Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Menyusun Laporan dari Hasil Membaca Buku Pengayaan Mapel Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/MA

Materi Menyusun Laporan dari Hasil Membaca Buku Pengayaan Mapel Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/MA - Hai adik adik yang baik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat sehat saja, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai materi yang sudah kakak siapkan, materi ini kakak ambil dari salah satu mata pelajaran yaitu bahasa Indonesia kelas XI SMA/MA tentang Materi Menyusun Laporan dari Hasil Membaca Buku Pengayaan. Semoga bermanfaat yah.

Materi Menyusun Laporan dari Hasil Membaca Buku Pengayaan Mapel Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/MA
Materi Menyusun Laporan dari Hasil Membaca Buku Pengayaan Mapel Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/MA

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari modul kegiatan pembelajaran 2 ini diharapkan kalian dapat menyusun laporan dari butir-butir informasi penting membaca satu buku pengayaan (nonfiksi) dengan kritis, kreatif, dan bertanggung jawab.

B. Uraian Materi

Pada kegiatan pembelajaran sebelumnya, kalian sudah mengidentifikasi butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca. Kegiatan pembelajaran 2 ini, kalian akan belajar menyusun laporan dari butir-butir penting atau informasi yang dieroleh dari kegiatan membaca buku pengayaan (nonfiksi).

Banyak manfaat yang dapat kalian ambil dari kegiatan tersebut. Salah satu manfaat membaca buku pengayaan atau buku ilmiah adalah menambah pengetahuan, keterampilan dan sikap pembaca. Selain itu dengan membaca buku nonfiksi pembaca lebih luas wawasannya terhadap satu masalah yang ada dalam buku tersebut. Sudah siapkah kalian, tetap semangat!


1. Langkah-langkah dalam Menyusun Laporan Kegiatan

Barangkali dalam benak kalian muncul pertanyakan tentang pembuatan laporan membaca buku nonfiksi yang bentuknya berbeda-beda. Apakah bentuk laporan memiliki format baku? Jawabannya tidak. Namun bagaimana pun bentuk laporannya kalian harus memahami langkah-langkah penyusunannya.

a. Membaca buku atau mendengar naskah yang dibacakan/ direkam.
Sebelum mengulas bagaimana cara membuat laporan membaca buku nonfiksi. Pastikan kalian sudah membaca semua isi buku. Kenapa demikian? Karena syarat utama adalah membaca buku dan mengetahui isinya. Tanpa melihat isi buku, kalian pasti akan merasa kesulitan dengan pesan atau poin-poin yang akan disampaikan.
Sebaliknya, jika kalian sudah membaca dengan baik, maka saat membuat laporan membaca buku nonfiksi pun kalian tidak akan lagi mengalami kesulitan. Karena tahu betul mana saja dan apa saja yang harus kalian tuliskan.

b. Tentukan pokok-pokok buku
Pembaca yang baik akan dengan mudah dalam menentukan ide pokok tiap-tiap paragraf. Apabila hal tersebut kalian kuasai pastilah buku yang kalian baca akan dipahami dengan baik.
 
c. Menulis laporan dalam bentuk tabel atau rangkuman
Salah satu bentuk laporan yang bisa kalian ikuti yang menggunakan tabel sementara yang lain menggunakan bentuk rangkuman. Cara ini dilakukan dengan dikemas dalam bentuk seperti essai atau membuat karangan. Hanya saja dari segi kefektifan dan kerapian kurang praktis.
Jadi, terlepas itu semua, kalian bisa memilih laporan membaca yang sesuai yang kalian sukai yang mana. Kalian bisa memilih, sesuai dengan karakter masing-masing. Atau bisa juga mengikuti instruksi perintah guru, laporan akan dibuat dan diformat seperti apa dan bagaimana.

d. Membaca kembali rangkuman yang telah dibuat
Langkah ini dimaksudkan untuk memeriksa apakah ada laporan yang belum lengkap. Kemudian dilakukan perbaikan laporan tersebut.


