Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Bagian-Bagian Penting dari Permasalahan Aktual Mapel Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/MA

Materi Bagian-Bagian Penting dari Permasalahan Aktual Mapel Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/MA - Hai adik adik yang baik, apa kabar? semoga dalam keadaan baik baik saja, jangan lupa untuk selalu menggunakan masker jika keluar rumah, oiya pada kesempatan yang baik ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai materi yang sudah kakak susun, materi ini merupakan materi dari mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI SMA/MA tentang Bagian-Bagian Penting dari Permasalahan Aktual. Semoga bermanfaat!!

Materi Bagian-Bagian Penting dari Permasalahan Aktual Mapel Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/MA
Materi Bagian-Bagian Penting dari Permasalahan Aktual Mapel Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/MA

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari kegiatan pembelajaran 2 ini, kalian diharapkan dapat menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan aktual sebagai bahan untuk disajikan dalam ceramah dengan teliti, terampil, dan semangat.

B. Uraian Materi

Pada kegiatan pembelajaran sebelumnya, kalian sudah mengidentifikasi informasi berupa permasalahan aktual yang disajikan dalam ceramah. Kegiatan pembelajaran 2 ini, merupakan Langkah selanjutnya dari menganalisis teks ceramah.

1. Menelaah Bagian Penting dan Permasalahan yang Aktual
Kalian pasti telah mengerjakan latihan soal pada kegiatan pembelajaran 1, mari kita bahas pada kegiatan pembelajaran 2 untuk mencari bagian-bagian penting dari teks ceramah tersebut.

Informasi penting dalam sebuah teks dapat digali dengan sejumlah pertanyaan untuk mengetahui permasalahan aktual yang disampaikan melalui sebuah gagasan yang didukung dengan argumentasi yang logis. Argumentasi tersebut, bisa saja berupa pendapat penulis sesuai dengan sudut pandangnya, bisa juga berupa fakta langsung, baik yang sifatnya kuantitatif maupun kualitatif.

Itulah bagian-bagian penting dalam sebuah teks ceramah yang harus kalian telaah melalui kegiatan pembelajaran ini. Adapun bagian penting dari sebuah teks ceramah adalah permasalahan atau pandangan umum, argumentasi berupa pendapat dan fakta, serta saran atau rekomendasi. Untuk memahami ketiga bagian penting teks ceramah, perhatikan uraian berikut ini!

a. Permasalahan
Ketika akan memulai sebuah ceramah, hal utama yang harus dipersiapkan adalah permasalahan yang dijadikan topik pembicaraan. Untuk dapat mengidentifikasi permasalahan ataupun pandangan umum penulis terhadap suatu permasalahan, kalian dapat melihatnya pada bagian awal teks tersebut. Biasanya, penulis akan memaparkan informasi yang menjadi titik utama permasalahannya.

b. Argumentasi
Agar permasalahan yang disampaikan tidak melebar dan/ atau menimbulkan kesalahpahaman bagi pendengar/pembaca, penulis akan berusaha mengajukan argumen yang logis. Argumen tersebut tentu saja bisa berupa pendapat dan fakta.

1. Pendapat
Pendapat atau opini merupakan buah pemikiran penulis mengenai suatu permasalahan atau hal yang diperbincangkan dalam teks ceramah tersebut.

2. Fakta
Fakta-fakta yang disajikan penulis atau penceramah bisa berupa kutipan dari tokoh, instansi, ataupun lembaga yang kompetensinya sesuai dengan permasalahan yang dikupas.

3. Saran
Sebagai penutup, penulis umumnya memberikan penegasan atas pernyataan- pernyataan yang telah dikemukakan sebelumnya. Pada bagian ini, penulis dapat memberikansaran atau rekomendasi, baik berupa ajakan maupun nasihat untuk mengatasi permasalahan yang dikemukakan.

2. Merancang Bagian-bagian Penting dari Permasalahan Aktual

Mengonstruksi informasi dalam teks ceramah dapat dilakukan dengan menceritakan kembali atau memberi tanggapan teks tersebut. Salah satu bentuk tanggapan yang dapat kita lakukan adalah komentar. Pada bagian sebelumnya, kita telah mengidentifikasi informasi berupa permasalahan aktual yang disajikan dalam teks ceramah. Dengan informasi yang sudah didapatkan, kita dapat memberi komentar. Dengan memberi komentar secara tidak langsung kita telah mengonstruksi (membangun kembali) informasi dalam teks tersebut karena komentar tentu berlandaskan informasi. Ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum memberi komentar, yaitu bentuk, isi, dan cara menyampaikannya. Mari kita bahas satu per satu.

