Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Pencak Silat (Teknik Pertahanan) Mapel PJOK kelas 11 SMA/MA

Materi Pencak Silat (Teknik Pertahanan) Mapel PJOK kelas 11 SMA/MA - Halo adik adik, apa kabar? semoga dalam keadaan baik baik saja, kebetulan pada kesempatan yang baik ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai materi yang sudah dipersiapkan, materi ini tentunya sudah disususun sedemikian rupa dan mudah dipahami karena dilengkapi dengan contoh gambar. Oiya kakak membagikan materi tentang pembelajaran pertahanan, baik itu pertahanan satu arah, dan empat arah, dilanjutkan berpasangan dengan serangan dan belaan. Semoga dengan adanya materi ini bisa membantu adik adik. Tetap semangat yah.

Materi Pencak Silat (Teknik Pertahanan) Mapel PJOK kelas 11 SMA/MA
Materi Pencak Silat (Teknik Pertahanan) Mapel PJOK kelas 11 SMA/MA

Tentunya kalian sudah tidak asing lagi dengan olahraga beladiri pencak silat. Olahraga beladiri pencak silat merupakan tradisi khas salah satu seni beladiri Indonesia yang telah ada dari generasi ke generasi. Dalam perkembangannya olahraga seni beladiri pencak silat di seluruh Indonesia memiliki keunikan gerak dan musik yang mengiringinya. Olahraga beladiri pencak silat juga memiliki seluruh elemen yang membentuk warisan budaya, di antaranya terdiri dari tradisi lisan, seni pertunjukan, ritual dan festival, kerajinan tradisional, pengetahuan dan praktik sosial serta kearifan lokal. 

Untuk materi kali ini, yang kita pelajari adalah perpaduan materi di kelas sebelumnya, jika di kelas sebelumnya kalian belajar tentang menyerang dan bertahan, maka kali ini kita akan mempraktekan kegunaan menyerang dan kegunaan belajar.  
 
 Dalam materi ini kalian akan di serang seakan – akan (bayangan) di serang dari depan, belakang, samping kanan, samping kiri, serong kanan, serong kiri, dari atas, bawah dll, begitupun dengan bertahan, sehingga misalkan kaian ikut pertandingan pencaksilat kalian akan siap menghadapi lawan. 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 2 ini diharapkan, bapak harapkan kalian semakin mahir dalam melakukan serangan dan belaan. Rangkaian gerakan serangan sudah terjadi semakin otomatisasi. Sigap dalam melakukan serangan dan terampil dalam menghalau serangan yang datang. 
 

B. Uraian Materi 

Mintalah orang terdekat mu untuk berdiri di hadapan sejauh 2 meter, mintalah untuk memberi isyarat tangan, kekanan, kekiri, kebelakang atau kedepan.  

Untuk tahap pertama; 
  1. Jika arah tangan menunjukan ke kanan lakukan serangan dan belaan ke kanan dengan 3 serangan kaki yang berbeda, 2 kali belaan dan sekali serangan tangan. 
  2. Jika arah tangan menunjukan ke kiri  lakukan serangan dan belaan ke kiri dengan 2 serangan kaki yang berbeda, 2 kali belaan dan sekali 2 serangan tangan 
  3. Jika arah tangan menunjukan ke depan lakukan serangan dan belaan ke depan dengan 4 serangan kaki yang berbeda, 1 kali belaan dan sekali serangan tangan 
  4. Jika arah tangan menunjukan ke belakang lakukan serangan dan belaan ke kanan dengan 2 serangan kaki yang berbeda, 3 kali belaan dan 2 kali serangan tangan 
Untuk tahap kedua;  

1. Jika arah tangan menunjukan ke kanan lakukan serangan dan belaan ke kanan dengan 3 serangan kaki yang berbeda, 2 kali belaan dan sekali serangan tangan,  diakhiri tehnik tangkapan dan bantingan 

Gambar 14 : Tangkapan dilanjut bantingan (sumber; rejasa.com) 

2. Jika arah tangan menunjukan ke kiri  lakukan serangan dan belaan ke kiri dengan 2 serangan kaki yang berbeda, 2 kali belaan dan sekali 2 serangan tangan, di akhiri dengan guntingan. 

Gambar 15 : guntingan depan (sumber; rejasa.com) 

 3. Jika arah tangan menunjukan ke depan lakukan serangan dan belaan ke depan dengan 4 serangan kaki yang berbeda, 1 kali belaan dan sekali serangan tangan, di akhiri tangkapan dan bantingan. 
  
