Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Menilai Dua Buku Fiksi Dan Nonfiksi Mapel Bahasa Indonesia kelas 12 SMA/MA

Materi Menilai Dua Buku Fiksi Dan Nonfiksi Mapel Bahasa Indonesia kelas 12 SMA/MA - Hai adik adik yang baik, semoga dalam keadaan sehat sehat saja ya, nah pada kesempatan kali ini kakak ingin memberitahukan kepada adik adik mengenai materi yang telah disusun sedemikian rupa sehingga bisa adik adik pelajari dimana saja. Materi ini kakak ambil dari mata pelajaran Bahasa Indonesia dari berbagai sumber yang relavan sesuai materi kelas XII SMA/MA. Oiya materi ini tentang Menilai Dua Buku Fiksi Dan Nonfiksi. Semoga bermanfaat yah.

Materi Menilai Dua Buku Fiksi Dan Nonfiksi Mapel Bahasa Indonesia kelas 12 SMA/MA
Materi Menilai Dua Buku Fiksi Dan Nonfiksi Mapel Bahasa Indonesia kelas 12 SMA/MA

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah mempelajari modul pada Kegiatan Pembelajaran 2,  kalian diharapkan dapat menilai isi dua buku fiksi berupa antologi cerpen dan satu buku pengayaan. Kalian diharapkan dapat mengambil isi maupun nilai yang  berguna bagi kehidupan. Selanjutnya, kalian dapat menghayati dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Di samping itu, melalui membaca buku pengayaan dan melaporkannya pada guru,  kalian diharapkan dapat mengembangkan sikap jujur, disiplin, dan bertanggung jawab, serta dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis, komunikatif, kolaboratif, dan kreatif. 

B. Uraian Materi 

Menilai buku kumpulan cerpen 
Pada materi pengayaan kali ini kalian akan membaca buku fiksi berupa buku kumpulan cerpen. Buku kumpulan cerpen  apa saja yang pernah kalian baca. Beberapa judul kumpulan cerpen  atau antologi cerpen misalnya, Robohnya Surau Kami, karya A.A. Navis. Antologi ini  terdiri atas sepuluh judul cerpen yaitu Robohnya Surau Kami, Anak Kebangggaan, Nasihat-Nasihat, Topi Helm, Datangnya dan Perginya, Pada Pembotakan Terakhir, Angin dari Gunung, Menanti Kelahiran, Penolong, dan Dari Masa ke Masa. Selain itu kalian juga bisa  membaca kumpulan cerpen yang lain misalnya Jodoh karya A.A Navis, Senyum Karyamin karya Amat Tohari, Dari Ave Maria ke Jalan Lain ke Roma karya 
Idrus,dll. ? Kalian juga  bisa membaca dan mengunduhnya di laman internet https://www.goodreads.com/list/show/39490.Kumpulan_Cerpen_Indonesia_Terbaik  
Untuk menilai sebuah kumpulan cerita, terdapat sejumlah pertanyaan dapat kita jadikan panduan. Untuk itu, jawablah beberapa pertanyaan berikut! 
  • Apa sajakah tema cerita yang terdapat  dalam kumpulan cerpen tersebut? 
  • Apakah tema tersebut benar sebagai kebenaran umum? 
  • Peristiwa-peristiwa apa sajakah yang dipilih untuk melayani tema cerita? 
  • Mengapa suatu cerita lebih menonjol daripada cerita yang lainnya? 
  • Bagaimana peristiwa-peristiwa itu mengantarkan perjalanan hidup tokoh utamanya? 
  • Di mana dan kapankah peristiwa-periatiwa tersebut terjadi? 
  • Bagaimana cara pengarang dalam menampilkan karakter-karakter tokohtokohnya? 
  • Dari sudut pandang siapakah cerita-cerita tersebut diceritakan? 
  • Bagaimana cara pengarang menyampaikan amanatnya? 
  • Gaya bahasa apakah yang digunakan pengarang dalam cerita-cerita tersebut? 
  • Apakah penggunaan gaya bahasa itu tepat, wajar, dan hidup? 
  • Bagaimana kelebihan dan kelemahan buku kumpulan cerpen tersebut? 
Karya cerpen seperti halnya novel juga mengandung unsur-unsur intrinsik seperti tema, latar cerita, sudut pandang atau gaya penceritaan, tokoh dan penokohan, alur cerita, amanat atau pesan, gaya bahasa, nilai-nilai moral, dan lain-lain. Selain itu, karya fiksi diciptakan juga dipengaruhi oleh unsur di luar karya sastra misalnya, zaman atau masa karya itu diciptakan, pandangan hidup pengarang, dan sebagainya. Untuk lebih memudahkan kalian membuat data untuk bahan penilaian, kalian bisa menggunakan tabel berikut! 

