Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Biografi Mapel Bahasa Indonesia kelas 10 SMA/MA

Materi Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Biografi Mapel Bahasa Indonesia kelas 10 SMA/MA - Halo adik adik yang baik apa kabar? semoga dalam keadaan baik baik saja, jangan lupa untuk selalu menggunakan masker dan jaga jarak agar terhindar dari berbagai virus. Nah pada kesempatan kali ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai materi yang telah disiapkan, materi ini merupakan materi Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Biografi dari mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk adik adik yang duduk dibangku kelas 10 SMA/MA. Selamat mencoba.

Materi Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Biografi Mapel Bahasa Indonesia kelas 10 SMA/MA
Materi Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Biografi Mapel Bahasa Indonesia kelas 10 SMA/MA

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari kegiatan pembelajaran 1 ini diharapkan kalian dapat menjelaskan pengertian teks biografi, mengidentifikasi struktur teks biografi, dan kaidah kebahasaannya.

B. Uraian Materi

1. Hakikat teks biografi
Teks biografi merupakan salah satu bentuk teks cerita ulang. Cerita ulang biasanya disajikan secara kronologis, mengikuti urutan waktu. Seperti halnya teks cerita pendek ataupun novel, dalam biografi juga terkandung unsur penokohan, latar, dan alur kejadian. Ada tiga jenis teks cerita ulang yaitu cerita ulang personal, cerita ulang fakta, dan cerita ulang imajinasi. Yang termasuk cerita ulang personal antara lain buku harian dan surat pribadi. Cerita ulang fakta antara lain catatan sejarah, biografi, autobiografi, dan berita di media massa.

Untuk menemukan karakter unggul tokoh dapat dilakukan dengan mengidentifikasi peristiwa/ permasalahan apa yang dialami seseorang serta bagaimana caranya menghadapi semua itu. Cara penggambaran karakter unggul tokoh ada dua yaitu:
  • Secara langsung, artinya karakter unggul tokoh dituliskan secara langsung sehingga pembaca tidak perlu menganalisis makna tersirat.
  • Secara tidak langsung, artinya menyebutkan bagaimana karakter unggul tokoh. Penulis menyajikan karakter unggul tokoh dengan mendeskripsikan bagaimana cara tokoh menghadapi permasalahan, keuangan, yang dihadapinya. Penulis juga bisa menggambarkan watak tokoh dengan menuliskan dialog tokoh atau menghadirkan tokoh lain

2. Struktur Teks Biografi

Teks biografi termasuk teks narasi. Struktur teks biografi adalah sebagai berikut.
  • Orientasi atau setting (aim), berisi informasi mengenai latar belakang kisah atau peristiwa yang akan diceritakan selanjutnya untuk membantu pendengar/ pembaca. Informasi yang dimaksud berkenaan dengan ihwal siapa, kapan, di mana, dan mengapa.
  • Kejadian penting (important event, record of events), berisi rangkaian peristiwa yang disusun secara kronologis, menurut urutan waktu, yang meliputi kejadian- kejadian utama yang dialami tokoh. Dalam bagian ini mungkin pula disertakan komentarkomentar pencerita pada beberapa bagiannya.
  • Reorientasi, berisi komentar evaluatif atau pernyataan simpulan mengenai rangkaian peristiwa yang telah diceritakan sebelumnya. Bagian ini sifatnya opsional, yang mungkin ada atau tidak ada di dalam suatu cerita ulang.
Contoh :



3. Kidah Kebahasaan Teks Biografi

Teks biografi menggunakan beberapa kaidah kebahasaan yang dominan sebagai berikut.
  • Menggunakan kata ganti orang ketiga tunggal ia atau dia atau beliau.Kata ganti ini digunakan secara bervarisi dengan penyebutan nama tokoh atau panggilan tokoh.

