Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Presentasi Hasil Analisis Alat Musik Tradisional Mapel Seni Budaya kelas 10 SMA/MA

Materi Presentasi Hasil Analisis Alat Musik Tradisional Mapel Seni Budaya kelas 10 SMA/MA - Halo Semuanya, khususnya untuk adik adik Kelas X SMA/MA kakak ada kabar baik untuk adik adik, kali ini kakak ingin membagikan materi yang telah di rangkum dari mata pelajaran Seni Budaya yang termasuk golongan Seni Musik tentang pembahasan Materi Presentasi Hasil Analisis Alat Musik Tradisional. Semoga dengan adanya materi ini bisa membantu adik adik dalam pembelajaran. Kakak juga menyediakan Contoh soal dan pembahasan yang bisa memudahkan adik adik. Selamat belajar!!

Materi Presentasi Hasil Analisis Alat Musik Tradisional Mapel Seni Budaya kelas 10 SMA/MA
Materi Presentasi Hasil Analisis Alat Musik Tradisional Mapel Seni Budaya kelas 10 SMA/MA

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 3 ini diharapkan  
1. Menyusun bahan dan data hasil analisis alat musik tradisional 
2. Membuat materi presentasi hasil analisa musik tradisional 
3. Menyajikan presentasi hasil analisis alat musik tradisional 

B. Uraian Materi 

Kegiatan pembelajaran ke 3 ini siswa akan mempresentasikan hasil dari dua kegiatan sebelumnya yaitu menganalisis alat musik tradisional dengan cara mengidentifikasi dan membandingkan berdasar bahan, warna suara, tangga nada yang digunakan dan fungsi pada masyarakat pendukungnya. 

Presentasi adalah suatu kegiatan berbicara di hadapan banyak orang. Presentasi merupakan kegiatan pengajuan suatu topik, pendapat atau informasi kepada orang lain. Berbeda dengan pidato yang lebih sering dibawakan dalam acara resmi dan acara politik, presentasi lebih sering dibawakan dalam acara bisnis atau pendidikan. 

Tujuan dari presentasi bermacam-macam, misalnya untuk promosi produk (marketing), untuk memberi informasi (biasanya oleh seorang pakar), atau untuk meyakinkan (biasanya dibawakan oleh seseorang yang ingin membantah pendapat tertentu). 

Presentasi dalam pembelajaran di sekolah, lebih mengacu pada tujuan presentasi untuk memberikan informasi atau memaparkan hasil dari suatu proses pembelajaran. Presentasi tersebut disampaikan kepada forum di kelasnya yaitu kepada teman-teman sekelasnya dan kepada guru pengajarnya. 
Terdapat beberapa teknik presentasi yaitu kelengkapan informasi / data, penyampaian materi, penggunaan media, dan penampilan, Ke empat teknik ini menjadi satu kesatuan yang saling melengkapi untuk mencapai presentasi yang berkualitas dan tujuan presentasi tercapai. 

Dalam presentasi hasil analisis alat musik tradisional siswa perlu menyiapkan bahan dan data hasil analisis secara lengkap terlebih dahulu, dibuat secara sistematis sesuai perintah penugasan pada penugasan kegiatan pembelajaran ke 1 dan ke 2. Kemudian buatlah materi presentasi dari bahan tersebut menggunakan power point jika ada, jika tidak ada dapat ditulis tangan menggunakan buku tulis khusus secara rapi. Jika itu kerja kelompok maka lakukan dengan pembagian tugas tim, di bagi tugasnya, ada yang menulis, ada yang mengumpulkan data, ada yang menyiapkan materi presentasi, dan ada yang menyampaikan presentasi, di atur sesuai kesepakatan tim. Namun jika dilakukan secara personal dan merupakan tugas individu maka lakukan secara mandiri dari tahap awal sampai presentasi.  

