Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Struktur Debat Mapel Bahasa Indonesia kelas 10 SMA/MA

Materi Struktur Debat Mapel Bahasa Indonesia kelas 10 SMA/MA - Halo adik adik yang baik, apa kabar? nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai materi yang telah kakak siapkan materi ini kakak ambil dari berbagai sumber yang relavan sehingga bisa adik adik pelajari dirumah maupun di sekolah. Materi yang kakak susun ini merupakan materi Struktur Debat dari mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 10 SMA/MA. Semoga bermanfaat, selamat belajar!!

Materi Struktur Debat Mapel Bahasa Indonesia kelas 10 SMA/MA
Materi Struktur Debat Mapel Bahasa Indonesia kelas 10 SMA/MA

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah kegiatan pembelajaran 1 ini diharapkan kalian mampu menganalisis struktur debat dengan kritis dan semangat agar dapat menerapkan dalam kegiatan debat dengan struktur yang tepat sehingga menjadi orang yang andal dalam berdebat .

B. Uraian Materi

Debat merupakan pembahasan dan pertukaran pendapat mengenai suatu hal dengan saling memberi alasan untuk mempertahankan pendapat masing-masing. Dalam kehidupan sehari-hari, debat merupakan pertentangan argumentasi untuk mendapat kemenangan-kemenangan oleh pihak tertentu yang ditandai oleh kelogisan argumentasi dan kejelasan fakta yang dikemukakannya.

Kalian perlu ketahui, ada hal-hal yang perlu diperhatikan ketika menentukan masalah untuk debat, yaitu:
  1. Menarik para peserta
  2. Sesuai dengan pengetahuan peserta
  3. Memiliki kejelasan
  4. Sesuai dengan waktu dan situasi
Kalian sudah mengetahui bahwa debat bukanlah suatu diskusi biasa karena debat bukan untuk menghasilkan kesepakatan atau persetujuan. Akan tetapi, debat berfungsi untuk mendorong seseorang mencari argumentasi yang kuat dan dapat dipertanggungjawabkan sehingga dapat memenangkan perdebatan itu. Oleh karena itu, kalian perlu mengetahui struktur atau bagian-bagian dalam debat yang dibangun dengan baik, yaitu pengenalan isu, rangkaian argumentasi, dan penegasan ulang (simpulan)

1. Pengenalan Isu
Pengenalan masalah atau isu yang baik untuk bahan debat adalah yang menyangkut kepentingan banyak pihak, menjadi pembicaraan masyarakat luas di samping mengundang pendapat yang pro dan yang kontra. Masalah itu juga sangat penting untuk didiskusikan (diperdebatkan) sehingga diperoleh kejelasan di dalam penyelesaiannya kemudian. Perhatikan kutipan berikut!
Internet dapat dikatakan sebagai salah satu teknologi yang memberikan layanan untuk mencari informasi tertentu yang dibutuhkan manusia, Penggunaan internet sendiri sudah sangat umum dan menjadi viral karena internet memberikan kemudahan akses informasi untuk kehidupan manusia. Namun , tidak sedikit yang beranggapan bahwa penggunaan internet memberikan kerugian dan dampak negatif bagi banyak pihak. Hal ini dapat ditandai ketika seseorang sudah merasa dimanja internet dan menjadi lupa waktu dan hanya menghabiskan kesehariannya untuk bermain internet mencari kesenangan sendiri
Kutipan tersebut merupakan pengenalan (orientasi) karena menyajikan suatu permasalahan yang bersifat pro dan kontra tentang keberadaan internet. Diawali dengan penentuan topik. yakni tentang internet sebagai layanan teknologi dalam mencari Informasi; kemudian diikuti oleh adanya pandangan pro dan kontra tentang topik atau masalah tersebut.