  • Banyak menggunakan kata kerja tindakan untuk menjelaskan peristiwa- peristiwa atau perbuatan fisik yang dilakukan oleh tokoh. Contoh: belajar, membaca, berjalan, melempar.
  • Banyak menggunakan kata deskriptif untuk memberikan informasi secara rinci tentang sifat-sifat tokoh. Kata-kata yang dimaksud. Contoh: kata sifat untuk mendeskripsikan watak tokoh antara lain genius, rajin, ulet. Dalam melakukan deskripsi, seringkali penggunaan kata sifat didahului oleh kopulatif adalah, merupakan.
  • Banyak menggunakan kata kerja pasif untuk menjelaskan peristiwa yang dialami tokoh sebagai subjek yang diceritakan. Contoh: diberi, ditugaskan, dipilih
  • Banyak menggunakan kata kerja mental dalam rangka penggambaran peran tokoh. Contoh: memahami, menyetujui, menginspirasi, mencintai.
  • Banyak menggunakan kata sambung, kata depan, ataupun nomina yang berkenaan urutan dengan waktu. Contoh: sebelum, sudah, pada saat, kemudian, selanjutnya,sampai, hingga, pada tanggal, nantinya, selama, saat itu. Hal ini terkait dengan pola pengembangan teks cerita ulang yang pada umumnya bersifat kronologis.

Contoh Analisis kaidah bahasa teks biografi.


C. Rangkuman

  1. Teks biografi merupakan salah satu bentuk teks cerita ulang. Cerita ulang biasanya disajikan secara kronologis, mengikuti urutan waktu. Teks biografi juga merupakan jenis teks cerita ulang.
  2. Struktur teks biografi meliputi orientasi (aim), urutan peristiwa/kejadian penting (important event, record of events), dan reorientasi.
  3.  Kaidah kebahasaan yang sering muncul pada teks biografi adalah penggunaan kata ganti/kata acuan, kata kerja mental dan kata kerja pasif, serta kata sambung/penghubung/konjungsi

D. Penugasan Mandiri

Bacalah teks biografi berikut!

Malala Yousafzai Malala

Yousafzai, lahir 12 Juli 1997; umur 18 tahun, adalah seorang murid sekolah dan aktivis pendidikan dari kota Mingora di Distrik Swat dari provinsi Pakistan Khyber Pakhtunkhwa. Dia diketahui untuk pendidikan dan aktivisme hak-hak perempuan di Lembah Swat, di mana Taliban telah dilarang pada waktu gadis bersekolah. Pada awal tahun 2009, saat berumur sekitar 11 dan 12, Yousafzai menulis di blognya di bawah nama samaran untuk BBC secara mendetail tentang betapa mengerikannya hidup di bawah pemerintahan Taliban, upaya mereka untuk menguasai lembah, dan pandangannya tentang mempromosikan pendidikan untuk anak perempuan.

Pada tahun 2014 dia bersama Kailash Satyarthi mendapatkan hadiah Nobel untuk bidang perdamaian 2014 untuk perjuangan mereka melawan penindasan anak-anak dan pemuda serta untuk mendapatkan hak pendidikan bagi mereka. Malala lahir dari keluarga bersuku Pusthun dan menganut Islam Sunni. Namanya diambil dari penyair dan pejuang wanita suku Pasthun, Malalai dari Maiwand. Ia dibesarkan di Mingora, bersama dua adik laki-laki dan dua ayam peliharaan. Keberaniannya dalam menulis berkat bimbingan ayahnya yang juga penyair, pemilik sekolah, sekaligus aktivis pendidikan.

Ayahnya menjalankan beberapa sekolah yang dinamai Khushal Public School. Meskipun Malala mengaku ingin jadi dokter, Ayahnya mendorongnya untuk menjadi politisi. Ia mulai berbicara di depan publik untuk memperjuangkan hak atas pendidikan pada tahun 2008. Dengan gagah dan penuh semangat, ia menyampaikan seruan pertamanya untuk melawan Taliban. “Berani-beraninya Taliban merampas hak saya atas pendidikan!” begitu kata gadis pemberani itu di depan televisi dan radio. Bahasa Indonesia 303 Pada tanggal 9 Oktober 2012, Yousafzai ditembak di kepala dan leher dalam upaya pembunuhan oleh kelompok bersenjata Taliban ketika kembali pulang di bus sekolah.
Ia sempat dirawat di Pakistan sebelum kemudian diterbangkan ke Inggris untuk dirawat di rumah sakit di Birmingham. Pimpinan Taliban, Adnan Rasheed, mengiriminya surat yang menjelaskan bahwa alasan penembakan adalah sikap kritisnya terhadap kelompok militan, bukan karena ia seorang penggiat pendidikan perempuan. Lebih lanjut Rasheed mengungkapkan penyesalannya atas kejadian ini namun tidak meminta maaf atas penembakan yang dialami Malala Yousafzai. Ia juga menyarankan Malala kembali ke Pakistan dan meneruskan pendidikan di Madrasah bagi perempuan.