 

Aspek

Kumpulan Cerpen 1

 

Kumpulan Cerpen 2

 

 

Judul

 

 

 

Penulis

 

 

 

Tema

 

 

 

Alur

 

 

 

Latar

 

 

 

Penokohan

 

 

 

Sudut Pandang

 

 

 

Amanat

 

 

 

Gaya Bahasa

 

 

 

Kelebihan

 

 

 

Kekurangan

 

 

 

 

 
Contoh laporan membaca buku fiksi 

Judul buku : Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin 
Penulis :Tere Liye 
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama 
Tahun :2013 

Tania seorang gadis kecil yang harus merasakan getirnya hidup. Ia bersama ibunya dan adiknya, Dede harus bekerja keras demi kehidupan mereka. Hingga ia dan adiknya bertemu dengan seorang yang menjajikan sebuah masa depan yang bahkan ia tak pernah membayangkannya. Seseorang itu memberikan secercah harapan baginya dan keluarganya, secercah cahaya yang menelusup ke dalam rumah kardus tempatnya tinggal. Seseorang yang bernama Danar yang bahkan Tania pun tak mampu untuk menuliskan namanya. Bertahun-tahun berlalu cerita sedih dan bahagia menyinggahi kehidupan Tania. Hingga ia sadar bahwa perasaan kagum dan sayangnya pada Danar bukanlah perasaan biasa yang diberikan adik untuk kakaknya. Salahkah perasaannya itu? Salahkah apabila ia mencintai malaikat keluarganya?  
“Bahwa hidup harus menerima, penerimaan yang indah. Bahwa hidup harus mengerti, pengertian yang benar. Bahwa hidup harus memahami, pemahaman yang tulus. Tak peduli lewat apa penerimaan, pengertian, dan pemahaman itu datang. Tak 
masalah meski lewat kejadian yang sedih dan menyakitkan” 
Tere Liye selalu menyuguhkan berbagai cerita yang sangat menarik dan inspiratif. Pemilihan kata yang sesuai membuat pembaca terbuai dan mudah memahaminya. Latar yang dituliskan sangat jelas sehingga pembaca merasa bahwa ia benar-benar berada di tempat tersebut. Alurnya yang maju mudur tidak menimbulkan kerancuan pada saat membaca. Tere Liye berhasil mengajak pembaca untuk memiliki logika berpikir yang lebih rasional dan berbeda. Mengambil kesimpulan tidak hanya dari satu sudut pandang, tapi melalui sudut pandang lainnya. Dengan demikian, segalanya akan terasa adil dan masuk akal. Menerima segala sesuatunya dengan lapang tanpa membantah, seperti daun yang tidak pernah membenci angin yang menerbangkannya ke sana kemari. Menerima takdir dan garis kehidupan yang ditentukan Tuhan. Karena apapun yang terjadi, hidup harus terus berjalan. 

Terjadi beberapa kesalahan penulisan. Selain itu, perbedaan umur antara Tania dan Danar kurang sesuai menurut saya karena terpaut cukup jauh yaitu 14 tahun. Sehingga pada novel ini terkesan kurang logis. Namun, kekurangan tersebut tertutupi oleh banyaknya kelebihan dari novel ini. Bagi para penggemar novel romansa yang penuh dengan lika-liku keidupan novel ini sangat cocok dan sangat sayang apabila tidak dibaca. 
 
