia. Musik klasik barat pada rentang waktu tersebut dianggap musik yang konvensional dan menjadi acuan perkembangan musik dunia. 
Memasuki awal abad 20, era peralihan romantik akhir ke era moderen terdapat gaya musik baru yang lebih individualis dan tidak terikat nilai-nilai sebelumnya pada musik klasik barat.Munculnya gaya musik baru seperti Impresionisme, Neoklasisme, Konservativisme, dan Futurismedapat disebut memasuki era baru yang disebut era klasik barat moderen. Perkembangan sosial, politik, budaya, dan teknologi masyarakat dunia khususnya di Eropa dan Amerika menjadi faktor pemicu lahirnya musik baru tersebut. Perkembangan musik baru berkembang sampai masa sekarang yang memasuki era abad ke 21. Musik baru tersebut disebut Musik Kontemporer. Musik kontemporer merupakan karya musik yang sangat unik, menggunakan beragam  sumber bunyi dengan beragam teknik bermain yang berbeda dengan musik konvensional atau musik klasik barat pada umumnya.  

a. Musik Kontemporer Barat  
Terdapat beberapa gaya musik kontemporer barat pada awal perkembangannya sampai sekarang. Berikut di bawah ini perkembangan musik kontemporer barat: 

1) Neoromanticism 
Merupakan gaya musik kontemporer yaitu kembalinya ke ekspresi emosional yang terkait dengan Romantisisme abad kesembilan belas. Sejak pertengahan 1970-an istilah ini diidentikkan dengan postmodernisme neokonservatif, terutama di Jerman, Austria, dan Amerika Serikat, dengan komposer seperti Wolfgang Rihm dan George Rochberg. 
Contoh: musik Neoromanticism.Komposisi musik karya dari  Wolfgang 
Rihm - Lichtes Spiel. (Track audio 1) 

2) High modernism 
Serialisme adalah salah satu gerakan terpenting pasca-perang di antara sekolah-sekolah modernis tinggi. Serialisme, lebih khusus disebut serialisme "Integral" atau "gabungan", dipimpin oleh komposer seperti Pierre Boulez, Bruno Maderna, Luigi Nono, dan Karlheinz Stockhausen di Eropa, dan oleh Milton Babbitt, Donald Martino, Mario Davidovsky, dan Charles Wuorinen di Amerika Serikat. Beberapa komposisinya menggunakan teknik dua belas nada, yang secara alternatif dianggap sebagai model serialisme integral. 
Contoh :musik SerialismeHigh Modernism. Komposisi musik karya dari 
Pierre Boulez - Le Marteau Sans Maître (1954) . (Track audio 2) 

3) Electronic music 
Musik yang menggunakan alat musik elektronik, alat digital, dan teknologi musik berbasis sirkuit.  Pertunjukan musik elektronik pertama dikembangkan pada akhir abad ke-19 dan tak lama kemudian futuris Italia mengeksplorasi suara yang tidak dianggap musikal. Selama tahun 1920-an dan 1930-an, instrumen elektronik diperkenalkan.  

Pada tahun 1940-an, musik elektronik menggunakan pita audio magnetik dan kemudian memodifikasinya dengan mengubah kecepatan atau arah pita. Komposisi musik elektronik ini disebut pita elektroakustik berkembang di Mesir dan Prancis. Musique concrète, dibuat di Paris pada tahun 1948, berupa fragmen rekaman suara alam dan industri.  

Musik yang diciptakan dari generator elektronik pertama kali dibuat di Jerman pada tahun 1953. Musik elektronik juga diciptakan di Jepang dan Amerika Serikat mulai tahun 1950-an. Perkembangan baru yang penting adalah munculnya komputer untuk menggubah musik. Komposisi algoritmik dengan komputer pertama kali didemonstrasikan pada tahun 1950-an (meskipun komposisi algoritmik tanpa komputer telah ada jauh lebih awal, misalnya Musikalisches Würfelspiel karya Mozart. Contoh: musik elektronik . Komposisi musik  karya dari Suzanne Ciani - Paris 1971.(Track audio 3) 

