Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Macam-macam Karya Seni Rupa Dua Dimensi Mapel Seni Budaya kelas 10 SMA/MA

Materi Macam-macam Karya Seni Rupa Dua Dimensi Mapel Seni Budaya kelas 10 SMA/MA - Hai adik adik yang baik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat sehat saja ya, kebetulan kali ini kakak menyediakan materi untuk adik adik, materi ini kakak ambil dari mata pelajaran Seni Budaya tentang seni rupa yang pembahasanya adalah Materi Macam-macam Karya Seni Rupa Dua Dimensi untuk adik adik kelas X SMA/MA, semoga dengan adanya materi ini bisa membantu adik adik. Semangat!!

Materi Macam-macam Karya Seni Rupa Dua Dimensi Mapel Seni Budaya kelas 10 SMA/MA
Materi Macam-macam Karya Seni Rupa Dua Dimensi Mapel Seni Budaya kelas 10 SMA/MA

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah mempelajari modul ini dengan baik, diharapkan siswa dapat; 
1. Mengidentifikasi konsep, unsur, prinsip, bahan dan teknik dalam berkarya seni rupa 
2. Mempraktikkan cara berkarya seni rupa menggunakan teknik dan bahan 
3. Melakukan evaluasi karya seni rupa yang telah dibuat

B. Uraian Materi 

Karya seni rupa dua dimensi (2D) ada yang memiliki fungsi pakai / applied art dan ada yang memiliki fungsi hias atau fungsi ekspresi saja / fine art. Ada berbagai aspek dalam karya seni rupa dua dimensi. Berbagai unsur rupa seperti garis, bentuk, bidang, warna disusun sedemikian rupa sehingga membentuk obyek tertentu pada karya seni rupa dua dimensi tersebut. Untuk mewujudkan karya seni rupa dua dimensi ini digunakan berbagai bahan, medium, dan teknik sesuai dengan obyek dan fungsi yang diinginkan.  Karya seni rupa ada disekitar kita. Seringkali kita tidak menyadari bahwa benda-benda yang dekat dengan aktivitas kita sehari-hari adalah karya seni rupa. Karya seni rupa ini ada yang berdimensi dua dan berdimensi tiga. Tahukah kalian apa artinya dimensi dalam karya seni rupa? Karya seni rupa dua atau tiga dimensi dibedakan dari bagian karya yang diserap oleh mata.  Pada bagian inilah kalian akan melihat bentuk obyek yang terdapat didalamnya. Cobalah amati benda di sekitar kalian, maka kalian akan dapat membedakan benda yang berdimensi dua atau berdimensi tiga. Tunjukkan mana benda atau karya seni rupa yang berdimensi dua. Karya seni rupa dua dimensi (2D) ada yang memiliki fungsi pakai dan ada yang memiliki fungsi hias atau fungsi ekspresi saja.  

Ada berbagai aspek dalam karya seni rupa dua dimensi. Berbagai unsur rupa seperti garis, bentuk, bidang, warna disusun sedemikian rupa sehingga membentuk obyek tertentu pada karya seni rupa dua dimensi tersebut. Untuk mewujudkan karya seni rupa dua dimensi ini digunakan berbagai bahan, medium, dan teknik sesuai dengan obyek dan fungsi yang diinginkan.  Simbol karya seni rupa dua dimensi merupakan perlambang/makna dari bentuk/corak karya seni rupa dua dimensi.  

 

No

Jenis Karya (Nama)

Bentuk (Corak Hiasan)

Makna/Simbol

1

Lukisan

Abstrak (nonfiguratif)

Kedamaian

2

Ilustrasi

Visual realistis, sesuai dengan kenyataan di alam nyata

(figuratif)

Menjelaskan sebuah deskripsi tulisan

3

Kerajinan Batik

Geometris (non figuratif)

Melambangkan keteraturan hidup

 

 Yang harus diperhatikan dalam karya seni rupa dua dimensi yaitu: 
1. Nilai estetika pada karya seni rupa dua dimensi  
Kemampuan dalam mempersepsi, memahami, menanggapi, merefleksi, menganalisis, dan mengevaluasi karya seni rupa dua dimensi. 
2. Media dan teknik karya seni rupa dua dimensi  
Alat dan media memiliki banyak variasi dan macamnya. Alat dan media dapat berupa pensil dengan bahan grafit, pensil warna, bolpoin, krayon, dan lain-lain. Setiap alat dan media tersebut memiliki karakter yang berbeda. 
3. Teknik dalam karya seni rupa dapat dimulai dengan cara yang sangat sederhana dan mudah dilakukan. Buatlah sketsa terlebih dahulu agar karya seni rupa memiliki komposisi, proporsi, dan keseimbangan yang baik. 
 