2. Rangkaian Argumentasi
Rangkaian argumentasi menyatakan argumentasi dari pihak yang pro dan yang
kontra.
  1. Argumentasi pro, menyampaikan dukungan terhadap keberadaan sesuatu Misalnya, tentang peran positif dari internet bagi masyarakat, dengan didukung oleh sejumlah alasan dan fakta - fakta yang menguatkan.
  2. Argumentasi kontra, menyampaikan penentangan terhadap keberadaan sesuatu. Misalnya. berupa pendapat tentang dampak dampak negatif dari internet. dengan diperkuat oleh sejumlah alasan dan fakta - fakta.
Dalam perdebatan, akan terjadi proses adu pendapat dari berbagai pihak yang terlibat. Namun. yang jelas melalui suatu perdebatan kelemahan argumen seseorang dapat teratasi oleh berbagai pendapat dan tanggapan dari banyak pihak. Yang lebih penting lagi bahwa pemecahan masalah melalui perdebatan akan lebih akurat ketimbang oleh seorang diri.

Adapun terjadinya silang pendapat merupakan hal yang wajar dalam debat. Hal ini terjadi karena pasti setiap peserta diskusi memiliki tingkat pengetahuan, sudut pandang, dan latar belakang pengalaman yang berbeda-beda. Yang diperlukan dalam perdebatan bukan menghalangi atau membatasi perbedaan-perbedaan. Yang dilakukan adalah cara menyelaraskan perbedaan itu menjadi suatu kekuatan dalam memecahkan masalah. Untuk itu diperlukan suatu keahlian tertentu yang berupa :
  • kemampuan untuk menganalisis kelebihan dan kelemahan setiap pendapat;
  • kemampuan untuk menghargai setiap orang, terlepas dari benar salahnya pendapatnya itu;
  • kemampuan untuk meramu pendapat-pendapat yang ada sehingga menjadi satu rumusan yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.
Contoh :
Namun, sebenarnya tidak sepenuhnya penilaian di atas benar. Penggunaan internet pada dasarnya memang dapat membantu dan mempermudah akses dalam mencari informasi yang dibutuhkan oleh penggunanya hanya dalam hitungan detik saja. Selain itu, untuk menggunakan internet sangat mudah karena Anda hanya memerlukan smartphone, tablet. maupun laptop saja sebagai medianya.
Dulu kita memang sering disibukkan membaca koran dan buku hanya untuk menggetahui berita atau informasi terbaru yang tengah terjadi. Namun, dengan adanya internet tentu dapat membantu kita mengatasi permasalahan keterlambatan informasi tersebut. lntemet dinilai lebih efsien dan lebih efektif digunakan untuk mengetahui informasi dan kondisi tentang hal yang tengah berlangsung. Dengan adanya internet, kita dapat mengakses informasi secara real time. Dalam artian jika tengah terjadi suatu peristiwa di suatu tempat, kita dapat langsung mengakses beritanya saat itu juga melalui berbagai layanan internet seperti, google, media sosial, dan sebagainya.
Selain digunakan untuk mendapatkan informasi secara kilat, internet juga dapat digunakan untuk berbagai sarana seperti promosi bisnis. Hal ini dapat terjadi ketika kita mempromosikan bisnis kita pada jejaring sosial tertentu, seperti Facebook, Twitter, Instagram dan sebagainya. Selain itu, kita juga dapat mendaptkan pundi - pundi uang dengan cara mengikuti program periklanan online (online advertisement program) yang banyak diselenggarakan oleh pihak tertentu. Jika kita mendapati internet hanya digunakan untuk keperluan tidak senonoh penggunanya, maka pengguna tersebut belum benar-benar paham tentang manfaat dari penggunaan internet.

Cuplikan tersebut menyatakan pendapat yang pro terhadap keberadaan internet bagi masyarakat. Pendapat itu menyertakan sejumlah alasan dan bukti-bukti.