4) Computer music 
Antara tahun 1975 dan 1990, terjadi pergeseran paradigma teknologi komputer, dengan sistem musik elektronik yang lebih praktis dan dapat diakses secara luas. Komputer telah menjadi komponen penting dari peralatan komposer musik elektronik, menggantikan synthesizer analog. Musik komputer merupakan penerapan teknologi komputasi dalam komposisi musik, untuk membantu komposer membuat musik baru seperti dengan program komposisi algoritmik. 
Contoh: Musik Komputer. Komposisi musik karya dari Nathan Weitzne- Algorithm No. 1.(Track audio 4) 

5) Music theatre 
Music theatre pertunjukan yang muncul selama abad ke-20, berbeda dengan genre yang lebih konvensional seperti opera dan teater musikal. Istilah ini menjadi terkenal pada 1960-an dan 1970-an untuk menggambarkan pendekatan avant-gardeberupa komposisi instrumental dan vokal mencakup gerakan non-sonik, gerakan, kostum, dan elemen visual lainnya dalam musik tersebut. Komposisi seperti György Ligeti's Aventures (1962), Mauricio Kagel's Match (1964) dan Peter Maxwell Davies's Eight Songs for a Mad King (1968) dibawakan di panggung sebagai bagian dari program komposisinya. Contoh Music theatrePeter Maxwell Davies - Eight Songs for a Mad King for Baritone and Ensemble 
(1969). (Track audio 5) 

6) Spectral music 
Komposisi musik dengan pendekatan spektral pertama kali pada tahun 1979 oleh Hugues Dufourt, dalam sebuah artikel yang berjudul "Musique spectrale". Dalam musik spektral, spektrum - atau kelompok spektrum - menggantikan harmoni, melodi, ritme, orkestrasi, dan bentuk. Spektrum selalu bergerak, dan komposisinya didasarkan pada spektrum yang berkembang seiring waktu dan memberikan pengaruh pada ritme dan proses formal. Musik spektral berusaha untuk menampilkan realitas ekspresi komponis. Untuk memproyeksikan dinamika ekspresinya ke dalam ruang dan waktu akustik, komponis mengirimkan pesan komposisinya berupa realitas suara dalam segala kompleksitasnya. Contoh:musik spectral, komposisi musik dari Hugues Dufourt – Saturne. 
(Track audio 6) 

7) Polystylism 
Polistilisme adalah penggunaan berbagai gaya atau teknik dalam sastra, seni, film, atau khususnya musik. Komposer polistylist dari awal abad ke20 Charles Ives dan Erik Satie.  Di antara tokoh-tokoh sastra, James Joyce telah disebut sebagai seorang polistylist. Contoh: Musik polystylism, komposisi musik dari Erik Satie - Gymnopédie No.1.(Track audio 7) 

8) Art Rock 
Art rock adalah subgenre musik rock yang secara umum mencerminkan pendekatan rock avant-garde, menggunakan unsur-unsur modernis, eksperimental, atau tidak konvensional. Art rock mengangkat rock dari hiburan menjadi pernyataan artistik, memilih pandangan yang lebih eksperimental dan konseptual pada musik. Pengaruh dari genre seperti rock eksperimental, musik avant-garde, musik klasik, dan jazz.Contoh Art Rock Komposisi musik dari Frank Zappa - Dupree's Paradise (1973). 
(Track audio 8) 
 
b. Musik Kontemporer di Indonesia 

Musik kontemporer yang berkembang di indonesia dapat di istilahkan “musik baru” diambil dari tulisan seorang musikolog kelahiran Jerman yang lama tinggal di Indonesia yaitu Dieter Mack. Diambil istilah musik baru untuk menghindari kesalah pahaman karena istilah musik kontemporer di Indonesia masih dianggap hal yang masih banyak diperdebatkan. Hal ini dikaitkan kompleksitas perkembangan musik di Indonesia dari periode setelah kemerdekaan sampai sekarang.Setidaknya ada beberapa pendekatan dan klasifikasi untuk mempelajari perkembangan musik kontemporer yang ada di Indonesia: 