Karya seni rupa memiliki bentuk dan fungsi yang beraneka ragam. Berdasarkan dimensinya kita mengenal karya seni rupa dua dan tiga dimensi. Karya dua dimensi terwujud dari bergai bahan dan medium yang beraneka ragam. Karakter unik dari masing-masing bahan dan medium ini membutuhkan berbagai alat dan teknik pengolahan serta penggarapan untuk mewujudkan karya seni rupa tersebut. Bahan dan medium yang digunakan untuk berkarya seni rupa 2 dimensi dapat berupa bahan alami atau bahan sintetis.  

Keindahan karya seni rupa tampak secara visual dari bentuk dan obyek pada karya seni rupa tersebut. Unsur-unsur rupa (unsur fisik) disusun menggunakan prinsip-prinsip penataan (unsur nonfisik) membentuk komposisi obyek gambar atau lukisan yang unik dan menarik.  
 
Obyek pada karya seni rupa dua dimensi dapat berwujud abstrak atau menyerupai kenyataan yang ada disekitar kita. Mahluk hidup dan benda mati dapat digunakan sebagai model objek berkarya seni rupa dua dimensi. Melalui serangkaian tahapan dalam proses berkarya seni rupa dua dimensi akan terwujud karya seni rupa dua dimensi yang unik dan menarik. Untuk terampil berkarya seni rupa tidak hanya ditentukan oleh bakat, tetapi terutama oleh latihan dan kesungguhan dalam berkarya.  
 
Eksplorasi Teknik Berkarya Seni Rupa 2 Dimensi 
Teknik adalah cara-cara yang lazim digunakan dalam berkarya seni rupa 2 dimensi (menggambar, melukis, grafis, fotografi, reklame). Adapun teknik dalam berkarya seni rupa 2 dimensi adalah sebagai berikut. 
1. Teknik Linear (Menggambar) 
Teknik linear merupakan cara menggambar objek gambar dengan garis sebagai unsur yang paling menentukan, baik garis lurus maupun garis lengkung. 

2. Teknik Blok (Menggambar) 
Teknik Blok merupakan cara menggambar dengan menutup objek gambar menggunakan satu warna, sehingga hanya tampak bentuk globalnya (siluet). 

3. Teknik Arsir (Menggambar) 
Teknik arsir merupakan cara menggambar dengan garis-garis sejajar atau menyilang untuk menentukan gelap-terang objek gambar sehingga tampak seperti tiga dimensi. 

4. Teknik Dusel (Menggambar) 
Teknik dusel merupakan cara menggambar yang menentukan gelapterang objek gambar menggunakan pensil gambar yang digoreskan dalam posisi miring (rebah) kemudian disapu dengan kertas, kain, atau tangan. 
 
5. Teknik Pointilis (Menggambar dan Melukis) 
Teknik pointilis merupakan cara menggambar atau melukis menggunakan medianya(pensil, pena, pastel, cat, dan lain-lain) dengan cara dititik-titikkan hingga membentuk objek gambar atau lukisan. 

6. Teknik Aquarel (Menggambar dan Melukis) 
Teknik aquarel merupakan cara menggambar atau melukis menggunakan cat berbahan air (cat air) dengan sapuan warna yang tipis, sehingga hasilnya tampak transparan atau tembus pandang. 

7. Teknik Plakat (Menggambar dan Melukis) 
Teknik plakat merupakan cara menggambar atau melukis menggunakan bahan cat yang memiliki sifat pekat (cat poster, cat acrilick, cat minyak, dan lain-lain) dengan sapuan warna yang tebal dan rata sehingga hasilnya pekat dan menutup. 

