Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Jenis Pertunjukan Musik Tradisional Mapel Seni Budaya kelas 10 SMA/MA

Materi Jenis Pertunjukan Musik Tradisional Mapel Seni Budaya kelas 10 SMA/MA - Adik adik semuanya apa kabar? bertemua lagi bersama kakak bospedia, tentunya kakak tidak pernah bosan untuk memberikan materi seputar seputar sekolah, Kebetulan ini kakak menyediakan materi tentang Jenis Pertunjukan Musik Tradisional yang diambil dari mata pelajaran Seni Budaya dengan pembahasan Seni Musik untuk adik adik kelas 10 SMA/MA. Semoga bermanfaat yah.

Materi Jenis Pertunjukan Musik Tradisional Mapel Seni Budaya kelas 10 SMA/MA
Materi Jenis Pertunjukan Musik Tradisional Mapel Seni Budaya kelas 10 SMA/MA

A. TujuanPembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 3 ini diharapkan siswa mampu menjelaskan tentang jenis pertunjukan musik tradisional. 
Karakter yang dikembangkan: 
  • Religius: siswa diajak bersyukur pada Tuhan Yang Maha Esa atas keragaman seni pertunjukan di Indonesia, termasuk di dalamnya ragam jenis pertunjukan musik tradisional. 
  • Toleransi: siswa diarahkan untuk menghargai perbedaan jenis pertunjukan musik tradisional sebagai bagian dari khasanah kebudayaan Indonesia. 
  • Rasa Ingin Tahu: siswa diharapkan berupaya mengetahui lebih mendalam mengenai keragaman jenis pertunjukan musik tradisional. 
  • Mandiri: siswa diharapkan mengembangkan pengetahuan secara mandiri tentang keragaman jenis pertunjukan musik tradisional, termasuk musik tradisional yang berkembang di wilayah tempat tinggal siswa. 

B. UraianMateri 

1. Tahap Apresiasi/identifikasi 
 
Seperti juga dilakukan pada kegiatan pembelajaran sebelumnya, kalian akan diajak untuk mengapresiasi/mengidentifikasi beberapa tampilan gambar sebagai awal menuju pada pemahaman materi pembelajaran. Untuk itu, coba amati beberapa gambar di bawah ini: 
   
Apabila kalian mengamati gambar nomor 16 sampai 18, maka akan ditemukan informasi tentang beberapa jenis pertunjukan musik tradisional. Gambar nomor 16 lebih menonjolkan tampilan musik vokal, sedangkan gambar nomor 17 dan 18 lebih ingin mempertontonkan musik instrumental. Hal ini terlihat dari tampilan beberapa alat musik (instrumen)yang cukup beragam pada gambar nomor 17 dan satu jenis alat musik pada gambar nomor 18. 
 
 Keterangan Gambar: 
  
Gambar nomor 16 adalah penyajian seni beluk. Kesenian beluk adalah musik vokal yang  berasal dari daerah Sunda, Jawa Barat. Gambar nomor 17 adalah kesenian yang berasal dari  daerah Ambon, Maluku bernama Tifa Totoboang. Kesenian ini merupakan musik  instrumental dari alat musik perkusi bernama tifa dan alat musik sejenis bonang dalam  gamelan yang bernama totoboang. Sedangkan gambar nomor 18 menunjukan alat musik Tifa dari Papua. 
 
Berangkat daripada fakta gambar di atas, pembahasan selanjutnya akan diisi dengan uraian ragam jenis pertunjukan musik tradisional berupa musik vokal, musik instrumental, dan musik vokal dan instrumental. 
 
2. Tahap Pemahaman Materi Pembelajaran 
 
2.1 Musik Vokal 
 
Anak Indonesia yang luar biasa! 
Pernahkan kalian melihat seorang ibu yang dengan sabar menggendong dan meninabobokan bayi kesayangan? Pada saat seperti itu tidak jarang ibu bayi bersenandung menyanyikan lagu daerah dengan penuh perasaan. Biasanya, bayi yang rewel pun akan diam dan lama kelamaan terlelap dalam tidur.  
 