1) Musik baru yang bersumber idiom tradisi barat 
Sekelompok komponis dengan karya-karyanya pada termin ini penggarapan konsep musiknya didasarkan pada pendekatan idiom musik klasik barat, hal ini erat kaitannya dengan latar belakang pendidikan musiknya yang sebagian besar ditempuh di Eropa maupun Amerika. Sebut saja Amir Pasaribu, Trisutji Kamal, Jazeed Djamin, Jaya Suprana, dan Marusya Nainggolan Abdulah. 
Contoh:  Fragmen-Jaya Suprana.(Track audio 9) 

2) Musik baru yang bersumber dari unsur etnis 
Kebanyakan komponis ini memiliki latar belakang etnis tertentu baik pada umumnya maupun secara spesifik dalam bidang musik. Musik jenis ini sering disebut musik eksperimen, proses produksi melalui aneka percobaan mirip suatu proses eksperimental. Komposer pada kategori ini sebagian besar mempunyai latar belakang akademis Sekolah Karawitan atau perguruan tinggi karawitan yang ada di Indonesia. Beberapa komponis musik baru yang bersumber dari unsur musik etnis , A.W Sutrisna, Rahayu supanggah, I wayan Sadra, Gusmiati Suid, Oya Sukarya, dan Suka Hardjana. 
Contoh: Crung-I wayan Sadra. (Track audio 10) 

3) Musik baru yang berlatar belakang budaya Indonesia dan budaya barat 
Komponis dan karyanya pada kategori ini telah mengembangkan orientasi yang bertolak pada budaya Indonesia secara keseluruhan, tetapi sekaligus kebanyakan juga pernah terjun sepenuhnya dalam budaya musik kontemporer Barat. Komponis kategori ini Paul Gutama Soegijo, Slamet Abdul Sykur, Franki Raden,  Ben Pasaribu, Royke B Koapaha. Dan Memet Chaerul Slamet. 
Contoh : 
  • Tetabeuhan Sungut - Slamet Abdul Syukur (Track audio 11.1) 
  • Tiga Bagaleta-Royke B. Koapaha(Track audio 11.2) 
  • Musik Batu "Menunggu Batu Bernyanyi" - Memet Chairul Slamet (Track audio 11. 3) 
4) Musik baru yang bertolak dari suatu estetika musik kontemporer barat 
Komponis dan karya musik yang termasuk kategori ini Tony Prabowo, dan Otto Sidharta . Contoh: Tony Prabowo, COMMONALITY II (1998) | the second movement(Track audio 12.1); Otto Sidharta ,Mitsuno Hibiki (1992).(Track audio 12.2) 

5) Musik Baru antara dua atau lebih kursi 
Komponis dan karya yang mewakili kategori ini adalah Harry Rusli sosok komposer yang tidak berpikir dalam kategori-kategori musik dengan nuansa ideologis. Yang penting adalah keutuhan ekspresi, baik dalam bentuk happening maupun idiom rock, jazz, avangarde. Contoh Harry Roesli (Indonesia, 1973) - Philosophy  Gang.(Track audio 13) 

Dari pembelajaran pembelajaran tinjauan sejarah dan gaya musik kontemporer baik yang berkembang di Barat maupun di Indonesia setidaknya dapat di identifikasi ciriciri khusus musik kontemporer atau musik baru ini yang dapat dijadikan konsep dalam membuat karya musik kontemporer.  
 
