Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Menyundul Bola Dan Bermain Sepak Bola Dengan Teman Mapel PJOK kelas 11 SMA/MA

Materi Menyundul Bola Dan Bermain Sepak Bola Dengan Teman Mapel PJOK kelas 11 SMA/MA - Hai adik adik, bagaimana kabarnya? semoga dalam keadaan sehat sehat saja, kebetulan pada kesempatan yang baik ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai materi yang sudah dipersiapkan yaitu materi Menyundul Bola Dan Bermain Sepak Bola Dengan Teman. Materi ini diambil dari mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk adik adik kelas XI SMA/MA dan tentunya sudah dilengkapi dengan Latihan soal serta kunci jawaban. Semoga bermanfaat yah. Selamat belajar!!

Materi Menyundul Bola Dan Bermain Sepak Bola Dengan Teman Mapel PJOK kelas 11 SMA/MA
Materi Menyundul Bola Dan Bermain Sepak Bola Dengan Teman Mapel PJOK kelas 11 SMA/MA
Permainan sepak bola adalah permaianan yang sangat populer dan digemari di seluruh dunia. Permainan ini dimainkan oleh sebelas orang pemain, salah satu pemain bertugas sebagi penjaga gawang (kiper). Kiper mempunyai tugas menghalau tendangan lawan yang mengarah ke gawang agar bola tidak masuk. Selama bermain menghalau serangan lawan, kiper boleh menangkap bola dengan tangan dan menghalau bola menggunakan seluruh anggota tubuh lainnya. Berbeda dengan sepuluh pemain lainnya, selama permainan kesepuluh pemain lain menggunakan seluruh bagian tubuh, kecuali lengan. Namun bukan berarti kesepuluh pemain tersebut tidak boleh menggunakan tangan sama sekali selama pertandingan, mereka dapat menggunakan tangan saat melakukan lemparan ke dalam. 

Sepak bola saat ini menjadi sebuah bisnis yang sangat menjanjikan. Keuntungan dan penghasilan dapat diraih oleh klub, pemain, penyelenggara, media penyiaran, dan masyarakat pelaku sepak bola profesional saat ini. Disamping keuntungan dari sisi bisnis, sepak bola juga membentuk komunitas pencinta klub sepak bola yang loyal kepada klub tersebut. Penghasilan yang besar bagi klub, pemain, penyelenggara, dst menjadikan sepak bola saat ini menjanjikan lapangan pekerjaan yang baik. Hal ini dapat dijadikan peluang bagi orang-orang yang memiliki ketertarikan pada sepak bola untuk menekuni bisnis ini entah sebagai pemain ataupun yang lainnya.  

Sepak bola sebagai sebuah permainan dan olahraga beregu membutuhkan sikap jujur, sportif, kerjasama dan displin. Permainan ini secara tidak langsung membentuk kejujuran, sikap menghargai lawan sebagai teman dalam permainan, saling menghormati serta kerjasama antara teman dan disiplin dalam menjalankan tugas. 

Istilah

  • Permaianan bola besar : Kelompok permainan dalam mata pelajaran PJOK yang menggunakan bola relatif besar, diantaranya sepak bola, bola basket dan bola voli 
  • Sepak bola : Permainan yang dapat dilakukan baik oleh putera maupun puteri dengan jumlah pemain sebanyak 11 orang 
  • Menendang bola : Keterampilan gerak yang dilakukan dengan menggunakan bagian kaki dalam, luar, punggung, dan bagian kaki lainnya dengan tujuan mengumpan atau mencetak gol 
  • Mengontrol bola : Keterampilan gerak yang dapat dilakukan dengan menggunakan hampir seluruh bagian badan, kecuali lengan 
  • Menggiring bola : Keterampilan gerak yang dilakukan untuk menguasai bola, menjauh dari lawan, melewati lawan, mendekati gawang lawang, dll 
  • Menyundul bola : Mematuk bola dengan dahi untuk mengontrol bola, mencetak gol atau yang lainnya 
  • Bermain sepak bola : Bermain dengan teman sebagai lawan dengan aturan baku atau aturan yang dimodifikasi   
  • Kaki bagian dalam : Bagian kaki yang segaris dengan ibu jari 
  • Kaki bagian luar : Bagian kaki yang segaris dengan jari kelingking 
  • Punggung kaki : Bagian kaki yang ada di tengah 
  • Dahi : Daerah di atas alis mata sebagai bagian depan dari kepala  
  • Tungkai : Bagian tubuh mulai pangkal paha hingga jari kaki 
  • Kaki : Daerah mulai dari pergelangan kaki sampai jari kaki 
  • Lengan : Bagian tubuh mulai bahu hingga jari tangan 
  • TanganDaerah mulai dari pergelangan tangan sampai jari tangan 

