Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Unsur-unsur dan Prinsip-prinsip Karya Seni Rupa Mapel Seni Budaya kelas 10 SMA/MA

Materi Unsur-unsur dan Prinsip-prinsip Karya Seni Rupa Mapel Seni Budaya kelas 10 SMA/MA - Halo adik adik yang baik, apa kabar? semoga adik adik dalam keadaan sehat ya, jangan lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dengan cara memakai masker, menjaga jarak dan selalu mencuci tangan, oiya pada kesempatan yang baik ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai materi yang telah disusun yaitu materi tentang Unsur-unsur dan Prinsip-prinsip Karya Seni Rupa dari mata pelajaran Seni Budaya dalam pembahasan Seni Rupa untuk adik adik kelas 10 SMA/MA. Semoga bermanfaat yah.

Materi Unsur-unsur dan Prinsip-prinsip Karya Seni Rupa Mapel Seni Budaya kelas 10 SMA/MA
Materi Unsur-unsur dan Prinsip-prinsip Karya Seni Rupa Mapel Seni Budaya kelas 10 SMA/MA

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah mempelajari modul ini dengan baik, diharapkan siswa dapat; 
1. Mempraktikkan cara berkarya seni rupa berdasarkan teknik dan bahan 
2. Melakukan evaluasi karya seni rupa yang telah dibuat 

B. Uraian Materi  

MEDIUM DAN BAHAN KARYA SENI RUPA 
 
Bahan berkarya seni rupa adalah material habis pakai yang digunakan untuk mewujudkan karya seni rupa tersebut. Sesuai dengan keragaman jenis karya seni rupa, bahan untuk berkarya seni rupa ini juga banyak macam dan ragamnya, ada yang berfungsi sebagai bahan utama (medium) dan ada pula sebagai bahan penunjang. Sebagai contoh, pada umumnya perupa membuat karya lukisan menggunakan kanvas dan cat sebagai bahan utamanya serta kayu dan paku sebagai bahan penunjang. Kayu digunakan sebagai bahan bingkai (spanram) untuk menempatkan kanvas dan paku untuk mengaitkan kanvas pada permukaan kayu bingkai tersebut.  
 
Bahan untuk berkarya seni rupa dapat dikategorikan menjadi bahan alami dan bahan sintetis berdasarkan sumber bahan dan proses pengolahannya. Bahan baku alami adalah material yang bahan dasarnya berasal dari alam. Bahan-bahan ini dapat digunakan secara langsung tanpa proses pengolahan secara kimiawi di pabrik atau industri terlebih dahulu. Adapun bahan baku olahan adalah bahan-bahan alam yang telah diolah melalui proses pabriksasi atau industri tertentu menjadi bahan baru yang memiliki sifat dan karakter khusus. Berdasarkan sifat materialnya, bahan berkarya seni rupa ini dapat juga dikategorikan ke dalam bahan keras dan bahan lunak, bahan cair dan bahan padat dan sebagainya.  
 
Gambar 13: Bahan keras dan bahan lunak bahan cair dan bahan padat 


 
ALAT BERKARYA SENI RUPA 
 
Alat untuk berkarya seni rupa sangat banyak jenis dan ragamnya. Beberapa karya seni rupa bahkan memiliki peralatan khusus yang tidak dipergunakan pada jenis karya lainnya. Tetapi ada juga alat atau bahan yang dipergunakan hampir disemua proses berkarya seni rupa. Alat-alat tulis (gambar) misalnya, adalah peralatan yang digunakan dalam proses pembuatan hampir seluruh jenis karya seni rupa, terutama saat membuat rancangan karya seni tersebut.  
 