2. Ciri-ciri khusus musik kontemporer 
  • Aktualisasi gaya bermusik para komponis musik kontemporer Ini menekankan bahwa dalam berkreasi musik kontemporer seorang komponis bebas menentukan gaya bermusiknya sesuai dengan latar belakang wawasan  dan kemampuan bermusik komponis itu sendiri. Misalkan Komponisnya mempunyai latar belakang bermusik musik etnis maka konsep musik etnis bisa digunakan sebagai landasan gaya bermusiknya. Atau komponisnya seorang pemusik band beraliran musik rock, maka gaya musik yang melatarbelakangi komponis tersebut dapat digunakan sebagai landasan dalam berkreasi musik kontemporer seperti gaya musik Art Rock. 
  • Sebagai bentuk ditemukan dan berkembangnya gramatika musik Ini berarti dalam berkreasi musik kontemporer mesti ada ide-ide baru dan pengembangan gramatika (tata bahasa) musik atau pengembangan komposisi musik, bisa diambil dari ide-ide musik sebelumnya yang dikembangkan atau menciptakan ide-ide baru yang orisinil dan tidak terikat dengan gaya musik sebelumnya. 
  • Mengembangkan jenis musik baru baik berakar dari tradisi maupun tidak,Ini menegaskan bahwa dalam berkreasi musik kontemporer mesti berorientasi pembaharuan terhadap musik yang diciptakan baik berakar dari musik tradisi, musik barat, atau yang tidak konvensional atau musik eksperimen. 
  • Suatu pembuktian bahwa sumber bunyi dapat diolah menjadi musik Pada poin ini, berkreasi musik kontemporer ada kebebasan dalam mengolah sumber bunyi dengan media apapun, baik menggunakan media yang konvensional dalam hal ini alat musik etnis, alat musik barat, alat musik elektronik, maupun media lain dari alat-alat disekitar kita yang dapat menghasilkan sumber bunyi. 
  • Judul karya-karya musik kontemporer tidak lazim, Tidak seperti halnya judul dalam musik populer yang lebih mudah dimengerti dan dipahami. Namun, Judul dalam musik kontemporer  tersebut lebih kepada hal yang bersifat Filosofis, biasanya merepresentasikan tema komposisinya. f. Tema karya musik kontemporer lebih luas dan bebas. Seperti halnya judul, tema musik kontemporer menggambarkan hal-hal yang filosofis, imaginative, ilusi, abstrak, ilustratif, artistik, eksploratif, dan eksperimental. Tema karya musik kontemporer juga lebih mengedepankan idialisme dan individualisme komponis.  
  • Instrumentasi atau penggunaan alat-alat musiknyaInstrumentasi musik kontemporer lebih bebas dibanding gaya musik konvensional seperti musik popular, musik klasik, dan musik etnik. Instrumentasi pada musik kontemporer mengedepankan pengembangan dan pengolahan sumber bunyi sebagai kekuatan musiknya. Instrumentasi yang digunakan pada musik kontemporer terdiri dari 4 model yaitu menggunakan media alat musik barat, alat musik etnis, alat musik elektronik, maupun menggunakan alat musik yang tidak konvensional atau tidak lazim seperti gelas, kayu, plastik, besi, logam, batu, suara manusia, suara ombak, suara angin, suara air, dan lain sebagainya. 
  • Teknik GarapanTeknik garapan komposisi musiknya kompleks dan bersifat filosofis. Pengolahan unsur melodi dan harmoni menggunakan 12 nada, dengan lompatan interval nada yang kadang tak beraturan. Namun ada juga garapan musik kontemporer yang minimalis (simple) dengan motif melodi, harmoni, ritmis yang sederhana dan diulang-ulang. Aspek ritmis dalam teknik garap musik kontemporer lebih variatif. Demikian aspek dinamika dan tempo juga lebih bervariatif. 
  • Notasi musik / PartiturNotasi musik /partitur musik kontemporer dapat menggunakan partitur konvensional seperti notasi balok atau notasi angka, namun dapat juga menggunakan notasi yang tidak terikat notasi konvensional tersebut seperti menggunakan simbol-simbol grafis (garis, lingkaran, segitiga, kotak) atau berupa teks yang bersifat naratif melanggambarkan suasana tertentu. Simbol notasi kontemporer dapat secara khusus dibuak komposer untuk mengkomunikasikan karyanya ke pemain musikny. 
Gambar 17. Notasi grafis Komposisi musik Kontemporer  
Tetabeuhan Sungut-Slamet Abdul Sjukur 

