ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Lengkap - Contoh Soal Pertunjukan Musik Barat kelas 11 SMA/MA

Contoh Soal Pertunjukan Musik Barat kelas 11 SMA/MA - Adik adik yang baik, apa kabar? bertemu lagi bersama kakak bospedia, kebetulan kali ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai soal yang sudah disusun dari materi Pertunjukan Musik Barat yang diambil dari mata pelajaran Seni Budaya kelas 11 SMA/MA. Semoga dengan adanya soal ini bisa membantu adik adik. Semangat ya!!

Contoh Soal Pertunjukan Musik Barat kelas 11 SMA/MA
Contoh Soal Pertunjukan Musik Barat kelas 11 SMA/MA

Soal Pertunjukan Musik Barat

Contoh Soal Pertunjukan Musik Barat kelas 11 SMA/MA - Bagi sahabat bospedia dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal Pertunjukan Musik Barat ini, adik adik bisa menguduh materi ini di bospedia dalam bentuk file doc. Berikut ini adalah rincian Soal Pertunjukan Musik Barat. SELAMAT MENGUNDUH YAA..

Berikut bospedia memberikan Soal Pertunjukan Musik Barat

PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

Pilihlah jawaban yang tepat !

1. Perhatikan gambar di bawah ini nama instrument yang tergolong idiophone pada gambar tersebut adalah… 

A. Cello 
B. Trombone  
C. Biola 
D. Trompet 
E. Gitar 
2. Bentuk pertunjukan musik barat yang pada dasarnya didefinisikan sebagai sekelompok musisi yang memainkan alat musik klasik bersama-sama bahkan bisa memiliki lebih dari seratus pemusik adalah pertunjukan musik… 
A. Pertunjukan musik orchestra 
B. Kesiapan, keterampilan dan motivasipertunjukan musik terbatas 
C. Pertunjukan musik tidak terbatas 
D. Pertunjukan musik elektrik 
E. Pertunjukan musik ansambel sejenis 

3. Pertunjukan Seni Musik yang hanya dihasilkan oleh suara alat musik saja disebut... 
A. Musik vokal 
B. Musik campuran 
C. Musik asli 
D. Musik tradisional  
E. Musik instrumen 

4. Bentuk pertunjukan musik yang menyajikan sekelompok pemusik terbatas dengan aliran permainan musik yang mempertimbangkan harmonisasi, dengan tingkat disiplin yang tinggi adalah… 
A. Penyajian musik tunggal 
B. Penyajian musik duet 
C. Penyajian orchestra 
D. Penyajian kelompok musik terbatas 
E. Penyajian musik elektrik 
5. Perhatikan gambar-gambar instrument musik dibawah ini. Alat musik  yang termasuk kedalam golongan pertunjukan musik kelompok brass band adalah… 

6. Untuk melihat musik fungsional dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat menjumpai istilah-istilah bentuk lagu. Lagu yang berfungsi untuk mengobarkan semangat, atau lagu yang menggambarkan  kepahlawanan termasuk dalam kelompok... 
A. Lagu upacara 
B. Lagu hiburan 
C. Lagu pendidikan 
D. Lagu keagamaan 
E. Lagu perjuangan 
7. Pertunjukan musik ditinjau dari keragaman instrument, contoh gambar di bawah ini tergolong kelompok…. 


A. Ansambel sejenis 
B. Ansambel tiup 
C. Ansambel campuran 
D. Ansambel gesek 
E. Ansambel perkusi  

8. Pertunjukan music yang hanya dimainkan oleh tiga orang pemain atau penyanyi saja disebut… 
A. Solo 
B. Duet 
C. Trio 
D. Kwartet 
E. Kwintet 

9. Suatu penyajian pertunjukan musik dengan menggunakan perlengkapan atau alat-alat musik elektrik yang berkekuatan tinggi disebut… 
A. Pertunjukan music tunggal 
B. Pertunjukan music terbatas 
C. Pertunjukan music orchestra 
D. Pertunjukan music elektrik 
E. Pertunjukan music Koor 
 
 
10. Contoh gambar diatas adalah salah satau contoh Ansambel musik sejenis… 
 

A. Ansambel petik 
B. Ansambel gesek 
C. Ansambel perkusi 
D. Ansambel tiup 
E. Ansambel campuran 

Baca juga - Soal Analisis Musik Barat

KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN EVALUASI 
 
Soal No Pembahasan Kunci Jawaban 
1. D.  Terompet 
Pembahasan : Trompet termasuk salah satu jenis alat musik tiup/ideophone. Cara membunyikan terompet tidak asal tiup kalau kita ingin mendapatkan harmonisasi yang indah. Ada teknik memainkan alat terompet dengan benar agar dapat menghasilkan tone yang indah.

