Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Menganalisis Aktivitas Gerak Berirama Mapel PJOK kelas 10 SMA/MA

Materi Menganalisis Aktivitas Gerak Berirama Mapel PJOK kelas 10 SMA/MA - Hai adik adik yang baik apa kabar? semoga dalam keadaan baik baik saja, kebetulan pada kesempatan yang baik ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai materi yang sudah disusun, materi ini kakak ambil dari mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan tentang Menganalisis Gerak Rangkaian Langkah Dan Ayunan Lengan Mengikuti Irama (Ketukan) Dalam Aktivitas Gerak Berirama. Semoga dengan adanya materi ini bisa membantu adik adik. Tetap semangat jangan lupa selalu berdoa sebelum belajar yah.

Materi Menganalisis Aktivitas Gerak Berirama Mapel PJOK kelas 10 SMA/MA
Materi Menganalisis Aktivitas Gerak Berirama Mapel PJOK kelas 10 SMA/MA

Senam irama atau disebut juga senam ritmik adalah gerakan senam yang dilakukan dengan irama musik, atau latihan bebas yang dilakukan secara berirama. Adapun unsur-unsur yang terdapat dalam senam irama meliputi: keluwesan, kesinambungan gerakan, dan ketepatan irama. Rangkaian senam irama dapat dilakukan dengan cara berjalan, berlari, melompat, loncat, serta ayunan, dan putaran tangan. Senam ini dapat dilakukan dengan menggunakan alat ataupun tanpa alat.  Alat yang sering digunakan adalah gada, simpai,tongkat, bola, pita dan topi. 

Istilah

  • Senam Ritmik : Gerakan senam yang dilakukan dengan irama musik, atau latihan bebas yang dilakukan secara berirama. 
  • Senam Irama : Disebut juga senam ritmik adalah gerakan senam yang dilakukan dengan irama musik, atau latihan bebas yang dilakukan secara berirama. 
  • Kebugaran Jasmani : Kesanggupan dan kemampuan tubuh melakukan penyesuaian terhadap pembebanan fisik yang diberikan kepadanya tanpa menimbulkan kelelahan yang berlebihan 
  • Warming UP Pemanasan (salah satu istilah yang digunakan dalam salah satu tahapan senam irama) 
  • Low Impact : Salah satu tahapan dalam senam irama yaitu gerakan yang dilakukan dengan benturan ringan dimana salah satu kaki masih bertumpu di lantai setiap waktu, dan tanpa tekanan tinggi pada sendi-sendi kalian. 
  • Keseimbangan : Definisi menurut O'Sullivan, keseimbangan adalah kemampuan untuk mempertahankan pusat gravitasi pada bidang tumpu terutama ketika saat posisi tegak. 
  • High Impact : Senam irama yang dilakukan dengan intensitas aliran gerakan yang keras atau cepat.  
  • Cooling Down : Merupakan suatu kegiatan fisik yang dilakukan secara perlahan-lahan dan berhenti seperti berjalan, limbering down (senam ringan) dan diikuti dengan stretching setelah tubuh bergerak pada tahap maksimal. 
  • Balance : Keseimbangan 
  • Coordination : Koordinasi. 
  • Koordinasi : Merupakan kemampuan seseorang dalam menyatukan gerakan tubuh berbeda ke dalam satu gerakan yang efektif 
  • Physical Fitness : Kebugaran Jasmani 
  • Senam Aerobic : Senam aerobik merupakan suatu kegiatan menggerakkan suatu bagian tubuh yang memaksa tubuh untuk memperbaiki sistemnya. Serta menuntut lebih banyak oksigen yang berguna untuk memperpanjang waktu dalam senam. 
  • Lompat : Adalah kegiatan mendorong tubuh ke atas dengan menggunakan satu kaki. 
  • Loncat : Adalah kegiatan mendorong tubuh ke atas dengan menggunakan dua kaki 
  • Marching : Gerakan jalan ditempat 
  • Single Step : Melangkahkan kaki bergantian kiri dan kanan satu kali ke samping 
  • Double step Melangkahkan kaki dua langkah ke samping kanan atau dua langkah ke samping kiri satu langkah serong ke kanan belakang dan kembali ke posisi semula kemudian melangkahkan kaki kiri satu langkah serong ke kiri belakang dan kembali ke posisi awal. 
  • Single Lunge Dari posisi awal kaki sejajar melangkahkan kaki kanan sebanyak dua kali   serong ke kanan belakang dan kembali ke posisi awal kemudian melangkahkan kaki kiri dua kali   serong ke kiri belakang dan kembali posisi awal. 
  • Double Lunge Dari posisi awal kaki sejajar rapat, lutut kanan diangkat ke atas sehingga kaki membentuk sudut 90 derajat dan kembali lagi ke posisi awal kemudian diikuti lutut kaki kiri melakukan hal yang sama. 
  • Knee Up Dari posisi awal kaki sejajar melangkahkan kaki kanan kedepan satu kali dengan perkenaan ujungkaki pada lantai dan kembali lagi ke posisi awal , kemudian di ikuti melangkahkan kaki kiri ke depan dengan perkenaan ujung kaki pada lantai dan kembali lagi ke posisi awal 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 1 ini diharapkan: 
  1. Memiliki kesadaran tentang arti penting gerak tubuh sebagai wujud penghayatan dan pengamalan ajaran agamanya; 
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif selama pembelajaran beraktivitas gerak ritmik; 
  3. Menganalisis koreografi aktivitas gerak ritmik yang meliputi gerak langkah kaki, ayunan lengan, dan kombinasinya secara runtut dan sistematis; 
  4. Melakukan sistematika latihan gerak berirama yang meliputi gerak langkah kaki, ayunan lengan, dan kombinasinya secara runtut dan sistematis disertasi nilai sportivitas, kejujuran, kerja sama, dan disiplin. 