Kelompok yang terdiri atas 50 ulama di Pakistan mengeluarkan fatwa menentang penembakan ini. Pada tanggal 12 Juli 2013, bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke-16, Malala berpidato di  depan  Forum  Majelis  Kaum  Muda  di  Markas  Besar  PBB di New York, Amerika Serikat. Pidatonya memuat tiga isu penting, yaitu hak perempuan, perlawanan terhadap terorisme dan kebodohan.
PBB juga mendeklarasikan hari tersebut sebagai hari Malala. Pada bulan Oktober 2014,  dirinya  bersama Kailash   Satyarthi mendapatkan hadiah   Nobel   untuk bidang perdamaian 2014 untuk perjuangan mereka melawan penindasan anak-anak dan pemuda serta untuk mendapatkan hak pendidikan bagi mereka. Malala menjadi penerima hadiah Nobel termuda, karena dia mendapatkan hadiah ini pada usia 17 tahun.

Berdasarkan teks biografi di atas, kerjakan tugas-tugas berikut!
1. Analisislah struktur teks biografi di atas!
2. Temukan kalimat yang menggunakan pengacu dan kata yang diacu dalam teks biografi di atas!
3. Temukan kalimat yang menggunakan konjungsi yang menyatakan urutan waktu dalam teks biografi di atas!
4. Temukan contoh penyajian karakter unggul tokoh secara langsung!
5. Karakter unggul apa yang dapat diteladani dari tokoh dalam teks biografi tersebut? Jelaskan alasanmu!

E. Latihan Soal

Petunjuk: Pilihlah jawaban yang paling tepat!

Cermati teks biografi berikut ini!
Sebagai Bapak TNI, Sudirman telah menjadi motivator, idola, dan cermin keteladanan atau guru bagi para prajurit. Ia seorang yang sangat disiplin, tegas , dan teguh pendiriannya. Sebagai Bapak TNI, ia bukan disimbolkan oleh tanda pangkat, bintang atau tanda baca , tetapi ditandai dengan semangat dan nurani yang tajam sebagai seorang pejuang. Pakaian khasnya, adalah destar atau ikat wulung (ikat kepala berwarna hitam), baju mantol hijau tentara, dan keris yang terselip. Dia sangat dekat dengan anak buah, arif, dan tidak keras, tetapi lebih menonjolkan kebapakannya.

1. Ide pokok paragraf di atas adalah . . . .
A. Sudirman telah menjadi motivator, idola, dan cermin keteladanan atau guru bagi para prajurit.
B. Pakaian khasnya, adalah destar atau ikat wulung (ikat kepala berwarna hitam), baju mantol hijau tentara, dan keris yang terselip.
C. Keistimewaan Sudirman yang jarang ditemukan pada diri pimpinan tentara mungkin juga pepimpin nasional yang lain.
D. Jenderal Sudirman sangat dekat dengan anak buah, arif, dan tidak keras, tetapi lebih menonjolkan kebapakannya.
E. Namun, di balik keistimewaan itu, belum banyak di antara masyarakat yang mengetahui bahwa Sudirman anak desa.

2. Perbedaan biografi dengan autobiografi adalah . . . .
A. Biografi adalah riwayat hidup tokoh, sedangkan autobiografi adalah adalah kisah- kisah tokoh.
B. Biografi adalah riwayat hidup seseorang ditulis oleh orang lain, sedangkan autobiografi adalah riwayat hidup seseorang ditulis sendiri.
C. Biografi ditulis secara singkat, sedangkan autobiografi ditulis secara panjang lebar.
D. Biografi berisi biografi tokoh, sedangkan autobiografi perjalanan hidup tokoh.
E. Biografi dan autobiografi ditulis oleh seorang tokoh.