1. Mengenali Konteks
Mengenali konteks berarti mengenal peserta ceramah dan situasinya. Isu atau topik yang disampaikan tentu akan berbeda jika audiensinya berbeda pula. Sebagai contoh, topik untuk siswa akan berbeda dengan topik untuk orang dewasa. Demikian pula dengan situasinya. Gaya ceramah yang akan disampaikan tentu akan berbeda antara gaya berceramah dalam situasi resmi dan suasana santai.

2. Menentukan Topik
Penentuan isu ceramah tersebut sebaiknya mempertimbangkan:
  1. sesuai dengan latar belakang dan pengetahuan pendengar,
  2. menarik minat,
  3. ruang lingkup jelas dan spesifik, dan
  4. sesuai dengan waktu dan situasi.
3. Menentukan Topik
Pada hakikatnya, ceramah berfungsi menambah pengetahuan pendengar. Sebagai contoh, ceramah tentang pemanfaatan waktu yang efektif, peranan pelajar pada eraglobal, atau isu faktual lainnya.

4. Menyusun Kerangka Ceramah
Kerangka ceramah memuat pokok-pokok materi yang akan diceramahkan. Kerangka akan memudahkan kita dalam menyusun ceramah. Ceramah menjadi lebih sistematis, pengulangan pembahasan dapat dihindari, serta pengumpulan data dan sumber-sumber menjadi lebih terukur. Adapun kerangka ceramah yang baik memiliki ciri-ciri berikut.
  • Meliputi tiga bagian pokok, yakni pengenalan isu, rangkaian argumen, dan penegasan kembali.
  • Mengungkapkan maksud yang jelas.
  • Setiap bagian dalam kerangka hanya mengandung satu gagasan.
  • Bagian-bagian dalam kerangka karangan harus tersusun secara logis.
5. Mengumpulkan dan Memilih Bahan
Pengumpulan bahan dapat dilakukan dari sumber-sumber berikut:
  • surat kabar atau buku yang berhubungan dengan materi yang akan disampaikan.
  • contoh teks ceramah,
  • istilah istilah populer, cerita, atau humor-humor yang relevan.
Adapun pemilahan materi diakukan dengan memperhatikan hal-hal berikut:
  • pilihlah materi yang aktual (sedang hangat diperbincangkan),
  • pisahkan materi pokok dengan materi penunjang, dan
  • usahakan materi padat sehingga ceramah tidak terlalu lama dan membosankan.

C. Rangkuman

  1. Bagian penting dari sebuah teks ceramah adalah permasalahan atau pandangan umum, argumentasi berupa pendapat dan fakta, serta saran atau rekomendasi.
  2. Ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum memberi komentar pada teks ceramah, yaitu bentuk, isi, dan cara menyampaikannya .
  3. Pokok-pokok ceramah berarti hal atau masalah yang menjadi pusat pembicaraan dalam suatu ceramah.
  4. Langkah-langkah merancang bagian-bagian penting dalam permasalahan faktual
    • Mengenali konteks
    • Menentukan topik
    • Merumus tujuan ceramah
    • Menyusun kerangka ceramah
    • Mengumpulkan dan memilih bahan

D. Penugasan Mandiri

Bacalah dengan saksama teks ceramah berjudul Moral remaja Masa Kini. Kalian boleh berdiskusi bersama teman-teman menandai bagian-bagian informasi aktual yang penting dari teks tersebut. Lalu buatlah kesimpulan teks tersebut secara keseluruhan dengan menggunakan tabel di bawah ini.

Moral Remaja Masa Kini

Assalamu'alikum Wr. Wb. Salam sejahtera bagi kita semua,

Pada kesempatan yang berbahagia ini, ijinkan saya memberikan ceramah dengan tema tentang rusaknya moral remaja masa kini.

Belakangan ini ramai diperbincangkan di televisi, surat kabar, jejaring sosial di internet, serta berbagai media yang lain mengenai moral remaja masa kini. Ada begitu banyak permasalahan yang terjadi pada lingkungan remaja saat ini. Hal - hal tersebut yang membuat sebagian besar para orang tua mengelus dada dan tidak habis pikir mengapa terjadi penurunan moral remaja masa kini. Coba kita lihat kasus-kasus pemakaian narkoba, tawuran, pencurian, bahkan pembunuhan dilakukan oleh kaum remaja. Tidak sedikit diantara mereka yang mempunyai tingkat pendidikan yang baik, berasal dari keluarga yang berkecukupan, bahkan tidak sedikit diantara mereka merupakan publik figur yang di idolakan oleh banyak remaja lainnya.

Dari banyak kasus yang terjadi, sebagian besar dari pelaku mengaku bahwa mereka menyesal atas apa yang telah mereka lakukan. Penyebab rusaknya moral remaja saat ini cenderung disebabkan oleh pembentukan mental serta karakter yang kosong, dimana para remaja tersebut tidak mempunyai pegangan dalam menjalankan hidup.

