Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Mewaspadai Ancaman Terhadap Integrasi Bangsa Indonesia Mapel PKn kelas 10 SMA/MA

Materi Mewaspadai Ancaman Terhadap Integrasi Bangsa Indonesia Mapel PKn kelas 10 SMA/MA - Hai adik adik yang baik apa kabar? semoga dalam keadaan baik baik saja, kebetulan kali ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai materi yang sudah kakak persiapkan yaitu materi tentang Mewaspadai Ancaman Terhadap Integrasi Bangsa Indonesia yang telah disusun dari mata pelajaran Pendidikan Kwarganegaraan untuk adik adik yang duduk dibangku kelas 10 SMA/MA. Materi ini juga dilengkapi dengan latihan soal berjuamlah 10 soal. Semoga bermanfaat yah.

Materi Mewaspadai Ancaman Terhadap Integrasi Bangsa Indonesia Mapel PKn kelas 10 SMA
Materi Mewaspadai Ancaman Terhadap Integrasi Bangsa Indonesia Mapel PKn kelas 10 SMA

Salam sejahtera Anak anakku sekalian, Selamat yah Kalian telah menyelesaikan pembelajaran pada Modul 1 terdahulu, Kini Kalian dapat mepelajari dan memahami Modul 2, dengan tetap selalu berdo’a kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa,  semoga Kita selalu diberikan Kesehatan dan keberkahan oleh-Nya. Untuk kegiatan Pembelajaran 1 pada Modul 2, Kalian  akan mempelajari Modul tentang : 

“Mewaspadai ancaman terhadap integrasi bangsa Indonesia” 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 1 ini diharapkan Kalian dapat memahami  ancaman yang dapat membayakan integrasi nasional, baik di bidang militer maupun non militer serta mampu menunjukan sikap/perilaku sebagai bentuk  kewaspadaan terhadap ancaman yang dapat  membahayakan integrasi nasional  bangsa Indonesia   

B. Uraian Materi 

Secara geografis posisi negara Indonesia yang berada ditengah-tengah dunia dilewati garis khatulistiwa, diapit oleh dua benua yaitu Asia dan Australia,serta berada diantara  dua  samudera  yaitu  Samudera  Hindia  dan  Pasifik. Kondisi  tersebut menunjukkan bahwa wilayah Indonesia berada pada posisi silang sangat sangat strategis.  

Posisi silang negara Indonesia tidak hanya meliputi aspek kewilayahan saja, melainkan meliputi pula aspek-apek kehidupan sosial, antara lain: 
  1. Penduduk Indonesia berada diantara daerah berpenduduk padat di utara dan daerah berpenduduk jarang di selatan. 
  2. Ideologi Indonesiat erletak antara komunisme di utara dan liberalisme di selatan. 
  3. Demokrasi Pancasila berada diantara demokrasi rakyat di utara (Asia daratan bagian utara) dan demokrasi liberal di selatan. 
  4. Ekonomi Indonesia  berada diantara sistem ekonomi sosialis di utara dan sistem ekonomi kapitalis di selatan. 
  5. Masyarakat Indonesia berada diantara masyarakat sosialis di utara dan masyarakat individualis di selatan. 
  6. Kebudayaan Indonesia di antara kebuadayaan timur di utara dan kebudayaan barat di selatan 
  7. Sistem pertahanan dan keamanan Indonesia berada diantara sistem pertahanan continental di utara dan sistem pertahanan maritim di barat, selatan dan timur. 
Posisi silang Indonesia sebagaimana diuraikan di atas merupakan sebuah potensi sekaligus ancaman bagi integrasi nasional bangsa Indonesia. Dikatakan sebuah potensi karena akan memberikan dampak positif bagi kemajuan bangsa Indonesia serta akan memperkokoh keberadaan   Indonesia   sebagai negara yang tidak dapat disepelekan perannya dalam menunjang kemajuan serta terciptanya perdamaian dunia. Akan tetapi, posisi silang ini juga mejadikan Indonesia sebagai negara yang tidak terbebas dari ancaman yang dapat memecah belah bangsa.  
 
Ancaman bagi integrasi   nasional   tersebut   datang dari luar maupun dari dalam negeri Indonesia sendiri dalam berbagai dimensi kehidupan. Ancaman tersebut biasanya berupa ancaman militer dan non-militer.  
 
Ancaman Militer

Ancaman militer berkaitan ancaman di bidang pertahanan dan keamanan. Ancaman militer adalah ancaman yang menggunakan kekuatan bersenjata dan terorganisasi yang dinilai mempunyai kemampuan membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan segenap bangsa. Ancaman militer dapat berupa agresi/invasi, pelanggaran wilayah, pemberontakan bersenjata, sabotase, spionase, aksi teror bersenjata, dan ancaman keamanan laut dan udara. 