C. Rangkuman 

Mempelajari konsep musik kontemporer tidak mudah. Hal ini dikarenakan kompleksitas musiknya yang unik dan bebas. Maka dari itu untuk mempelajarinya mengurai lebih mendalam tinjauan sejarah dan gaya musiknya serta ciri-ciri khusus musik kontemporer melalui karya-karya komponis kontemporer baik yang berkembang di Barat maupun di Indonesia. Mempelajari tinjauan sejarah dan gaya musik kontemporer serta ciri-ciri khusus musik kontemporer akan menambah wawasan dan ide-ide pengembangan tentang musik kontemporer sehingga hal ini akan menguatkan dalam membuat konsep berkreasi musik kontemporer. 

D. Penugasan Mandiri  

Setelah mempelajari tinjauan sejarah dan gaya musik kontemporer serta mengetahui ciri-ciri khusus musik kontemporer. Buatlah konsep musik kontemporer berupa Judul, Tema musik Kontemporer, dan Media (Instrumentasi) apa yang akan kamu gunakan! Lengkapi tema dengan tinjauan filosofisnya! 
Format Deskripsi Konsep 

Nama :…………………………………. 
No.Absen  :………………………………… 
Kelas :…………………………………. 

 

No.

Materi 

Deskripsi Konsep

1

Judul

 

2

Tema

 

3

Media (alat  musik)

 


Keterangan:  
  • Materi konsep yang akan dibuat meliputi judul, tema, dan media (alat musik) 
  • Uraian atau deskripsi konsep, siswa memberikan deskripsi konsep yang dimaksud(ditulis). 

E. Latihan Soal 

Pilihlah jawaban yang benar pada soal pilihan ganda di bawah ini dengan memberi tanda (x) pada jawaban yang dimaksud! 
1. Perkembangan awal musik Kontemporer di Barat pada abad ke: 
a. Abad ke 16 
b. Abad ke 17 
c. Abad ke 18 
d. Abad ke 19 
e. Abad ke 20 

2. Perkembangan awal musik Kontemporer di Indonesia pada tahun: 
a. 1928 
b. 1930 
c. 1945 
d. 1990 
e. 2000 

3. Terdapat beberapa gaya musik Kontemporer. Gaya musik kontemporer mengembangkan berbagai gaya teknik musik, sastra dan film. Merupakan gaya musik Kontemporer: 
a. Neoromanticism 
b. Spectral 
c. Electronic Music 
d. Polystylism 
e. Art Rock 
 
4. Salah satu tokoh musik Kontemporer Slamet Abdul Syukur merupakan tokoh musik Kontemporer yang masuk kategori komposer berlatar budaya Indonesia dan budaya Barat. Salah Satu karyanya yang terkenal: 
a. Tetabuhan Sungut 
b. Crung 
c. Fragmen 
d. Tiga Bagaleta 
e. Commonality II 

5. Salah satu Ciri khusus musik  Kontemporer, Tema karya musik kontemporer lebih luas dan bebas biasanya menggambarkan hal-hal yang filosofis, imaginative, ilusi, abstrak, ilustratif, artistic, eksploratif, dan eksperimental.  Dari dasar tersebut, judul yang tepat merepresentasikan tema musik Kontemporer: 
a. Ayo belajar 
b. Pergi Ke sekolah 
c. Cinta terhadap Nusa 
d. Ujung Batu dan Nuansa #1 
e. Cinta dan Cita 

F. Penilaian Diri 

Nama : ………………………………… 
No. Absen :…………………………………. 
Kelas :………………………………..... 
Pilihlah jawaban ya atau tidak dengan tanda (˅) pada jawaban yang dimaksud! 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Konsep Musik Kontemporer Kelas 12 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

#
Konsep Musik Kontemporer File ini dalam Bentuk pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • fungsi musik kontemporer
      • tokoh musik kontemporer
      • sifat musik kontemporer
      • contoh musik kontemporer
      • jenis musik kontemporer
      • ciri-ciri musik kontemporer
      • teknik musik kontemporer
      • karakteristik musik kontemporer
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022