Pada cerita yang lain, para petani ladang seringkali menghibur diri dengan cara bernyanyi bersama. Atau kalaupun dalam kesendirian di ladang dalam hutan, di antara petani saling memanggil dari kejauhan, bersahut-sahutan satu sama lain. Terkadang pula gaya teriakan mereka dibuat menjadi lebih menarik dan mengalun mirip orang yang sedang bernyanyi. 
 
Kedua contoh di atas menunjukan bahwa musik vokal paling dekat dengan kehidupan manusia. Bahkan tidak mustahil kalau musik vokal lebih dulu ada dibandingkan musik instrumental. Hal ini terjadi karena medium musik vokal sudah melekat dalam tubuh yaitu suara manusia. Suara manusia sangat fleksibel untuk meniru suara alam, bahkan alat musik. Intensitas suara pun bisa diatur sekehendak hati pemilik suara sehingga terdengar unik dan menarik. 
 
Dalam konteks pertunjukan musik tradisional, tampak nyata beragam jenis musik vokal yang tersebar di Nusantara. Beberapa contoh dapat disebut di sini, di antaranya, Seni Beluk dari daerah Sunda, Jawa Barat, Panembrama dari Jawa Tengah, Seni Macapatan dari daerah Jawa, atau beberapa nyanyian dari daerah Papua. Masyarakat Papua cukup akrab dengan musik vokal. Biasanya dinyanyikan dalam kegiatan upacara adat dengan iringan alat musik Tifa. Bahkan beberapa nyanyian Papua cukup terkenal sampai ke daerah lain, salah satunya lagu “Apuse”. 
 
Dari beberapa contoh di atas, Seni Beluk dari Sunda, Jawa Barat, dapatlah dikatakan murni musik vokal. Dalam penyajiannya, seni beluk dimainkan oleh beberapa orang penyanyi dan seorang dalang yang bertugas membaca naskah wawacan. Wawacan adalah cerita yang ditulis dalam puisi tradisional berbentuk pupuh, seperti Kinanti, Sinom, Dangdanggula, Asmarandana. Wawacan inilah yang kemudian dibaca oleh seorang dalang atau juru ilo. Setiap satu baris dibacakan, pemain beluk akan bernyanyi saling bersahutan menyanyikan teks yang dibacakan oleh juru ilo. Semakin tinggi range suara pemain beluk, semakin meriah dan ramai permainan. Biasanya pemain beluk dibagi menjadi dua kelompok. Keduanya akan saling menimpali satu sama lain. Kesenian ini berfungsi hiburan. Namun demikian, seni beluk dipentaskan pula dalam acara pernikahan, sunatan, atau selamatan bayi yang baru lahir. Gambar nomor 16 di atas adalah salah satu contoh tampilan dari seni beluk yang dimaksud dalam penjelasan ini. Adapun contoh video akan disertakan dalam tahap pengayaan materi pembelajaran. 
 
2.2 Musik Instrumental 
 
Tentu kalian masih ingat dengan Seni Tarawangsa dari daerah Sunda, Jawa Barat (gambar nomor 1) dan kesenian Sape dari Dayak, Kalimantan (gambar nomor 12). Keduanya merupakan contoh musik instrumental yang terdapat dalam khasanah pertunjukan musik tradisional di Indonesia. Contoh lain terlihat pada gambar nomor 17 di atas. Disebutkan bahwa jenis kesenian yang dimainkan dikenal dengan nama Tifa Totoboang yang berasal dari Ambon, Maluku. Alat musik tifa merupakan alat perkusi yang tidak hanya terdapat di Maluku, tetapi juga di Papua. Sementara itu, alat musik totoboang merupakan alat musik idiophone yang menyerupai bonang pada gamelan Jawa namun memiliki ukuran yang lebih kecil.   
 
Kesenian Tifa Totoboang merupakan musik instrumental, dimana, alat musik totoboang dimainkan sebagai pembawa melodi, sedangkan tifa dan beberapa perkusi dimainkan sebagai ritme iringan. 
 