Gambar 16 : Tangkapan dilanjut bantingan (sumber; rejasa.com) 

4. Jika arah tangan menunjukan ke belakang lakukan serangan dan belaan ke kanan dengan 2 serangan kaki yang berbeda, 3 kali belaan dan 2 kali serangan tangan, di akhiri dengan serangan rebah depan/belakang. 
 
Gambar 17 : serangan rebah depan (sumber; rejasa.com) 

C. Rangkuman 

Pola latihan  serangan bayangan (shadow fighting) dapat di latih dengan kontak mata, perintah dan gerakan di lakukan dengan reaksi yang di berikan tanda di depan sehingga menjadikanya gerakotomatis 

D. Penugasan Mandiri  

Lakukanlah tugas di bawah ini dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab, dan disiplin yang tinggi dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran! 
 
Jika mempunya bola (apapun) lemparkan ke dinding yang tidak rata, bergeraklah seperti pelajaran yang telah di terima, kemana arah pantulan bola. Ulang lah beberapa kali, sampai kalian bisa mengikuti dan mahir dalam melakukan shadow fighting. 
 

E. Latihan Soal  

Kerjakan dan jawablah soal-soal di bawah ini dengan cara memberikan tanda silang (X) pada huruf di depan jawaban yang paling benar dari opsi jawaban yang tersedia! 
 
1. Dalam melakukan serangan, yang perlu diperhatikan dalam menentukan keberhasilan serangan tersebut adalah … . 
A. titik lemah lawan 
B. pandangan lawan 
C. kuda – kuda lawan 
D. posisi tangan lawan 
E. sikap pasang lawan 
 
2. Serangan ke arah pinggang, dengan menjatuhkan diri, sekaligus belaan  yang membuat lawan langsung terjatuh adalah … 
A. Sapuan rebah 
B. Sapuan atas 
C. Guntingan 
D. Tendangan T 
E. Bantingan 
 
3. Serangan tangan yang berupakan usaha untuk membuat lawan tak berdaya yang di bantu oleh gerakan/serangan kaki adalah … . 
A. Pukulan 
B. Bantingan 
C. Guntingan 
D. Tendangan 
E. Lepasan  
 
4. Belaan guna mematahkan serangan pukulan ke dada adalah … 
A. Tangkisan kepala 
B. Tangkisan pinggang 
C. Tangkisan atas 
D. Tangkisan samping 
E. Tangkisan dada 
 
5. Dalam melatih serang belaan, hal yang dominan adalah pengulangan, sehingga tehnik serang bela dapat di laksanakan sesuai atau tepat sasaran. Tepat sasaran serangan, tepat sasaran belaan. Untuk melatih belaan terhadap serangan tedangan samping adalah … 
A. Hindaran 
B. Elakan 
C. Tangkisan pinggang 
D. Tangkisan dada 
E. Tangkapan 

Pembahasan Soal
1. A 
Serangan merupakan cara melumpuhkan lawan dengan cepat dan tepat, bila perlu satu dua gerakan lawan dapat di lumpuhkan 
2. C 
Guntingan adalah elakan/mematahkan serangan lawan kemudian masuk untuk melumpuhkan 
3. B 
Bantingan merupakan belaan tangan berupa tangkapan, yg saat bersamaan akan memudahkan kita menjatuhkan lawan 
4. E 
Cukup jelas 
5. B 
Saat lawan melakukan serangan samping, kalau belaan berupa tangkisan/benturan, tentu tangan kita yang akan kalah/sakit, di hindarkan benturan sehingga dapat di lakukan seangan balasn yg efektif  

F. Penilaian Diri 

Berilah tanda ceklis (√) pada kolom ‘Ya’ jika kalian sudah menguasai materi/melakukan hal tersebut dan pada kolom ‘Tidak’ jika kalian belum menguasai materi/melakukan hal tersebut! 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Pencak Silat (Teknik Pertahanan) Mapel PJOK kelas 11 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Pencak Silat (Teknik Pertahanan) File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • gerakan menyerang dalam pencak silat
      • teknik serangan dalam pencak silat
      • teknik dasar menyerang dalam pencak silat
      • teknik bertahan pasif dalam pencak silat
      • teknik tendangan dalam pencak silat
      • teknik pertahanan dalam pencak silat adalah
      • teknik pertahanan dalam badminton
      • strategi pencak silat
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022