2. Menyusun Laporan Kegiatan Membaca Buku nonfiksi

Membaca merupakan kegiatan yang banyak sekali manfaatnya. Apapun tujuan membaca akan sangat bermanfaat bagi diri kalian. Namun apa jadinya apabila yang dilakukan tidak di barengi dengan pembuatan laporan. Kegiatan membaca menjadi sia-sia hilang, karena kalian lupa pernah membaca buku. Dengan demikian laporan membaca dapat berfungsi sebagai pengingat bahw kalin telah membaca buku tersebut. Jika kalian sudah selesai membaca buku, susunlah laporan kegiatan tersebut dalam buku rekaman tertulis kegiatan membaca.
Setelah melihat contoh laporan tersebut, setidaknya pula mengubah anggapan bahwa membuat laporan membaca itu sulit, itu tidak benar. Kalian hanya seperti membuat ringkasan singkat yang bisa digunakan untuk pembelajaran. Semoga dengan contoh dan penjelasan di atas, kalian bisa mendapatkan nilai tugas yang baik. Selamat mencoba mengerjakan.

Yuk, kita langsung saja, berikut penulisan laporan membaca buku nonfiksi.

Untuk membantu kalian melaporkan kegiatan membaca, berikut ini contoh format yang dapat kalian buat.


Itulah contoh format laporan membaca buku nonfiksi yang bisa kalian pahami, pelajari. Semoga dengan pemaparan ini memudahkan kalian dalam membuat laporan. Kalian pun tidak perlu pusing-pusing bagiamana membuat laporan. Selanjutnya kalian tinggal memilih buku yang akan dibaca dan dibuatkan laporan sebagai bukti bahwa kalian sudah membaca buku.

C. Rangkuman

1. Kemampuan membaca harus dibarengi dengan kemampuan mengidentifikasi tiap- tiap bacaan yang dibacanya.
2. Identifikasi pokok-pokok informasi sebagai tolok ukur kemampuan membaca.
3. Kemampuan tersebut dijadikan dasar untuk menyusun laporan kegiatan membaca.
4. Langkah-langkah menyusun laporan
a. Membaca buku atau mendengar naskah yang dibacakan/ direkam.
b. Tentukan pokok-pokok buku
c. Menulis laporan dalam bentuk tabel atau rangkuman
d. Membaca kembali rangkuman yang telah dibuat
5. Laporan kegiatan membaca akan berguna bagi pembaca dalam membantu mengingat informasi penting pada buku yang dibacanya.

D. Penugasan Mandiri

Petunjuk!
  1. Bacalah salah satu buku pengayaan (nonfiksi)
  2. Tuliskanlah identitas buku tersebut, berupa judul buku, nama penulis, penerbit, tahun terbit, dan kota terbit.
  3. Identifikasi hasil pembacaan dalam format berikut!
Judul Buku :
Nama Penulis :
Penerbit :
Tahun terbit :
Kota terbit :

4. Buatlah laporan membaca pengayaan nonfiksi dengan mengikuti format berikut! Judul Buku :
Nama Penulis :
Penerbit :
Tahun terbit :
Kota terbit :

E. Latihan Soal

Judul Buku : Terampil Budidaya Anggrek
Pengarang : Istiati
Tahun Terbit 2008
Penerbit : Sahabat Jumlah Halaman : 58 halaman
Kota Penerbit : Klaten-Jawa Tengah
Anggrek merupakan tanaman hias yang hidup menempel pada media atau tanaman lain. Anggrek sudah dikenal sejak 200 tahun yang lalu dan sekitar 50 tahun terakhir anggrek mulai dibudidayakan secara luas di Indonesia.

Tujuan pembudidayaan tanaman anggrek adalah sebagai tanaman hias karena bunga anggrek memiliki keindahan dan bau yang khas. Selain itu, anggrek juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan campuran obat-obatan, bahan minyak wangi, dan bahan minyak rambut.Ada beberapa jenis tumbuhan anggrek yang terdapat di Indonesia anatara lain Vanda Tricolor terdapat di Jawa Barat dan di Kaliurang, Vanda Hookeriana, berwarna ungu berbintik-bintik berasal dari Sumatra, anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis), anggrek Phapiopedilun praestans yang berasal dari Jawa Tengah.

Tanaman anggrek dapat tumbuh karena beberapa faktor pendukung. Pertama iklim, anggrek dapat tumbuh pada suhu minimum 12.70C. kedua media tanam, pada umumnya media yang digunakan untuk penanaman anggrek biasanya menggunakan arang kayu, serabut kelapa, dan batu bata. Ketiga ketinggian tempat, ketinggian tempat yang cocokuntuk budidaya tanaman anggrek dibedakan menjadi 3 macam, yaitu pertama anggrek panas (ketinggian 0-600m dpl) dengan suhu udara 26-30 derajat C pada siang hari, dan 21 derajat C pada malam hari. Kedua, anggrek sedang (ketinggian 150-1500 m dpl) dengan suhu udara antara 15-21 derajat C pada malam hari, dan 21 derajat C pada siang hari. Ketiga, anggrek dingin (ketinggian lebih dari 1500 m dpl) dengan suhu udara 14-21 derajat C disiang hari, dan 9-15 derajat C pada malam hari.