Setelah menyiapkan bahan presentasi, kemudian menyiapkan media apa yang akan digunakan untuk presentasi, jika di sekolahmu ada perlengkapan LCD proyektor, dan kamu punya Laptop atau PC maka gunakanlah Power Point dan media pendukung yang ada di sekolah tersebut. Jika tidak ada maka gunakanlah media yang kamu punyai dan tersedia disekolah, jika adanya papan tulis, gunakan papan tulis untuk media presentasi untuk menjelaskan poin-poin presenntasi kepada teman-temanmu di kelas dan guru mapelmu. Tampilah secara percaya diri dan meyakinkan dihadapan temantemanmu, dengan catatan kuasai materinya terlebih dahulu! 

C. Rangkuman 

Tidak mudah bagi siswa untuk melakukan presentasi di kelas!walau begitu dapat dilakukan beberapa teknik presentasi untuk mmencapai hasil yang maksimal. Teknik tersebut kelengkapan informasi / data, penyampaian informasi, penggunaan media dan penampilan. Ke empat poin ini jika dilakukan akan membantu siswa dalam penyampaian presentasi di kelas. Dalam presentasi hasil analisis alat musik tradisional mengacu pada hasil penugasan kegiatan pembelajaran 1 dan 2. 

D. Penugasan Mandiri (optional) 

  1. Setelah menyelesaikan kegiatan belajar 1 dan 2 maka kita mendapatkan data data terkait analisa musik tradisional berdasarkan bahan, warna suara dan fungsi dalam masyarakat. 
  2. Saatnya semua data yang kalian dapatkan pada saat melakukan analisis alat musik tradisional, kalian presentasikan. Kesuksesan penampilan pada saat presentasi sangat ditentukan dari penguasaan pada materi presentasi. 
  3. Kalian bisa berlatih presentasi di depan kaca, atau di depan anggota keluargamu, agar mendapat masukan dan terlatih untuk tampil. 
PANDUAN PRAKTEK MANDIRI 
 
Satuan Pendidikan : ……………………………. 
Mata Pelajaran        : Seni Budaya (Musik) 
Kelas :   X/1 
 
1. Setelah mempelajari Modul Analisis Alat Musik  Tradisional KD 3.2 dan 4.2 
2. Presentasikan hasil analisis alat musik tradisional yang memuat informasi: 
➢ Data hasil analisis alat musik tradisional hasil kerja mandiri 1 dan 2 
➢ Penjelasan hasil analisis karya musik kontemporer  
3. Untuk pembelajaran luring, presentasikan di depan kelas 
4. Untuk pembelajaran jarak jauh buatlah video presentasi dan kumpulkan ke Bpk/Ibu guru menggunakan media yang sudah disepakati 
5. Untuk daerah 3 T persiapkan sebaik mungkin materi presentasi, dan presentasikan pada saat Bpk/Ibu guru datang berkunjung.  

 

No

Kriteria presentasi

 

 

1

 

Kelengkapan data dan informasi

 

 

2

Kemampuan menyampaikan informasi

 

 

3

Penggunaan media dan teknologi

serta kreatifitas

 

4

 

Penampilan

 

E. Latihan Soal 

Pilihlah jawaban dengan benar! 
1. Pengertian presentasi yang benar di bawah ini ….. 
a. suatu kegiatan berbicara di hadapan banyak orang 
b. suatu kegiatan diskusi pada suatu forum 
c. suatu kegiatan berpidato di hadapan banyak orang 
d. suatu kegiatan menyusun materi analisis 
e. suatu kegiatan menulis di hadapan banyak orang 

2. Tujuan dari suatu presentasi adalah…. 
a. memberi kabar 
b. merangkum kegiatan 
c. menyampaikan informasi 
d. mencatat suatu peristiwa 
e. menyampaikan pendapat 

3. Adi seorang siswa yang sedang melakukan presentasi di kelas pada kegiatan pembelajaran seni budaya. Namun nampak sekali Adi kurang siap dalam melakukan presentasi, padahal di kelasnya lengkap tersedia media untuk presentasi, dan Adi cukup mengusai media tersebut. Sisi lain Adi sebenarnya salah satu siswa yang cukup sering menyampaikan presentasi di Kelas. Hanya saja Adi siswa yang cukup sibuk dengan berbagai kegiatan di sekolah. Dari pernyataan soal ini apa yang menjadi penyebab apa yang menjadi penyebab ketidaksiapan Adi ketika presentasi di kelas waktu itu…. a. Penguasaan media 
b. Penyampaian informasi 
c. Materi presentasi yang kurang dikuasai 
d. Penampilan 
e. Kecakapan dalam berbicara 