3. Ciri teks biografi menurut tujuannya adalah . . . .
A. Teks biografi berisi data pribadi yang terpercaya dan melalui penelitian yang cermat
B. Teks biografi memberikan pengetahuan perjalanan hidup seorang tokoh kepada pembaca dan penulis.
C. Teks biografi dituliskan berdasarkan sudut pandang orang ketiga dan juga sumber-sumber yang terpercaya
D. Teks biografi dituliskan berdasarkan imaji penulis dan tokoh itu sendiri.
E. Teks biografi dituliskan berdasarkan imajinasi belaka dengan bahasa yang indah

4. Struktur teks biografi adalah . . . .
A. orientasi, peristiwa-peristiwa penting, reorientasi.
B. peristiwa-peristiwa penting, reorintasi
C. deskripsi, fakta, reorientasi
D. orientasi, deskripsi, masalah, reorientasi
E. deskripsi, masalah, reorientasi

Cermati penggalan biografi di bawah ini.

Dalam komik-komik internasional garapannya itu, Ardian Syaf (Aan) kerap menyisipkan unsur- unsur keindonesiaan, mulai dari penampakan baliho bergambar Gubernur DKI saat itu Jokowi dan wakilnya Basuki, dalam komik Batgigirl #1 yang berlatar cerita di Jakarta. Ada pula topi yang dipakai salah satu tokoh komik bertuliskan “The Great Help City” alias Kota Tulungagung dan tengkorak mengenakan blangkon, dan entah apa lagi yang akan menyusul. Meski menjadi komikus yang diperhitungkan di arena internasional, Aan tetap rendah hati dan sederhana. Dia merasa tenteram tinggal di Desa Tenggur dan mengajari anak-anak di lingkungannya belajar menggambar. Aan juga masih memendam cita-cita lainnya, yakni menggairahkan kembali komik Indonesia. 
(http://edukasi kompas.com )
5. Kepribadian unggul tokoh dari penggalan biografi di atas adalah . . . .
A. masih memendam cita-cita lainnya
B. terkenal di arena internasional
C. suka ke luar negeri
D. rendah hati dan sederhana
E. suka menggambar karikatur

Teks biografi berikut untuk soal nomor 6 dan 7
Cerita diawali dengan identitas diri dan keluarga Ardian Syaf, dilanjutkan dengan awal mula kecintaan Aan terhadap komik hingga cita-citanya  menjadi seorang komikus. Cerita berlanjut dari dari awal perjuangan karier Aan setelah lulus dari kuliah dengan menjadi seorang illustrator di sebuah penerbit.
Pada bagian ini diulas banyak suka duka Aan meraih apa yang telah ia raih saat ini. Cerita dilanjutkan saat ia mendapatkan tawaran untuk bergabung dengan sebuah blog dunia, tetapi usahanya selama dua tahun tidak membuahkan hasil.
Selanjutnya, ketika anaknya sakit, Aan harus berjuang mencari pekerjaan tambahan untuk membiayai biaya rumah sakit. Di tengah kesulitannya itu, Aan mendapat e-mail berisi informasi tentang penerbit cukup ternama di AS. Dabel Brothers Publishing, tengah mencari penciler untuk komik Dresden Files. Penerbit tersebut akhirnya memercayakan Aan untuk menggarap komik Dresden Files. Sejak itulah, karya Aan kian dilirik oleh penerbit besar, DC Comics, dua kali mengontrak Aan secara eksklusif untuk menggarap berbagai komik superhero.
6. Alur cerita di atas adalah . . . .
A. Maju
B. Mundur
C. Campuran
D. Renggang
E. Maju mundur

7. Arti kata pensiler pada paragraf di atas adalah . . . .
A. Seniman yang bekerja di pembuatan film kartun dan animasi
B. Seniman yang bekerja di pembuatan film kartun dan buku komik.
C. Seniman yang bekerja di pembuatan buku komik dan novel.
D. Seniman yang bekerja di pembuatan buku komik, novel grafis, dan bentuk-bentuk seni visual
E. Seniman yang bekerja di pembuatan buku komik, film kartun, novel grafis dengan fokus pada ilustrasi pensil primer.

