Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Menganalisis Pelaporan Pameran Seni Rupa kelas 11 SMA/MA

Materi Menganalisis Pelaporan Pameran Seni Rupa kelas 11 SMA/MA - Kali ini kakak ingin membagikan kepada adik adik berupa materi dan soal, sebelumnya jangan lupa untuk selalu menggunakan masker, menjaga jarak dan selalu mencuci tangan. Oiya materi soal ini kakak ambil dari mata pelajaran Seni Budaya tentang Materi Menganalisis Pelaporan Pameran Seni Rupa yang dikhususkan untuk adik adik kelas 11 SMA/MA. Semoga bermanfaat yah.

Materi Menganalisis Pelaporan Pameran Seni Rupa kelas 11 SMA/MA
Materi Menganalisis Pelaporan Pameran Seni Rupa kelas 11 SMA/MA

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 3 ini diharapkan siswa mampu untuk menguraikan manfaat pembuatan pelaporan pameran seni rupa, menjabarkan isi elemen dalam pelaporan seni rupa dan membuat laporan pameran seni rupa.  

B. Uraian Materi 

1. Laporan Pameran Seni Rupa 

Laporan kegiatan pameran secara tertulis dibuat oleh panitia pameran sebagai pertanggungjawaban atas pelaksanaan pameran. Laporan ini kemudian di tujukan kepada Kepala Sekolah sebagai pihak yang bertanggung jawab terhadap kegiatan di sekolah. Laporan kegiatan juga diberikan kepada sponsor utama jika pihak sponsor memintanya. Sebagai penyandang dana utama kegiatan pameran, pihak sponsor biasanya ingin mengetahui bagaimana dana yang di berikannya digunakan secara baik oleh panitia. Laporan kegiatan pameran tidak hanya berisi hal-hal yang baik saja tetapi juga kekurangan dan kelemahan dalam penyelenggaraan. Laporan kegiatan berfungsi sebagai alat evaluasi sehingga kekurangan dalam penyelenggaraan dapat memperbaiki kegiatan pameran di masa datang. 
 
2. Format Penulisan Laporan Pameran Seni Rupa 

Dalam menyusun sebuah laporan tidaklah sembarangan, laporan sendiri memiliki format yang bertujuan agar yang menerima laporan tersebut dapat lebih mudah memahami isi dari laporan. Format penulisan sebuah laporan terdiri atas : 
  • Judul 
  • Kata Pengantar 
  • Daftar Isi 
  • Isi (Pendahuluan, Latar Belakang, Tujuan Kegiatan, Anggaran Dana, Jadwal Kegiatan, Hasil Kegiatan, Saran, Penutup, Daftar Pustaka, Lampiran) 
3. Kurasi Pameran 

Adalah tulisan yang berisi informasi tentang koleksi materi pameran (seni lukis, grafis, desain, kriya, dan lain lain) baik dari aspek konseptual, aspek visual, aspek teknik artistik, aspek estetik, aspek fungsional, maupun aspek nilai seni, desain, atau kriya yang dipamerkan. Tujuan penulisan kurasi pameran adalah agar mudah dipahami oleh pengunjung pameran. Kurasi pameran biasanya ditulis oleh kurator seni rupa, guru seni budaya (seni rupa), dan dapat pula ditulis oleh siswa yang berbakat menulis kritik seni. 

Fungsi seorang kurator dalam pameran adalah menganalisis berbagai faktor keunggulan seni yang dipamerakan, kecenderungan kreatif peserta pemran, baik untuk bidang seni lukis, desain, maupun kriya. Maka, pengunjung mendapatkan bahan banding untuk mengapresiasi karya yang diamatinya. Artikel kurasi pameran dimuat dalam katalog pamerna, sehingga isinya menjadi topik bahasan yang menarik dalam aktivitas diskusi yang dilaksanakan. 

Gambar 11: mengapresiasi karya seni rupa dalam kegiatan pameran 
Sumber : nesabamedia.com 

C. Rangkuman 

Tahap akhir dalam sebuah kegiatan pameran seni rupa adalah pembuatan laporan, hal ini dikarenakan laporan sangat bermanfaat sebagai program tindak lanjut dan refleksi untuk kegiatan pameran seni rupa berikutnya. Hal yang tak boleh di lewatkan adalah mencantumkan kurasi pameran agar kegiatan pameran tersebut lebih bermakna dan berwibawa. 

D. Penugasan Mandiri (optional) 

Buatlah Format sederhana laporan pameran seni rupa 

E. Latihan Soal 

  1. Uraikan dua manfaat dari laporan pameran seni rupa 
  2. Mengapa laporan pameran seni rupa sangat penting 
  3. Jabarkan elemen-elemen yang terdapat dalam format laporan  
  4. Elemen manakah yang paling sulit di uraikan dalam pembuatan laporan pameran seni rupa.  
  5. Apa manfaat adanya kurasi pameran seni rupa 
Jawaban Latihan Soal 
1. Manfaat laporan  
- Laporan bermanfaat sebagai bentuk pertanggung jawaban secara tertulis dari    kegiatan pameran yang telah dilaksanakan 
- Sebagai bahan koreksi bagi panitia yang akan datang 
2. Karena Laporan berisi rangkuman kegiatan mulai dari hasil kegiatan sampai dengan kesimpulan dan masukan dari kekurangan penyelenggaraan pameran yang telah dilaksanakan 
3. Judul, Kata Pengantar, Daftar Isi, Isi (Pendahuluan, Latar Belakang, Tujuan Kegiatan, Anggaran Dana, Jadwal Kegiatan, Hasil Kegiatan, Saran, Penutup, Daftar Pustaka, Lampiran) 
4. Yaitu pembuatan nota keuangan mulai dari uang masuk sampai dengan nota uang keluar agar dibuat dengan transparan dan akuntabel untuk menanamkan kepercayaan dari pihak sponsor 
5. Agar pameran tersebut lebih bernilai dan bermakna karena memberikan narasi yang baik tentang pameran itu. 

F. Penilaian Diri 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jujur dan bertanggung jawab 

 

No

Pertanyaan

Jawaban

1.

Apakah anda mampu menjabarkan  manfaat pembuatan laporan pameran seni rupa

Ya

Tidak

2.

Apakah anda mampu menjelaskan tentang pentinganya laporan pemeran seni rupa

Ya

Tidak

3.

Apakah anda mampu menguraikan point-point penting dalam laporan pameran seni rupa

Ya

Tidak

4.

Apakah anda mampu mendeteksi elemen yang paling sulit dalam pembuatan laporan pameran seni rupa

Ya

Tidak

 

Bila ada jawaban “Tidak” maka segera lakukan riveuw pembelajaran, terutama pada bagian yang masih  “Tidak” Bila semua jawaban ‘Ya”, maka anda dapat melanjutkan ke pembelajaran berikutnya.  
 
Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Menganalisis Pelaporan Pameran Seni Rupa kelas 11 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

#
Menganalisis Pelaporan Pameran Seni Rupa File ini dalam Bentuk pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • deskripsi perencanaan karya seni rupa
      • contoh perencanaan pameran seni rupa
      • jelaskan proses kegiatan pameran seni rupa dengan pendekatan saintifik
      • pelaksanaan pameran seni rupa
      • simpulkan dengan objektif manfaat pelaksanaan pameran secara umum?
      • contoh pameran seni rupa
      • format analisis karya seni rupa
      • tahapan penyelenggaraan pameran seni rupa
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022