Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Makna Persatuan dan Kesatuan Mapel PKn kelas 11 SMA/MA

Materi Makna Persatuan dan Kesatuan Mapel PKn kelas 11 SMA/MA - Hai adik adik yang baik apa kabar? semoga dalam keadaan baik baik saja, Selamat Pagi/Siang Anak anakku sekalian… apa kabar hari ini ?, semoga sehat selalu yah !. Dan jangan lupa tetap selalu berdo’a kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa; semoga Kita selalu diberikan Kesehatan dan keberkahan…Aamiin YRA. Untuk kegiatan Pembelajaran hari ini, Kita akan mempelajari Materi tentang Makna dan hakikat persatuan dan kesatuan bangsa, persatuan dan kesatuan bangsa dalam sejarah serta prinsip-prinsip persatuan dan kesatuan bangsa. Semoga bermanfaat yah.

Materi Makna Persatuan dan Kesatuan Mapel PKn kelas 11 SMA/MA
Materi Makna Persatuan dan Kesatuan Mapel PKn kelas 11 SMA/MA

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 1 ini diharapkan Kalian dapat memahami  makna persatuan dan kesatuan dalam negara Kesatuan Republik Indonesia   

B. Uraian Materi 

untuk memahami kegiatan pembelajaran 1 ini, Kalian terlebih dahulu harus membaca uraian materi dengan seksama, berikut. 

1. Makna dan Hakikat Persatuan dan Kesatuan  
 
Sumber : kompas.com 
Perhatiakn gambar di atas, apa yang ada dalam benak kalian? Diskusikan dengan teman-temanmu! Gambar tersebut akan menjadi bahasan kita dalam uraian materi berikut ini. 

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keragaman  suku, budaya dan bahasa. Hal ini merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa yang harus kita syukuri. Cara kita mensyukuri perbedaan-perbedaan tersbut merupakan sikap dan perilaku kita dalam menjaga persatuan dan kesatuan. Kita tidak boleh merasa bahwa suku kita lebih tinggi dari suku bangsa lain, bahasa kita bahasa yang paling bagus  dan benar dibandingkan bahasa daerah lain, tetapi setiap suku bangsa, bahasa, adat istiadat dari daerah lain adalah kekayaan budayayang menjadi kekayaan budaya nasional. 

Persatuan bangsa merupakan syarat yang mutlak bagi kejayaan Indonesia. Jika masyarakatnya tidak bersatu dan selalu memprioritaskan kepentingannya sendiri, maka cita-cita Indonesia yang terdapat dalam sila ketiga Pancasila hanya akan menjadi mimpi yang tak akan pernah terwujud. Kalian harus mampu menghidupkan kembali semboyan “Bhinneka Tunggal Ika”, yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu. Keberagaman harus membentuk masyarakat Indonesia yang memiliki toleransi dan rasa saling menghargai untuk menjaga perbedaan tersebut. Kuncinya terdapat persatuan bangsa Indonesia dalam keberagaman. 

Persatuan dan kesatuan berasal dari kata satu, yang berarti utuh atau tidak terpecah-pecah. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi keempat, persatuan adalah gabungan, (ikatan, kumpulan, dan sebagainya) beberapa bagian yang sudah bersatu; perserikatan; serikat. Pengertian kesatuan berarti perihal satu; keesaan; sifat tunggal; satuan. Bangsa Indonesia dalah suku bangsa yang menghuni wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke. 

Persatuan secara sederhana berarti gabungan dari beberapa bagian  menjadi sesuatu yang utuh. Atau dengan kata lain persatuan itu berkonotasi disatukannya bermacam-macam corak yang beragam ke dalam suatu kebulatan yang utuh. Yang dimaksud konsep bangsa dalam substansi ini adalah bangsa Indonesia, yaitu bangsa yang menghuni wilayah Nusantara dari Sabang sampai Merauke. Dengan demikian, persatuan bangsa mengandung pengertian persatuan bangsa Indonesia yang menghuni wilayah Nusantara atau bersatunya berbagai bangsa dengan yang memilki perbedaan suku, bahasa, maupun adat istiadat yang mendiami wilayah Indonesia menjadi satu kebulatan utuh dan serasi. 
 
