Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Pengertian, Fungsi, dan Kegiatan Apresiasi Mapel Seni Budaya kelas 10 SMA/MA

Materi Pengertian, Fungsi, dan Kegiatan Apresiasi Mapel Seni Budaya kelas 10 SMA/MA - Hai adik adik yang baik apa kabar? semoga dalam keadaan baik baik saja, nah seperti biasa pada kesemaptan yang baik ini kakak ingin membagikan materi yang diambil dari berbagai sumber yang relavan tentang mata Pelajaran Seni Budaya mengenai Seni Musik yang dibahas dalam Pengertian, Fungsi, dan Kegiatan Apresiasi. Semoga bisa bermanfaat yah.

Materi Pengertian, Fungsi, dan Kegiatan Apresiasi Mapel Seni Budaya kelas 10 SMA/MA
Materi Pengertian, Fungsi, dan Kegiatan Apresiasi Mapel Seni Budaya kelas 10 SMA/MA

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari materi pembelajaran ini diharapkan siswa dapat :
1. Mengidentifikasi pengertian apresiasi.
2. Mengidentifikasi fungsi apresiasi.
3. Mengidentifikasi kegiatan apresiasi.

B. Uraian Materi

Sebelum membahas sub materi ini, coba kamu cermati gambar di bawah ini!



Jika dicermati dalam gambar tersebut, terlihat ada beberapa orang sedang menampilkan permainan musik tradisional yaitu berupa angklung dan ada diantaranya sedang menari. Selain itu, terdapat beberapa orang yang mengelilingi para pemain musik tradisional. Kegiatan apa yang dilakukan oleh orang-orang yang mengelilingi arena itu?

Diantara kamu mungkin ada yang menjawab mereka sedang menonton sebuah pertunjukan musik tradisional. Inilah kegiatan yang disebut dengan apresiasi pertunjukan musik tradisional.
Untuk memahami lebih jauh lagi tentang apresiasi pertunjukan musik tradisional ini, simaklah pembahasan di bawah ini.

1. Pengertian Apresiasi
Secara sederhana apresiasi adalah menonton. Hal ini menunjukan apresiasi adalah sebuah aktivitas menonton. Namun demikian, membahas tentang apresiasi tidak hanya sekadar kegiatan menonton saja.

Apresiasi berasal dari bahasa Inggris, appreciation yang berarti penghargaan yang positif. Sedangkan dalam kamus ilmiah populer menyebutkan “apresiasi” (apreciate) adalah penilaian dan penghargaan hasil karya. Istilah apresiasi sendiri di dalam dunia seni sudah tidak asing lagi. Apresiasi merupakan kegiatan seseorang dalam melakukan kegiatan menonton/ menyaksikan/melihat/mengamati hasil karya seni.

Secara konseptual kegiatan apresiasi bertujuan untuk menumbuhkembangkan potensi diri dalam kepekaan estetik, wawasan, kreativitas serta mengembangkan potensi pribadi.

Dari pengertian di atas dapat dimaksudkan bahwa apresiasi merupakan kegiatan seseorang dalam menonton/menyaksikan/melihat/mengamati suatu karya sehingga seseorang dapat memiliki rasa kepekaan terhadap estetik, wawasan, dan kreativitas seni dalam memberikan penilaian dan penghargaan terhadap mutu suatu karya seni.Berarti apresiasi merupakan kegiatan mengenal, menilai, dan menghargai karya. Maka sasaran utama kegiatan apresiasinya adalah nilai suatu karya.

Seorang apresiator memiliki tahapan-tahapan yang berbeda dalam mengapresiasi. Tahapan-tahapan atau tingkatan seseorang mengapresiasi terdiri dari:
  • Simpatik, artinya dalam tahap ini seseorang hanya memiliki tujuan sekedar menunjukkan kesenangan (hobi) dalam mengamati karya musik tradisional.
  • Empatik, disamping sebagai hobi atau kesenangan, dalam tingkatan ini seorang apresiator mampu menunjukkan kepekaan rasa, seakan-akan ia terbawa dalam situasi atau kondisi dalam karya musik tradisional yang disajikan.
  • Kritik, merupakan tahapan dimana seorang apresiator memiliki tingkatan lebih tinggi disamping secara simpatik dan estetik, dalam tahapan ini seorang apresiator dapat melakukan penilaian dan penghargaan secara estetik dalam pencapaian artistik pada sebuah karya musik tradisional. 
Sikap apresiasi ini terbentuk atas kesadaran akan kontribusi para seniman bagi bangsa dan negara atau bagi nilai-nilai kemanusiaan pada umumnya. Dengan berapresiasi seni, dapat mengembangkan rasa empati kepada profesi seniman dan budayawan. Pengenalan akan tokoh-tokoh seni budaya kepada masyarakat sekitar termasuk hal yang dapat menumbuhkan perasaan simpati, dan jika dilakukan secara berulang-ulang akan meningkat menjadi perasaan yang lebih dalam yaitu rasa empati. Apakah perbedaan Simpati dan Empati itu? Perasaan simpati adalah suatu proses dimana seseorang merasa tertarik terhadap orang lain atau pihak lain, sehingga mampu merasakan apa yang dialami, diderita orang tersebut. Sedangkan empati adalah melakukan sesuatu kepada orang lain, dengan menggunakan cara berpikir orang lain tersebut, yang menurut orang lain itu menyenangkan, yang menurut orang lain benar. Itulah perbedaan antara simpati dan empati.

