Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Menganalisis Perencanaan Pameran Seni Rupa kelas 11 SMA/MA

Materi Menganalisis Perencanaan Pameran Seni Rupa kelas 11 SMA/MA - Hai adik adik yang baik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat ya, jangan lupa untuk selalu mengikuti anjuran yang di anjurkan oleh pemerintah dengan cara menerapkan 3M yaitu Menggunakan masker, menjaga jarak dan selalu mencuci tangan. Nah tidak perlu basa basi kali ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai materi yang sudah disusun yaitu Materi Menganalisis Perencanaan Pameran Seni Rupa kelas 11 SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa membantu adik adik Semangat!!

Materi Menganalisis Perencanaan Pameran Seni Rupa kelas 11 SMA/MA
Materi Menganalisis Perencanaan Pameran Seni Rupa kelas 11 SMA/MA

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 1 ini diharapkan siswa mampu menganalisis tentang perencanaan pameran seperti pembentukkan kepanitian dan pembuatan proposal pameran seni rupa. Menumbuhkan rasa menghargai terhadap karya orang lain dan menumbuhkan sikap bekerjasama. 

B. Uraian Materi 

1. Pengertian Pameran 

Pada dasarnya pameran merupakan suatu kegiataan penampilan dalam rangka memperkenalkan barang, jasa, atau prestasi kepada publik. Penyelenggaraan pameran selain sebagai media informasi dan komunikasi, juga dapat membangkitkan motivasi pengunjung untuk mengambil hal-hal yang bermanfaat. Terkait dengan karya seni, secara umum pengertian pameran adalah wujud akhir dari hasil olah seni yang disuguhkan kepada masyarakat umum. 

gambar 1. Suasana pameran seni rupa 
(sumber: suarapantau.com) 

Penyelenggaraan pameran melibatkan banyak orang yang mempunyai tugas dan tanggung jawab masing-masing dalam satu koordinasi. Untuk mencapai keberhasilan tersebut diperlukan perencanaan yang matang dari aspek teknis maupun non teknis, serta program kerja yang cermat, teliti dan terarah sesuai tujuan dan tema pameran. 

Gambar 2 : display pameran seni rupa 
(sumber : imagesshoolart.com) 
2. Kepanitian Pameran 

Sebelum menyelenggarakan pameran seni rupa di sekolah, kita perlu membuat perencanaan terlebih dahulu. Pertama harus membentuk panitia pameran dengan  menerapkan sikap profesional. Sebagai contoh siswa yang mempunyai bakat seni rupa dapat dijadikan penyeleksi karya, sepeti lukisan, desain, patung dan seni kriya. Setiap siswa diharapkan menempati posisi sesuai dengan minat, bakat dan kemampuannya agar pameran seni rupa terkelola dan terlaksana dengan baik dan behasil.  

Begitu pula dengan posisi ketua, sekretaris, bendahara, dan seksi-seksi lainnya. Sebaiknya dibentuk tim kerja pembuatan proposal pameran, tema pameran, tujuan pameran, kurator pameran dan lain-lain.  Struktur kepanitaan pameran seni rupa di sekolah, sebagai berikut. 

Susunan Panitia Pameran Kelas 
  1. Pembina 
  2. Penanggung jawab 
  3. Ketua Pelaksana 
  4. Wakil Ketua 
  5. Sekretaris 
  6. Bendahara 
  7. Seksi - Seksi 
    • Seksi Acara 
    • Seksi Publikasi dan Dokumentasi 
    • Seksi Dekorasi dan Penata Ruang 
    • Seksi Stand 
    • Seksi Pengumpulan dan Seleksi Karya 
    • Seksi Perlengkapan 
    • Seksi Keamanan 
    • Seksi Konsumsi 
Keterangan : 
1. Pembina : Kepala sekolah 
2. Penanggung jawab : Guru bidang studi kesenian 
3. Ketua : Bertugas sebagai koordinator dan bertanggung jawab atas terselenggaranya pameran secara keseluruhan, bisa dipilih dari siswa yang memiliki pengaruh dan memiliki jiwa tangungjawab yang besar, ini karena harus berani  melimpahkan  sebagian kewenangannya sebagai perencana dan pengontrol segala kegiatan. 
4. Wakil Ketua  : Tugasnya mewakili tugas ketua bila berhalangan atau  diadakan pembagian tugas dengan ketua. keduanya sama-sama memegang tanggungjawab. 
5. Sekretaris : Membuat perencanaan, jadwal kegiatan dan pembagian waktu yang dikoordinasikan dengan seksi-seksi, membuat undangan, laporan, serta membuat arsip, dan mendokumentasikan segala  kegiatan dalam bentuk tertulis dari awal sampai akhir kegiatan.  
6. Bendahara : Bertugas membuat perencanaan keuangan, mencatat keuangan, membelanjakan uang, dan membuat laporan keuangan.  
7. Seksi-seksi : Tugas seksi sesuai dengan bidang dan keahlian masing-masing, usahakan mencari seksi yang cakap,  profesional dan memiliki tanggung jawab. 