2. Persatuan dan Kesatuan dalam sejarah 

Bangsa Indonesia telah mengalami penjajahan  selama ratusan tahun. Perlawanan yang dilakukan yang dilakukan pada masa itu hamper sllau dapat dipatahkan oleh penjajah, karena perlawanan yang dilakukan secara terpisah di berbagai daerah.  

Sumber: kompas.com 
Bersatunya bangsa Indonesia, didorong oleh kemauan yang sadar dan penuh tanggung jawab untuk mencapai kehidupan bangsa yang bebas dalam suatu wadah negara yang merdeka. berdaulat, adil, dan makrnur. Oleh karena itu persatuan bangsa perlu terus dibina. Terbinanya persatuan bangsa akan melahirkan kesatuan bangsa, yakni suatu kondisi yang utuh yang memperlihatkan adanya keamanan, kesentosaan dan kejayaan. 

Pada tanggal 20 Mei 1908 di bentuk Boedi Oetomo oleh Dr.Soetmo dan para mahasisa STOVIA (school tot Opleiding van Indische Artsen), Sekolah Tinggi Kedokteran di Jakarta. Organisasi ini menjadi pelopor bagi organisasi kebangsaan lainnya pada masa itu. Oleh karena itu, setiap tanggal 20 Mei ditetapkan sebagai hari Kebangkitan Nasional. 

Pada tanggal 27-28 Oktober 1928 dilangsungkan Kongres Pemuda II di Jakarta. Kongres di hadiri oleh Sembilan organisasi pemuda, yaitu Jong Sumatranen, Jong bataks Bond, Jong Celebes, Pemuda Kaum Betawi, dan PPPI (Perhimpoenan PeladjarPeladjar Indonesia). Melalui sumpah pemuda, pemuda indonesia menyaakan ikrar untuk bersatu, tidak lagi berjuang secara terpisah di daerah masing-masing.  
Makna dari sumpah pemuda adalah sebagai berikut,  
  1. Menjadi awal dari tumbuhnya kesadaran hidup berbangsa dan bernegara 
  2. Menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan 
  3. Munculnya lambing-lambang pemersatu seperti bendera Merah Putih dan Lagu indonesia Raya 
  4. Menggalang dan memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa    
  5. Setelah Sumpah Pemuda di ikrarkan, rakya Indonesia seakin keras berjuang dan pantang menyerah, menyuarakan persatuan dan kesatuan bangsa. Pada tanggal 17 Agustur 1945, indonesia berhasil memproklamasikan Kemerdekaan negara Indonesia 
3. Prinsip-prinsip persatuan 

Terdapat beberapa prinsip untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan sebagai bangsa. Prinsip – prinsip tersebut adalah sebagai berikut. 

1) Bhinneka Tunggal Ika 
Melalui prinsip Bhineka Tunggal Ik, bnagsa Indonesia wajib menjauhkan sikasikap mementingkan kelompok  sendiri, sukuisme, dan fanatisme berlebihan. Bhineka Tunggal Ika bermakna bahwa Indonesai sebagai bangsa yang terdiir dari berbagai suku, bangsa, bahasa, agama, dan adat istiadat, yang merupakan kekayaan bagi negara Indonesia. 
 
2) Nasionalisme 
Nasionalisme adalah paham yang meletakkan kesetiaan tertinggi individu yang harus diberikan kepada negara dan bangsa. Nasioanlisme bertujuan agar individu setiap warga negara memiliki suatu sikap atau perbuatan untuk mencurahkan segala tenaga dan pikirannya demi kemajuan, kehormatan, dan tegaknya kedaulatan bangsa dan negara.    

Melalui penerapan prinsip nasionalisme, sesorang akan rela berkorban, mendahulukan kepentingan bersama dari kepentingan pribadi atau kelompok/golongan, serta menempatkan persatuan dankesatuan bangsa di atas kepentingan pribadi dan golongan. 
 