B. Uraian Materi 

Senam irama ini merupakan senam yang diperlombakan dalam Olimpiade dan pertandingan senam irama internasional, sementara itu senam aerobic misalnya, merupakan senam yang dilakukan untuk sekedar menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, dimana dalam senam ini sekelompok peserta melakukan gerakan senam dengan dipandu oleh seorang pemandu senam. 
 
Sejauh ini senam irama hanya dilakukan/diperuntukkan oleh kaum hawa. Namun akhirnya Jepang mulai mempelopori untuk menciptakan nomor putra dalam senam irama meski hal ini masih berlaku di kalangan Jepang saja. 
 
Senam ini didominasi oleh kaum hawa. Pertama-tama karena senam ini dilahirkan di Eropa oleh beberapa pakar yang justru merupakan pakar di bidang seni. Dalam perkembangannya, senam irama sangat banyak mengadopsi gerakan balet dan waktu itu tari balet ini juga identik dimiliki oleh kaum hawa. Hal ini berlangsung turun-temurun sehingga senam irama yang awalnya memang dilakukan oleh kaum hawa, menjadi identik sebagai kegiatan olah raga kaum hawa dan sampai sekarang telah menjadi tradisi yang demikian. 
 
1. Unsur-unsur yang diperlukan dalam senam irama 
  • Kelentukan 
  • Keseimbangan 
  • Keluwesan 
  • Fleksibilitas 
  • Kontinuitas 
  • Ketepatan 
2. Jenis-jenis senam irama 
  • Senam irama yang berasal dari seni sandiwara, dipelopori oleh Delsarte tahun 1811 – 1871, seorang sutradara. Ia menghendaki agar gerakan dalam sandiwara yang dibuat-buat itu dapat dilakukan dengan gerakan yang wajar. Tetapi ia belum berhasil, karena sifat kesandiwaraan masih terlihat dalam aliran ini. Dialah yang pertama-tama menciptakan sistem senam irama. 
  • Senam irama yang berasal dari seni musik ini dipelopori oleh Jacques Dalcroze, seorang guru musik yang ingin menyatakan lagu-lagu dalam bentuk gerakan. Dalam sistemnya sudah tentu lebih mementingkan musiik dari pada gerakan. Murid Dalcroze, Bode, berpendapat bahwa gerakan itu harus digerakkan dari dalam ke feri-feri. Maka senamnya terkenal dengan nama “Ausdruk Gymnastiek” artinya senam yang dijalankan dengan penuh perasaan. Murid Bode adalah yang sangat senang memberikan latihan dengan alat seperti bola, gada dan simpai. 
  • Senam irama yang berasal dari seni tari, dipelopori oleh Rudolfb Laban tahun 1879 – 1958 
3. Gerakan dasar langkah kaki 
a. Marching gerakan jalan di tempat. 

b. Single Step, melangkahkan kaki satu langkah ke samping kanan atau ke samping kiri.  
 
c. Double Step ; melangkahkan kaki dua langkah ke samping kanan atau dua langkah ke samping kiri 
 
d. Single Lunge; dari posisi awal kaki sejajar melangkahkan kaki kanan, satu langkah serong ke kanan belakang dan kembali ke posisi semula kemudian melangkahkan kaki kiri satu langkah serong ke kiri belakang dan kembali ke posisi awal. 

 
e. Double Lunge; dari posisi awal kaki sejajar melangkahkan kaki kanan, sebanyak dua kali   serong ke kanan belakang dan kembali ke posisi awal kemudian melangkahkan kaki kiri dua kali   serong ke kiri belakang dan kembali posisi awal. 

 
f. Heel Touch; Dari posisi awal kaki sejajar melangkahkan kaki kanan ke depan satu kali dengan perkenaan tumit ke lantai dan kembali lagi ke posisi awal, kemudian diikuti melangkahkan kaki kiri ke depan dengan perkenaan tumit ke lantai dan kembali lagi ke posisi awal. 


