Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Jenis Pertunjukan Musik Barat Mapel Seni Budaya kelas 11 SMA/MA

Materi Jenis Pertunjukan Musik Barat Mapel Seni Budaya kelas 11 SMA/MA - Hai adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan baik baik saja, jangan lupa untuk selalu menggunakan masker ya, agar terhindar dari mara bahaya virus covid-19, oiya pada kesempatan yang baik ini tentunya kakak tidak bosan bosannya untuk membagikan kepada adik adik mengenai materi yang sudah kakak susun yaitu materi tentang Jenis Pertunjukan Musik Barat dari mata pelajaran Seni Budaya kelas 11 SMA/MA. Semoga bermanfaat yah.

Materi Jenis Pertunjukan Musik Barat Mapel Seni Budaya kelas 11 SMA/MA
Materi Jenis Pertunjukan Musik Barat Mapel Seni Budaya kelas 11 SMA/MA

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 2 ini kalian diharapkan memiliki kemampuan: 
  1. Mengidentifikasi alat musik dan unsur-unsur musik pada pertunjukan instrument orchestra secara langsung atau melalui media audio visual 
  2. Mendeskripsikan hasil analisis pertunjukan orchestra 
  3. Mengidentifikasi alat musik dan unsur-unsur musik pada pertunjukan brass band secara langsung atau melalui media audio 

B. Uraian Materi



Pertunjukan Musik Barat 
Ditinjau dari ragam jenis alat musik yang dimainkan dalam pertunjukan musik barat, ada beberapa kelompok pertunjukan musik yaitu, pertunjukan musik solo, bentuk pertunjukan kelompok, dan ansambel campuran.
  
Ansambel berasal dari bahasa Perancis yang memiliki arti rombongan musik (kelompok musik). Secara garis besar ansambel dapat diartikan sebagai bermain musik secara bersama-sama dengan menggunakan alat musik tertentu. 
 
Berdasarkan penyajiannya ansambel musik dibagi menjadi dua yaitu ansambel musik sejenis dan amsambel musik campuran. Kata ansambel berasal dari bahasa Perancis ansambel memiliki arti rombongan musik. Sedangkan untuk pengertian ansambel menurut kamus musik adalah kelompok. Kegiatan musik dengan jenis kegiatan. Disimpulkan bahwa pengertian musik ansambel adalah bermain musik secara bersama-sama dengan menggunakan beberapa alat musik tertentu dan juga memainkan lagu-lagu dengan aransemen sederhana. 

Jenis pengelompokan musik ansambel di dalam pengelompokan musik ansambel dibedakan menjadi tiga macam. Adapun pengelompokan musik ansambel ini dikelompokkan dengan berdasarkan penyajian musiknya, berdasarkan peranan serta fungsi alat-alat musik serta juga dengan berdasarkan golongan alat musiknya. Dibawah ini merupakan penjelasannya 

a) Musik Ansambel Sejenis 

Ansambel musik sejenis merupakan ansambel yang menggunakan alat musik sejenis, Alat musik yang digunakan dapat berupa alat-alat musik ritmis atau melodis misalnya gitar, trumpet, rekorder, pianika, atau alat-alat musik ritmis seperti drum, tamborin dan sebagainya. 

1) Ansambel Perkusi 
Ansambel perkusi dimainkan dengan alat-alat musik perkusi. Di Indonesia cukup banyak ansambel perkusi, misalnya rampak gendang, rebana, drumband, marching band, gandang, dan lain-lain. Yuk kita lihat contoh video ansambel perkusi. 

2) Ansambel tiup (Brass Band) 
adalah ansambel yang seluruh instrumen musiknya terdiri atas alat-alat musik tiup. Termasuk alat musik tiup adalah recorder, flute, trompet, saksofon, trombon, klarinet, oboe, french horn. 

  • Trompet, Trompet dapat dimainkan oleh semua orang. Syaratnya memiliki napas yang panjang dan kuat.  
  • French Horn, merupakan keluarga alat musik tiup logam. Biasanya dimainkan dalam ansambel atau orkestra musik klasik. Juga sering dimainkan sebagai seksi tiup dalam marching band. 
  • Klarinet, adalah instrumen musik dari keluarga alat musik tiup. Namanya diambil dari clarino (Italia) yang berati trompet dan akhiran -et yang berarti kecil. Disini kalian bisa melihat contoh dari pertunjukan musik brass band atau ansambel tiup. 
Black Dyke Band - Brass-Gala 2018 (Full Concert) 

  
3) Ansambel Gesek 
Ansambel gesek merupakan ansambel dengan kelompok alat musik gesek, seperti violin, biola, cello, contra bass. 