3) Kebebasan Bertanggung Jawab 
Setiap individu memiliki kebebasan untuk menentukan kepentingan dan tujuannya serta melakukan kegiatan yang dianggap penting. Kebebasan setiap individu dibatasi oleh etika dan norma yang berlaku didlam masyarakat. Hal ini adalah bentuk tanggungjawab sehingga kehidupan masyarakat akan tetap berjalan dengan harmonis, selaras dan seimbang antara hak dan kewajiban setiap individu 
 
4) Wawasan Nusantara 
Konsep kesatuan yang kita naut meliputi aspek alamiah (konsep kewilayahan) meliputi darat, laut dan udara dan konsep sosial (politik, sosial, budaya, ekonomi, pertahanan dan kemanan).  
Perwujudan konsep kesatuan bangsa dan negara dalam aspek sosial adalah sebagai berikut. 

1. Perwujudan kepulauan Nusantara sebagai satu kesatuan politik 

  • Bahwa keutuhan wilayah nasional dengan segala isi dan kekayaannya merupakan satu kesatuan wilayah, wadah, ruang hidup, dan kesatuan mitra seluruh bangsa, serta menjadi modal dan milik bersama bangsa.  
  • Bahwa bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai suku dan berbicara dalam berbagai bahasa daerah, memeluk, dan meyakini berbagai agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa harus merupakan satu kesatuan bangsa yang bulat dalam arti yang seluas-luasnya. 
    Sumber; kompasiana.com, Slogan satu nusa satu bangsauntuk memperkukuh persatuan dan kesatuan  bangsa 

  • Bahwa secara psikologis, bangsa Indonesia harus merasa satu, senasib sepenanggungan, sebangsa dan setanah air, serta mempunyai satu tekad dalam mencapai cita-cita bangsa. 
  • Bahwa Pancasila adalah satu-satunya falsafah serta ideologi bangsa dan negara, yang melandasi, membimbing dan mengarahkan bangsa menuju tujuannya. 
  • Kehidupan politik di seluruh wilayah nusantara merupakan satu kesatuan politik yang diselenggarakan berdasarkan Pancasila dan UUD Negara 
  • Republik Indonesia Tahun 1945 
  • Bahwa seluruh kepulauan Nusantara merupakan kesatuan hukum, hanya ada satu hukum yang mengabdi kepada kepentingan nasional 
  • Bangsa Indonesia ikut serta dalam menciptakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial melalui politik luar negeri yang bebas aktif serta di abadikan untuk kepentingan nasional 
 2. Perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai satu kesatuan Ekonomi 

  • Bahwa kekayaan wilayah Nusantara, baik potensisial maupu efektif adalah modal dan milik bersama bangsa, keperluan hidup sehari-hari harus tersedia merata di seluruh wilayah tanah air. 
  • Tingkat perkembangan ekonomi harus serasi dan seimbang di seluruh daerah, tanpa meninggalkan ciri-ciri khas yang dimiliki oleh daerah-daerah dalam mengembangkan ekonominya. 
  • Kehidupan perekonomian di seluruh wilayah nusantara merupakan satu kesatuan ekonomi yang diselenggarakan sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan dan ditujukan bagi kemakmuran rakyat 
 
3. Perwujudan kepulauan Nusantara sebagai satu kesatuan sosial budaya 

  • Bahwa masyarakat Indonesia adalah satu, perikehidupan bangsa harus merupakan kehidupan yang serasi dengan terdapatnya tingkat kemajuan masyarkat yang sama, merata dan seimbang serta adanya keselarasan kehidupan yang sesuai dengan kemajuan bangsa.  
  • Bahwa budaya Indonesia pada hakikatnya adalah satu, sedangkan corak ragam budaya yang ada menggambarkan kekayaan budaya yang menjadi modal dan landasan pengembangan budaya bangsa seluruhnya, yang hasilhasilnya dapat dinikmati oleh seluruh bangsa Indonesia. 
 
