Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Penanganan Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara Mapel PKn kelas 12 SMA/MA

Materi Penanganan Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara Mapel PKn kelas 12 SMA/MA - Hai adik adik yang baik apa kabar? semoga dalam keadaan baik baik saja, kebetulan pada kesempatan yang baik ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai materi yang sudah disusun kakak bospedia, materi ini sudah dilengkapi dengan latihan soal serta pembahasan oiya materinya adalah Materi Penanganan Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara Mapel PKn kelas 12 SMA/MA. Semoga bermanfaat ya.

Materi Penanganan Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara Mapel PKn kelas 12 SMA/MA

A. Tujuan Pembelajaran 

Kegiatan Pembelajaran 4 adalah kegiatan pembelajaran terakhir dimodul  ini, adapun tujuan pembelajarannya adalah untuk mengetahui bagaimana penanganan pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara serta bersikap positif untuk menjadi warga negara yang baik. 

B. Uraian Materi 

Penanganan/upaya dalam perlindungan terhadap pelanggaran HAM dan hak warga negara adalah melalui peradilan. Peradilan yang kuat akan memberikan perlindungan yang baik terhadap warga negara dan berdampak positif terhadap tindakan-tindakan yang menjurus kepada pelanggaran hak warga negara. Disetiap daerah kabupaten kota harus ada pengadilan HAM yang mengurusi hak warga negara. Para penyidik akan mencari bukti-bukti yang kuat tentang pelanggaran hak warga negara tersebut hal tersebut sesuai amanah Undang-Undang No. 26 Tahun 2000 tentang Pengadilan Hak Asasi Manusia.  

Semenjak reformasi telah ada peraturan perundang-undangan yang memberikan jaminan dan petunjuk dalam penyelesaian masalah yang sehubungan dengan HAM maupun hak warga negara diantaranya UU No. 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia, UU No. 26 Tahun 2000 tentang Pengadilan Hak Asasi Manusia dan UU No. 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum.  

Selain upaya terhadap pelanggaran hak warga negara, pengingkaran terhadap kewajibanpun tidak boleh dibiarkan harus segera diatasi. Ada dua cara yang bisa dilakukan yang pertama cara preventif dan cara yang kedua adalah cara represif.  
  1. Cara preventif adalah upaya yang dilakukan untuk mencegah terjadinya pengingkaran kewajiban sebelum pengingkaran kewajiban itu terjadi. Antara lain dapat dilakukan melalui proses pendidikan, tulisan, spanduk, dan iklan layanan masyarakat. 
  2. Cara represif adalah suatu tindakan aktif yang dilakukan pihak berwajib pada saat pengingkaran kewajiban terjadi agar pengingkaran itu tidak terulang kembali. Misalnya dengan memberlakukan denda bagi mereka yang parkir di jalan umum, tidak pada tempat pakir yang ditentukan. 
Gambar : 3.1.3 Pendidikan salah satu cara preventif. 
Sumber : sekolah-kesatuan.sch.id 
Upaya-upaya tersebut tidak akan mungkin berjalan dengan baik tanpa ada kesadaran dan tingkah laku/sikap yang baik menjadi warga negara. Berikut ini contoh sikap-sikap positif untuk menjadi warga negara yang baik adalah rasa hormat dan tanggungjawab, bersikap kritis, mau berdiskusi dan berdialog, bersifat terbuka, rasional dan jujur.  Citacita luhur Bangsa Indonesia adalah setiap rakyat Indonesia yang mempunyai jiwa warga negara yang baik. Yang menjadi indikator warga negara yang baik adalah sebagai berikut: 
  1. Ber-Tuhan, artinya warga Negara yang menempatkan Tuhan sebagai kekuasaan tertinggi sebagai maha pencipta (kuasa prima), dengan wujud sikap sebagai umat yang beragama dan beriman. 
  2. Cara pandang nasional, artinya pemikiran dan prilaku setiap warga Negara berpedoman pada ideology kebangsaan (nasionalisme). 
  3. Berjiwa besar, artinya warga Negara tidak mengedepankan kepentingan pribadi atau golongan tetapi memperhatikan kepentingan umum. 
  4. Berjiwa integritas, artinya warga Negara selalu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dan selalu mengingatkan orang yang merongrong Kesatuan Bangsa Indonesia (patriotisme). 
Dengan kita menyadari setiap orang memiliki hak dan kewajiban yang sama, maka kita tidak akan melakukan pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara Indonesia. Baik atau buruknya kualitas suatu negara bergantung pada kualitas warganya. Apabila kualitas warga negaranya baik, tentulah negara tersebut akan menjadi negara yang berkualitas baik pula. Sebaliknya, apabila kualitas warga negaranya buruk, maka kualitas negara tersebut akan setara dengan warga negaranya “buruk”. Karena itulah sangat penting bagi kita untuk menjadi warga negara yang baik agar bangsa kita menjadi bangsa yang berkualitas. 

