Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara Mapel PKn kelas 12 SMA/MA

Materi Kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara Mapel PKn kelas 12 SMA/MA - Hai adik adik semuanya, apa kabar? semoga adik adik dalam keadaan sehat saja ya, jangan lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang di anjurkan oleh pemerintah dengan cara Menggunakan Masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan agar terhindar dari pademi virus corona, Oiya pada kesempatan yang baik ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai Materi Kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara dari mata pelajaran Pendidikan Kwarganegaraan untuk adik adik kelas 12 SMA/MA. Semoga Bermanfaat yah.

Materi Kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara Mapel PKn kelas 12 SMA/MA
Materi Kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara Mapel PKn kelas 12 SMA/MA

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah mempelajari kegiatan pembelajaran 3  ini, kalian akan mampu memahami dan menganalisis tentang kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara serta menyajikannya dalam bentuk tulisan. 

B. Uraian Materi  

Dikegiatan pembelajaran 1 dan 2 kita dapat mengambil kesimpulan bahwa  negara sangat menjamin warga negara dalam memperoleh haknya dan melaksanakan kewajibannya sebagai warga negara. Seharusnya jika semuanya menyadari bahwa setiap orang memiliki hak dan kewajiban. Negara Indonesia akan damai sekali bahkan dunia sekalipun. Namun pada kenyataannya hampir setiap hari kita mendengar bahkan menyaksikan masih banyak pelanggaran-pelanggaran terhadap hak dan kewajiban sebagai warga negara. Pelanggaran terhadap hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara biasanya disebabkan oleh faktor-faktor sebagai berikut: 

1. Sikap egois dan mementingkan diri sendiri 

Egoisme merupakan motivasi untuk mempertahankan dan meningkatkan pandangan yang hanya menguntungkan diri sendiri. Egoisme berarti menempatkan diri di tengah satu tujuan serta tidak peduli dengan penderitaan orang lain, termasuk yang dicintainya atau yang dianggap sebagai teman dekat. Dia terus berusaha mendapatkan haknya hingga sengaja melanggar hak orang lain. Perilaku seperti ini bisa terjadi dilingkungan rumah, sekolah dan masyarakat. 

2. Kesadaran berbangsa dan bernegara yang rendah 

Di era globalisasi ini banyak tantangan memang bagi negeri kita, hal ini bisa kita lihat dari berbagai daerah sering bergejolak diantaranya tawuran antar warga, perkelaian pelajar, ketidakpuasan terhadap hasil pilkada, perebutan lahan pertanian maupun tambang, dan lain-lain. Kesadaran Berbangsa dan Bernegara  mempunyai makna bahwa individu yang hidup dan terikat dalam kaidah dan naungan di bawah Negara Kesatuan RI harus mempunyai sikap dan perilaku diri yang tumbuh dari kemauan diri yang dilandasi keikhlasan/kerelaan bertindak demi kebaikan Bangsa dan Negara Indonesia.  

3. Tidak toleran 

Sikap tidak toleran  berarti suatu sikap yang tidak memperlihatkan adanya saling menghormati dan menghargai antarkelompok atau antarindividu (perseorang-an) baik itu dalam masyarakat ataupun dalam lingkup yang lain. Diskriminasi muncul ketika sikap toleransi tidak terjadi. 

4. Penyalahgunaan kekuasaan 

Penyimpangan dalam jabatan adalah salah satu tindakan yang melanggar hukum, Penyalahgunaan kekuasaan juga bisa berarti seseorang menggunakan kekuatan yang mereka miliki untuk keuntungan pribadi mereka. 
 
