Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Pengertian dan Prinsip Demokrasi Pancasila Mapel PKn kelas 11 SMA/MA

Materi Pengertian dan Prinsip Demokrasi Pancasila Mapel PKn kelas 11 SMA/MA - Hai adik adik yang baik apa kabar? semoga dalam keadaan baik baik saja ya, kebetulan kali ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai materi yang sudah disiapkan yaitu materi tentang Pengertian dan Prinsip Demokrasi Pancasila dari mata pelajaran Pendidikan Kwarganegaraan untuk adik adik yang duduk dibangku kelas 11 SMA/MA. Materi ini juga dilengkapi dengan latihan soal dan kunci jawaba. Semoga bermanfaat yah.

Materi Pengertian dan Prinsip Demokrasi Pancasila Mapel PKn kelas 11 SMA/MA

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 3 ini diharapkan kalian dapat menjelaskan pelaksanaan demokrasi di Indonesia, dan membandingkan pelaksanaan demokrasi yang diterapkan Indonesia pada masa orde lama, orde baru, dan reformasi. 

B. Uraian Materi 

Anak-anakku sekalian, dimanapun kalian berada, sekarang kita lanjutkan kembali pembahasan kita tentang pengertian dan prinsip demokrasi Pancasila. Sebagai warga negara yang baik, sudah semestinya kita mengetahui demokrasi yang dilaksanakan di negara tercinta ini, apalagi kalau bukan demokrasi Pancasila. Demokrasi yang didasarkan pada sila keempat dan dijiwai oleh sila-sila lainnya ini tak mudah dilaksanakan di dalam perjalanan bangsa ini. Ada kelebihan, pasti juga ada kekurangan di dalam penerapan demokrasi yang pernah dilakukan. Yang terpenting adalah kita belajar dari kesalahan maupun kekurangan yang terjadi, dan berusaha untuk memperbaikinya sehingga penerapan demokrasi di Indonesia sudah bisa berjalan sesuai yang diharapkan. Masih ingatkah kalian terhadap pelaksaan demokrasi Pancasila di negara Indonesia tercinta ini ? Seberapa banyak kalian melihat  perbedaan pelaksanaan demokrasi Pancasila pada masa orde lama, orde baru, dan orde reformasi ? Untuk bisa memahami lebih mendalam tentang pelaksanaan demokrasi di Indonesia ini, ada baiknya kita mulai dengan mengetahui definisi demokrasi Pancasila itu sendiri, agar pemahaman kita menjadi lebih utuh dan menyeluruh. 
 