C. Rangkuman 

Berdasarkan penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa: 
  1. Upaya dalam perlindungan terhadap pelanggaran HAM dan hak warga negara adalah melalui peradilan.  
  2. HAM maupun hak warga negara diantaranya UU No. 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia, UU No. 26 Tahun 2000 tentang Pengadilan Hak Asasi Manusia dan UU No. 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum.  
  3. Cara preventif adalah upaya yang dilakukan untuk mencegah terjadinya pengingkaran kewajiban sebelum pengingkaran kewajiban itu terjadi. Antara lain dapat dilakukan melalui proses pendidikan, tulisan, spanduk, dan iklan layanan masyarakat. 
  4. Cara represif adalah suatu tindakan aktif yang dilakukan pihak berwajib pada saat pengingkaran kewajiban terjadi agar pengingkaran itu tidak terulang kembali. Misalnya dengan memberlakukan denda bagi mereka yang parkir di jalan umum, tidak pada tempat pakir yang ditentukan. 

D. Penilaian Mandiri 

Salah satu cara preventif dalam mengatasi pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban adalah melalui tulisan. Poster adalah salah satu medianya, sekarang kalian buatlah 1 poster diselembar kertas A4 yang berisi tentang seruan untuk tidak melanggar hak warga negara dan pengingkaran kewajiban terhadap warga negara. Poster dapat dibuat dengan menggambar langsung kemudian diberi warna yang menarik atau dengan menggunakan berbagai aplikasi atau poster digital. Berikan keterangan maksud dari kamu membuat poster tersebut atau isi poster tersebut dengan jelas!  

Gambar :3.1.4 Contoh Poster kewajiban warga negara 
Sumber : karya pemuda.com 

E. Latihan Soal 

Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar dengan cara memberi tanda silang (x) pada huruf A, B, C, D atau E! 
 
1. Berikut ini adalah peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang HAM adalah .... 
A. UU No. 39 Tahun 1999 
B. UU No. 2 Tahun 2002 
C. UU No. 18 Tahun 2003 
D. UU No. 16 Tahun 2004 
E. UU No. 48 Tahun 2009 
 
2. Berikut ini yang merupakan cara represif dalam mengatasi pengingkaran terhadap kewajiban warga negara adalah .... 
A. belajar PPKn 
B. membuat spanduk 
C. iklan layanan masyarakat 
D. memberikan denda 
E. membuat spanduk 
 
3. UU No. 26 Tahun 2000 berisi tentang .... 
A. HAM 
B. Pengadilan HAM 
C. Sistem Pendidikan Nasional 
D. Kewarganegaraan Indonesia 
E. Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat  si Muka Umum 
 
4. Cara represif biasanya dilakukan oleh pihak .... 
A. berwajib 
B. pemerintah 
C. rakyat 
D. LSM 
E. aparat  
 
5. Warga Negara selalu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dan selalu mengingatkan orang yang merongrong Kesatuan Bangsa Indonesi merupakan contoh sikap warga negara yang disebut .... 
A. nasionalisme 
B. patriotisme  
C. primordialime 
D. cinta tanah air 
E. bela negara 
 
Kunci Jawaban dan Pembahasan
1. A
2. D
3. B
4. A
5. B 
 
Pembahasan soal : 
1. Sudah jelas UU No. 39 Tahun 1999 mengatur tentang HAM 
2. Cara represif adalah suatu tindakan aktif yang dilakukan pihak berwajib pada saat pengingkaran kewajiban terjadi agar pengingkaran itu tidak terulang kembali. Misalnya dengan memberlakukan denda bagi mereka yang parkir di jalan umum, tidak pada tempat pakir yang ditentukan. 
3. Sudah jelas UU No. 26 Tahun 2000 tentang Pengadilan HAM. 
4. Cara represif adalah suatu tindakan aktif yang dilakukan pihak berwajib. 
5. Berjiwa integritas, artinya warga Negara selalu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dan selalu mengingatkan orang yang merongrong Kesatuan Bangsa Indonesia (patriotisme). 
 

F. Penilaian Diri 

Setelah kamu mempelajari kegiatan pembelajaran terakhir ini, isilah penilaian diri ini dengan jujur dan bertanggung jawab yang berisi tentang pemahaman materi dengan memberikan tanda centang (√) pada tabel berikut.    

Jika kamu menjawab “Ya”, maka kamu dapat belajar lebih dengan mempertahankannya dan dapat mengisi evaluasi bab ini dan melanjutkan bab berikutnya dan sebaliknya bila kamu menjawab"Tidak", maka segera lakukan  pembelajaran ulang (review). 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Penanganan Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara Mapel PKn kelas 12 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Penanganan Pelanggaran Hak dan Pengingkaran File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • contoh hak dan kewajiban warga negara
      • hak dan kewajiban warga negara adalah
      • pengertian hak dan kewajiban warga negara menurut para ahli
      • hak dan kewajiban warga negara menurut uud 1945
      • hak dan kewajiban warga negara pdf
      • contoh kewajiban warga negara
      • substansi hak dan kewajiban warga negara dalam pancasila
      • hak warga negara adalah
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022