Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Bentuk - Bentuk Pertunjukan Musik Barat Mapel Seni Budaya kelas 11 SMA/MA

Materi Bentuk - Bentuk Pertunjukan Musik Barat Mapel Seni Budaya kelas 11 SMA/MA - Halo adik adik yang baik apa kabar? semoga dalam keadaan baik baik saja ya, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai materi yang sudah kakak siapkan yaitu materi tentang Bentuk- Bentuk Pertunjukan Musik Barat yang disusun dari mata pelajaran Seni Budaya untuk adik adik kelas 11 SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa membantu adik adik ya. Semangat!!

Materi Bentuk –Bentuk Pertunjukan Musik Barat Mapel Seni Budaya kelas 11 SMA/MA
Materi Bentuk –Bentuk Pertunjukan Musik Barat Mapel Seni Budaya kelas 11 SMA/MA

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran1 ini kalian diharapkan memiliki kemampuan: 
  1. Mengidentifikasi alat musik dan unsur-unsur musik pada pertunjukan instrument orchestra secara langsung atau melalui media audio visual 
  2. Mendeskripsikan hasil analisis pertunjukan orchestra 
  3. Mengidentifikasi alat musik, dan unsur-unsurmusik pada pertunjukan solo secara langsung atau melalui media audio visual 
  4. Mendeskripsikan hasil analisis pertunjukan solo 



B. Uraian Materi 

A. Bentuk-bentuk Pertunjukan Musik Barat 

Pertunjukan musik tunggal, yaitu bentuk pertunjukan musik yang hanya menampilkan seorang musikus dalam bernyanyi ataupun dalam memainkan alat musik tertentu. Sebagai contoh, apabila kalian mempertunjukan seni vocal seorang diri, mempertunjukan permainan gitar seorang diri, mempertunjukan piano seorang diri, mempertunjukan seni musi organ, biola, saksopon, drum, dan lain sebagainya secara mempertunjukan seni musik tersebut seorang diri.  

Berikut ini adalah contoh memainkan alat musik tunggal 

 
Pertunjukan kelompok musik terbatasKalian tau apa yang dimaksudkan dengan pertunjukan musik terbatas? Nah pertunjukan musik terbatas adalah pertunjukan seni musik dari sekelompok pemusik, baik itu musik vocal  dalam bentuk duet , trio, kuartet, kuintet atau paduan suara (koor), atau pertunjukan  musik dari sekelompok pemusik yang mempertunjukan permainan alat musik sampai dengan bentuk kelompok ansambel terbatas, sifat dari pertunjukan musik seperti ini tidak jauh berbeda dari pertunjukan musik sebelumnya, yakni terkesan formal dan penonton harus benar-benar disiplin 

Berikut contoh pertunjukan sekelompok pemain alat musik Kwartet 

Pertunjukan Musik OrchestraBerikutnya kita mengenal bentuk pertunjukan Orkestra, kalian tahu apa itu orkestra? Nah.. pertunjukan musik Orchestra pada dasarnya dapat didefinisikan sebagai sekelompok musisi yang memainkan alat musik klasik bersama-sama. Sebuah orkestra bahkan bisa memiliki lebih dari seratus pemusik, bisa kalian bayangkan, banyak sekali bukan?. 


Orkestra besar dikenal sebagai orkestra simfoni atau orkestra philharmonic, sedangkan orkestra kecil dengan tiga puluh sampai empat puluh pemain musik dikenal sebagai 
orkestra kamar. Kalian juga harus tahu bahwa Orkestra itu umumnya dipimpin oleh seorang konduktor yang mengarahkan pertunjukan dengan gerakangerakan tangannya 


a. Petunjukan Musik Elektrik  
  
 Pertunjukan musik elektrik, kalian lihat ada kata elektik disini, kira-kira bagaimana bentuk pertunjukan musik menurut kalian.. ya betul.. pertunjukan musik elektrik adalah suatu penyajian pertunjukan musik dengan menggunakan perlengkapan atau alat -alat musik elektrik yang berkekuatan tinggi. Pertunjukan musik elektrik berkekuatan tinggi ini sangat berbeda dari penyajian musik sebelumnya yang hanya ditampilkan di dalam ruang tertutup, pertunjukan jenis musik ini biasanya dilakukan di ruang terbuka dengan jumlah penonton yang bisa mencapai ribuan orang. 