1. Pengertian Demokrasi Pancasila 
 
Demokrasi Pancasila adalah demokrasi yang didasarkan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksaanaan dalam permusyawaratan perwakilan, ini   memberikan kesan bahwa demokrasi tersebut hanya berfokus pada satu prinsip dasar, yaitu sila ke empat dari Pancasila.Padahal perlu diingat bahwa kelima sila Pancasila berkedudukan  setara dan merupakan satu kesatuan  yang bulat dan utuh.Jadi, rumusan tersebut  pada dasarnya merupakan rangkaian totalitas yang terkait erat antara satu sila dengan sila lainnya. Dengan kata lain demokrasi Pancasila adalah demokrasi yang dihayati oleh bangsa Indonesia yang dijiwai dan diintegrasikan oleh nilai-nilai luhur Pancasila. Sebelum kita lebih jauh marilah kita perhatikan Pengertian Demokrasi Pancasila menurut para ahli dibawah ini : 
a. Prof. Dr. Drs. Notonagoro, SH. 
Demokrasi pancasila adalah Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan /perwakilan yang berketuhanan Yang maha Esa, yang berprikemanusiaan yang adil dan beradab, yang mempersatukan Indonesia, dan yang berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. 
b. Prof, Dardji darmodihardjo,SH, 
Demokrasi Pancasila adalah paham yang bersumber kepada kepribadian dan falsafah hidup bangsa 
Indonesia, yang perwujudannya seperti dalam ketentuan-ketentuan pembukaan UUD 1945 
c. Sri Soemantri 
Demokrasi Indonesia adalah kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan /perwakilan yang mengandung semangat Ketuhanan Yang maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, dan keadilan sosial. 
d. Prof. DR. Hazairin, SH 
Demokrasi Pancasila, istilah yang digunakan oleh MPRS 1968 adalah  demokrasi sebagaimana telah dipraktekkan  oleh bangsa Indonesia sejak dahulu  kala dan masih dijumpai sekarang ini dalam kehidupan masyarakat hukum adat, seperti desa, kerja, marga, nagari dan wanua..., yang telah ditingkatkan ke taraf urusan negara. Lebih lanjut dijelaskan bahwa Istilah ”ditingkatkan” ini memiliki makna : 
  1. Peningkatan status demokrasi adat menjadi demokrasi Indonesia yang bertaraf  nasional dengan jangkauan  yang lebih luas, yaitu seluruh Indonesia. 
  2. Peningkatan bobot materi  demokrasi adat yang semula  hanya mencakup aspek kedaerahan menjadi lebih luas, yaitu mencakup aspek kebangsaan, kemanusiaan, dan keagamaan 
e. Prof.S.Pamudji menyatakan bahwa Demokrasi Pancasila mengandung 6 aspek, yaitu : 
1) Aspek Formal 
Mempersoalkan proses dan cara rakyat menunjuk wakil-wakilnya dalam Badan Perwakilan Rakyat dan bagaimana mengatur permusyawaratan wakil-wakil rakyat secara bebas, terbuka,  dan jujur. 
2) Aspek Material 
Mempersoalkan pengakuan terhadap harkat dan martabat manusia 
3) Aspek Normatif / Kaidah 
Mengungkapkan seperangkat norma dalam mencapai tujuan 
4) Aspek Optatif 
Mengetengahkan tujuan atau kehendak yang akan dicapai 
5) Aspek Organisasi 
Mengetengahkan wadah pelaksanaan demokrasi tersebut 
6) Aspek Kejiwaan 
Mengetengahkan semangat penyelenggara negara dan pemimpin negara 
 
Selain pendapat para ahli diatas tentang demokrasi pancasila, pengertian Demokrasi Pancasila juga dapat dibedakan atas  
1) Aspek Material ( substansi/isi ), demokrasi Pancasila harus dijiwai dan diintegrasikan oleh sila-sila lainnya. Karena itulah pengertian demokrasi Pancasila tidak hanya merupakan demokrasi politik tetapi juga demokrasi ekonomi dan sosial. 
2) Aspek Formal, demokrasi Pancasila merupakan bentuk atau cara pengambilan keputusan (demokrasi politik ) yang dicerminkan oleh sila keempat. 
 
2. Prinsip-prinsip Demokrasi Pancasila 

Secara ideologi maupun konstitusional, asas demokrasi Pancasila yang mencerminkan tata nilai sosial budaya bangsa, mengajarkan prinsip-prinsip sebagai berikut : 
  1. Persamaan bagi seluruh rakyat Indonesia 
  2. Keseimbangan antara hak dan kewajiban 
  3. Pelaksanaan kebebasan yang bertanggungjawab secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa, diri  sendiri dan orang lain 
  4. Mewujudkan rasa keadilan sosial, 
  5. Pengambilan keputusan dengan musyawarah mufakat 
  6. Mengutamakan persatuan nasional dan kekeluargaan  
  7. Menjunjung tinggi tujuan dan cita – cita nasional 

