Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Menampilkan Pertunjukan Musik Tradisional Mapel Seni Budaya kelas 10 SMA/MA

Materi Menampilkan Pertunjukan Musik Tradisional Mapel Seni Budaya kelas 10 SMA/MA - Hai semuanya, apa kabar? bagaimana keadaan adik adik, semoga selalu sehat ya, nah pada kesempatan yang baik ini tentunya kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai materi yang telah kakak siapkan yaitu materi tentang Menampilkan Pertunjukan Musik Tradisional yang diambil dari Mapel Seni Budaya mengenai Seni Musik diperuntukkan untuk adik adik kelas 10 SMA/MA. Semoga bermanfaat yah.

Materi Menampilkan Pertunjukan Musik Tradisional Mapel Seni Budaya kelas 10 SMA/MA
Materi Menampilkan Pertunjukan Musik Tradisional Mapel Seni Budaya kelas 10 SMA/MA

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari materi pembelajaran ini diharapkan siswa dapat :
1. Mengidentifikasi menampilkan pertunjukan musik tradisional.
2. Menampilkan pertunjukan musik tradisional dalam pertunjukan musik/tari/teater.

B. Uraian Materi

1. Pengertian dan Tujuan Penampilan
Dalam bagian ini, akan dibahas tentang bagaimana cara menampilkan pertunjukan musik tradisional. Dilihat dari sajiannya, terdapat tiga pertunjukan musik tradisional, meliputi:
a. pertunjukan musik tradisional saja,
b. pertunjukan musik tradisional pengiring tari, dan
c. pertunjukan musik tradisional pengiring teater.

Berdasarkan hal di atas, kamu bisa memilih salah satu bentuk dan sajian yang ingin ditampilkan. Hal ini bisa kamu pertimbangkan berdasarkan kondisi tempat belajar kamu di daerah masing-masing. Untuk menambah wawasan kamu dalam menampilkan pertunjukan musik tradisional maka dalam bagian akan dibahas hal-hal yang berkaitan dengan teknik dan prosedur menampilkan pertunjukan musik tradisional.

Secara sederhana penampilan pertunjukan musik adalah sebuah kegiatan untuk menampilkan karya musik kepada orang lain. Kegiatan ini merupakan ajang untuk menampilkan kemampuan memainkan pertunjukan musik. Selain itu pula dengan kegiatan seperti ini, merupakan ajang belajar untuk mengukur kemampuan dalam bermusik.

Dari uraian di atas, dapat dikatakan bahwa menampilkan pertunjukan musik memiliki fungsi sebagai berikut:
  • Media aktualisasi diri untuk mengekspresikan dirinya. Seorang penampil akan berusaha menampilkan sajian yang baik untuk bisa diperlihatkan kepada orang lain.
  • Media pengembangan bakat. Dengan menampilkan sebuah pertunjukan menjadi kesempatan untuk mengembangkan bakat bermusiknya. Melalui kegiatan ini akan mendapatkan masukan, tanggapan, dan kritikan dari penonton tentang tampilannya. Sehinga akan memotivasi untuk memperbaiki dan mengembangkan penampilannya agar lebih baik pada penampilan berikutnya. Proses ini akan terus berlangsung sehingga bakatnya terus berkembang.
  • Media apresiasi. Dengan menampilkan pertunjukan musik, karya seseorang dapat diapresiasi oleh orang lain. Dengan menonton sajian karya musik, pada dasarnya seseorang telah memberikan apresiasi atau penghargaan karya musiknya tersebut.
2. Teknik Menampilkan Pertunjukan Musik Tradisional
Sebelum kamu dapat menampilkan pertunjukan musik tradisional tentu kamu harus menentukan salah satu bentuk penyajiannya, bisa penampilan musik vokal, instrumental, atau campuran. Dalam materi ini kamu juga harus memilih sajian musiknya apakah untuk pertunjukan musik saja, untuk iringan tari atau untuk iringan teater.

Setelah menentukan bentuk dan tujuan pertunjukan musiknya, kamu harus pula memahami teknik penampilannya. Teknik penampilan dalam pembahasan kali ini mencakup dua jenis, meliputi :
a. Penampilan perorangan
Sajian ini merupakan pertunjukan musik perorangan (solo) yang dilakukan oleh satu orang saja baik menyanyikan lagu Daerh (vokal) maupun instrumental (bermain alat musik). Contoh; Mengguakan Alat Musik Daerah Masing – Masing (Daerah Setempat)
b. Penampilan kelompok
Sajian ini adalah pertunjukan musik yang dilakukan secara kelompok baik vokal maupun permainan alat musik yang sejenis atau yang beragam yang disebut dengan ansambel. 