g.
Toe TouchDari posisiawal kaki sejajar melangkahkan kaki kanan kedepan satu kali dengan perkenaan ujungkaki ke lantai dan kembali lagi ke posisi awal, kemudian diikuti melangkahkan kaki kiri ke depan dengan perkenaan ujung kaki ke lantai dan kembali lagi ke posisi awal. 
 

h.
Knee UpDari posisi awal kaki sejajar rapat, lutut kanan diangkat ke atas sehingga kaki membentuk sudut 90 derajat dan kembali lagi ke posisi awal kemudian diikuti lutut kaki kiri melakukan hal yang sama. 
  
i. Forward & Backward (Mambo) Dari posisi kaki rapat sejajar, langkahkan kaki kanan kedepan diikuti kaki kiri sehingga kedua kaki rapat sejajar didepan, kemudian kaki kanan dilangkahkan kebelakang 1 langkah diikuti kaki kiri kebelakang, sehingga kedua kaki kembali ke posisi semula. 
  

j.
V Step Posisi awal kaki rapat sejajar, langkahkan kaki kanan serong kanan  ke depan di ikuti langkah kaki kiri serong kiri ke depan, sehingga kedua kaki sejajar terbuka lebar di depan. Kemudian langkahkan kaki kanan kembali serong ke belakang diikuti dengan kaki kiri, sehingga kedua kaki kembali seperti posisi awal.  


k. Leg Curl 
  1. Posisi awal kaki rapat sejajar. 
  2. Tekuk kaki kiri kebelakang hingga membentuk sudut 90 derajat 3) Kembali lagi ke posisi awal. 
  3. Selanjutnya bergantian tekuk kaki kanan ke belakang hingga   
  4. membentuk sudut 90 derajat 
  5. Kembali lagi ke posisi awal kaki rapat sejajar. 

l.  Single Diagonal 
  1. Posisiawal kaki rapatsejajar 
  2. Putar badan 45 derajad ke kiri dengan melangkahkan kaki kanan ke depan. 
  3. Ikuti kaki kiri merapat sejajar ke kaki kanan. 
  4. Putar badan 45 derajad ke kanan dengan melangkahkan kaki kiri ke depan. 
  5. Ikuti kaki kanan merapat sejajar ke kaki kiri. 
  6. Langkahkan kaki kanan ke samping diikuti kaki kiri merapat sejajar dengan kaki kanan. 
  7. Putar badan 45 derajat ke kiri diikuti kaki kanan ke belakang posisi badan kembali seperti awal. 

C. Rangkuman 

Senam irama atau disebut juga senam ritmik adalah gerakan senam yang dilakukan dengan irama musik, atau latihan bebas yang dilakukan secara berirama. Alat yang digunakan dalam senam ritmik sportif adalah: bola (ball), pita (ribbon), tali (rope), simpai (hoop), gada (clubs). Variasi dan kombinasi gerak ritmik mencakup langkah kaki, ayunan lengan, koordinasi. 
 
Pembelajaran gerak ritmik mampu membentuk sikap: menghargai tubuh, syukur kepada Sang Pencipta, berperilaku sportif, bertanggung jawab, menghargai perbedaan karakteristik, menunjukkan kemauan bekerjasama, toleransi dan mau berbagi dengan teman. Juga disiplin, menerima kekalahan dan kemenangan, dan mampu menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan gerak serta mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan gerak ritmik dengan koordinasi gerak yang baik. 

D. Penugasan Mandiri     

E. Latihan Soal  

Nah untuk mengetahui kemampuan kalian sejauh mana dalam penguasaan materi Aktivitas senam ritmik, ayo kerjakan latihan berikut dengan cara menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan benar! 
1.  Sebutkan 4 kaidah   yang diperlukan dalam senam irama?  
2. Apakah nama gerak dasar langkah kaki ini? 


3. Perhatikan gambar di bawah ini ! 

Apakah nama gerak dasar langkah kaki  ini?  
4.  Gerakan langkah kaki jalan ditempat dalam gerak dasar langkah kaki senam irama dinamakan?  
5.  Melangkahkan kaki kesamping kiri dan atau kesamping kanan dalam gerak dasar langkah kaki senam irama disebut…  
 
Jawaban

F. Penilaian Diri 

Berilah tanda √ pada kolom ‘Ya’ jika kalian sudah menguasai materi tersebut dan pada kolom ‘Tidak’ jika kalian belum menguasainya. 


Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Menganalisis Aktivitas Gerak Berirama Mapel PJOK kelas 10 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Aktivitas Gerak Berirama File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • contoh aktivitas gerak berirama
      • manfaat aktivitas gerak berirama
      • gerakan ayunan lengan dalam aktivitas gerak berirama
      • contoh gerak berirama
      • jelaskan cara melakukan gerakan langkah rapat dalam aktivitas gerak berirama
      • gerak dasar senam irama
      • gerak berirama adalah
      • gerakan senam irama
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022