Dalam berkarya seni rupa dua dimensi setidaknya dikenal beberapa kategori alat utama untuk berkarya yaitu alat untuk membentuk, menggambar dan mewarnai serta alat mencetak (mendupilkasi). Seperti juga bahan, selain kategori alat utama tersebut, kita juga mengenal alatalat bantu lainnya yaitu alat-alat yang peruntukannya tidak secara khusus untuk kegiatan berkarya seni rupa tetapi sangat diperlukan dalam kegiatan berkarya seni rupa seperti: alat pemotong (pisau dan gunting), alat pengering, alat pengukur dan sebagainya. Alat-alat ini bersifat penunjang untuk memudahkan atau melancarkan proses pembuatan karya. Karena kemajuan teknologi, saat ini semua fungsi alat yang dipergunakan dalam berkarya seni rupa relatif dapat dilakukan oleh komputer. Walaupun demikian perlu disadari betul bahwa komputer hanyalah alat bantu.  
 
Karya seni bagaimanapun juga membutuhkan kepekaan rasa yang sulit dihasilkan oleh program komputer. Kepekaan rasa adalah kompetensi unik dan khas yang hanya dimilki manusia, berbeda antara satu orang dengan orang lainnya.  
 
Gambar 2: Alat Berkarya Seni Rupa  

TEKNIK BERKARYA SENI RUPA 
 
Dalam membuat karya seni rupa murni atau terapan dibutuhkan keterampilan teknis menggunakan alat dan mengolah bahan untuk mewujudkan objek pada bidang garap. Sebagai contoh, untuk mewujudkan sebuah objek dalam karya lukisan, seorang perupa atau seniman lukis dituntut menguasai keterampilan teknis menggunakan alat (kuas) dan mengolah bahan (cat) pada kanvas (medium). Seorang pematung dituntut menguasai keterampilan teknis menggunakan alat memahat dan mengolah bahan kayu untuk mewujudkan karya seni patung.  
 
Karya seni rupa ada juga yang dinamai berdasarkan teknik utama yang digunakan dalam pembuatannya. Seni kriya Batik misalnya, menunjukkan jenis karya seni rupa yang dibuat dengan teknik membatik, begitu pula Seni kriya anyam, untuk menamai jenis karya seni rupa yang dibuat dengan teknik menganyam. 

C. Rangkuman  

Beragam jenis dan karakteristik bahan yang digunakan dalam berkarya seni rupa memerlukan beragam alat dan teknik untuk mengolahnya. Suatu teknik berkarya seni rupa mungkin saja secara khusus digunakan sebagai teknik utama dalam mewujudkan satu jenis karya seni rupa tetapi mungkin juga digunakan untuk mewujudkan jenis karya seni rupa lainnya. 

D. Latihan Soal 

Kerjakan semua soal di bawah ini di kertas, kemudian cocokan dengan alternatif penyelesaiannya! 
  1. Sebutkan macam-macam karya seni rupa dua dimensi!  
  2. Jelaskanlah langkah-langkah pembuatan karya seni rupa dua dimensi!  
  3. Jelaskanlah konsep seni rupa dua dimensi yang sedang berkembang! 
  4. Jelaskan pengertian karya seni rupa dua dimensi! 
  5. Jelaskanlah jenis, simbol dan nilai estetis dalam seni rupa 2 dimensi. 

E. Penilaian Diri  

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jujur dan bertanggungjawab! 

 

No.

Pertanyaan

Jawaban

1.

Menjelaskan medium, alat dan bahan untuk membuat seni rupa dua dimensi

      Ya          Tidak

2.

Mengaplikasikan medium, alat dan bahan untuk membuat seni rupa dua dimensi

      Ya          Tidak

 

Bila ada jawaban "Tidak", maka segera lakukan review pembelajaran, terutama pada bagian yang masih "Tidak". Bila semua jawaban "Ya", maka Anda dapat melanjutkan ke pembelajaran berikutnya. 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Unsur-unsur dan Prinsip-prinsip Karya Seni Rupa Mapel Seni Budaya kelas 10 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Unsur-unsur dan Prinsip-prinsip Karya Seni Rupa File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • unsur-unsur seni rupa
      • unsur dan prinsip seni rupa brainly
      • 5 unsur seni rupa
      • sebutkan unsur-unsur seni rupa
      • unsur-unsur fisik dalam sebuah karya seni rupa pada dasarnya meliputi
      • jenis karya seni rupa
      • unsur dan prinsip seni rupa 2 dimensi
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022