Cello, Cello adalah sebutan singkat dari violoncello, merupakan sebuah alat musik gesek dan anggota dari keluarga biola. Orang yang memainkan cello disebut cellis. Cello memberikan suara yang megah karena nadanya yang rendah. Ukuran cello lebih besar daripada biola atau viola, namun lebih kecil daripada bass. cello dimainkan dalam posisi berdiri di antara kedua kaki pemain yang duduk, dan ditegakkan pada sepotong metal yang disebut endpin. 

4) Kuartet Gesek 
Dalam ansambel gesek, terdapat kelompok yang populer, yaitu kuartet gesek. Kuartet gesek merujuk pada sebuah kelompok yang terdiri atas 2 (dua) biola, 1 (satu) viola dan 1 (satu) cello. Disini kalian bisa melihat contoh dari pertunjukan musik kwartet gesek. 

  
5) Ansambel Petik (Gitar) 
Ansambel petik (gitar) tentu yang dimainkan adalah gitar semua. Sebagaimana namanya, ansambel gitar menggunakan instrumen utama gitar. Disini kalian bisa melihat contoh dari pertunjukan musik ansambel petik. 


b) Musik ansambel campuran. 

Musik ansambel campuran ini merupakan bentuk penyajian musik ansambel yang menggunakan beberapa jenis alat musik atau juga bermacam-macam jenis alat musik contohnya dari musik ansambel campuran ini ialah biola, cello, viola, contra bass, juga simbal. Pada ansambel campuran terdapat alat musik harmonis adalah alat musik yang berfungsi sebagai melodis dan juga sekaligus ritmis. Alat musik harmonis pada ansambel campuran  mampu menghasilkan nada dan juga dapat dimainkan sebagai pengiring dalam paduan nada atau yang lazim disebut akor. Alat musik harmonis, selain dapat dimainkan secara solo, karena sifatnya yang sekaligus dapat untuk mengiringi irama lagu, dapat pula dimainkan untuk mengiringi permainan alat musik yang lain dalam sebuah orchestra. Disini kalian bisa melihat contoh dari pertunjukan musik orchestra. 

C. Rangkuman 

Aspek komunikasi dalam seni pertunjukan amat sangat penting sebagai bentuk penyampaian maksud, tujuan, makna atau pesan ragam yang disampaikan melalui berbagai pertunjukan musik baik vocal maupun berbagai jenis alat musik yang dimainkan. Dalam keberagaman pertunjukan musik barat, ada beberapa kelompok pertunjukan musik yaitu, musik vocal, ansambel sejenis, ansambel campuran, dan orchestra, yang dari pertunjukan tersebut merupakan suatu penyajian seni oleh bunyi yang berkualitas untuk dapat didengar dan dinikmati oleh penonton. Maka pertunjukan musik ditampilkan dalam paduan bentuk dan alat musik. Bentuknya berupa struktur seni suara yang biasanya berwujud melodi, ritme, dan harmoni. Sedangkan isinya berupa pesan yang terdengar dari ungkapan melodi lagu atau lirik lagu. Unsur struktur lagu yang merupakan seni suara akan berpengaruh terhadap rasa musikal, sedangkan unsur isinya yang berwujud pesan akan berpengaruh terhadap pikiran intelektual pendengarnya. 
Unsur struktur musikal bersifat universal, sedangkan unsur pesan lirik harus mengacu dan bersumber pada norma, etika, dan moral yang bersifat lokal. Oleh karena itu, sajian dalam pertunjukan seni musik harus mempertimbangkan kedua hal itu dengan bijak. 