Laporan membaca buku nonfiksi 
 
Kalian pasti telah memahami yang termasuk ke dalam jenis-jenis buku nonfiksi bukan? Berikut dipaparkan salah satu contoh kaporan membaca buku nonfiksi 
 
Contoh laporan membaca buku pengayaan  nonfiksi 
 
Judul : Merancang Karya Tulis Ilmiah 
Penulis : Prof.Dr.H.Suherli Kusmana, M.Pd. 
Penerbit : PT Remaja Rosdakarya 
Tahun : 2010 
Cetakan : Pertama 
Jumlah halaman :154  
 
 
Menulis itu Gampang 

Kegiatan berkomunikasi dapat dilakukan secara internal maupun eksternal. Berkomunikasi secara internal dapat dilakukan seseorang dengan cara berpikir. Berkomunikasi secara eksternal dilakukan dengan menyampaikan hasil pemikiran, gagasan, atau perasaan. Cara penyampaian berkomunikasi ini dapat dilakukan secara lisan atau tulisan. Dalam mengkomunikasikan gagasan secara tertulis diperlukan kemampuan dlam meramu bahasa kedalam bentuk karangan. Apabila gagasan itu berupa argumen keilmuan maka diperlukan kemampuan merancang karya tulis ilmiah. Dalam menuliskan bagian-bagian karangan ilmiah pun sering kali terdapat kegamangan bagi para penulis pemula dalam mengungkapkan gagasan pada setiap bagian karangan ilmiah. Dengan kata lain, begitu banyak kesulitan yang mungkin ditemukan oleh para penulis ketika merancang karya tulis ilmiah. Padahal kemampuan merancang karya tulis ilmiah sangat diperlukan untuk meningkatkan profesionalisme dalam berbagai bidang 
Kelebihan dari buku ini yaitu penjelasan yang terdapat pada buku ini begitu terperinci sehingga pembaca memahami dengan baik isinya. Selain itu, bahasa dan pemilihan kata yang digunakan sangat sesuai sehingga tidak menimbulkan kerancuan saat membacanya. Buku ini juga disertai dengan gambar dan ilustrasi sehingga pembaca sangat mudah memahaminya.  

Kekurangan dari buku ini yaitu adanya beberapa salah penulisan dan beberapa kalimat yang kurang efektif. Namun, untuk keseluruhan buku ini sangat bagus untuk dibaca dan dipelajari apalagi bagi orang yang ingin dan sedang mendalami mengenai karya tulis ilmiah.  

Judul buku : Mengenal TumbuhTumbuhan Berkhasiat Obat 
Penulis : Bung Adriansyah 
Penerbit : CV Amalia 
Tahun : 2008 
Cetakan : Pertama 
Jumlah halaman : 50 
    
 
Tumbuhan yang berkhasiat 
 
Buku yang berjudul “Mengenal Tumbuh-tumbuhan Berkhasiat Obat” ini memuat banyak uraian penting mengenai berbagai macam tumbuh-tumbuhan yang berkhasiat obat. Tumbuh-tumbuhan yang dijelaskan dalam buku ini ada beberapa macam. Salah satu tumbuhan yang dijelaskan dengan sangat terperinci yaitu asam jawa. 

Asam Jawa ( Tamarindus indica ) diduga berasal dari Afrika Timur. Tumbuhan ini dapat tumbuh subur mulai dari daerah pantai sampai dataran tinggi. Daunnya yang masih muda dapat digunakan untuk bumbu masakan, dapat pula diseduh dengan air panas dan gula untuk membuat “wedang asam”. Buah mudanya untuk bumbu masakan, sedangkan yang sudah tua dapat dibuat manisan, bumbu masakan, ataupun obat sederhana. Buah asam mengandung asam tartrat, asam sitrat, asam malat, dan berbagai vitamni teutama vitamin C. Asam Jawa dapat digunakan untuk mengobati bisul, selesma atau sariawan, cacar air, gabak, eksim, gusi meradang, encok, dan lain-lain. Kelebihan buku ini terletak pada kesederhanaannya, sehingga pembaca bisa memahami isi buku ini dengan mudah. Selain itu, gambar yang terdapat pada buku ini memberikan dampak positif sehingga pembaca tidak harus mengangan-angan tumbuhan yang dijelaskan. Isi buku ini sangat bermanfaat, karena tanaman yang dijelaskan adalah tanaman yang biasanya ditaman di pekarangan rumah. Ukuran hurufnya tidak terlalu kecil sehingga pembaca tidak akan merasa pusing. Kekurangan buku ini adalah adanya 
paragraf yang ditulis kembali, tidak adanya gambar pada tanaman temu hitam, serta adanya pemenggalan kata yang kurang tepat, pada tanaman katuk tidak dijelaskan manfaatnya dengan jelas. Namun, secara keseluruhan buku ini layak dimiliki oleh anda, karena dapat membantu mengatasi beberapa penyakit. 
 