A. TujuanPembelajaran  

Setelahkegiatanpembelajaran2inidiharapkan: 
  1. Memiliki kesadaran tentang arti penting merawat tubuh sebagai wujud syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa. 
  2. Kalian memiliki disiplin dan rasa ingin tahu yang tinggi dalam menganalisis keterampilan gerak sepak bola serta menyusun rencana perbaikan. 
  3. Kalian mampu menganalisis kesalahan dalam menyundul bola ke arah gawang dan melakukan perbaikan saat praktik melakukannya 
  4. Kalian mampu menganalisis kesalahan dalam bermain sepak bola dan melakukan perbaikan saat praktik melakukannya 

B. UraianMateri 

1. Menyundul bola 

Untuk mendapatkan kekuatan di balik sebuah sundulan kepala, kalian perlu menggunakan seluruh tubuh bagian atas, terutama otot leher kalian. Jangan lupa untuk menarik kepala ke belakangdan dorongkan bahu kalian ke depan seperti kalian sedang mamatuk bola dengan kepala kalian. 
  1. Berdiri dalam posisi seimbang menghadap arah datangnya bola. 
  2. Pandangan mengarah datangnya bola. 
  3. Bergerak mendekati bola setelah berjarak kira-kira satu meter antara kepala dan bola, lalu melakukan sundulan dengan menguatkan leher. 
  4. Sundulan bola dilakukan dengan dahi. 
Gambar 12: Menyundul bola 

Sumber:Jennings Madeleine & Ian Howe, Skill in Motion Soccer Step by Step 
 
2. Bermain dengan teman 

Dalam kegiatan berikut kalian melakukan permainan sepak bola dengan teman yang ada di sekililingmu. Permainan bisa saja dimodifikasi menjadi permainan 1 vs 1, 2 vs 2, 3 vs 3, atau selebihnya. Hal ini bergantung pada jumlah peserta yang ada di sekelilingmu. 

1) Bermain 1 vs 1, 2 vs 2, dst 
Permainan ini dilakukan dengan cara menyerang untuk melewati garis belakang lapangan lawan. Untuk peraturan disederhanakan dengan cara pemain menyerang melewati garis belakang lawan hanya dengan cara menggiring bola. Pemenang dari permainan ini didapat jika pemain membuat banyak keberhasilan membuat skor melewati garis belakang lapangan lawannya. 
Gambar 13: 1 vs 1  
  
Sumber:Jim Garland, Youth Soccer Drills 
   
Gambar 14: 2 vs 2 

Sumber:Jim Garland, Youth Soccer Drills 
 
2) Bermain 2 vs 2 dengan gawang 
Permainan ini dilakukan dengan tim yang berisi satu pemain penyerang dan satu kiper. Apabila pemain penyerang mencetak gol, maka si pemain penyerang berganti peran sebagai kiper. Pemenang ditentukan dari banyaknya gol yang dicetak oleh satu tim. 
  
Gambar 15: 2 vs 2 dengan menggunakan gawaang 

Sumber:Jim Garland, Youth Soccer Drills 

C. Rangkuman 

Sundulan kepala yang akurat bisa menjadi senjata yang mematikan dan ampuh dalam menjaringkan bola ke gawang lawan. Namun dalam pelaksanaannya tidak semua pemain dapat melakukan sundulan yang akurat. Hal penting yang harus diketahui adalah bahwa perkenaan sundulan kepala harus tepat pada dahi.  