8. Tulisan-tulisan Ki Hajar Dewantara sangat komunikatif, tajam, dan patriotik sehingga mampu membangkitkan semangat antikolonial bagi pembacanya. Konjungsi pada kalimat tersebut menyatakan hubungan . . . .
A. pertentangan
B. penambahan
C. akibat
D. pengurangan
E. waktu

9. Kata kerja mental pada kutipan biografi no. 8 adalah….
A. tulisan
B. komunikatif
C. patriotik
D. tajam
E. membangkitkan

Cermati kutipan teks biografi berikut!
Dikenal sebagai salah satu sastrawan Indonesia, Beliau dilahirkan di Sawahlunto, Sumatera Barat, pada tanggal 23 Agustus 1903. Ia menikah dengan Raden Ajeng Sundari Mertoatmadjo. Salah seorang anaknya yang dikenal, yaitu Rahadijan Yamin. Ia meninggal dunia pada tanggal 17 Oktober 1962 di Jakarta. Di zaman penjajahan, Yamin termasuk segelintir orang yang beruntung karena dapat menikmati pendidikan menengah dan tinggi. Lewat pendidikan itulah, Yamin sempat menyerap kesusastraan asing, khususnya kesusastraan Belanda.
10. Kutipan di atas merupakan bagian struktur teks biografi bagian….
A. Orientasi
B. Peristiwa penting
C. Coda
D. Reorientasi
E. Klimaks

Cermati kutipan berikut!
(1) Setamat AMS Yogya, Yamin bersiap-siap berangkat ke Leiden. (2) Akan tetapi, sebelum sempat berangkat sebuah telegram dari Sawahlunto mengabarkan bahwa ayahnya meninggal dunia. (3) Karena itu, kandaslah cita-cita Yamin untuk belajar di Eropa sebab uang peninggalan ayahnya hanya cukup untuk belajar lima tahun di sana.
(4) Padahal, belajar kesusastraan Timur membutuhkan waktu tujuh tahun.(5) Dengan hati masgul Yamin melanjutkan kuliah di Recht Hogeschool (RHS) di Jakarta dan berhasil mendapatkan gelar Meester in de Rechten ‘Sarjana Hukum’ pada tahun 1932.
11. Frasa di sana pada kalimat ketiga (3) dari kutipan di atas menggantikan pernyataan…
A. AMS Yogyakarta
B. Leiden
C. Sawahlunto
D. Recht Hogerchool
E. Jakarta

12. Konjungsi yang menyatakan hubungan pertentangan terdapat pada kalimat nomor….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)