D. Latihan Soal 

Kerjakan latihan soal berikut ini dengan seksama. 
  1. Sebutkan ciri karakteristik Pertunjukan ansambel petik,! Alternatif Jawaban: pada pertunjukan ansambel petik rata-rata sebagian besar instrument yang dimainkan adalah intrumen petik, biasanya instrument utama yang digunakan instrumen adalah gitar. 
  2. Jelaskan ciri karakteristik pertunjukan musik ansambel campuran! Alternatif jawaban: Musik ansambel campuran yaitu bentuk penyajian musik ansambel yang menggunakan beberapa jenis alat musik contohnya, cello, viola, contra bass, juga simbal. 
  3. Jelaskan ciri-ciri karakteristik pertunjukan brass band! Alternative jawaban: adalah ansambel yang seluruh instrumen musiknya terdiri golongan alat-alat musik tiup. 
  4. Jelaskan apa yang anda ketahui mengenai instrument ritmis! Alternatif Jawaban: yaitu instrumen musik yang hanya dapat menghasilkan bunyi atau suara yang dalam pertunjukan musik berfungsi sebagai pengatur irama lagu 
  5. Dari hasil mengamati  visual atau audio visual anda, coba jelaskan ciri-ciri dari musik pertunjukan orkestra menurut pengamatanmu ! Alternatif Jawaban : bentuk pertunjukan Orkestra  terdiri dari sekelompok musisi yang memainkan alat musik klasik bersama-sama. Bentuk penyajian musiknya yang menggunakan berbagai jenis alat musik atau contohnya dari musik ansambel campuran 

E. Penilaian Diri 

No

Pernyataan

Ya

Tidak

Alasan Anda

1.

Saya mampu mengidentifikasi alat musik dan unsur-unsur musik pada pertunjukan instrument orchestra secara langsung atau melalui media audio visual

 

 

 

2.

Saya mampu mendeskripsikan hasil analisis pertunjukan orchestra

 

 

 

3.

Saya mampu mengidentifikasi alat musik dan unsur-unsur musik pada pertunjukan brass band secara langsung atau melalui media audio

 

 

 

 

Analisis Pertunjukan Musik Barat 

1. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 3 ini kalian diharapkan memiliki kemampuan: 
  1. Membuat tulisan hasil analisis pertunjukan instrument brass band berdasarkan pengamatan 
  2. Membuat tulisan hasil analisis pertunjukan instrument brass band berdasarkan pengamatan 
  3. Mempresentasikan tulisan hasil analisis pertunjukan instrument brass band  
  4. 2Tugas 
Setelah menyelesaikan kegiatan pembelajaran I dan II, maka kalian diharapkan dapat menulis dan menyajikan hasil analisis pertunjukan musik barat. 
Kerjakan praktek mandiri dengan seksama, dan penuh tanggung jawab. 
 
PANDUAN PRAKTEK MANDIRI 

Mata Pelajaran  : Seni Budaya (Musik) 
Kelas  : XI 
Kompetensi Dasar : 3.3 Menganalisis Hasil Pertunjukan Musik Barat 
                               4.3 Membuat tulisan tentang Pertunjukan Musik Barat 

1. Setelah mempelajari modul pertunjukan seni musik barat KD 3.3 carilah pertunjukan musik barat yang bisa diamati secara langsung maupun melalui you tube channel. 
2. Lakukanlah analisis terhadap seni pertunjukan musik barat Solo, Orkestra dan Brass Band tersebut dengan teliti dan isilah tabel data berikut ini, seperti contoh : 

No

Nama

Pertunju kan

Musik

(link)

Group/musisi /pemain

Bentuk pertunjukan

Bentuk penyajia n

Struktur pertunjuka

n

Conto h

1.

https://y outu.be/ RItgSHRg yks

Tine Thing Helseth

Solo

Instrumen

Symphoni

Pertunjukan Indoor

2.

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

 

3. Presentasikan hasil analisis pertunjukan musik barat yang telah kalian lakukan dan berikan penjelasan secara detail. 
4. Untuk pembelajaran luring, presentasikan di depan kelas. 
5. Untuk pembelajaran jarak jauh buatlah video presentasi dan kumpulkan ke bapak/ibu guru melalui media yang sudah disepakati. 
6. Untuk daerah 3T persiapkan sebaik mungkin materi presentasi, dan presentasikan pada saat Bapak/Ibu guru datang berkunjung. 

 

No

Kriteria Penilaian

1.

Kelengkapan informasi

2.

Kemampuan menyampaikan informasi

3.

Penggunaan media

4.

Penampilan 

 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Jenis Pertunjukan Musik Barat Mapel Seni Budaya kelas 11 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 


#
Jenis Pertunjukan Musik Barat File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • jenis jenis pertunjukan musik
      • 3 jenis pertunjukan musik
      • contoh pertunjukan musik barat
      • jenis pertunjukan musik tradisional
      • tujuan pertunjukan musik barat
      • pertunjukan musik barat kelas 11
      • konsep pertunjukan musik
      • unsur-unsur pertunjukan musik barat
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022