2.3 Musik Vokal dan Instrumental 
 
Jenis ketiga dari pertunjukan musik tradisional di Indonesia adalah musik vokal dan instrumental. Gabungan keduanya yang mengakibatkan jenis ini disebut pula sebagai musik campuran. Pada musik campuran, unsur musik vokal menjadi hal utama, sementara alat musik biasanya dimainkan sebagai iringan nyanyian dari para vokalis. 
 
Banyak sekali contoh musik vokal dan instrumental dalam khasanah pertunjukan musik tradisional di Indonesia. Musik gamelan adalah salah satunya. Cukup nyata terlihat pada musik gamelan peran vokalis (pesinden) membawakan lagu (tembang) yang diiringi oleh gamelan.  
 
Sementara itu, di wilayah Papua, alat musik Tifa seringkali digunakan untuk mengiringi vokal para penyanyi laki-laki. Biasanya dimainkan di rumah adat dalam upacara adat tertentu, atau dimainkan di arena sambil bergerak menari-nari. Hal ini dapat dilihat pada gambar nomor 18 di atas. Adapun video pertunjukan kesenian tifa akan disertakan dalam tahap pengayaan materi pembelajaran. 
 
3. Tahap Pengayaan Materi Pembelajaran 
 
Pada tahap ini, siswa Indonesia yang luar biasa akan diarahkan untuk mulai mengamati jenis pertunjukan musik tradisional di lingkungan tempat tinggal siswa, baik musik vokal, instrumental, maupun campuran. Selain itu, bagi siswa yang mempunyai akses internet yang baik, dapat mulai mengapresiasi beberapa bahan youtube yang disertakan dalam tahap pengayaan materi pembelajaran ini. 
 
1) Informasi tentang Seni Beluk dari daerah Sunda, Jawa Barat.  
Silahkan dicari link youtube yang tertera di atas. Pada sajian tersebut siswa diharapkan dapat mengampu pengetahuan tentang jenis pertunjukan musik tradisional berupa musik vokal. Pada Seni Beluk musik vokal disajikan secara berkelompok (ansambel). 2) Informasi tentang kesenian Tifa Totobuang. Silahkan dicari link youtube yang berhubungan dengan pertunjukan Tifa Totobuang. Pada sajian kesenian ini siswa beroleh pengetahuan tentang jenis pertunjukan musik tradisional berupa musik instrumental. 
 
3) Informasi tentang kesenian Tifa Papua. Silahkan dicari link youtube yang berhubungan dengan pertunjukan Tifa Papua. Pada sajian kesenian ini siswa beroleh pengetahuan tentang jenis pertunjukan musik tradisional berupa musik vokal dan instrumental. 
C. Rangkuman 
 
Pertunjukan musik tradisional Indonesia selain kaya akan konsep pertunjukan, tetapi juga kaya akan bentuk dan jenis. Apabila bentuk pertunjukan musik tradisional dapat berupa penyajian tunggal dan kelompok, maka jenis pertunjukan musik tradisional dapat berupa musik vokal, instrumental, dan campuran. Ragam konsep, bentuk dan jenis pertunjukan musik tradisional ini akan semakin menguatkan rasa bangga dan kecintaan kita kepada tanah air Indonesia. Kita semua harus terpanggil untuk menjaga, melestarikan, dan mengembangkan kebhinekaan budaya yang dimiliki bangsa Indonesia, salah satunya melalui pelajaran Seni Budaya.  

D. Penugasan Mandiri  

Langkah selanjutnya, siswa akan diarahkan untuk mengerjakan penugasan mandiri. Penugasan mandiri dilakukan agar siswa dapat menerapkan materi pembelajaran ke dalam lingkungan kebudayaan siswa. Atau sebaliknya, siswa diminta untuk melihat kekayaan musik tradisional yang terdapat di lingkungan siswa, lalu lakukan pengamatan dengan memanfaatkan materi pembelajaran yang telah dipelajari. Silahkan baca tugas di bawah ini! 
 
Uraian Tugas Mandiri : 
 
“Amati pertunjukan musik tradisional yang berkembang di lingkungan tempat tinggal siswa. Setelah itu, jawablah pertanyaan di bawah ini dengan cara memberikan tanda ceklis (V) pada kolom pilihan jawaban”. 