C. Rangkuman 

  1. Antologi atau kumpulan karya dapat berupa kumpulan cerpen maupun kumpulan puisi. Keduanya tergolong karya atau buku fiksi. 
  2. Buku antologi cerpen misalnya, Robohnya Surau Kami karya A.A. Navis, Jodoh karya A.A. Navis, Senyum Karyamin karya Amat Tohari, Dari Ave Maria Ke Jalan Lain ke Roma karya Idrus, Cerita dari Blora karya Pramodya Ananta Toer, Perempuan di Titik Nol, karya Nawal El Saadawi, dan lain lain. 
  3. Untuk menilai kumpulan cerpen dapat diawali dengan menganalisis tema setiap cerita, tema yang paling menonjol, tokoh –tokoh yang ditampilkan dalam setiap cerita, latar yang dominan, pesan dari setiap cerita, sudut pandang,  gaya bahasa, serta keunggulan dan kelemahan dari setiap cerita.  

D. Penugasan Mandiri  

Tugas 1 
Setelah kalian mendata informasi yang terdapat dalam kedua buku kumpulan cerpen yang kalian baca, buatlah sebuah ulasan yang berisi penilaian terhadap  kedua buku tersebut! 
 
Judul Ulasan 
…………………………………………………………………………………… 
 
Setelah kalian membaca dua buah buku fiksi berupa kumpulan cerpen, , sekarang bacalah sebuah buku nonfiksi seperti biografi, buku ilmu pengetahuan , atau kalian boleh membaca buku apa saja yang berisi pengetahuan yang tentunya akan bermanfat bagi kalian. Kalian bisa membaca buku karya sendiri, meminjam di perpustakaan, atau mencari sumber di internet 
 
Tugas 2 
 
Buatlah ulasan terhadap buku yang telah kalian baca dengan menggunakan sistematika berikut! 

Judul Ulasan 
 
1. Identitas Buku 
Judul buku          : 
Penulis                : 
Penerbit               : 
Kota terbit           : 
Tahun terbit          : 
Jumlah halaman   : 
2. Pembukaan 
3. Isi  
4. Penutup 
 

E. Latihan Soal  

1. Simak Kutipan buku berikut 
Buku ini berjudul Matematika Aplikasi yang diperuntuhkan untuk SMA dan MA Kelas XII program studi ilmu alam, supaya dapat dipelajari sebagai sumber  pengetahuan dan siswa dapat mendalami pelajaran matematika secara luas. Buku ini ditulis oleh Pesta E. S. dan Cecep Anwar H, F, S dimana dalam buku ini siswa dapat belajar aktif melalui aktivitas di kelas, gamemath dan siapa berani. Buku ini tergolong buku pelajaran yang materinya disajikan dengan bahasa yang lugas dan ilustrasi yang menarik. Buku ini berbalur ungkapan santun dengan bahasa yang komunikatif sehingga mudah dipahamioleh siswa. Selain itu, buku ini juga didukung dengan tampilan tata letak yang baik, desain dan ilustrasi yang menarik dengan memperhatikan tingkat pemahaman siswa. 
Kutipan buku nonfiksi tersebut memaparkan tentang …. 
A. identitas buku dan ikhtisar isi buku 
B. ikhtisar isi buku dan kekurangan buku 
C. identitas buku dan kelebihan buku 
D. ikhtisar isi buku dan kelebihan buku 
E. judul buku dan ikhtisar buku 
 
Jawaban: C. 
identitas buku dan kelebihan buku 
Pembahasan: pada paragraf pertama disebutkan judul dan nama pengarang, pada paragraf  kedua dikatakan bahwa “buku ini tergolong buku pelajaran yang materinya disajukan dengan bahasa yang lugas dan ilustrasi yang menarik. 
 
