Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Perbandingan alat musik tradisional Mapel Seni Budaya kelas 10 SMA/MA

Materi Perbandingan alat musik tradisional Mapel Seni Budaya kelas 10 SMA/MA - Hai adik adik yang baik apa kabar? semoga dalam keadaan baik baik saja ya, na pada kesempatan yang cerah ini tentunya kakak tidak bosan bosannya untuk membagikan kepada adik adik mengenai materi pembelajaran guna membantu adik adik dalam proses belajar. Oiya materi kali ini adalah materi Perbandingan alat musik tradisional berdasar Bahan,warna suara, dan fungsi pada masyarakat Pendukungnya yang diambil dari mata pelajaran Seni budaya kelas X SMA/MA tentang seni Musik. Semoga bermanfaat yah.


Materi Perbandingan alat musik tradisional Mapel Seni Budaya kelas 10 SMA/MA
Materi Perbandingan alat musik tradisional Mapel Seni Budaya kelas 10 SMA/MA

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 1 ini diharapkan Membandingkan perbedaan bahan, warna suara, tangga nada dan  fungsi alat musik tradisional pada masyarakat pendukungnya. 

B. Uraian Materi 

Setelah mempelajari tahapan menganalisa dengan cara mengidentifikasi alat musik tradisional tahap selanjutnya tahap menganalisa dengan cara membandingkan alat musik tradisional ditinjau dari bahan, warna suara, tangga nada yang digunakan serta fungsi pada masyarakat pendukungnya.  

Tahap menganalisa dengan cara membandingkan perlu dilakukan untuk dapat menggali lebih dalam keunikan, karakteristik dan fungsi alat musik tradisional pada masyarakat pendukungnya. Alat musik tradisional tercipta seiring dengan peradaban masyarakatnya. Di Indonesia banyak dijumpai ragam alat musik tradisional dari berbagai daerah, hal ini dilatarbelakangi oleh ragam suku, etnis dan budaya masyarakat Indonesia yang beragam pula. 

 Secara teori menganalisis dengan cara membandingkan disebut Analisis perbandingan. Analisis dengan cara ini digunakan untuk membandingkan antara dua atau lebih kelompok sampel data. Analisis perbandingan biasa digunakan dalam bidang ekonomi akutansi. Metoke ini dalam bidang akutansi digunakan untuk mengukur / menganalisa statistic perubahan-perubahan nilai ekonomi pada objek yang dianalisis.  

Pada kegiatan pembelajaran ini kita coba gunakan metode Analisis perbandingan. Analisis perbandingan yang kita gunakan untuk membandingkan alat musik tradisional berdasar bahan, warna suara, tangga nada dan fungsinya dalam masyarakat untuk mengukur keberagaman, keunikan, karakteristik, dan fungsinya dalam masyarakat. 

C. Rangkuman 

Keberagaman alat musik tradisional di Indonesia berbanding seiring dengan keberagaman suku, etnis dan budaya masyarakat Indonesia. Ini sangat unik untuk di teliti karakteristiknya. Untuk meneliti karakterisik alat musik tradisional tersebut, perlu diadakan kegiatan menganalisis dengan cara membandingkan. Metode Analisis perbandingan yang biasa digunakan dalam bidang akutansi, kita gunakan untuk mendalami lebih dalam karakterisik alat musik tradisional berdasar bahan, warna suara, tangga nada yang digunakan dan fungsinya di masyarakat. 

D. Penugasan Mandiri  

Pada kegiatan ini kita akan membandingkan beberapa alat musik tradisional dilihat dari aspek bahan, warna suara, tangga nada dan  fungsi alat musik tradisional pada masyarakat pendukungnya. Kerjakan tugas  ke 2 dengan sungguh sungguh dan rasa bangga sebagai pewaris kekayaan seni budaya Indonesia. 
 
PANDUAN KERJA  MANDIRI 2 
 
 
Satuan Pendidikan : ……………………………. 
Mata Pelajaran : Seni Budaya (Musik) 
Kelas  :   X/1 
 
 
Pilihlah  3 alat musik dari daerah yang berbeda bahan, warna suara, tangga nada dan  fungsi alat musik tradisional pada masyarakat pendukungnya. Kerjakan seperti contoh berikut ini, carilah alat musik yang berbeda dari contoh pada tabel di bawah ini. 
 

E. Latihan Soal 

Pilihlah jawaban dengan benar! 