Kunci Jawaban dan Pembahasan
1. C
Pembahasan : Ide pokok paragraf merupakan gagasan dasar yang diwujudkan ke dalam kalimat utama paragraf. Ide pokok paragraf kutipan biografi tersebut terdapat pada kalimat terakhir, yakni “Itulah beberapa keistimewaan Sudirman yang jarang ditemukan pada diri pimpinan tentara mungkin juga pepimpin nasional yang lain”. Paragraf tersebut
dikembangkan secara induktif yakni pernyataan umum berada di akhir paragraf
2. B
Pembahasan : Biografi merupakan teks naratif tentang riwayat atau kisah hidup seseorang yang ditulis oleh orang atau pihak lain, sedangkan autobiografi adalah kisah atau riwayat hidup yang ditulis oleh orang itu
sendiri.
3. C
Pembahasan : Teks biografi ditulis dengan tujuan untuk memberikan wawasan kepada
pembaca tentang perjuangan dan keteladanan tokoh dalam mengarungi kehidupan dan memperjuangkan cita-cita.
4. A
Pembahasan : Struktur teks biografi terdiri atas orientasi, peristiwa-peristiwa penting, dan reorientasi. Orientasi ,berisi tentang pengenalan tokoh yang diceritakn ,dan gambaran awal seorang tokoh tersebut. Peristiwa dan masalah,tokoh mendapatkan suatu kejadian atau peristiwa dalam hidupnya mulai dari kejadian seorang tokoh terpuruk dalam masalahnya sampai dengan menggapai cita-cita sehingga sukses sampai sekarang. Reorentasi adalah pandangan seorang penulis terhadap tokoh yang diceritakan dalam teks biografinya.
5. D
Pembahasan : Tokoh memiliki kepribadian yang unggul, tersurat dalam teks “Meski
menjadi komikus yang diperhitungkan di arena internasional, Aan tetap rendah hati dan sederhana”
6. A
Pembahasan : Alur cerita pada teks biografi umumnya maju. Karena teks biografi
merupakan teks naratif yang diceritakan secara kronologis berdasarkan urutan waktu dari peristiwa awal hingga peristiwa terakhir.
7. E
Pembahasan : Arti kata penciler adalah seniman yang bekerja di pembuatan buku
komik, film kartun, novel grafis dengan fokus pada ilustrasi pensil primer.
8. C
Pembahasan : Konjungsi sehingga merupakan konjungsi bertingkat atau subordinatif yang menandai hubungan makna pengakibatan , yakni menghubungkan klausa pertama sebagai sebab dan klausa kedua sebagai akibat.
Konjungsi lainnya yang sejenis adalah, sampai-sampai, maka, makanya, karenanya, sampai.
9. E
Pembahasan : Kata kerja mental adalah jenis kata kerja yang mengekspresikan respons atau sikap seseorang terhadap suatu tindakan, keberadaan, atau pengalaman. Kata kerja mental juga disebut sebagai verba tingkah laku atau kata kerja behavioral yang menggambarkan perilaku atau tindakan seseorang ketika
menghadapi keadaan tertentu. Kata mental menerangkan kata persepsi (mendengar, menangis), afeksi (khawatir, sedih), dan kognisi (berpikir, memahami). Kata kerja ini juga menggunakan kata yang biasa dilakukan manusia dan terdapat peran orang lain atau fenomena tertentu yang menjadi pemicu
10. A 
Pembahasan : Bagian orientasi dari teks biografi berupa pemaparan awal tokoh yang diceritakan, yakni berisi informasi tentang nama tokoh, tempat tanggal
lahirnya, dan di mana dia dilahirkan, siapa orang tuanya, dan sebagainya.
11.B
Pembahasan : Kata ganti di sana pada kalimat tersebut merupakan kata ganti tunjuk
tempat yang jauh. Lokasi/ tempat yang digantikan adalah Leiden, kata yang disebut pada kalimat sebelumnya.
12.B
Pembahasan : Konjungsi bermakna pertentangan menghubungkan dua kalimat sederajat, tetapi mempertentangkan kalimat tersebut. Biasanya posisi kalimat kedua lebih penting dibandingkan kalimat pertama.
Contoh : tetapi, sebaliknya, padahal, melainkan, sedangkan, akan tetapi, namun.

F. Penilaian Diri

Setelah kalian belajar melalui kegiatan belajar 1, berikut diberikan tabel untuk mengukur diri kalian terhadap materi yang sudah kalian pelajari. Jawablah sejujurnya terkait dengan penguasaan materi, dan Isilah tabel refleksi diri terhadap pemahaman materi di tabel berikut dan berilah tanda centang (√).
Jika menjawab “TIDAK” pada salah satu pertanyaan di atas, maka pelajarilah kembali materi tersebut dan pelajari ulang kegiatan belajar 1, yang sekiranya perlu kalian ulang dengan bimbingan Guru atau teman sejawat. Jangan putus asa untuk mengulang lagi!.


Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Biografi Mapel Bahasa Indonesia kelas 10 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 


#
Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Biografi File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • biografi adalah
      • biografi singkat
      • teks biografi
      • teks biografi adalah
      • struktur biografi
      • biografi contoh
      • biografi bj habibie
      • biografi diri sendiri
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022