2. A. Perunjukan  musik orchestra 
Pembahasan : Orkestra pada dasarnya dapat didefinisikan sebagai sekelompok musisi yang memainkan musik klasik bersama. Sebuah orkestra bahkan bisa memiliki lebih dari seratus pemusik. Orkestra besar dikenal sebagai orkestra simfoni atau orkestra philharmonic sedangkan orkestra kecil dengan tiga puluh sampai empat puluh pemain dikenal sebagai orkestra kamar.

Baca juga - Soal Pertunjukan Musik Barat
 
3. E. Musik instrumen  
Pembahasan : Musik instrumen/instrumental adalah jenis musik yang tidak memiliki lirik di dalamnya. Jika musik lain disertai dengan lirik lagu, maka musik instrumental hanya alunan musik yang di dalamnya hanya ada melodi dengan iringan sebuah atau beberapa alat musik. Jadi secara sederhana dapat dikatakan pengertian musik instrumental adalah musik kosong tanpa ada lirik lagu sebagai isinya.
4. D. Penyajian kelompok musik terbatas  
Pembahasan : Penyajian musik terbatas adalah penyajian kelompok musik seriosa dalam bentuk duet alat musik, bentuk-bentuk trio, kuartet, atau kuintet alat musik sampai dengan bentuk ensambel terbatas sifat penyajian musik seperti ini tidak jauh berbeda dari penyajian musik sebelumnya, yakni terkesan formal dan penonton harus benar-benar disiplin.
D. Penyajian kelompok musik terbatas 

5. C. Gambar C  
Pembahasan : Alat muzik bras atau Alat muzik tiup logam adalah satu keluarga alat musik dan menghasilkan bunyi getaran yang simpatetik mengeluarkan udara dalam resonator berbentuk tiub dalam simpateti dengan getaran bibir pemain. Instrumen ini juga dipanggil labrosones, secara literal bermaksud "Instrumen bibir-gegar"

6. E. Lagu perjuangan  
Pembahasan : Lagu perjuangan adalah salah satu jenis lagu Indonesia yang juga dikenal sebagai lagu wajib, karena lagu-lagu perjuangan pernah diwajibkan pemerintah untuk diketahui oleh anak-anak sekolah di indonesia.lagu perjuangan  biasanya penuh semangat, kadang-kadang ditutup dengan akhir yang semarak.jenis lagu ini  biasanya mengagungkan kebesaran bangsa, dalam upaya mencapai kemerdekaan, kemakmuran, kesuksesab, serta kebenaran. lagu-lagu semacam ini bisa membakar semangat sehingga menimbulkan semangat juang.
7. D. Ensamble gesek 
Pembahasan : Ansamble gesek adalah sebuah ansambel musik yang terdiri atas empat alat musik gesek —biasanya dua biola, sebuah viola dan cello.

8. C. Trio
Pembahasan : Penyajian musik dengan jumlah pemain terbatas yang terdiri dari dua orang (duet), tiga orang (trio), empat orang (kuartet), lima orang (kuintet).
 
9. D. Pertunjukan  musik elektrik 
Pembahasan : Pertunjukan musik elektrik, yakni penyajian kelompok musik dengan menggunakan perlengkapan atau alat-alat musik elektrik berkekuatan tinggi. Pertunjukan musik elektrik berkekuatan tinggi ini sangat berbeda dari penyajian musik sebelumnya yang ditampilkan di dalam ruang tertutup, pertunjukan jenis musik ini biasanya dilakukan di ruang terbuka dengan jumlah penonton yang bisa mencapai ribuan orang. Penyajian dan kelompok- kelompok band ternama pada umumnya menggunakan bentuk pertunjukan musik seperti ini. Sifat dari pertunjukan musik ini tidak formal dan penonton boleh saja berteriak- teriak atau ikut menyanyi bersama penyanyi yang sedang tampil di atas pentas.
10. D. Ensamble perkusi 
Pembahasan : Instrumen perkusi pada dasarnya merupakan benda apapun yang dapat menghasilkan suara baik karena dipukul, dikocok, digosok, diadukan, atau dengan cara apapun yang dapat membuat getaran pada benda tersebut. Istilah instrumen perkusi biasanya digunakan sebagai pengiring dalam suatu permainan musik


Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Contoh Soal Pertunjukan Musik Barat kelas 11 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 
#
Soal Pertunjukan Musik Barat File ini dalam Bentuk .word File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • setelah pertunjukan atau pementasan musik selesai, kegiatan yang dilakukan adalah
      • dibawah ini adalah unsur-unsur yang mendukung dalam pertunjukan musik barat, kecuali
      • seksi dalam pertunjukan musik yang mempunyai tugas sebagai penanggung jawab dalam latihan
      • baik atau tidaknya suatu pertunjukan music barat dapat diukur dengan melihat
      • baik atau tidaknya suatu pertunjukan musik
      • periode waktu musik barok dikatakan sebagai mulainya era
      • dari daerah manakah asal alat musik citar atau sehtar
      • sebagian alat musik barat dari negara
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022

      Post a Comment

      Post a Comment