Penyajian dan kelompok-kelompok band ternama pada umumnya menggunakan bentuk pertunjukan musik seperti ini. Sifat dari pertunjukan musik ini tidak formal dan penonton boleh saja berteriak-teriak atau ikut menyanyi bersama penyanyi yang sedang tampil di atas pentas. Nah kita lihat contoh pertunjukan musik Elektrik:

Pertunjukan musik barat
dalam memiliki beberapa tujuan: 

1. Media Religius 
 
Pertunjukan musik barat media Religius adalah, musik yang diciptakan dan dipertunjukan pada acara-acara khusus agar mampu meningkatkan keyakinan mereka dalam melaksanakan kegiatan upacara keagamaan.  


2. Media Simbolis 

Pertunjukan musik barat Tujuan simbolis adalah pertunjukan seni musik  yang dalam sajian atau pertunjukannya bertujuan untuk menanamkan penghormatan pada simbol -simbol kebanggaan terhadap sesuatu yang besar, seperti bangsa dan negara.  
Sebagai contoh pertunjukan seni musik yang membawakan lagu-lagu kebangsaan, lagu-lagu perjuangan, lagu organisasi/perkumpulan tertentu, lagu-lagu pujian untuk pahlawan, dan sejenisnya. 

3. Pendidikan karakter 
  
Dengan pertunjukan seni musik, nilai-nilai moral dan etika ditanamkan kepada penikmat seni. Pendidikan karakter seperti perilaku sopan, halus, hormat kepada orang tua, cinta keindahan, menyayangi tanaman dan binatang, patuh kepada guru, norma-norma kehidupan bermasyarakat, bahkan ditanamkan melalui pertunjukan musik. 


4. Media Kreatif 

Pertunjukan seni Musik juga disajikan dengan tujuan untuk unjuk dan uji kreativitas. Pertunjukan musik ini sekaligus untuk uji kreativitas, apakah karya pertunjukan seni musik yang ditampilkan mendapat sambutan atau tidak.  

5. Rekreatif 

Tujuan rekreatif adalah tujuan untuk mencari dan memberikan hiburan. Salah satu tujuan pertunjukan seni musik adalah tujuan rekreatif, yaitu untuk tujuan hiburan. Karya pertunjukan seni musik yang penyajiannya semata untuk hiburan. 

6. Tujuan komersial 

Pertunjukan seni musik ini bertujuan untuk memperoleh keuntungan finansial, baik bagi penciptanya, penyanyinya, maupun penyelenggaranya. Untuk tujuan komersial ini, pertunjukan seni musik dapat disajikan dan dipertunjukkan di atas panggung indoor atau outdoor, bisa pula dengan penyajian melalui rekaman audio, video, atau audio visual.  

C. Rangkuman 

Pesan-pesan dan makna atas seni pertunjukan seni musik yang dipergelarkan akan efektif dapat berkomunikasi dengan penonton apabila disampaikan dengan cara berkomunikasi yang baik. Karena pertunjukan seni musik merupakan media yang di dalamnya terdapat unsur instrinsik dan ekstrinsik yang mampu berkomunikasi dengan penonton. Unsur instrinsik adalah suatu unsur komunikasi seni pertunjukan yang menyampaikan seni itu sendiri. Dalam kaitan ini, komunikasi seni pertunjukan akan menyampaikan pengalaman estetis, menyampaikan pesan keindahan dari suatu pertunjukan seni. 
Seni pertunjukan akan menyampaikan sesuatu yang diangkat oleh seni pertunjukan, baik dalam ranah psikologis, politik, budaya, kehidupan sosial, dan lain-lain melalui elemenelemen simbolis yang ada dalam seni pertunjukan. Pertunjukan musik dapat menimbulkan suasana yang menyenangkan sehingga seseorang akan hanyut oleh alunan suara musik. Penyajian pertunjukan musik dalam waktu yang tepat dapat menimbulkan daya tarik terhadap musik sehingga dapat menimbulkan kepuasan batin yang luar biasa, perasaan senang, dan gembira dan sesuai dengan tujuan dari pertunjukan seni musik tersebut diselenggarakan. 