Sumber :quizizz.com
Agresi suatu negara yang dikategorikan mengancam kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan segenap bangsa Indonesia mempunyai bentuk- bentuk mulai dari yang berskala paling besar sampai dengan yang terendah. 

Invasi merupakan bentuk agresi yang berskala paling besar dengan menggunakan kekuatan militer bersenjata yang dikerahkan untuk menyerang dan menduduki wilayah Indonesia. Bangsa Indonesia pernah merasakan pahitnya diinvasi atau diserang oleh Belanda yang ingin kembali menjajah Indonesia sebanyak dua kali, yaitu 21 Juli 1947 dan 19 Desember 1948. 

Bentuk lain dari ancaman militer yang peluang terjadinya cukup tinggi adalah tindakan pelanggaran wilayah (wilayah laut, ruang udara dan daratan) Indonesia oleh negara lain. Konsekuensi Indonesia yang memiliki wilayah yang sangat luas dan terbuka berpotensi terjadinya pelanggaran wilayah. 

Sumber : youtube.com 
Ancaman militer dapat pula terjadi dalam bentuk pemberontakan bersenjata. Pemberontakan tersebut pada dasarnya merupakan ancaman yang timbul dan dilakukan oleh pihak-pihak tertentu di dalam negeri, tetapi pemberontakan bersenjata tidak jarang disokong oleh kekuatan asing, baik secara terbuka maupun secara tertutup. 

Pemberontakan bersenjata melawan pemerintah Indonesia yang sah merupakan bentuk ancaman militer yang dapat merongrong kewibawaan negara dan jalannya roda pemerintahan. Dalam perjalanan sejarah, bangsa Indonesia pernah mengalami sejumlah aksi pemberontakan bersenjata yang dilakukan oleh gerakan radikal, seperti DI/TII, PRRI, Permesta, Pemberontakan PKI Madiun, serta G-30-S/PKI. Beberapa sejumlah aksi pemberontakan bersenjata tersebut tidak hanya mengancam pemerintahan yang sah, tetapi juga mengancam tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berlandaskan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945. 

Indonesia memiliki sejumlah objek vital nasional dan instalasi strategis yang rawan terhadap aksi sabotase, sehingga harus dilindungi. Fungsi pertahanan negara ditujukan untuk memberikan perlindungan terhadap  objek-objek vital nasional dan instalasi strategis dari setiap kemungkinan aksi sabotase dengan mempertinggi kewaspadaan yang didukung oleh teknologi yang mampu mendeteksi dan mencegah secara dini. 

Pada abad modern dewasa ini, kegiatan spionase dilakukan oleh agen-agen rahasia dalam mencari dan mendapatkan rahasia pertahanan negara dari negara lain. Kegiatan spionase dilakukan secara tertutup dengan menggunakan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga tidak mudah dideteksi. Kegiatan tersebut merupakan bentuk ancaman militer yang memerlukan penanganan secara khusus untuk melindungi kepentingan pertahanan dari kebocoran yang akan dimanfaatkan oleh pihak lawan. 
Aksi teror bersenjata merupakan bentuk kegiatan terorisme yang mengancam keselamatan bangsa dengan menebarkan rasa ketakutan yang mendalam serta menimbulkan korban tanpa mengenal rasa perikemanusiaan. Sasaran aksi teror bersenjata dapat menimpa siapa saja, sehingga sulit diprediksi dan ditangani dengan cara-cara  biasa.   

Perkembangan  aksi  teror  bersenjata  yang  dilakukan oleh teroris pada dekade terakhir meningkat cukup pesat dengan mengikuti perkembangan politik, lingkungan strategis, dan ilmu pengetahuan dan teknologi.  

Sumber :jurnalintelejen.net 
Gangguan keamanan di laut dan udara merupakan bentuk ancaman militer yang mengganggu stabilitas keamanan wilayah nasional Indonesia.  

Kondisi geografi Indonesia dengan wilayah perairan serta wilayah udara Indonesia yang terbentang pada pelintasan transportasi dunia yang padat, baik transportasi maritim maupun dirgantara, berimplikasi terhadap tingginya potensi gangguan ancaman keamanan laut dan udara. 
Bentuk-bentuk gangguan keamanan di laut dan udara yang mendapat prioritas perhatian dalam penyelenggaraan pertahanan negara meliputi pembajakan atau perompakan, penyelundupan senjata, amunisi dan bahan peledak atau bahan lain yang dapat membahayakan keselamatan bangsa, penangkapan ikan secara ilegal, atau pencurian kekayaan di laut, termasuk pencemaran lingkungan. 