Dalam usaha pembudidayaan anggrek perlu diperhatikan pemihan bibit yang baik. Bibit yang unggul, baik, dan sehat memiliki beberapa ciri, yaitu bentuk batang kuat, pertumbuhan pesat, daun subur, bungan lebat. bibit anggrek berasl dari biji yang disemaikan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pemeliharaan tanaman anggrek yaitu penyulaman, penyiangan, pemupukan, dan pengairan.

Unsur-unsur yang dibutuhkan tanaman anggrek dalam jumlah banyak meliputi C, H, O, N, S, P, K,Ca, Mg. Untuk unsur yang dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit meliputi Cu, Zn ,Mo, Mn, V, Sc, B, Si. Penyakit dan hama yang sering menyerang tanaman anggrek antara lain tungau, semut, belalang, penyakit busuk akar, penyakit layu, penyakit bercak bercincin. Tanaman anggrek mulai berbunga pada umur 1-2 bulan. Untuk panen bunga anggrek perlu diperhatikan, pemotongan dilakukan pada jarak 2 cm dari pangkal tangkai bunga dengan menggunakan alat potong yang bersih.

Jawablah pertanyaan berikut!

1. Jelaskan informasi yang diperoleh dari buku Terampil Budidaya Anggrek.
2. Tulislah pokok-pokok informasi dalam buku Terampil Budidaya Anggrek.
3. Tulislah laporan membaca buku tersebut!

KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN

1. Jelaskan informasi yang diperoleh dari buku Terampil Budidaya Anggrek.
Simpulan yang diperoleh dari buku Terampil Budidaya Anggrek adalah tanaman anggrek memiliki karakteristik tersendiri dilihat dari cara budidaya, pemeliharaan maupun kebutuhan unsur-unsur untuk pertumbuhan tanaman.
2. Tulislah pokok-pokok informasi dalam buku Terampil Budidaya Anggrek.
Pokok-pokok informasi dalam buku Terampil Budidaya Anggrek adalah sejarah anggrek, tujuan budidaya, faktor pendukung, pemilihan bibit dan kebutuhan unsur hara.
3. Tulislah laporan membaca buku tersebut!
Anggrek merupakan tanaman yang sudah lama dibudidayakan oleh banyak orang. Tanaman anggrek dibudidayakan karena keindahannya dank arena digunakan sebagai obat dan minyak wangi. Agar budidaya berhasil perlu diperhatikan, pemilihan bibit yang baik dan kebutuhan unsur yang diperlukannya.

Rubrik/ Pedoman Penskoran menyusun laporan membaca.



F. Penilaian Diri

Setelah kalian belajar bertahap dan berlanjut melalui kegiatan belajar 1 dan 2, berikut diberikan tabel untuk mengukur diri kalian terhadap materi yang sudah kalian pelajari. Isilah dengan mencentang (V) pada refleksi diri terhadap pemahaman materi di tabel berikut!

Tabel Refleksi Diri Pemahaman Materi



Jika menjawab “TIDAK” pada salah satu pertanyaan di atas, maka pelajarilah kembali materi tersebut dalam modul, ulang kegiatan belajar 1 dan 2, apabila diperlukan silakan kalian menghubungi guru atau teman sejawat untuk menyampaikan pembimbingan. Jangan putus asa untuk mengulang lagi! Dan apabila kalian menjawab “YA” pada semua pertanyaan, maka lanjutkan berikut.

Setelah kalian menuliskan penguasaanmu terhadap materi laporan membaca buku pengayaan, kemudian lanjutkan kegiatan berikut untuk mengevaluasi penguasaan materI.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Menyusun Laporan dari Hasil Membaca Buku Pengayaan Mapel Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 


#
Menyusun Laporan dari Hasil Membaca Buku Pengayaan File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • buku pengayaan adalah
      • perbedaan buku pengayaan dan buku teks
      • struktur buku pengayaan
      • buku pengayaan fiksi
      • contoh buku pengayaan nonfiksi
      • butir-butir penting buku pengayaan (nonfiksi)
      • jelaskan butir butir penting novel
      • buku nonfiksi ditulis berdasarkan khayalan atau imajinasi
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022