Gambar 3 : pengunjung pameran seni rupa 
(sumber : deevayu.blogspot.com)
3. Proposal Pameran 
 
Banyak format penulisan proposal yang dapat digunakan, namun pada hakekatnya inti dari proposal ialah latar belakang pameran, dasar acuan kegiatan pameran, tujuan pameran, hasil dan dampak pameran yang diharapkan, tema pameran, waku dan tempat, anggaran biaya, tata tertib dan lain-lain.  

Gambar 4 :  contoh sampul proposal pameran seni rupa 
(sumber: Issuu.com) 

Umumnya proposal pameran di sekolah dibuat untuk mendapatkan izin kegiatan dari pihak sekolah, pencarian sponsor, informasi bagi orang tua siswa, informasi bagi pers dan pihak-pihak lain yang menjadi mitra penyelenggaraan pameran. Kualitas penulisan dan tampilan suatu proposal pameran diusahakan seoptimal mungkin untuk mendapatkan simpati dan dukungan berbagai pihak.  

C. Rangkuman 

Kegiatan pameran seni rupa di sekolah merupakan proses pembelajaran untuk menumbuhkembangkan kemampuan berapresiasi, berorganisasi, dan memotivasi berkarya kreatif . Pameran seni rupa diselenggarakan sebagai bentuk akhir dari aktivitas berkreasi, untuk itu di perlukan kepanitian pameran. Pembuatan proposal pameran bertujuan untuk pengajuan perizinan dan pengajuan kepada sponsor. Dengan kegiatan pameran diharapkan siswa mampu menghargai keberagaman kaidah artistik dan nilai-nilai keindahan karya seni. 

D. Penugasan Mandiri (optional) 

Buatlah susunan kepanitian pameran seni rupa yang akan diselenggarakan di sekolah 

E. Latihan Soal 

  1. Jelaskan tujuan dari pembentukkan kepanitiaan pameran 
  2. Tuliskan susunan kepanitiaan dalam sebuah pameran seni rupa 
  3. Jelaskan tugas dari ketua pelaksana dalam kepanitian pameran seni rupa 
  4. Sebutkan fungsi dari proposal pameran 
  5. Sebutkan elemen-elemen dalam penulisan proposal pameran seni rupa
KUNCI JAWABAN
1. Agar pelaksanaan kegiatan pameran seni rupa terkelola dengan baik 
2. Pembina, Penanggung jawab, Ketua Pelaksana, Wakil Ketua, Sekretaris, Bendahara, Seksi – Seksi (Seksi Acara, Seksi Publikasi dan Dokumentasi, Seksi Dekorasi dan Penata Ruang, Seksi Stand, Seksi Pengumpulan dan Seleksi Karya, Seksi Perlengkapan, Seksi Keamanan, Seksi Konsumsi) 
3. Bertugas sebagai koordinator dan bertanggung jawab atas terselenggaranya pameran secara keseluruhan 
4. Proposal berfungsi untuk mendapatkan izin kegiatan dari pihak sekolah/keamanan, pencairan sponsor, informasi bagi orang tua siswa, informasi bagi pers dan pihak-pihak lain yang menjadi mitra kerja penyelenggaraan pameran. 
5. Latar belakang pameran, dasar acuan kegiatan pameran, tujuan pameran, hasil dan dampak pameran yang di harapkan, tema pameran, waku dan tempat, tata tertib dan anggaran biaya yang di butuhkan.  

F. Penilaian Diri 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jujur dan bertanggung jawab 

 

No

Pertanyaan

Jawaban

1.

Apakah anda mampu menjabarkan tentang manfaat kepanitian dalam pameran seni rupa

Ya

Tidak

2.

Apakah anda mampu membuat susunan kepanitiaan dalam pemeran seni rupa

Ya

Tidak

3.

Apakah anda mampu menjabarkan salah satu tugas kepanitian pameran seni rupa

Ya

Tidak

4.

Apakah anda mampu menguraikan elemen-elemen pokok dalam proposal pameran seni rupa

Ya

Tidak


Bila ada jawaban “Tidak” maka segera lakukan riveuw pembelajaran, terutama pada bagian yang masih  “Tidak” Bila semua jawaban ‘Ya”, maka anda dapat melanjutkan ke pembelajaran berikutnya. 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Menganalisis Perencanaan Pameran Seni Rupa kelas 11 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!


#
Menganalisis Perencanaan Pameran Seni Rupa File ini dalam Bentuk pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • contoh pameran seni rupa
      • contoh perencanaan pameran seni rupa
      • contoh tema pameran seni rupa
      • tahapan penyelenggaraan pameran seni rupa
      • perlengkapan yang harus dipersiapkan dalam pameran karya seni rupa
      • manfaat pameran seni rupa
      • pelaksanaan pameran seni rupa
      • jenis-jenis pameran
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022