3.Penegasan Ulang
Penegasan ulang, berupa pernyataan-pernyataan yang menegaskan kembali pendapat pro dan pendapat kontra. Bagian ini mirip rangkuman. Pendapat-pendapat penting dari kedua belah pihak ditegaskan kembali secara ringkas.
Contoh ;
Selain digunakan untuk mendapatkan informasi secara kilat, internet juga dapat digunakan untuk berbagai sarana, seperti promosi bisnis. Hal ini dapat terjadi ketika kita mempromosikan bisnis kita pada jejaring sosial tertentu seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan sebagainya. Selain itu, kita dapat mendapatkan pundi-pundi uang dengan cara mengikuti program periklanan online ( online advertisement program) yang banyak diselenggarakan oleh pihak-pihak tertentu. Jika kita mendapati internet hanya digunakan untuk keperluan tidak senonoh oleh penggunanya, maka pengguna tersebut belum benar-benar paham tentang manfaat dari penggunaan internet.
Cuplikan tersebut menyatakan kembali pendapat penting dari pihak yang pro terhadap keberadaan internet; juga mengemukakan pendapat yang kontra. Pendapat kedua belah pihak seharusnya dinyatakan secara berimbang sehingga diperoleh kejelasan tentang kekuatan argumentasi dari masing-masing pihak.
 

STRUKTUR DEBAT
Bagi kalian yang akan mengikuti lomba debat ikuti strategi berikut yang dikemukan oleh para ahli diantaranya

1. Berpikir layaknya seorang juri debat
Berpikirlah seolah-olah kalian adalah seorang juri debat, bukan diri anda sendiri. Ingat, satu-satunya orang yang pendapatnya penting di akhir putaran adalah juri, bukan kalian. Janganlah berargumen menurut sudut pandang dan pendukung Anda sendiri. Berargumenlah dengan lebih netral namun tetap menyisipkan kebaikan-kebaikan untuk meyakinkan audiens.Tatap juri saat mengutarakan argumen penting. Dengan sikap yang meyakinkan akan menguatkan argumen kalian di benak juri.

2. Selalu berpikir komparatif
Kalian harus selalu mempertimbangkan dampak dari segala argumen yang kalian buat. Usahakan untuk mencari kelebihan dari statement yang kita pakai.
Berpikir lah dengan tidak menggunakan sudut pandang kalian sendiri. Sudut pandang dari mana saja bisa menjadi fokus kalian. Contohnya, serangan nuklir oleh teroris karena runtuhnya Pakistan jelas sangat buruk, tetapi menyebarkan senjata nuklir ke banyak negara bukankah lebih buruk?
Nah, jika kalian membuat klaim komparatif bahwa alasan argumen Anda lebih penting daripada tim lain, kalian dapat memenangkan putaran debat dengan mudah.

3. Bertindaklah layaknya seorang pemenang
Kepercayaan diri yang baik, materi yang bagus, kemampuan komunikasi yang cemerlang dan ditunjang dengan bahasa tubuh bisa meyakinkan para audiens untuk memilih kalian sebagai pemenang. Namun jangan sampai terlihat sombong. Sampaikan argumen dengan penuh percaya diri sehingga juri yakin akan pernyataan kalian.
 
4. Jangan terlena dengan argumen sendiri
Jangan terlalu yakin dengan pernyataan serta data yang kalian berikan kepada audiens karena bisa saja data kalian tidak lebih update atau bahkan salah.
Penting diperhatikan bahwa dalam menyampaikan argumen, tidak perlu terlalu percaya diri dan kukuh dengan pendapat kalian. Hal ini untuk menghindari kalaian kalah saat melakukan perdebatan.

5. Bekerja sebagai tim
Meski merasa argumenmu penting dan merujuk pada data dan fakta, tetap jangan merasa lebih dominan dibandingkan rekan debatmu. Sebab juri bisa berpikiran bahwa kemampuan debat tim tidak seimbang sekaligus menunjukkan kurangnya koordinasi yang matang di dalam tim. Sehingga buat proporsi yang sama rata dengan sesama rekan tim agar tampak kompak dan solid. Pastikan juga Anda dan rekan membahas dan menyepakati argumen bersama.