4. Amir siswa berasal dari daerah yang tidak terdapat internet, di sekolahnya tidak tersedia media seperti LCD proyektor dll yang mendukung presentasinya. Sekiranya media apa yang cocok untuk mendukung presentasi disekolah… a. LCD 
b. Power Point 
c. Internet 
d. Papan tulis 
e. Laptop 

5. Penampilan menjadi faktor yang menentukan pada saat presentasi, selain aspek-aspek yang lain seperti kelengkapan materi, penyampaian informasi, dan media. Aspek-aspek tersebut tentu saling terkait satu sama lain. Di bawah ini mana aspek kriteria penampilan yang cocok bagi siswa yang akan tampil presentasi…. 
a. percaya diri 
b. pemalu 
c. intonasinya kurang jelas 
d. bicaranya pelan 
e. kurang meyakinkan 
 
KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN LATIHAN SOAL KEGIATAN PEMBELAJARAN KE 2 
 
1. Kunci jawaban dan pembahasan soal pilihan ganda no.1 
Kunci Jawaban: A 
Pembahasan: 
Presentasi merupakan suatu kegiatan berbicara dihadapan banyak orang.  

2. Kunci jawaban dan pembahasan soal pilihan ganda no.2 
Kunci Jawaban: C 
Pembahasan: 
Tujuan presentasi adalah menyampaikan informasi.  

3. Kunci jawaban dan pembahasan soal pilihan ganda no.3 
Kunci Jawaban : C 
Pembahasan: 
Dilihat dari pernyataaan soal menunjukan bahwa Adi secara personal mempunyai kecakapan individu yang memadai untuk presentasi di kelas, karena Adi terlalu sibuk dengan kegiatan sehingga kurang mempersiapkan dirinya untuk menguasai materi presentasi. Sehingga kendala yang prinsip pada kurang siapnya Adi dalam presentasi dikelas adalah kurang menguasai materi. 

4. Kunci jawaban dan pembahasan soal pilihan ganda no.4 
Kunci Jawaban : D 
Pembahasan : 
Dari uraian soal dapat diketahui bahwa Amir berasal dari daerah tertinggal yang minim akan fasilitas teknologi di sekolahnya. Maka dari itu untuk presentasi di kelas dapat menggunakan media yang ada di kelas tersebut seperti papan tulis. 

5. Kunci jawaban dan pembahasan soal pilihan ganda no.4 
Kunci Jawaban : A 
Pembahasan : 
Berdasarkan uraian soal dapat diketahui kriteria penampilan yang cocok untuk presentasi adalah Percaya Diri. Kriteria ini penting dipunyai bagi siswa yang akan melakukan presentasi di kelas. 

F. Penilaian Diri 

Beri tanda (˅) pada jawaban yang di pilih, kemudian berikanlah alasannya! 

 

No

Pernyataan

 

Ya

Tidak

Alasan

1

Saya mampu mempresentasikan

hasil  alat musik tradisional

 

 

 

2

Saya mampu memahami aspekaspek presentasi

 

 

 

3

Saya mampu menjelaskan aspekaspek hasil analisis alat musik tradisional pada saat presentasi

 

 

 

4

Saya berani bertanya kepada guru maple jika saya menemui kesulitan dalam memahami materi pembelajaran

 

 

 


Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Presentasi Hasil Analisis Alat Musik Tradisional Mapel Seni Budaya kelas 10 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Presentasi Hasil Analisis Alat Musik Tradisional File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • contoh alat musik tradisional
      • 10 alat musik tradisional
      • gambaran umum alat musik tradisional di indonesia
      • perbedaan musik tradisional dan modern
      • fungsi musik tradisional
      • bagaimana memainkan alat musik tradisional
      • alat musik tradisional sebagai sarana hiburan
      • pengertian alat musik tradisional
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022