Untuk usia remaja seperti kalian, resiko cidera yang diakibatkan melakukan sundulan kepala lebih kecil dibandingkan anak usia di bawah 12 tahun. Jika kalian disiplin dalam berlatih melakukan teknik ini, niscaya kalian dapat menguasainya dengan baik. 

Penguasaan keterampilan gerak menendang, mengontrol, menggiring, dan menyundul bola akan tetap berdiri sendiri atau terpisah tanpa melakukan permainan. Bermain sepak bola dengan jumlah pemain yang sedikit memudahkan kita untuk mengeluarkan atau mengaplikasikan keterampilan gerak dalam permainan. Diharapkan dengan bermain dengan jumlah pemain yang bertambah sedikit demi sedikit sampai dengan jumlah sebenarnya, menjadikan kalian berkembang penguasaan keterampilan geraknya. Selain itu diharapkan saat bermain tumbuh sikap kejujuran, kedisiplinan, sportifitas, dan kerjasama dalam membangun permainan.  
 

D. Penugasan Mandiri 

Lakukanlah tugas di bawah ini dengan rasa ingin tahu dan tanggung jawab yang tinggi dalam upaya pencapaian tujuan pembelajaran! 
 
1. Lakukan latihan menyundul bola secara individu! Lempar bola dan lakukan sundulan kepala!  
  
Gambar 16: Sumber; Jim Garland, Youth Soccer Drills 

a. Lakukan latihan selama 10 kali pengulangan! 
b. Lakukan selama 30 detik, hitunglah dan catatlah berapa percobaan yang dapat dilakukan! 
c. Buatlah refleksi, apakah hasil sundulan kepalamu mengarah tepat di atas kepala atau melenceng. Lakukan perbaikan! 
 
2. Lakukan latihan menyundul bola secara berpasangan dengan teman, seperti gambar di bawah ini! 
  
Gambar 17: Sumber; Jim Garland, Youth Soccer Drills 

a. Lakukan sundulan kepala sebanyak 5 kali pengulangan secara bergantian! 
b. Tambahkan target sundulan diantara kalian sesuai kesepakatan! 

E. Latihan Soal 

Kerjakan dan jawablah soal-soal latihan di bawah ini dengan cara memberikan uraian singkat dengan jelas! 
 
Pertanyaan: 
Seorang temanmu merasa takut saat mengikuti kegiatan belajar PJOK dengan materi sepak bola. Menurut ceritanya, dia pernah pingsan saat terkena bola pada wajahnya. Saat ini dia ingin sekali bisa melakukan permainan sepak bola dan bermain denganmu. Sebagai teman, apa yang dapat kamu lakukan untuk menolongnya? 
Pembahasan Latihan Soal Kegiatan Pembelajaran 2 
1. Mengajak berlatih dengan menggunakan bola yang lebih ringan
2. Mengajak berlatih mulai dari gerakan yang paling mudah ke gerakan yang lebih sulit. 
3. Memulai latihan dari mempelajari keterampilan gerak menggiring, menendang, menahan dan menyundul bola 

F. PenilaianDiri 

Berilah tanda ceklis (√) pada kolom ‘Ya’ jika kalian sudah menguasai materi/melakukan hal tersebut dan pada kolom ‘Tidak’ jika kalian belum menguasai materi/melakukan hal tersebut!   
 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Menyundul Bola Dan Bermain Sepak Bola Dengan Teman Mapel PJOK kelas 11 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Menyundul Bola Dan Bermain Sepak Bola Dengan Teman File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • johan dan temannya bermain sepak bola johan menerima operan bola dengan
      • menyundul bola adalah
      • menyundul bola dengan awalan
      • teknik menyundul bola adalah
      • menyundul bola dalam sepak bola disebut
      • teknik menyundul bola dalam permainan sepak bola
      • teknik menyundul bola dengan sikap berdiri yang tidak benar adalah
      • teknik menyundul bola menggunakan kepala bagian
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022