Ancaman non-militer 

Ancaman non-militer pada hakikatnya ancaman yang menggunakan faktor- faktor nonmiliter dinilai mempunyai kemampuan yang membahayakan kedaulatan negara, kepribadian bangsa, keutuhan wilayah negara, dan keselamatan segenap bangsa.  
Ancaman ini salah satunya disebabkan oleh pengaruh negatif dari globalisasi. Globalisasi yang menghilangkan sekat atau batas pergaulan antar bangsa secara disadari ataupun tidak telah memberikan dampak negatif yang kemudian menjadi ancaman bagi keutuhan sebuah negara, termasuk Indonesia. Ancaman non-militer diantaranya dapat berdimensi ideologi, politik, ekonomi dan sosial 
Inflasi budaya. 
Sumber :radarsolo.jawapos.com 

C. Rangkuman 

Berdasarkan uraian materi diatas, dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut : 
  1. Ancaman militer pada dasarnya ancaman yang menggunakan kekuatan bersenjata dan terorganisasi yang dinilai mempunyai kemampuan membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan segenap bangsa 
  2. Ancaman militer dapat berupa agresi/invasi, pelanggaran wilayah, pemberontakan bersenjata, sabotase, spionase, aksi teror bersenjata, dan ancaman keamanan laut dan udara. 
  3. Ancaman non-militer pada hakikatnya ancaman yang menggunakan faktor- faktor yang dinilai mempunyai kemampuan yang membahayakan kedaulatan negara, kepribadian bangsa, keutuhan wilayah negara, dan keselamatan segenap bangsa 
  4. Ancaman non-militer diantaranya dapat berdimensi ideologi, politik, ekonomi dan sosial budaya. 

D. Penugasan Mandiri  

Sebagai penugasan mandiri pada pembelajaran Modul ini, Kalian diminta untuk melakukan pengamatan sederhana di sekitar lingkungan tempat tinggal Kalian masing masing, berkaitan dengan Kewaspadaan terhadap ancaman disekitar lingkungan tempat tinggal Kalian, dengan Langkah Langkah sebagai berikut : 
  1. Identifikasikan bentuk ancaman non militer yang ada dimasyarakat sekitan Kalian 
  2. Setelah Kalian menemukan salah satu bentuk ancaman non militer yang ada, kemdian tunjukan sikap/perilaku Kalian terkait dengan adanya ancaman tersebut  
  3. Tuangkan Sikap/Perilaku Kalian dalam Matriks dibawah ini 



Ancaman Disekitar Kita 
 
Untuk mengukur sejauh mana tingkat penguasaan materi dalam Modul ini, Silahkan Kalian menjawab Latihan soal berikut ini! 
 
Pilihlah salah satu jawaban yang merupakan Jawaban yang paling Benar 
1. Ancaman militer pada dasarnya ancaman yang menggunakan kekuatan bersenjata dan terorganisasi yang dinilai mempunyai kemampuan membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan segenap bangsa. Salah satu contoh ancaman dmiliter bagi bangsa Indonesia adalah … 
A. embargo ekonomi akibat persaingan dan perdagangan bebas  
B. gerakan sparatis yang brupaya memisahkan diri dengan NKRI 
C. naiknya nilai tukar rupiah dan inflasi terhadap kebutuhan pokok 
D. illegal fishing atau pencurian ikan oleh nelayan negara tetangga 
E. perang dagang antar negara yang berdampak pada ekonomi nasional 
 
2. PosisinegaraIndonesia dimana dilewati gariskhatulistiwa,diapitolehduabenua dan dua  samudera, jika ditinjau dari aspek kebudayaan dunia , Indonesia terletak diantara … 
A. i d i o l o g i komunismediutaradanliberalismedi selatan 
B. kebuadayaantimurdiutaradankebudayaan barat di selatan 
C. sistemekonomisosialisdiutaradan sistem ekonomi kapitalis di selatan 
D. daerahberpendudukpadatdiutaradan daerah berpenduduk jarang di selatan 
E. demokrasi rakyat di utara (Asia daratan bagian utara) dan demokrasi liberal di selatan 
 
3. Gangguan keamanan di laut dan udara yang mengganggu stabilitas keamanan wilayah nasional Indonesia. merupakan salah satu bentuk ancaman …. 
A. militer 
B. ekonomi  
C. non militer 
D. polik negara 
E. sosial politik 
 