Tidak adanya landasan agama yang kuat serta bimbingan dan kasih sayang dari orang tua juga disinyalir sebagai pokok permasalahan ini. Para orang tua yang sibuk bekerja demi mencukupi kebutuhan hidup keluarganya dimana kita juga tahu bahwa tuntutan kebutuhan sudah sangat tinggi ditambah dengan minimnya pendidikan agama yang diberikan kepada anak telah menciptakan generasi muda yang rapuh, emosional, dan cenderung anarkis.

Kondisi seperti ini harus segera diatasi demi kebaikan kita bersama. Karena generasi muda merupakan tulang punggung bangsa, calon pemimpin dimasa depan, dan para generasi muda lah yang akan membawa negara ini ke arah yang lebih baik. Bila generasi muda tidak bisa diharapkan lagi, bisa dibayangkan akan menjadi apa bangsa dan negara kita tercinta ini.

Peranan orang tua dalam membina, mendidik, serta membentuk karakter para remaja sangatlah dominan. Oleh karena itu, dibutuhkan kerjasama yang baik antara orang tua dan anak. Ini berarti bahwa orang tua harus bisa memberikan pengertian serta berperan sebagai pengayom anak-anak mereka sehingga para anak merasa nyaman dan terlindungi. Bila hal ini telah terjadi, anak tidak akan mencari tempan yang mereka anggap nyaman di luar rumah. Karena bisa jadi tempat yang mereka anggap nyaman tersebut merupakan pergaulan yang salah sehingga bisa mempengaruhi karakter dan mental anak di masa yang akan datang. Selain itu, berikanlah pendidikan agama sedini mungkin sejak masih usia kanak-kanak. Pendidikan agama merupakan pondasi utama yang bisa dijadikan pegangan dalam melakukan semua hal. Menciptakan rasa takut kepada Tuhan merupakan hal yang sangat penting karena bila remaja sudah tidak mempunyai rasa takut kepada Tuhan, apapun yang mereka lakukan sudah pasti akan menyimpang dari norma dan kaidah yang berlaku di masyarakat.

Kita tidak boleh berhenti untuk tetap berusaha menyelamatkan mental dan moral para generasi muda kita. Dengan memberikan fondasi agama yang kuat serta memberikan kasih sayang kepada para generasi muda, bisa dipastikan tidak akan terjadi lagi penurunan moral para remaja sehingga kita akan mempunyai kualitas hidup yang lebih baik, dapat hidup dengan lebih nyaman, serta terjaminnya masa depan negara tercinta ini.

Demikian ceramah dari saya, semoga bisa memberikan sedikit pencerahan bagi kita semua.
Terimakasih, wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Sumber: http://nawwafcom.blogspot.com/2013/04/contoh-ceramah-tentang-moral-remaja.html

Kunci jawaban



E. Latihan Soal

Cermati infografis berikut!

Bersiap New Normal: Yang Harus Selalu Ada dan Harus Dibawa

Sumber : ppid.bengkaliskab.go.id

  1. Susunlah informasi penting berdasarkan infografis yang disajikan!
  2. Tentukan sebuah topik ceramah berdasarkan informasi penting yang Kalian temukan!
  3. Jadikan informasi-informasi tersebut untuk membuat kerangka ceramah yang mendukung topik!
Rubrik penilaian latihan

F. Penilaian Diri

Berilah tanda centang (√) pada format di bawah ini sesuai dengan jawaban kalian!
Jika menjawab “TIDAK” pada 5 atau lebih pertanyaan di atas, maka pelajarilah kembali materi tersebut dan pelajari ulang kegiatan belajar 2, yang sekiranya perlu kalian ulang dengan bimbingan Guru atau teman sejawat. Jangan putus asa untuk mengulangi.


Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Bagian-Bagian Penting dari Permasalahan Aktual Mapel Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 


#
Bagian-Bagian Penting dari Permasalahan Aktual File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • informasi penting tentang permasalahan aktual yang disajikan dalam ceramah terdapat pada bagian
      • permasalahan aktual adalah
      • contoh informasi aktual dalam teks ceramah
      • contoh permasalahan aktual
      • menyusun bagian bagian penting dari permasalahan aktual
      • contoh teks ceramah
      • isi dan struktur teks ceramah
      • informasi aktual adalah
      • secara berkelompok tandailah bagian bagian penting dari teks tersebut
      • kesimpulan dari teks tentang jepang
      • menemukan kalimat majemuk bertingkat dalam teks ceramah
      • permasalahan aktual adalah
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022