4. Perwujudan kepulauan Nusantara sebagai satu kesatuan pertahanan dan Kemanan 

  • Bahwa ancaman terhadap satu daerah pada hakikatnya merupakan ancaman bagi seluruh bangsa dan negara. 
  • Bahwa tiap-tiap warga negara mempunyai hak dan kewajiban yang sama di dalam pembelaan negara 

C. Rangkuman 

Berdasarkan uraian materi diatas, dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut : 
  1. Persatuan secara sederhana berarti gabungan (ikatan, kumpulan, dan sebagainya) dari beberapa bagian  menjadi sesuatu yang utuh. Atau dengan kata lain persatuan itu berkonotasi disatukannya bermacam-macam corak yang beragam ke dalam suatu kebulatan yang utuh.  
  2. Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia terhadap diri dan lingkungannya dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Hakikat dari Wawasan Nusantara adalah kesatuan bangsa dan keutuhan wilayah Indonesia. 
  3. Negara Indonesia adalah negara kesatuan  berbentuk republik yang wilayahnya merupakan kesatuan dari ribuan pulau yang terletak diantara Samudera Pasifik dan Samudera Hindia serta di antara Benua Asia dan Australia. 
  4. Pentingnya persatuan dan kesatuan  bagi bangsa Indonesia adalah adalam rangka menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia 

D. Latihan Soal    

Untuk mengukur sejauh mana tingkat penguasaan materi dalam Modul ini, Silahkan Kalian menjawab Latihan soal berikut ini! 
 
Pilihlah salah satu alternatif  jawaban yang dianggap paling Benar  ! 

1. Pada hakikatnya, arti persatuan dan kesatuan merupakan bersatunya berbagai bangsa yang mendiami Indonesia menjadi satu… 
A. Kebulatan yang utuh 
B. Keharmonisan yang sederajat 
C. Persamaan harkat dan martabat 
D. Kesetaraan golongan 
E. Komponen utama 

2. Persatuan dan kesatuan bangsa dimulai sebelum proklamasi kemerdekaan, salah satunya lewat organisasi yang dibentuk oleh mahakalian STOVIA yaitu.. 
A. Empat Sekawan 
B. Tiga Serangkai 
C. Budi Utomo 
D. Jong Celebes 
E. Jong Ambon 

3. Hari kebangkitan Nasional ditetapkan pada tanggal… 
A. 20 Mei 
B. 20 Maret 
C. 21 Mei 
D. 21 April 
E. 22 Mei 

4. Perhatikan hal-hal berikut ini. 
1) Menjadi awal dari tumbuhnya kesadaran hidup berbangsa dan bernegara 
2) Menjadi tonggak dimulainya melawan penjajahan 
3) Menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan 
4) Munculnya lambing-lambang pemersatu seperti bendera Merah Putih dan Lagu indonesia Raya 
5) Menggalang dan memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa 
6) Menjadi momentum persetujuan pembagian wilayah indonesia dengan Belanda  
Yang merupakan makna dari Sumpah Pemuda di tunjukkan oleh nomor.. 
A. 1, 2, dan 3 
B. 2, 4, dan 6 
C. 1, 3, dan 5 
D. 3, 4, dan 6 
E. 4, 5 dan 6 

5. Bahwa keutuhan wilayah nasional dengan segala isi dan kekayaannya merupakan satu kesatuan wilayah, wadah, ruang hidup, dan kesatuan mitra seluruh bangsa, serta menjadi modal dan milik bersama bangsa.  
Adalah perwujudan kepualuan Nusantara sebagai satu kesatuan... 
A. Politik 
B. Ekonomi 
C. Sosial budaya 
D. Pertahanan keamanan  
E. ideologi 

Kunci Jawaban Latihan
1. A 
2. C 
3. A 
4. C 
5. A 
 
Pembahasan soal  

1. Persatuan dan kesatuan berasal dari kata satu, yang berarti utuh atau tidak terpecahpecah. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi keempat, persatuan adalah gabungan, (ikatan, kumpulan, dan sebagainya) beberapa bagian yang sudah bersatu; perserikatan; serikat. Pengertian kesatuan berarti perihal satu; keesaan; sifat tunggal; satuan. Bangsa Indonesia dalah suku bangsa yang menghuni wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke. 