1. Gambar di bawah ini alat musik tradisional seruling. Jenis alat musik ini banyak dijumpai di Indonesia dengan banyak ragam dan karakternya. Alat musik tradisional Seruling dibuat dari bahan dasar…… 

 
a. perunggu 
b. kayu 
c. fiber 
d. bambu 
e. peralon 

2. Gender merupakan alat musik tradisional Jawa dan salah satu perangkat gamelan Jawa. Gambar alat musik Gender di bawah ini terbuat dari bahan… 

 a. perunggu 
b. kayu 
c. bambu 
d. galvalum 
e. fiber 

3. Perhatikan gambar di bawah ini. 
Gambar di atas menunjukan gambar sebuah pertunjukan musik menggunakan alat musik tradisional seruling. Namun kedua gambar tersebut menggambarkan perbedaan fungsi yang berbeda. Perbedaan fungsi tersebut yang benar di bawah ini adalah…. 
a. fungsi adat dan komunikasi 
b. fungsi hiburan dan apresiasi 
c. fungsi ekonomi dan sosial 
d. fungsi edukasi dan ekonomi 
e. fungsi hiburan dan komunikasi  

4. Perhatikan gambar di bawah ini! 
Gambar di atas menunjukan seseorang sedang memainkan alat musik tradisional kendang. Kendang di Indonesia banyak ragamnya, ditinjau dari visual khas daerahnya, gambar tersebut menunjukan kendang khas daerah… a. sumatera dan kalimantan 
b. kalimantan dan papua 
c. jawa dan sunda 
d. jawa dan bali 
e. papua dan maluku 

5. Gambar di bawah ini menunjukan alat musik tradisional seruling dan kendang. Sesuai dengan sifatnya berdasarkan fungsi dan perannya di dalam permainan alat musik. alat musik di atas mempunyai fungsi sebagai alat musik….. 

Perhatikan gambar di atas! Perbedaan fungsi antara alat musik kendang dan seruling dalam permainan musik yang benar adalah… 
a. kendang dan seruling sebagai alat musik melodis saja 
b. kendang dan seruling sebagai alat musik ritmis saja 
c. kendang sebagai alat musik ritmis dam seruling sebagai alat musik harmoni 
d. kendang sebagai alat musik ritmis dan seruling sebagai alat musik melodis 
e. kendang sebagai alat musik melodis dan seruling sebagai alat musik ritmis 
 
KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN LATIHAN SOAL KEGIATAN PEMBELAJARAN KE 2 
1. Kunci jawaban dan pembahasan soal pilihan ganda no.1 
Kunci Jawaban : D 
Pembahasan : 
Alat musik tradisional seruling terbuat dari bambu. Alat musik tradisional seruling banyak di jumpai di  Indonesia dengan bermacam ragamnya. Di juga masih banyak dijumpai pohon bambu, terutama di pulau Jawa dan Sumatera. 

2. Kunci jawaban dan pembahasan soal pilihan ganda no.2 
Kunci Jawaban : A 
Pembahasan: 
Alat musik gender alat musik tradisional karawitan jawa yang terbuat dari perunggu. Perunggu merupakan bahan baku yang lazim digunakan untuk alat musik tradisional Gamelan. 

3. Kunci jawaban dan pembahasan soal pilihan ganda no.3 
Kunci Jawaban : B 
Pembahasan : 
Alat musik tradisional seruling ketika dimainkan ke dalam sebuah pertunjukan musik dangdut atau musik kreasi akan lebih berfungsi sebagai apresiasi dan hiburan bagi penontonnya. 

4. Kunci jawaban dan pembahasan soal pilihan ganda no.4 
Kunci jawaban: D 
Pembahasan : 
Sebuah pertunjukan musik tradisional dengan pakaian daerah yang dikenakan pemain musiknya menunjukan karakter daerahnya. Sesuai gambar contoh, pertunjukan musik tradisional dengan alat musik kendang menunjukan khas daerah Jawa dan bali, 

5. Kunci jawaban dan pembahasan soal pilihan ganda no.5 
Kunci jawaban: D 
Pembahasan : 
Sesuai petunjuk gambar pada soal tersebut dan sesuai dengan fungsi alat tradisional kendang dan seruling dalam permainan musik tradisional, kendang mempunyai fungsi ritmis, dan seruliing mempunyai fungsi melodis. 

F. Penilaian Diri 

Beri tanda (˅) pada jawaban yang di pilih, kemudian berikanlah alasannya! 

 

No

Pernyataan

 

Ya

Tidak

Alasan

1

Saya mampu menjelaskan langkah langkah menganalisis alat musik tradisional

 

 

 

2

Saya mampu membandingkan dan menyimpulkan alat musik tradisional

 

 

 

3

Saya mampu menjelaskan aspekaspek cara membandinkan alat musik tradisional 

 

 

 

4

Saya berani bertanya kepada guru maple jika saya menemui kesulitan dalam memahami materi pembelajaran

 

 

 


Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Perbandingan alat musik tradisional Mapel Seni Budaya kelas 10 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 


#
Perbandingan alat musik tradisional File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

      Pencarian yang paling banyak dicari
      • apa bedanya musik tradisional dengan musik kreasi baru atau modern
      • alat musik modern
      • perbedaan musik daerah dan musik nusantara
      • perbedaan musik tradisional dan musik barat
      • perbedaan musik tradisional dan klasik
      • perbedaan musik tradisional dan non tradisional
      • perbedaan musik modern dan kontemporer
      • fungsi dari musik tradisional
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022