D. Penugasan Mandiri (optional) 

Amatilah gambar-gambar, atau audio visual secara langsung atau melalui media audio visual pertunjukan instrument musik solo dan pertunjukan musik orchestra yang ada diatas. 
Setelah anda saksikan, berdasarkan gambar-gambar atau audio visual yang anda saksikan, cobalah identifikasikan serta deskripsikan hasil analisis anda terhadap pertunjukan musik solo dan pertunjukan musik orchestra yang anda simak! 

E. Latihan Soal 

Kerjakan latihan soal berikut ini dengan seksama. 
  1. Sebutkan ciri karakteristik Pertunjukan musik elektrik! Alternatif Jawaban: Yaitu pertunjukan musik dengan peralatan berkekuatan tinggi yang berbeda dari penyajian musik sebelumnya yang ditampilkan di dalam ruang tertutup, pertunjukan jenis musik ini biasanya dilakukan di ruang terbuka dengan jumlah penonton yang bisa mencapai ribuan orang. 
  2. Jelaskan ciri karakteristik Pertunjukan musik solo! Alternatif Jawaban: yaitu bentuk pertunjukan musik yang hanya menampilkan seorang musikus dalam bernyanyi ataupun dalam memainkan alat musik tertentu. contohnya, pertunjukan seni vocal seorang diri, mempertunjukan permainan trompet seorang diri, mempertunjukan piano seorang diri,  
  3. Menurut kalian bentuk pertunjukan musik yang yang berfungsi sebagai media komersial ! Alternatif jawaban : Pertunjukan seni musik yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan finansial, baik bagi penciptanya, penyanyinya, maupun penyelenggaranya.  
  4. Pertunjukan musik barat dalam memiliki beberapa tujuan, Menurut kalian bentuk pertunjukan musik apa yang cocok dipergelarkan disekolah kalian ? Berikan alasannya ! Alternatif jawaban: Bentuk pertunjukan seni musik bertujuan karakter, karena dalam pertunjukan musik karakter ini kita menanamkan nilai-nilai moral dan etika kepada penikmat seni. Pendidikan karakter seperti perilaku sopan, halus, hormat kepada orang tua, cinta keindahan, menyayangi tanaman dan binatang, patuh kepada guru, norma-norma kehidupan bermasyarakat. 
  5. Dari hasil mengamati  visual atau audio visual anda, coba jelaskan ciri-ciri dari musik pertunjukan orchestra menurut pengamatanmu ! Alternatif Jawaban : Pertunjukan musik orkestra ini, memiliki sifat formal dan disiplin tinggi, melibatkan banyak pemusik, dan biasa dihadiri oleh jumlah penonton yang jauh lebih besar daridapa pertunjukan musik lainnya, menampilkan musikus andal dalam jumlah besar, bahkan bisa mencapai 100-an pemusik. Pertunjukan musik membutuhkan gedung pertunjukan yang khusus. 

F. Penilaian Diri 

 

No

 

 

Pernyataan

 

 

Ya

 

 

Tidak

 

 

Alasan Anda

 

 

 

 

 

 

1.

 

Saya mampu mengidentifikasi alat-alat musik pada pertunjukan orkestra secara langsung atau melalui media audiovisual

 

 

 

 

 

2.

 

Saya mampu mendeskripsikan hasil analisis pertunjukan orchestra

 

 

 

 

 

3.

 

Saya mampu mengidentifikasi alat musik, dan unsur-unsur musik pada pertunjukan

 

 

 

 

 

 

solo secara langsung atau melalui media audio visual

 

 

 

4.

Saya mampu mendeskripsikan hasil analisis dari pertunjukan musik solo

 

 

 



Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Bentuk –Bentuk Pertunjukan Musik Barat Mapel Seni Budaya kelas 11 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 


#
Bentuk –Bentuk Pertunjukan Musik Barat File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • fungsi musik barat
      • jenis jenis musik barat yakni
      • unsur unsur musik barat brainly
      • sejarah musik barat
      • unsur umum musik barat
      • klasifikasi musik barat
      • pengertian musik barat menurut para ahli
      • jenis musik barat dan contohnya
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022