 

No

Pertanyaan

 

Jawaban

 

1.

Di lingkungan tempat tinggal saya terdapat pertunjukan musik tradisional!

o Ya

 

o Tidak

 

 

2.

Jenis pertunjukan yang terdapat pada musik tradisional di lingkungan tempat tinggal saya adalah musik vokal.

o Ya

 

o Tidak

 

 

3.

Jenis pertunjukan yang terdapat pada musik tradisional di lingkungan tempat tinggal saya adalah musik instrumental.

o Ya

 

o Tidak

 

 

4.

Jenis pertunjukan yang terdapat pada musik tradisional di lingkungan tempat tinggal saya adalah musik campuran.

o Ya

 

o Tidak

 

 

Tuliskan uraian bentuk pertunjukan musik tradisional yang terdapat di lingkungan tempat tinggal siswa meliputi:

1)    nama kesenian;

2)    alat musik yang digunakan;

3)    jumlah seniman yang berperan dalam pertunjukan;

4)    jenis                pertunjukan        musik    tradisional,          coret      salah      satu        (musik          vokal/musik instrumental/musik vokal-instrumental).

Untuk mengetahui keunikan musik tradisional yang diamati, siswa dapat bertanya pada seniman atau orang yang mengetahui kesenian tersebut. Jumlah musik tradisional yang diamati maksimal dua jenis musik.

Kolom uraian (kalau tidak cukup bisa dibuat di buku tulis):

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Penugasan mandiri merupakan perwujudan dari KD 4.4 : membuat tulisan hasil analisis pertunjukan musik tradisional. Untuk mewujudkan penugasan mandiri ini siswa dapat melakukan langkah sebagai berikut, 
1) bertanya pada orang tua atau guru tentang kesenian yang terdapat di wilayah terdekat dari tempat tinggal siswa; 
2) mengunjungi tempat kesenian tersebut berada; 
3) mulai bertanya pada seniman pemilik kesenian tentang hal ikhwal seputar kesenian tersebut, seperti:  
- nama kesenian,  
- alat musik yang digunakan,  
- jumlah seniman yang berperan dalam pertunjukan,  
- judul lagu yang dimainkan,  
- jenis pertunjukan.  
Informasi bisa ditambah dan dikembangkan oleh siswa. 
4) mulai mencatat informasi dan sepulang ke rumah; tulislah informasi yang diperoleh dari lapangan ke dalam bentuk tulisan ringkas sesuai dengan kemampuan menulis yang dimiliki oleh siswa; 
5) tentukan teman diskusi, boleh menghubungi teman sepermainan, atau teman sekolah, atau saudara, atau orang tua, atau bapak/ibu guru. Ajaklah berdiskusi tentang tulisan yang telah dibuat. Siswa boleh meminta apresiasi berupa nilai atau tanggapan dari mereka.  

Rentang nilai yang diminta antara 80-100. Berapakah nilai yang diberikan oleh teman diskusimu?  
Namun apabila siswa tidak melakukan proses ke lapangan, maka sebagai gantinya,  lakukan apresiasi sesuai referensi bahan youtube yang tertera pada tahap pengayaan  materi pembelajaran. Tentu saja ketersediaan akses internet merupakan syarat  utama dalam mewujudkan tahap ini. Coba ikuti langkah-langkah berikut ini, 
1) Carilah link youtube yang tertera pada tahap pengayaan materi pembelajaran; 
2) Apresiasi isi dari tayangan tersebut; 
3) Catat hal-hal yang terdapat pada tayangan yang diapresiasi meliputi:  
- nama kesenian,  
- alat musik yang digunakan,  
- jumlah seniman yang berperan dalam pertunjukan,  - judul lagu yang dimainkan,  - jenis pertunjukan.  
Informasi bisa ditambah dan dikembangkan oleh siswa. 
4) Tulislah informasi yang diperoleh setelah menonton tayangan di youtube tersebut. Kalau informasi yang ditemukan terasa terbatas, tulis saja secara ringkas sebatas informasi yang diperoleh siswa; 
5) Tentukan teman diskusi, boleh menghubungi teman sepermainan, atau teman sekolah, atau saudara, atau orang tua, atau bapak/ibu guru. Ajaklah berdiskusi tentang tulisan yang telah dibuat. Siswa boleh meminta apresiasi berupa nilai atau tanggapan dari mereka.  
Rentang nilai yang diminta antara 80-100. Berapakah nilai yang diberikan oleh teman diskusimu? 