C. Rangkuman 

Berdasarkan pembahasan materi diatas, maka dapat disimpulkan bahwa: 
  1. Demokrasi Pancasila yang didasarkan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksaanaan dalam permusyawaratan perwakilan  memberikan kesan bahwa demokrasi tersebut hanya berfokus pada satu prinsip dasar, yaitu sila ke empat dari Pancasila, padahal seharusnya diliputi oleh sila lainnya karena ia merupakan satu kesatuan yang utuh. 
  2. Demokrasi pancasila adalah Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan /perwakilan yang berketuhanan Yang maha Esa, yang berprikemanusiaan yang adil dan beradab, yang mempersatukan Indonesia, dan yang berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. 
  3. Pengertian Demokrasi Pancasila dapat dibedakan atas : aspek material (substansi/isi), demokrasi Pancasila harus dijiwai dan diintegrasikan oleh sila-sila lainnya. Karena itulah pengertian demokrasi Pancasila tidak hanya merupakan demokrasi politik tetapi juga demokrasi ekonomi dan sosial, dan dalam aspek formal, demokrasi Pancasila merupakan bentuk atau cara pengambilan keputusan ( demokrasi politik ) yang dicerminkan oleh sila keempat. 
  4. Adanya 7 prinsip demokrasi Pancasila, yaitu : persamaan bagi seluruh rakyat Indonesia, keseimbangan antara hak dan kewajiban, pelaksanaan kebebasan yang bertanggungjawab secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa, diri  sendiri dan orang lain, mewujudkan rasa keadilan sosial, pengambilan keputusan dengan musyawarah mufakat, mengutamakan persatuan nasional dan kekeluargaan, menjunjung tinggi tujuan dan cita – cita nasional. 

D. Penugasan Mandiri 

Setelah mempelajari materi Demokrasi Pancasila, mohon ananda untuk melengkapi tabel berikut dengan menuliskan uraian yang berkaitan dengan pernyataan tentang Demokrasi Pancasila !   

E. Latihan Soal 

Pilihlah jawaban yang tepat dari soal dibawah ini ! 
1. Yang bukan aspek demokrasi Pancasila menurut Prof.S.Pamudji adalah….. 
A. formal 
B. kejiwaan 
C. normatif 
D. fisik 
E. organisasi 
 
2. Demokrasi pancasila adalah Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan /perwakilan yang berketuhanan Yang maha Esa, yang berprikemanusiaan yang adil dan beradab, yang mempersatukan Indonesia, dan yang berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia pernyataan ini adalah di sampaikan oleh...  
A. Prof. Dr. Drs. Notonagoro, SH. 
B. Prof, Dardji darmodihardjo,SH, 
C. Sri Soemantri 
D. Prof. DR. Hazairin, SH 
E. Prof.S.Pamudji 
 
3. Demokrasi Pancasila dapat dibedakan menurut aspek material dan aspek formal. Yang di maksud dengan aspek material adalah.. 
A. demokrasi Pancasila harus dijiwai dan diintegrasikan oleh sila-sila lainnya. Karena itulah pengertian demokrasi Pancasila tidak hanya merupakan demokrasi politik tetapi juga demokrasi ekonomi dan sosial. 
B. Pancasila merupakan bentuk atau cara pengambilan keputusan (demokrasi politik ) yang dicerminkan oleh sila keempat 
C. paham yang bersumber kepada kepribadian dan falsafah hidup bangsa Indonesia, yang perwujudannya seperti dalam ketentuan-ketentuan pembukaan UUD 1945 
D. Demokrasi Pancasila adalah paham yang bersumber kepada kepribadian dan falsafah hidup bangsa Indonesia, yang perwujudannya seperti dalam ketentuan-ketentuan pembukaan UUD 1945 
E. pengakuan terhadap harkat dan martabat manusia 
 
4. Contoh  sikap terhadap putusan musyawarah yang sesuai dengan demokrasi Pancasila adalah….. 
A. Menghormati dan menerimanya dengan ikhlas dan penuh tanggungjawab 
B. Menerima saja karena telah diputuskan oleh pimpinan. 
C. Mengakui dengan senang hati dan tanggung jawab. 
D. Menerima karena sudah menjadi kebiasaan rapat. 
E. Menerima dan menjalankan dengan tanggung jawab. 
 