6. Buat lawan menjawab pertanyaannya sendiri
Buatlah pembahasan yang memancing lawan debat Anda untuk mengiyakan pertanyaan kepadanya. Hal ini bisa menjatuhkan mental lawan Anda. Jika berhasil maka menunjukkan bahwa lawan Anda tidak memiliki prinsip yang kuat dan lawan debat Anda tidak mampu menyanggah pertanyaan pancingan dari Anda.

Untuk memperkaya kalian dalam berdebat perhatikan contoh berikut:

Tim Afirmasi :
Kita mengetahui betapa pentingnya buku dalam dunia pendidikan dan setiap sekolah pasti memiliki sebuah perpustakaan sebagai salah satu sarana dan prasarana yang dapat menunjang pembelajaran. Kami juga mengakui bahwa peran perpustakaan mulai tersingkirkan sejak perkembangan teknologi yang banyak mendukung dunia pendidikan pula. Tetapi, perlu kita sadari, bahwa peran perpustakaan tidak tergantikan. Ketika mencari sumber-sumber yang terbukti validasinya, perpustakaan adalah tempat yang kita tuju.

Tim Oposisi :
Kami dari tim oposisi berpendapat bahwa perpustakaan pada era perkembangan teknologi ini, tidak memiliki peran yang penting lagi. Selain membutuhkan waktu khusus untuk mengunjungi perpustakaan dan mencari narasumber, perpustakaan pun kadang tidak menyediakan fasilitas buku secara lengkap. Dan juga, ruang perpustakaan di sekolah-sekolah pun tidak efektif karena secara lokasi, perpustakaan pun tidak nyaman dan tenang sebagai sarana pembelajaran.

Tim Netral :
Harus kita akui, dunia pendidikan tidak akan jauh dari dunia buku pula. Terutama di sekolah-sekolah yang sudah seharusnya menyediakan sarana dan prasarana yang lengkap bagi siswa-siswanya. Perpustakaan, bagi kami, termasuk sarana dan prasarana yang penting.

Di sinilah kita dapat menemukan sumber-sumber yang jelas dan dapat dijadikan narasumber pembelajaran. Tetapi, pihak sekolah juga perlu mengadakan perbaikan- perbaikan agar perpustakaan menjadi tempat yang diperlukan oleh siswa.

Semisal, dengan melengkapi fasilitas buku, menyiapkan tempat yang nyaman dan tenang, dan lain-lain. Tidak bisa kita pungkiri bahwa teknologi sudah menggantikan peran perpustakaan. Boleh saja menggunakan internet sebagai media pembelajaran. Asal dapat dipertanggungjawabkan isi dan sumbernya.

C. Rangkuman

Debat merupakan pembahasan dan pertukaran pendapat mengenai suatu hal dengan saling memberikan alasan untuk mempertahankan pendapat masing-masing.
1. Struktur debat
  • Pengenalan isu, Menyangkut kepentingan banyak pihak yang menjadi pembicaraan masyarakat luas mengandung pro dan kontra.
  • Rangkaian argumentasi, Argumentasi terdiri dari argument pro dan kontra
  • Berupa pernyataan yang menegaskan kembali pro dan kontra.
2. Strategi berdebat menurut para ahli
  • Berpikir layaknya sang juri
  • Selalu berpikir komperatif
  • Bertindaklah layaknya sang pemenang
  • Jangan terlena dengan argument sendiri
  • Bekerja sebagai tim
  • Buatlah lawan menjawab pertanyaan sendiri.

D. Latihan Soal

Cermati teks debat berikut !

Ponsel atau telepon seluler, sering disingkat juga dengan HP (handphone), merupakan sarana penting dalam kehidupan sehari-hari. Banyak orang berkata bahwa lebih baik ketinggalan dompet daripada ketinggalan HP. Ketinggalan HP, seolah-olah orang tidak bisa berbuat banyak ketika ada keperluan di perjalanan, tetapi apabila ada HP di sampingnya, seseorang bisa mengontak ataupun meminta orang lain ketika dompetnya tertinggal. Ketika ada banyak kebutuhan, termasuk keperluan sarana angkutan. dan seterusnya, dia dapat menggunakan HP untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhannya itu.