3. Prosedur Menampilkan Pertunjukan Musik Tradisional
Agar penampilan pertunjukan musik tradisional terlihat maksimal, maka harus dilakukan dengan prosedur yang baik. Dalam hal ini perlu dibuat perencanaan dan pelaksanaan yang baik.
Untuk itu bisa dilakukan prosedur-prosedur seperti berikut.
a. Persiapan meliputi:
  • Menentukan lagu atau karya musik yang akan ditampilkan.
  • Menentukan alat musik yang akan dimainkan apabila menggunakan alat musik.
  • Menentukan pemain yang akan dilibatkan apabila dimainkan secara berkelompok.
  • Membuat jadwal latihan.
  • Menentukan tempat dan waktu pertunjukan.
  • Menentukan sasaran penonton apakah pertunjukan musik tersebut hanya ditujukan untuk warga sekolah atau masyarakat umum.
  • Melakukan publikasi menyangkut penyebaran informasi tentang pertunjukan musik yang telah dipersiapkan agar diketahui dan disaksikan oleh penonton.
b. Pelaksanaan.
Dalam melaksanakan pertunjukan, hal-hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:
  • Busana, Saat akan tampil usahakan busana yang dikenakan disesuaikan dengan tempat, waktu, dan karya yang akan ditampilkan. Selain itu, busana ini telah dipersiapkan sebelum tampil.
  • Rias wajah, diperlukan agar penampilan lebih baik tidak terkesan kusam. Namun, saat merias baik wajah maupun rambut tidak terlalu berlebihan dan harus terasa nyaman pada saat tampil.
  • Percaya diri. Saat tampil, seorang penyanyi atau pemain musik harus memiliki kepercayaan diri. Ia harus yakin bisa tampil semaksimal mungkin.
  • Penguasaan panggung. Setiap peserta harus sudah mengetahui ruang pertunjukan.
  • Penguasaan sound system. Kita harus tahu kepekaan sound system yang digunakan seperti microphonedanperangkat sound systemlainnya.
  • Pembentukan Panitai Pertunjukan
c. Evaluasi
Setelah melakukan penampilan lakukanlah evaluasi. Hal ini diperlukan untuk melakukan perbaikan-perbaikan penampilan agar lebih baik lagi di penampilan selanjutnya. Apa yang menjadi kekurangan harus menjadi catatan untuk kegiatan selanjutnya.

C. Rangkuman

• Secara sederhana penampilan pertunjukan musik adalah sebuah kegiatan untuk menampilkan karya musik kepada orang lain. Kegiatan ini merupakan ajang untuk menampilkan kemampuan memainkan pertunjukan musik.
• menampilkan pertunjukan musik memiliki fungsi sebagai berikut:
✓ Media aktualisasi diri.
✓ Media pengembangan bakat.
✓ Media apresiasi.

• Teknik penampilan pertunjukan musik, meliputi :
✓ Penampilan perorangan
✓ Penampilan kelompok

• Prosedur untuk menampilkan sebuah pertunjukan musik, yakni:
✓ Persiapan
✓ Pelaksanaan
✓ Evaluasi

D. Penugasan

Praktek kerja mandiri
Setelah kamu mempelajari dan memahami teknik serta prosedur menampilkan pertunjukan musik tradisional, coba kamu buatlah perencanaan dan pelaksanaan kegiatan menampilkan pertunjukan musik tradisional daerahmu masing-masing dengan langkah-langkah kegiatan sebagai berikut:
1. Persiapan
a. Karya musik tradisional yang akan dimainkan berupa karya musik saja bukan karya musik untuk iringan tari atau teater.
b. Tentukan bentuk penyajiannya, boleh vokal berupa lagu daerah atau permainan alat musik secara perorangan.
c. Tentukan iringan musik yang digunakan apabila bentuk pertunjukan berupa vokal. Bisa berupa audio minus oneatau iringan langsung menggunakan pemain lainnya.
d. Lakukan latihan dengan jadwal yang kamu tentukan.
e. Tentukan media pertunjukan yang digunakan, yakni:
✓ Pertunjukan di kelas apabila pembelajaran dilakukan dengan tatap muka.
✓ Pertunjukan secara virtual apabila pembelajaran daring.
✓ Pertunjukan direkam dalam bentuk video apabila pembelajaran dilakukan tanpa menggunakan jaringan kemudian dikumpulkan kepada gurumu untuk bahan penilaian.

2. Pelaksanaan
Lakukan pertunjukan sesuai dengan prosedur seperti telah disebutkan di atas dengan sebaik-baiknya.

E. Latihan Soal

Jawablah pertanyaan di bawah ini!
1. Sebutkan bentuk penyajian pertunjukan musik!
2. Apa saja fungsi dari menampilkan pertunjukan musik!
3. Jelaskan teknik menampilkan pertunjukan musik!

F. Penilaian Diri

Nama : ............................................................................
Kelas : .............................
Semester : ........
Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Menampilkan Pertunjukan Musik Tradisional Mapel Seni Budaya kelas 10 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Mengidentifikasi alat musik tradisional File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • konsep pertunjukan musik tradisional
      • bagaimana cara memberi evaluasi setelah pertunjukan musik
      • jenis pertunjukan musik tradisional
      • pertunjukan musik tradisional adalah
      • apa perbedaan pertunjukan musik tradisional dengan musik populer
      • berita pertunjukan musik tradisional
      • apa saja yang dilibatkan dalam membuat sebuah pertunjukan musik?
      • sebut dan jelaskan bentuk pertunjukan musik tradisional
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022