Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Substansi Hak dan Kewajiban Warga Negara dalam Pancasila Mapel PKn kelas 12 SMA/MA

Materi Substansi Hak dan Kewajiban Warga Negara dalam Pancasila Mapel PKn kelas 12 SMA/MA - Hai adik adik yang baik, bagaimana kabarnya? semoga dalam keadaan baik baik saja, kebetulan pada kesempatan yang baik ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai materi yang sudah disusun, materi ini diambil dari mata pelajaran Pendidikan Kwarganegaraan tentang Substansi Hak dan Kewajiban Warga Negara dalam Pancasila untuk adik adik kelas XII SMA/MA dan sudah dilengkapi dengan contoh soal latihan berserta kunci jawaban. Semoga bermanfaat yah.

Materi Substansi Hak dan Kewajiban Warga Negara dalam Pancasila Mapel PKn kelas 12 SMA/MA
Materi Substansi Hak dan Kewajiban Warga Negara dalam Pancasila Mapel PKn kelas 12 SMA/MA

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah mempelajari kegiatan pembelajaran 2  ini, kalian akan mampu memahami dan menganalisis tentang  Hak dan Kewajiban Warga Negara dalam Nilai Dasar,  Nilai Instrumental dan Nilai Praksis Sila-Sila Pancasila 

B. Uraian Materi 

Pancasila sebagai ideologi Negara dan falsafah hidup bangsa Indonesia sesungguhnya mengandung 3 (tiga) macam nilai yaitu nilai dasar, nilai instrumental dan nilai praksis. Nilai dasar ini biasanya disebut sebagai nilai ideal yang merupakan nilai tetap yang tidak bisa ubah yang merupakan hakikat dari kelima sila Pancasila. Nilai dasar merupakan citacita/tujuan yang bersifat universal/menyeluruh. Nilai-nilai dasar dari Pancasila tersebut meliputi nilai Ketuhanan yang Maha Esa, Nilai Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Nilai Kerakyatan yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan dan Nilai Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. 

a. Nilai Ketuhanan 

Keyakinan bangsa Indonesia terhadap Tuhan mengarahkan kita gambaran sebuah negara yang membuat warga negaranya bebas memeluk agama, menghormati dan tidak memaksakan atau berlaku diskriminatif antarumat beragama. Sebagai warga negara yang beragama, maka kita wajib melaksanakan perintah agama dengan melaksanakan ibadahnya. 

b.  Nilai Kemanusiaan 

Penerapan nilai kemanusiaan dalam negara Indonesia, terlihat dari saling menghargai satu sama lain. Seperti yang kamu ketahui, Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki berbagai macam suku, budaya, dan agama. Karena itu, kita harus saling menghargai tanpa melihat latar belakang seperti, suku, budaya, agama, atau status dalam masyarakat. Sebagai makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa juga, manusia memiliki derajat, hak, dan kewajiban yang sama. 

c. Nilai Persatuan 

Bersatu adalah salah satu cara agar negara kita menjadi bangsa yang kuat. Walaupun memiliki latar belakang suku, budaya, ras, dan agama yang berbeda kita tetap harus bersatu untuk meraih cita-cita negara. Perbedaan yang ada di Indonesia bukan untuk dipertentangkan, tetapi justru dijadikan alasan untuk selalu bersatu.  
 
d. Nilai Kerakyatan 

Sebagai warga negara Indonesia kita mempunyai kedudukan, hak, dan kewajiban yang sama. Walaupun memiliki hak masing-masing, kita sebaiknya juga harus memperhatikan kepentingan bersama. Karena itu masyarakat Indonesia harus melakukan musyawarah sebelum mengambil keputusan. Hal ini dilakukan untuk menghargai pendapat satu sama lain.  
 
e. Nilai Keadilan 

Tujuan dari bangsa Indonesia adalah menciptakan kesejahteraan sosial baik sandang maupun pangan tanpa adanya kesenjangan baik dari segi sosial, ekonomi, budaya maupun politik sehingga keadilan dapat diwujudkan. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia berarti bahwa setiap orang Indonesia mendapatperlakuan yang adil dalam bidang hukum, politik, sosial, ekonomi dan kebudayaan. 
 
Untuk nilai Instrumental, ini merupakan nilai-nilai turunan dari nilai dasar yang dituangkan dalam berbagai ketentuan konstitusional, baik dalam UUD NRI Tahun 1945, UU, Peraturan Pemerintah, Keputusan Presiden, Peraturan Daerah. Disinilah kedudukan  Pancasila sebagai sumber dari segala hukum terlihat. Contoh nilai instrumental adalah pasal-pasal hak dan kewajiban  yang sudah dijelaskan dikegiatan pembelajaran 1 dan masih banyak yang lainnya. 

Selain nilai dasar, nilai instrumental berikutnya yang akan dibahas adalah nilai praksis. Nilai praksis adalah nilai yang dijabarkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Nilai praksis ini benar-benar nyata dan kita semua melakukannya. Nilai praktis dari pancasila selalu berubah-ubah seiring dengan perkembangan zaman dan juga perkembangan dari nilai-nilai instrumental yang menjadi dasarnya. Namun, perubahan-perubahan ini tidak akan pernah mempengaruhi fakta bahwa nilai praktis merupakan perwujudan sikap dari nilai-nilai dasar yang terkandung dalam pancasila. Contoh dari nilai praktis antara lain adalah kita harus menghormati seluruh agama meskipun berbeda dengan keyakinan kita, sesuai dengan sila pertama pancasila. Contoh lainnya adalah kita harus memperlakukan orang secara adil tanpa pilih kasih ataupun mencurangi orang lain, sesuai dengan sila kedua pancasila. 