8. Teknik Semprot atau Air Brush (Menggambar) 
Teknik semprot merupakan cara menggambar dengan bantuan alat semprot khusus untuk menggambar. Menggambar dengan teknik semprot ini membutuhkan keahlian dan ketelitian dalam menggunakan alat semprotnya. 

9. Teknik Cetak (Reklame, Fotografi dan Grafis) 
Teknik cetak merupakan teknik berkarya seni rupa dengan cara dicetak (baik teknik cetak manual ataupun digital). Untuk menciptakan karya dua dimensi dengan teknik cetak ini dibutuhkan peralatan cetak dan tinta cetak. 
 
12 Contoh Karya Seni Rupa 2 Dimensi dan Penjelasan Lengkapnya. 

Berikut ini kami sajikan beragam contoh karya seni rupa 2 dimensi atau dwimatra yang sering kita temui di lingkungan sekitar kita. Karya seni rupa 2 dimensi dapat kita temui dari karya seni rupa seperti berikut ini. 

1. Gambar 
Perwujudan gambar lebih menekankan pada unsur garis, bentuk, dan aspek kegunaan, tanpa adanya ekspresi. Contohnya seperti gambar Ilustrasi, gambar arsitektur, desain, dekorasi, dan lain-lain. 
  
Gambar 1. Contoh gambar 
Sumber : https://www.senibudayaku.com/ 

2. Lukisan 
Adalah gambar yang mengungkapkan bentuk objektif dengan komposisi dan nilai subjektif melalui ekspresi dan kreatifitas.  
 
Gambar 2. Contoh lukisan 
Sumber : https://www.senibudayaku.com 


 
3. Sketsa 
Berupa garis sederhana yang dibuat secara spontan namun bermakna. 
Sketsa dapat berupa rencana lukisan atau lukisan bergaya sketsa. 
 
Gambar 3. Contoh sketsa 
sumber gambar : https://www.senibudayaku.com

4. Kartun 
Kartun adalah gambar yang telah dideformasi (diubah bentuk) dari wujud aslinya sehingga menjadi lucu. 
 
Gambar 4. Contoh kartun 
sumber gambar : https://www.senibudayaku.com


 
5. Karikatur 
Kartun sindiran yang terfokus pada karakter objek. Meskipun telah dideformasi, kita dapat mengenali tokohnya karena ciri khasnya. 
 
Gambar 5. Contoh karikatur 
sumber gambar : https://www.senibudayaku.com
6. Vinyet 
Gambar dekoratif tanpa maksud yang jelas, merupakan kreasi improvisatif pengisian halaman kosong. 
 
Gambar 6. Contoh vinyet 
sumber gambar : https://www.senibudayaku.com
7. Siluet 
Gambar hitam bayangan suatu objek, dengan atau tanpa modifikasi. 
 
Gambar 7. Contoh siluet 
sumber gambar : https://www.senibudayaku.com
8. Cetak Tinggi 
Cetak tinggi atau cetak timbul adalah cara membuat acuan cetak dengan membentuk gambar timbul pada permukaan media cetak. Media yang sering digunakan dalam penerapan teknik ini adalah menggunakan kayu lapis triplek, metal, harboard, papan kayu, dan karet (linoleum). 
 
Gambar 8. Contoh cetak tinggi 
sumber gambar : https://www.senibudayaku.com
9. Poster 
Poster merupakan jenis reklame berupa selembaran kertas yang berisi gambar dan tulisan yang dibuat semenarik mungkin dan ditempatkan dengan cara ditempel ditempat-tempat umum yang strategis. 
 
Gambar 9. Contoh poster 
sumber gambar : https://www.senibudayaku.com
10. Fotografi 
Fotografi adalah ragam seni grafis yang pembuatannya melalui proses pemotretan dengan kamera, pencucian film, dan pencetakan gambar foto. 
 
Gambar 10. Contoh Fotografi 
sumber gambar : https://www.senibudayaku.com
11. Grafity 
Grafity adalah coretan pada dinding seng, beton, atau kayu, dengan menggunakan komposisi warna, garis, bentuk, dan volume untuk menuliskan kata, kalimat, atau simbol tertentu menggunakan cat semprot. 
 