5. Pehatikan hal-hal berikut  
  1. persamaan bagi seluruh rakyat Indonesia,  
  2. keseimbangan antara hak dan kewajiban,  
  3. pelaksanaan kebebasan yang bertanggungjawab secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa, diri  sendiri dan orang lain,  
  4. mewujudkan rasa keadilan sosial,  
  5. pengambilan keputusan dengan musyawarah mufakat,  6. mengutamakan persatuan nasional dan kekeluargaan,  
  6. menjunjung tinggi tujuan dan cita – cita nasional. 
Yang merupakan prinsip-prinsip demokrasi Pancasila adalah.. 
A. 1, 2, 3, dan 5 
B. 2, 3, 4, dan 6 
C. 3, 4,  5 dan 7 
D. 2, 3, 4, dan 6 
E. 4, 5, 6, dan 7 
 
Kunci Jawaban
1. D 
2. A 
3. A 
4. A 
5. D 
 
Pembahasan 
1. Prof.S.Pamudji menyatakan bahwa Demokrasi Pancasila mengandung 6 aspek, yaitu : 
a. Aspek Formal 
Mempersoalkan proses dan cara rakyat menunjuk wakil-wakilnya dalam Badan Perwakilan Rakyat dan bagaimana mengatur permusyawaratan wakil-wakil rakyat secara bebas, terbuka,  dan jujur. 
b. Aspek Material 
Mempersoalkan pengakuan terhadap harkat dan martabat manusia 
c.Aspek Normatif / Kaidah 
Mengungkapkan seperangkat norma dalam mencapai tujuan 
d. Aspek Optatif 
Mengetengahkan tujuan atau kehendak yang akan dicapai 
e. Aspek Organisasi 
Mengetengahkan wadah pelaksanaan demokrasi tersebut 
f. Aspek Kejiwaan 
Mengetengahkan semangat penyelenggara negara dan pemimpin negara 

2. Prof. Dr. Drs. Notonagoro, SH. 
Demokrasi pancasila adalah Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan /perwakilan yang berketuhanan Yang maha Esa, yang berprikemanusiaan yang adil dan beradab, yang mempersatukan Indonesia, dan yang berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. 

3. Demokrasi Pancasila juga dapat dibedakan atas  
  1. Aspek Material ( substansi/isi ), demokrasi Pancasila harus dijiwai dan diintegrasikan oleh sila-sila lainnya. Karena itulah pengertian demokrasi Pancasila tidak hanya merupakan demokrasi politik tetapi juga demokrasi ekonomi dan sosial. 
  2. Aspek Formal, demokrasi Pancasila merupakan bentuk atau cara pengambilan keputusan (demokrasi politik ) yang dicerminkan oleh sila keempat. 
4. sikap terhadap putusan musyawarah yang sesuai dengan demokrasi Pancasila adalah  Menghormati dan menerimanya dengan ikhlas dan penuh tanggungjawab 

5. Adanya 7 prinsip demokrasi Pancasila, yaitu : persamaan bagi seluruh rakyat Indonesia, keseimbangan antara hak dan kewajiban, pelaksanaan kebebasan yang bertanggungjawab secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa, diri  sendiri dan orang lain, mewujudkan rasa keadilan sosial, pengambilan keputusan dengan musyawarah mufakat, mengutamakan persatuan nasional dan kekeluargaan, menjunjung tinggi tujuan dan cita – cita nasional. 

F. Penilaian Diri 

Setelah kamu mempelajari materi pada bab ini, isilah penilaian diri ini dengan jujur dan bertanggung jawab yang berisi tentang pemahaman materi dengan memberikan tanda centang (√)pada tabel berikut:


Jika kamu menjawab “Ya”, maka kamu dapat belajar lebih dengan mempertahankannyadan dapat melanjutkan pembelajaran berikutnya dan sebaliknya bila kamu menjawab"Tidak", maka segera lakukan  pembelajaran ulang (review). 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Pengertian dan Prinsip Demokrasi Pancasila Mapel PKn kelas 11 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Pengertian dan Prinsip Demokrasi Pancasila File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • prinsip-prinsip demokrasi pancasila
      • prinsip demokrasi pancasila adalah
      • pengertian demokrasi pancasila
      • tujuan demokrasi pancasila
      • pengertian demokrasi pancasila menurut para ahli
      • contoh demokrasi pancasila
      • jelaskan pengertian demokrasi pancasila
      • demokrasi pancasila tahun
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022