E. LatihanSoal 

Jawablah soal di bawah ini dengan cara memilih jawaban yang dianggap tepat! 
 
1. Indonesia sangat kaya dengan alat musik. Keragaman alat musik tersebar di setiap daerah di Nusantara, salah satunya yaitu alat musik Tifa. Alat musik ini berasal dari daerah... 
a. Sulawesi Selatan 
b. Sumatera Barat 
c. Sumatera Selatan 
d. Papua 
e. Sumatera Utara  

2. Terdapat beragam seni musik tradisional di Indonesia, salah satunya adalah musik instrumental yang berasal dari Maluku yaitu:  
a. Beluk 
b. Sape 
c. Karungut 
d. Talempong Pacik 
e. Tifa Totoboang  

3. Jenis pertunjukan musik tradisional, dimana, setiap pemain musik harus bernyanyi dengan range nada yang tinggi adalah ... 
a. Seni Beluk 
b. Sape 
c. Karungut 
d. Talempong Pacik 
e. Tifa Totoboang  

4. Jenis musik campuran dalam pertunjukan musik tradisional yang dimainkan dalam pertunjukan wayang adalah ... 
a. Seni Beluk 
b. Seni Gamelan 
c. Talempong 
d. Tarawangsa 
e. Gondang Hasapi  

5. Salah satu contoh alat musik yang hanya dapat dimainkan dalam jenis musik instrumental adalah .... 
a. Angklung 
b. Gamelan Wayang 
c. Talempong 
d. Taganing 
e. Kacapi  
 
KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN
 
1. Kunci Jawaban : D 
Pembahasan : Alat musik tradisional tifa berasal dari daerah Papua. 
2. Kunci Jawaban : E 
Pembahasan : Musik instrumental yang berasal dari Maluku Tifa Totoboang. 
3. Kunci Jawaban : A 
Pembahasan : Jenis pertunjukan musik tradisional, dimana, setiap pemain musik harus bernyanyi dengan range nada yang tinggi adalah Seni Beluk. 
4. Kunci Jawaban: B 
Pembahasan : Jenis musik campuran dalam pertunjukan musik tradisional yang dimainkan dalam pertunjukan wayang adalah Seni Gamelan. 
5. Kunci Jawaban : C 
Pembahasan: Salah satu contoh alat musik yang hanya dapat dimainkan dalam jenis musik instrumental adalah Talempong. 
 

F. Penilaian Diri 

Silahkan penilaian diri ini diisi oleh siswa. 

 

No.

Pertanyaan

Jawaban

 

Ya

Tidak

 

1.

Saya bersyukur mempunyai keragaman jenis pertunjukan musik tradisional di Indonesia.



2.

Saya mengerti uraian materi pembelajaran ini!



3.

Saya harus menghargai keberagaman jenis pertunjukan musik tradisional yang berkembang di setiap daerah di Indonesia!

 


 


 

4.

Saya merasa materi ini sangat penting!

 


5.

Saya ingin mengetahui lebih mendalam tentang ragam jenis pertunjukan musik tradisional di Indonesia!

 


6.

Setelah mempelajari modul ini saya akan berusaha mengamati dan mempelajari ragam jenis pertunjukan musik tradisional yang terdapat di wilayah saya secara mandiri.

 


 


 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Jenis Pertunjukan Musik Tradisional Mapel Seni Budaya kelas 10 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 


#
Jenis Pertunjukan Musik Tradisional File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • jenis jenis pertunjukan musik
      • jenis jenis pertunjukan musik barat
      • konsep pertunjukan musik tradisional
      • sebutkan 7 jenis pertunjukan musik tradisional yang ada di lingkungan masyarakat ?
      • pertunjukan musik tradisional adalah
      • teknik pertunjukan musik
      • pertunjukan musik adalah
      • contoh pertunjukan musik
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022