2. Perhatikan ulasan buku nonfiksi berikut! 
Buku bersampul hijau dan kuning ini berisi 196 halaman dan terdapat 8 bab, 4 bab pada pembahasan pertama, 4 bab lainnya pada pembahasan kedua. Pada pembahasan pertama yaitu kegiatan bersama, Bab I tertulis pada halaman 1, Bab 
II terdapat pada halaman 25, Bab III (Keperluan Hidup) tertuang dalam halamn 47, Bab IV berisi “Melejitkan potensi diri” tertulis pada halaman 73, Pada pembahasan yang kedua yaitu Bab V pada halaman 103 membahas menghargai kreativitas, Bab VI membahas tentang “Budaya Daerah” Bab ini tertulis pada halaman 125, Bab VII membahas tentang “Menguasai ILmu Pengetahuan” Bab VIII membahas tentang “Kegiatan Berkesan”. Pada akhir buku ini terdapat Epilog ditulis pada sampul belakang. 
Kutipan  tersebut memaparkan tentang …. 
A. identitas buku 
B. ikhtisar isi buku 
C. kelebihan dan kekurangan buku 
D. kesimpulan 
E. judul buku 
 
Jawaban: C. 
kelebihan dan kekurangan buku 
Pembahasan: Wacana tersebut membahas satu per satu bab pada buku tersebut. 
 
3. Berikut contoh judul karya  nonfiksi, kecuali …. 
A. Praktik Penyuntingan Kalimat 
B. Kritik Sastra Feminis 
C. Pengantar Ilmu Antropologi 
D. Sejarah Kesusasteraan Melayu Klasik 
E. Perempuan di Titik Nol 
 
Jawaban: E. 
Perempuan di Titik Nol 
Pembahasan: Perempuan di Titik Nol adalah antologi cerpen karya El Saadawi yang diterjemahkan oleh Moctar Lubis. Antologi cerpen termasuk dalam karangan fiksi. 
 
4. Berikut judul antologi cerpen, kecuali… 
A. Rumah Kaca karya Pramodya Ananta Toer 
B. Cerita dari Blora karya Pramodya Ananta Toer 
C. Robohnya Surau Kami karya A.A. Navis 
D. Dari Ave Maria ke Jalan Lain ke Roma karya Idrus 
E. Senyum Karyamin karya Amat Tohari 
 
Jawaban: A 
Rumah Kaca karya Pramodya Ananta Toer 
Pembahasan:  Rumah Kaca karya Pramodya Ananta Toer merupakan salah satu novel dari tetralogi Pramodya.  
 
5. Berikut yang bukan ciri tulisan nonfiksi adalah …. 
A. berbentuk tulisan ilmiah 
B. berusaha mencapai tahap objektivitas yang tinggi 
C. berusaha menarik 
D. bahasa bersifat konotatif 
E. menggugah nalar 
 
Jawaban: D. 
bahasa bersifat konotatif Pembahasan: 
Ciri tulisan nonfiksi adalah berbentuk tulisan ilmiah, berusaha mencapai taraf objektivitas yang tinggi berusaha menarik dan menggugah nalar. 

F. Penilaian Diri 

Berilah tanda centang (√) pada format di bawah ini sesuai dengan jawaban kalian!   

 

No

Pertanyaan

Ya 

Tidak 

1.

Saya  dapat  menilai isi dua buah buku kumpulan cerpen yang telah dibaca?

 

 

2.

Saya dapat mengulas isi buku pengayaan yang telah

 

 

 

dibaca?

 

 

3.

Saya dapat menyajikan hasil ulasan kepada temanteman kalian?

 

 

4.

Saya dapat menanggapi ulasan hasil tulisan teman?

 

 


Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Menilai Dua Buku Fiksi Dan Nonfiksi Mapel Bahasa Indonesia kelas 12 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 


#
Menilai Dua Buku Fiksi Dan Nonfiksi File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • contoh menilai isi buku fiksi dan nonfiksi
      • contoh menilai buku fiksi
      • resensi buku fiksi
      • nilai moral adalah
      • contoh nilai moral dalam novel
      • nilai moral dalam cerpen
      • sebutkan langkah langkah menyimpulkan nilai kehidupan dalam cerpen
      • jelaskan langkah-langkah menyimpulkan nilai-nilai kehidupan dalam suatu cerpen
      • nilai-nilai pancasila
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022