2. Fungsi Apresiasi
Kegiatan apresiasi memiliki beberapa fungsi, diantaranya :
  • Dapat menumbuhkembangkan sikap penghargaan terhadap karya.
  • Dapat menumbuhkembangkan sikap pengamatan dan daya analitis secara estetik dalam suatu karya.
  • Sarana untuk memahami dan merasakan makna yang disampaikan dari suatu karya.
  • Untuk menambah wawasan.
3. Kegiatan Apresiasi
Kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam apresiasi meliputi :
  • Persepsi, mengenalkan akan bentuk karya. Misalkan mengenalkan beberapa pertunjukan musik tradisional yang berkembang di Indonesia.
  • Pengetahuan, merupakan dasar dalam mengapresiasi baik sejarahnya maupun istilah-istilah yang biasa digunakan dalam karya.
  • Analisis, pada tahap analisis mulai dicoba mendeskripsikan bentuk karya yang sedang diamati, kemudian menafsirkan objek seni yang diapresiasi.
  • Penilaian, penilaian terhadap karya-karya yang diapresiasi baik secara subyektif maupun obyektif. 
Dengan adanya bermacam-macam jenis karya seni musik, maka pengalaman musikal yang diterima umat manusia pun beraneka ragam pula. Tingkat pengalaman musikal seseorang inilah yang akan menentukan seberapa jauh tingkat apresiasi seseorang terhadap musik. Hal lain yang menentukan tingkat apresiasi seseorang dapat pula ditentukan dengan usaha secara sadar dalam membiasakan dan melatih untuk melihat, mengamati, dan menilai musik secara penuh. Sebab yang perlu diingat adalah bahwa kegiatan apresiasi bernilai tinggi tidaklah mudah untuk menggapainya.

C. Rangkuman

Apresiasi merupakan kegiatan seseorang dalam menonton/ mendengar/ melihat/mengamati suatu karya musik tradisional sehingga seseorang dapat memiliki rasa kepekaan terhadap estetik, wawasan, dan kreativitas musik dalam memberikan penilaian dan penghargaan terhadap mutu suatu karya musik tradisional.

Tahapan-tahapan atau tingkatan-tingkatan seseorang dalam mengapresiasi adalah simpatik, empatik, dan kritik. Mengapresiasi musik tradisional berfungsi untuk menumbuhkembangkan sikap penghargaan, kemampuan daya analitis, pemahaman makna musik tradisional, dan menambah wawasan musik tradisional.

Kegiatan-kegiatan dalam mengapresiasi musik tradisional meliputi kegiatan persepsi, pengetahuan, analisis, dan penilaian terhadap musik tradisional.

D. Penugasan

Setelah memahami tentang pengertian, tingkatan, fungsi, dan kegiatan apresiasi pertunjukan musik tradisional, cobalah kamu mengapresiasi 2 (dua) pertunjukan musik tradisional dari berbagai sumber baik radio, televisi, internet, dan atau menonton langsung pertunjukan musik tradisional di daerahmu.
Cobalah kamu catat beberapa hal yang kamu dapatkan dari hasil apresiasimu dan tuliskan laporan hasil pengamatanmu dalam format laporan di bawah ini!

E. Latihan Soal

Untuk memperdalam pemahaman kamu mengenai materi di atas, kerjakanlah soal berikut!
  1. Jelaskan secara umum pengertian apresiasi berdasarkan etimologi Inggris!
  2. Sebutkan tahapan-tahapan seorang apresiator!
  3. Sebutkan beberapa fungsi dari apresiasi!
  4. Jelaskan kegiatan dalam apresiasi!

F. Penilaian Diri

Nama                     : ............................................................................
Kelas                     : .............................
Semester               : ........
Waktu Penilaian   : ..............................................


Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Pengertian, Fungsi, dan Kegiatan Apresiasi Mapel Seni Budaya kelas 10 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 


#
Mengidentifikasi alat musik tradisional File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • jelaskan kegiatan dalam apresiasi
      • fungsi apresiasi
      • apresiasi seni rupa adalah
      • apa saja bentuk bentuk apresiasi terhadap karya seni
      • tujuan apresiasi seni
      • pengertian apresiasi
      • pengertian apresiasi seni
      • apresiasi adalah
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022