Berikut ini beberapa contoh pelanggaran hak warga negara menurut UU, yaitu sebagai berikut: 
  1. Penangkapan dan penahanan seseorang demi menjaga stabilitas, tanpa berdasarkan hukum. 
  2. Penerapan budaya kekerasan untuk menindak warga masyarakat yang dianggap ekstrem dan dinilai oleh pemerintah mengganggu stabilitas keamanan yang akan membahayakan kelangsungan pembangunan. 
  3. Pembungkaman kebebasan pers dengan cara pencabutan SIUPP (Surat Izin Usaha Penerbitan Pers), khususnya terhadap pers yang dinilai mengkritisi kebijakan pemerintah, dengan alasan mengganggu stabilitas keamanan. 
  4. Menimbulkan rasa ketakutan dimasyarakat luas terhadap pemerintah karena takut dicurigai sebagai oknum penganggu stabilitas atau oposan pemerintah (ekstrem). Hilangnya rasa aman ini merupakan salah satu bentuk pelanggaran hak asasi warga negara. 
  5. Pembatasan hak berserikat dan berkumpul serta menyatakan pendapat karena dikhawatirkan akan menjadi oposan (golongan oposisi) terhadap pemerintah. 
Selain contoh pelanggaran terhadap hak warga negara, berikut akan diberikan salah satu contoh pengingkaran kewajiban. Pengingkaran kewajiban terjadi ketika seseorang yang telah diberi kewajiban tidak menjalankan kewajibannya sebagai mana mestinya. Contoh yang sering terjadi di Indonesia adalah mengingkari kewajiban membayar pajak,  padahal pajak dipungut pemerintah berdasarkan norma-norma hukum untuk menutup biaya produksi barang-barang dan jasa kolektif demi mencapai kesejahteraan umum, contoh lainnya lagi adalah tidak menaati peraturan lalu lintas, merusak fasilitas umum, membuang sampah sembarangan, dan lain-lain. 

Gambar : 3.1.2 Seruan untuk membayar pajak 
Sumber : https://docplayer.info 
Banyak sekali orang yang tidak memperhatikan kewajibannya. Padahal ini harus ditunaikan, sebelum seseorang menerima dan mempertanyakan haknya. Sebaliknya, kita juga lebih mengenal hak warga negara daripada kewajiban warga negara, hak asasi manusia daripada kewajiban asasi manusia. Orang yang tidak melaksanakan kewajibannya disebut mengingkari kewajiban atau pengingkaran dan pelanggaran kewajiban warga negara.  

C. Rangkuman 

Berdasarkan penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa: 
  1. Pelanggaran terhadap hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara biasanya disebabkan oleh faktor-faktor sebagai berikut sikap egois dan mementingkan diri sendiri, kesadaran berbangsa dan bernegara yang rendah, tidak toleran dan penyalahgunaan kekuasaan. 
  2. Pengingkaran kewajiban terjadi ketika seseorang yang telah diberi kewajiban tidak menjalankan kewajibannya sebagai mana mestinya. 
  3. Banyak sekali orang yang tidak memperhatikan kewajibannya. Padahal ini harus ditunaikan, sebelum seseorang menerima dan mempertanyakan haknya. 

D. Penugasan Mandiri 

Setelah kamu mempelajari materi tentang kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara. Sekarang kamu carilah 1 kasus pelanggaran hak warga negara dan 1 kasus pengingkaran kewajiban warga negara di koran atau media massa lainnya. Kemudian analisis mengapa dikatakan sebagai kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara serta bagaimana penanganan/upaya menyelesaikannya. Laporan dapat disajikan dalam bentuk tulisan sepeti dibawah ini: 
 
1 Kasus Pelanggaran Hak Warga Negara 
 
Judul Berita : 
Hak Yang Dilanggar:
Upaya Penyelesaiannya: 
 
1 Kasus Pengingkaran Kewajiban Warga Negara 
 
Judul Berita :
Hak Yang Dilanggar: 
Upaya Penyelesaiannya: 

1 Kasus Pengingkaran Kewajiban Warga Negara
 

E. Latihan Soal 

Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar dengan cara memberi tanda silang (x) pada huruf A, B, C, D atau E! 
 