Persatuan secara sederhana berarti gabungan dari beberapa bagian  menjadi sesuatu yang utuh. Atau dengan kata lain persatuan itu berkonotasi disatukannya bermacam-macam corak yang beragam ke dalam suatu kebulatan yang utuh. 
 
2. Pada tanggal 27-28 Oktober 1928 dilangsungkan Kongres Pemuda II di Jakarta. Kongres di hadiri oleh Sembilan organisasi pemuda, yaitu Jong Sumatranen, Jong bataks Bond, Jong Celebes, Pemuda Kaum Betawi, dan PPPI (Perhimpoenan Peladjar-Peladjar Indonesia). Melalui sumpah pemuda, pemuda indonesia menyaakan ikrar untuk bersatu, tidak lagi berjuang secara terpisah di daerah masing-masing. 
 
3. Pada tanggal 20 Mei 1908 di bentuk Boedi Oetomo oleh Dr.Soetmo dan para mahasisa STOVIA (school tot Opleiding van Indische Artsen), Sekolah Tinggi Kedokteran di Jakarta. Organisasi ini menjadi pelopor bagi organisasi kebangsaan lainnya pada masa itu. Oleh karena itu, setiap tanggal 20 Mei ditetapkan sebagai hari Kebangkitan Nasional. 
 
4. Sumpah Pemuda di ikrarkan, rakya Indonesia seakin keras berjuang dan pantang menyerah, menyuarakan persatuan dan kesatuan bangsa 
  1. Menjadi awal dari tumbuhnya kesadaran hidup berbangsa dan bernegara 
  2. Menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan 
  3. Munculnya lambing-lambang pemersatu seperti bendera Merah Putih dan Lagu indonesia Raya 
  4. Menggalang dan memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa    
 
5. Perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai satu kesatuan Ekonomi 
  1. Bahwa kekayaan wilayah Nusantara, baik potensisial maupu efektif adalah modal dan milik bersama bangsa, keperluan hidup sehari-hari harus tersedia merata di seluruh wilayah tanah air. 
  2. Tingkat perkembangan ekonomi harus serasi dan seimbang di seluruh daerah, tanpa meninggalkan ciri-ciri khas yang dimiliki oleh daerah-daerah dalam mengembangkan ekonominya. 
  3. Kehidupan perekonomian di seluruh wilayah nusantara merupakan satu kesatuan ekonomi yang diselenggarakan sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan dan ditujukan bagi kemakmuran rakyat 

E. Penilaian Diri 

Setelah kalian mempelajari materi modul ini, silahkan isi kolom pada tabel 1 Penilaian Diri tentang Sikap dan Pemahaman Kalian terhadap Materi Modul ini Catatan : 
Berilah tanda  check (√) pada Kolom YA tau TIDAK 
Dalam mengisi tabel mohon dilakukan dengan tanggungjawab dan penuh kejujuran.  
Jika Jawaban Kalian cenderung menjawab “YA”, Kalian dapat melanjutkan pembelajaran ke Modul selanjutnya dan sebaliknya jia Jawaban dominan “TIDAK”, Kalian dapat melakukan Pembelajaran Ulang (review) pada materi pembelajaran 1 


Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Makna Persatuan dan Kesatuan Mapel PKn kelas 11 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 


#
Makna Persatuan dan Kesatuan File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • apa makna persatuan dan kesatuan menurut pendapatmu
      • makna persatuan dan kesatuan bangsa pkn kelas 11
      • makna persatuan dan kesatuan bangsa brainly
      • contoh persatuan dan kesatuan
      • jelaskan makna persatuan dan kesatuan
      • perbedaan persatuan dan kesatuan
      • ppt makna persatuan dan kesatuan bangsa
      • kesatuan adalah=
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022