C. Rangkuman 

Berdasarkan penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa: 
  1. Nilai dasar merupakan cita-cita/tujuan yang bersifat universal/menyeluruh. Contohnya adalah Nilai Keetuhanan, Nilai Kemanusiaan, Nilai Persatuan, Nilai Kerakyatan dan Nilai Keadilan. 
  2. Nilai instrumental ini merupakan nilai-nilai turunan dari nilai dasar yang dituangkan dalam berbagai ketentuan konstitusional, baik dalam UUD NRI Tahun 1945, UU, Peraturan Pemerintah, Keputusan Presiden, Peraturan Daerah. Disinilah kedudukan  Pancasila sebagai sumber dari segala hukum terlihat. 
  3. Nilai Praksis adalah nilai yang dijabarkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Nilai praksis ini benar-benar nyata dan kita semua melakukannya. Contoh dari nilai praktis antara lain adalah kita harus menghormati seluruh agama meskipun berbeda dengan keyakinan kita, sesuai dengan sila pertama pancasila 

D. Latihan Soal 

Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar dengan cara memberi tanda silang (x) pada huruf A, B, C, D atau E! 
 
1. Pancasila sebagai ideologi negara dan falsafah hidup bangsa Indonesia mengandung .... nilai. 
A. 1 
B. 2 
C. 3 
D. 4 
E. 5 
 
2. Nilai Ketuhanan, Nilai Kemanusiaan, Nilai Persatuan, Nilai Kerakyatan dan Nilai Keadilan, merupakan contoh dari nilai .... 
A. negara 
B. dasar 
C. praksis 
D. absolut 
E. instrumental 
 
3. Dibawah ini yang termasuk kedalam nilai-nilai instrumental adalah .... 
A. tanggung jawab 
B. cinta tanah air 
C. tata tertib sekolah 
D. petunjuk jalan 
E. Perda 
 
4. Nilai yang merupakan penjabaran dari kehidupan sehari-hari disebut dengan nilai .... 
A. negara 
B. dasar 
C. praksis 
D. absolut 
E. instrumental 
 
5. Tujuan dari bangsa Indonesia untuk menciptakan kesejahteraan sosial warga negaranya merupakan penerapan pelaksanaan dari nilai .... dalam Pancasila. 
A. negara 
B. dasar 
C. praksis 
D. absolut 
E. instrumental 
 
Kunci Jawaban
1. C
2. B
3. E
4. C
5. B 
 
Pembahasan soal : 
1. Pancasila sebagai ideologi Negara dan falsafah hidup bangsa Indonesia sesungguhnya mengandung 3 (tiga) macam nilai yaitu nilai dasar, nilai instrumental dan nilai praktis. 
2. Nilai-nilai dasar dari Pancasila tersebut meliputi nilai Ketuhanan yang Maha, Nilai Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan dan Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. 
3. Nilai Instrumental ini merupakan nilai-nilai turunan dari nilai dasar yang dituangkan dalam berbagai ketentuan konstitusional, baik dalam UUD NRI Tahun 1945, UU, Peraturan Pemerintah, Keputusan Presiden, Peraturan Daerah. 
4. Nilai praksis adalah nilai yang dijabarkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Nilai praksis ini benar-benar nyata dan kita semua melakukannya. 
5. Dalam nilai dasar terdapat nilai sila ke 5 yang tujuannya adalah menciptakan kesejahteraan sosial baik sandang maupun pangan tanpa adanya kesenjangan baik dari segi sosial, ekonomi, budaya maupun politik sehingga keadilan dapat diwujudkan. 

E. Penilaian Diri 

Setelah kamu mempelajari kegiatan pembelajaran 2, isilah peniliaian diri ini dengan jujur dan bertanggung jawab yang berisi tentang pemahaman materi dengan memberikan tanda centang (√) pada tabel berikut.   

Jika kamu menjawab “Ya”, maka kamu dapat belajar lebih dengan mempertahankannya dan dapat melanjutkan pembelajaran berikutnya dan sebaliknya bila kamu menjawab"Tidak", maka segera lakukan  pembelajaran ulang (review). 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Substansi Hak dan Kewajiban Warga Negara dalam Pancasila Mapel PKn kelas 12 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Substansi Hak dan Kewajiban Warga Negara File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • substansi hak dan kewajiban warga negara dalam uud 1945
      • substansi hak dan kewajiban warga negara dalam pancasila terdiri atas
      • substansi hak dan kewajiban warga negara dalam pancasila ppt
      • hak dan kewajiban warga negara dalam nilai instrumental pancasila
      • jenis hak dan kewajiban yang diatur dalam uud 1945
      • buatlah kesimpulan dari materi substansi hak dan kewajiban warga negara dalam pancasila
      • substansi hak dan kewajiban warga negara dalam pancasila brainly
      • makalah hak dan kewajiban warga negara dalam pancasila
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022