4. Indonesia adalah negara kesatuan dengan batas batas wilayahnya ditentukan berdasarkan letak geografis  territorial baik di darat maupun lautan. Berdasarkan hal tersebut perbatasan wilayah Indonesia disebelah utara Pulau Kalimantan berbatasan dengan negara …. 
A. India 
B. Thailand 
C. Malaysia 
D. Singapura 
E. Australia 
 
5. PosisinegaraIndonesia dimana dilewati gariskhatulistiwa,diapitolehduabenua dan dua  samudera, jika ditinjau dari aspek Ideologi, dimana Ideologi Pancasila beradadiantara … 
A. i d i o l o g i komunismediutaradanliberalismedi selatan 
B. kebuadayaantimurdiutaradankebudayaan barat di selatan 
C. daerahberpendudukpadatdiutaradan daerah berpenduduk jarang di selatan. 
D. sistemekonomisosialisdiutaradan sistem ekonomi kapitalis di selatan 
E. demokrasi rakyat di utara (Asia daratan bagian utara) dan demokrasi liberal di selatan 
 
6. Dibawah ini yang merupan ancaman dibidang non militer yang berdampak nbagi bangsa Indonesia sebagai dampak globalisasi adalah … 
A. Agresi militer dan invasi militer oleh negara lain 
B. pelanggaran batas wilayah negara  oleh negara tetangga 
C. pemberontakan bersenjata oleh kelompok sparatis terorganisir 
D. sabotase, spionase, aksi teror bersenjata oleh pasukan negara lain 
E. perang dagang antar negara yang berdampak pada ekonomi nasional 
 
7. PosisinegaraIndonesia dimana dilewati gariskhatulistiwa,diapitolehduabenua dan dua  samudera, jika ditinjau dari aspek demokrasi, dimana demokrasi Pancasila beradadiantara … 
A. kebuadayaantimurdiutaradankebudayaan barat di selatan 
B. sistemekonomisosialisdiutaradan sistem ekonomi kapitalis di selatan 
C. daerahberpendudukpadatdiutaradan daerah berpenduduk jarang di selatan. 
D. demokrasi rakyat di utara (Asia daratan bagian utara) dan demokrasi liberal di selatan 
E. sistem pertahanan continental di utara dan sistem pertahanan maritim di barat, selatan dan timur  
 
8. Ancaman non-militer pada hakikatnya ancaman yang menggunakan faktor- faktor yang dinilai mempunyai kemampuan yang membahayakan kedaulatan negara, kepribadian bangsa, keutuhan wilayah negara, dan keselamatan segenap bangsa. Salah satu bentuk ancaman tersebut adalah …. 
A. infasi dan agresi oleh negara lain 
B. embargo udara dan pertahanan 
C. illegal fishing oleh negara tetangga 
D. penyusupan intelegen ke negara lain 
E. koalisi untuk menyerang negara lain 
 
9. Keberagaman yang ada pada masyarakat Kita merupakan potensi yang terbukti dapat menjadi perekat bagi bangsa Indonesia. Keberagaman yang tidak dikelola dengan baik menimbulkan ancaman bangi bangsa Indonesia. Salah bentuk ancaman masyarakat yang akan berdampak bagi persatuan dan kesatuan adalah …. 
A. berkembangnya berita bohong atau hoax disekitar Kita 
B. penagkapan bandar narkoba yang merusak generasi muda 
C. rencana infasi bangsa asing yang membuat cemas masyarakat 
D. penangkapan oknum koruptor yang telah merugikan keuangan negara  
E. ditemukannya vaksin anti virus yang akan menghapuskan sebuah Pandemi 
 
10. Pentingnya kita mewaspadai adanya ancaman disekitar lingkungan masyarakat adalah dalam rangka …. 
A. menumbuhkan rasa peduli dimasyarakat demi tercapainya kepuasan diri 
B. mencapai tujuan nasiobnal yang diamanatkan dalam UUD NRI Tahun 1945 
C. menjaga persatuan dan keutuhan serta keharmonisan yang ada dimasyarakat 
D. meningkatkan kesadaran warga negara dalam membantu program pemerintah 
E. menunjukan bahwa kita adalah generasi muda yang handal dan patut dibanggakan 
 
KUNCI JAWABAN 
 
Untuk melihat berapa benar dan Nilai dari Latihan Soal yang telah Kalian kerjakan. Silahkan Kalian Cocokkan Jawaban Kalian dengan Kunci Jawaban berikut ! 
 