1. Motivasi untuk mempertahankan dan meningkatkan pandangan yang hanya untuk menguntungkan diri sendiri disebut .... 
A. tidak toleran 
B. berani 
C. chauviisme 
D. fanatisme 
E. egoisme 
 
2. Berikut ini yang tidak termasuk kedalam faktor-faktor pelanggaran terhadap hak dan kewajiban sebagai warga negara adalah .... 
A. pengetahuan yang rendah 
B. kesadaran berbangsa dan bernegara tinggi 
C. penyalahgunaan kekuasaan 
D. toleran dengan semua kepercayaan 
E. SDA dan SDM yang berbeda-beda 
 
3. Ketika seseorang tidak membayar pajak, maka Ia telah melanggar .... sebagai warga negara. 
A. hak 
B. kewajiban 
C. tanggung jawab 
D. aturan 
E. UU 
 
4. Sikap diskriminasi muncul atau terjadi saat seseorang tidak memiliki sikap .... 
A. egoisme 
B. toleransi 
C. patriotisme 
D. nasionalisme 
E. diktator  
 
5. Berikut yang merupakan contoh dari pengingkaran kewajiban warga negara adalah .... 
A. membuang sampah pada tempatnya 
B. menghafal pasal-pasal dalam UUD NRI Tahun1945 
C. melakukan demonstrasi  
D. belajar secara mandiri bukan bersama-sama 
E. membantu sesama jika mampu 
 
Kunci Jawaban 
1. E
2. C
3. B
4. B
5. A 
 
Pembahasan soal : 
1. Egoisme merupakan motivasi untuk mempertahankan dan meningkatkan pandangan yang hanya menguntungkan diri sendiri. 
2. Pelanggaran terhadap hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara biasanya disebabkan oleh faktor-faktor sebagai berikut sikap egois dan mementingkan diri sendiri, kesadaran berbangsa dan bernegara yang rendah, tidak toleran dan penyalahgunaan kekuasaan. 
3. Pengingkaran kewajiban terjadi ketika seseorang yang telah diberi kewajiban tidak menjalankan kewajibannya sebagai mana mestinya. Yang sering terjadi di Indonesia adalah mengingkari kewajiban membayar pajak padahal pajak dipungut pemerintah berdasarkan norma-norma hukum untuk menutup biaya produksi barang-barang dan jasa kolektif demi mencapai kesejahteraan umum. 
4. Sikap tidak toleran  berarti suatu sikap yang tidak memperlihatkan adanya saling menghormati dan menghargai antarkelompok atau antarindividu (perseorang-an) baik itu dalam masyarakat ataupun dalam lingkup yang lain. Diskriminasi muncul ketika sikap toleransi tidak terjadi. 
5. Selain tidak membayar pajak contoh lainnya adalah tidak menaati peraturan lalu lintas, merusak fasilitas umum, membuang sampah sembarangan, dan lain sebagainya. 
 

F. Penilaian Diri 

Setelah kamu mempelajari materi pada kegiatan pembelajaran 3 ini, isilah peniliaian diri ini dengan jujur dan bertanggung jawab yang berisi tentang pemahaman materi dengan memberikan tanda centang (√) pada tabel berikut.   
 

Jika kamu menjawab “Ya”, maka kamu dapat belajar lebih dengan mempertahankannya dan dapat melanjutkan pembelajaran berikutnya dan sebaliknya bila kamu menjawab"Tidak", maka segera lakukan pembelajaran ulang (review). 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara Mapel PKn kelas 12 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • contoh kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dan penyelesaiannya
      • mengapa kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara masih terjadi
      • kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara kelas 12
      • contoh berita kasus pengingkaran kewajiban warga negara
      • yang bukan termasuk kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara adalah
      • contoh kasus pengingkaran kewajiban warga negara
      • kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara brainly
      • upaya pemerintah dalam penanganan kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022