Namun, tidak sedikit yang beranggapan bahwa penggunaan HP memberikan kerugian dan dampak negatif bagi banyak pihak. Dengan keberadaan HP, seseorang menjadi terpencil dari dunia sekitarnya. HP memang bisa menghubungkan seseorang dengan orang lain di tempat yang jauh, tetapi bersamaan dengan itu HP bisa menjadikan seseorang menjadi kurang peduli dengan orang sekitarnya. Selain itu, masih banyak dampak negative yang ditimbulkan oleh sarana komunikasi tersebut, seperti penggunaanya saat berkendara sehingga mengurangi konsentarasi yang kemudian menimbulkan banyak kecelakaan lalu lintas.
 
Memang kami juga berpendapat demikian bahwa penggunaan ponsel sangat berbahaya karena ponsel dapat menyebabkan beberapa masalah dan ancaman bagi kehidupan manusia. Ancaman tersebut adalah ponsel berbahaya bagi keselamatan pengguna dan berpengaruh negatif terhadap kehidupan sosial dan keluarga.

Saya tidak setuju bahwa penggunaan ponsel sangat berbahaya. Namun, sebaliknya ponsel sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Menurut saya pengguna ponsel yang tidak bertanggungjawablah yang menyebabkan ponsel dapat membahayakan kehidupan mereka sendiri dan orang lain.

Saya pikir ponsellah yang membahayakan penggunanya. Kita bisa melihat saat ini, ponsel tidak hanya digunakan oleh orang dewasa, tetapi hampir semua umur telah menggunakan ponsel. Bahkan, anak-anak yang masih bersekolah di TK sudah menggunakan ponsel. Pengguna di bawah umur inilah yang sangat rentan dari dampak negatif ponsel. Selain itu, banyak kecelakaan yang terjadi di jalan raya disebabkan oleh ponsel. Mereka seakan kecanduan memeriksa ponsel mereka di mana saja, termasuk di jalan raya saat mereka mengemudi. lnilah yang menyebabkan mereka kehilangan konsentrasi dan hasilnya kecelakaan. ltulah sebabnya kita harus melarang pengemudi menggunakan ponsel saat mengemudi. Hal ini akan mengurangi jumlah kematian di jalan raya karena ponsel.

Jadi segala perilaku negatif masyarakat, terutama anak muda saat ini tidak serta merta merupakan dampak negatif ponsel. Ada banyak faktor lain yang memengaruhi perilaku masyarakat seperti tekanan kebutuhan ekonomi dan perilaku publik figur yang tidak dapat diteladani. Di sisi lain, kita tak bisa menutup mata bahwa ponsel dapat menjadi sarana yang sangat baik untuk mengakses segala perkembangan di bidang teknologi, informasi, kesehatan, politik, dan sebagainya secara cepat dan akurat.

Tentukanlah struktur debat dalam kutipan dan berikan bukti kutipannya !


Pembahasan latihan soal pembelajaran 1
Tentukanlah struktur teks debat dalam kutipan dan berikan bukti kutipannya !

Temukanlah kaidah kebahasaan dalam kutipan teks debat dan berikan bukti kutipannya !

Rubrik penilaian latihan soal nomor 1

Keterangan
Jawaban benar nilai skor 1 Jawaban salah skor 0
Soal 6 bila semuanya benar nilai seratus

Rubrik penilaian latihan 1 nomor 2

Keterangan
Jawaban benar nilai skor 1 Jawaban salah skor 0
Soal 4 bila semuanya benar nilai seratus

E. Penilaian Diri

Berilah tanda centang (√) pada format di bawah ini sesuai dengan jawaban kalian!
Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Struktur Debat Mapel Bahasa Indonesia kelas 10 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 



#
Struktur Debat File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • struktur debat bahasa inggris
      • struktur teks debat
      • kaidah kebahasaan debat
      • contoh debat
      • debat adalah
      • unsur-unsur debat
      • macam macam debat
      • teknik debat
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022