Kunci Jawaban
1 B
2 B
3 A
4 C
5 A
10 
 
Pembahasan 
1. Ancaman militer pada dasarnya ancaman yang menggunakan kekuatan bersenjata dan terorganisasi yang dinilai mempunyai kemampuan membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan segenap bangsa. Salah satu contoh ancaman dmiliter bagi bangsa Indonesia adalahgerakan sparatis yang brupaya memisahkan diri dengan NKRI 
2. PosisinegaraIndonesia dimana dilewati gariskhatulistiwa,diapitolehduabenua dan dua  samudera, jika ditinjau dari aspek kebudayaan dunia , Indonesia terletak diantara kebuadayaantimurdiutaradankebudayaan barat di selatan 
3. Gangguan keamanan di laut dan udara yang mengganggu stabilitas keamanan wilayah nasional Indonesia. merupakan salah satu bentuk ancaman militer  
4. Indonesia adalah negara kesatuan dengan batas batas wilayahnya ditentukan berdasarkan letak geografis  territorial baik di darat maupun lautan. Berdasarkan hal tersebut perbatasan wilayah Indonesia disebelah utara Pulau Kalimantan berbatasan dengan negara Malaysia 
5. PosisinegaraIndonesia dimana dilewati gariskhatulistiwa,diapitolehduabenua dan dua  samudera, jika ditinjau dari aspek Ideologi, dimana Ideologi Pancasila beradadiantara idiologi komunismediutaradanliberalismedi selatan 
6. ancaman dibidang non militer yang berdampak nbagi bangsa Indonesia sebagai dampak globalisasi adalah perang dagang antar negara yang berdampak pada ekonomi nasional 
7. PosisinegaraIndonesia dimana dilewati gariskhatulistiwa,diapitolehduabenua dan dua  samudera, jika ditinjau dari aspek demokrasi, dimana demokrasi Pancasila berada diantara emokrasi rakyat di utara (Asia daratan bagian utara) dan demokrasi liberal di selatan 
8. Ancaman non-militer pada hakikatnya ancaman yang menggunakan faktor- faktor yang dinilai mempunyai kemampuan yang membahayakan kedaulatan negara, kepribadian bangsa, keutuhan wilayah negara, dan keselamatan segenap bangsa. Salah satu bentuk ancaman tersebut adalah illegal fishing oleh negara tetangga 
9. Keberagaman yang ada pada masyarakat Kita merupakan potensi yang terbukti dapat menjadi perekat bagi bangsa Indonesia. Keberagaman yang tidak dikelola dengan baik menimbulkan ancaman bangi bangsa Indonesia. Salah bentuk ancaman masyarakat yang akan berdampak bagi persatuan dan kesatuan adalah berkembangnya berita bohong atau hoax disekitar Kita 
10. Pentingnya kita mewaspadai adanya ancaman disekitar lingkungan masyarakat adalah dalam rangka menjaga persatuan dan keutuhan serta keharmonisan yang ada dimasyarakat 
 

F. Penilaian Diri 

Setelah Kalian  mempelajari materi Modul  ini, Silahkan Kalian mengisi kolom pada tabel 1. Penilaian Diri tentang Sikap, keterampilan dan Pemahaman Kalian terhadap Materi Modul ini  Catatan : 
Berilah tanda  check (√) pada Kolom YA tau TIDAK 
Dalam mengisi tabel mohon dilakukan dengan tanggungjawab dan penuh kejujuran.  
Jika Jawaban Kalian cenderung menjawab “YA”, Kalian dapat melanjutkan pembelajaran ke Modul selanjutnya dan sebaliknya jia Jawaban dominan “TIDAK”, Kalian dapat melakukan Pembelajaran Ulang (review) pada materi pembelajaran 2 
 
Tabel 1. Penilaian Diri tentang Sikap, Keterampilan  dan Pemahaman Materi 


Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Mewaspadai Ancaman Terhadap Integrasi Bangsa Indonesia Mapel PKn kelas 10 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Mewaspadai Ancaman Terhadap Integrasi Bangsa Indonesia File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • mewaspadai ancaman terhadap negara kesatuan republik indonesia ppt
      • contoh kasus ancaman di bidang politik
      • ancaman integrasi nasional di bidang pertahanan dan keamanan
      • contoh nyata yang menunjukan upaya dalam meningkatkan integrasi nasional bagi indonesia
      • contoh ancaman integrasi nasional
      • ancaman integrasi nasional di bidang politik
      • contoh nyata upaya dalam meningkatkan integrasi nasional bagi indonesia
      • bagaimana kita dapat mewaspadai ancaman
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022