Gambar 11. Contoh grafity 
sumber gambar : https://www.senibudayaku.com

12. Kaligrafi 
Kaligrafi adalah seni menulis indah dengan cara menggayakan huruf dan tulisan dengan teknik tertentu sehingga terlihat menarik. 
 
Gambar 12. Contoh kaligrafi 
sumber gambar : https://www.senibudayaku.com

C. Rangkuman 

Berdasarkan dimensinya, karya seni rupa dibagi dua yaitu, karya seni rupa dua dimensi yang mempunyai dua ukuran dan karya seni rupa tiga dimensi yang mempunyai tiga ukuran atau memiliki ruang.  

Berdasarkan fungsinya, karya seni rupa ada yang dibuat dengan pertimbangan utama untuk memenuhi fungsi praktis. Karya seni rupa semacam ini dikategorikan dalam jenis karya seni rupa terapan (applied art). Pembuatan karya seni (rupa) terapan ini umumnya melalui proses perancangan (desain).  
Sebaliknya ada karya seni rupa yang dibuat dengan tujuan untuk dinikmati keindahan dan keunikannya saja tanpa mempertimbangkan fungsi praktisnya. Karya seni rupa dengan kategori ini disebut karya seni rupa murni yang umumnya digunakan sebagai elemen estetis untuk ”memperindah” ruangan atau tempat tertentu. 

D. Latihan Soal 

Kerjakan Latihan soal dibawah ini, 
 
1. Berikut adalah contoh karya seni rupa dua dimensi, kecuali . . . 
A. Seni lukis 
B. Seni grafis 
C. Seni ilustrasi 
D. Relief 
E. Seni arsitektur  

2. Seni rupa ada yang dibuat dengan pertimbangan untuk memenuhi fungsi ekspresi,  disebut dengan: 
A. Fine art 
B. Discofery art 
C. Projeck artn 
D. Applied art 
E. Filling art 

3. Salah satu cabang seni rupa yang memiliki wujud dua dimensi dengan proses pembuatan karyanya menggunakan teknik cetak dan biasanya di atas kertas disebut … 
A. Seni grafis 
B. Lukisan 
C. Gambar 
D. Batik printing 
E. Batik 

4. Berdasarkan fungsi dan orietasinya, karya seni rupa ada yang dibuat dengan pertimbangan untuk memenuhi fungsi praktis, karya seni tersebut sering disebut dengan: 
A. Fine art 
B. Discofery art 
C. Projeck art 
D. Applied art 
E. Filling art 

5. Dalam penciptaan karya kita kadang kita membutuhkan kesan bayangan pada obyek.  
Dibawah ini adalah unsur yang dapat mencapai kebutuhan tersebut, yaitu 
A. Tekstur, warna, bentuk, garis  
B. Warna, tekstur, garis, titik 
C. Garis, bentuk, tekstur, titik 
D. Bentuk, warna, garis, titik 
E. Titik, warna, bentuk, tekstur 
 
6. Teknik menggambar menggunakan unsur garis lurus dan garis lengkung disebut dengan  
A. Teknik dussel 
B. Teknik pointilis 
C. Teknik blok 
D. Teknik arsir 
E. Teknik linear  

7. Unsur visual dalam seni rupa dua dimensi yang terbentuk karena hubungan beberapa garis disebut … 
A. Bidang 
B. Bentuk 
C. Raut 
D. Barik 
E. Bangun 

8. Suatu karya seni yang dibuat dengan tujuan untuk menjelaskan isi dari cerita, puisi, tulisan, dan sebagainya disebut … 
A. Seni lukis 
B. Seni grafis    
C. Seni ilustrasi 
D. Seni rupa 
E. Seni arsitektur 

9. Karya seni rupa dua dimensi yang merupakan gambar dekoratif tanpa maksud yang jelas, merupakan kreasi improvisatif pengisian halaman kosong, disebut .... 
A. Karikatur  
B. Kartun  
C. Sketsa  
D. Poster 
E. Vinyet  

10. Karya seni dua dimensi yang difungsikan untuk menginformasikan sebuah produk dan ditempatkan di tempat-tempat umum yang strategis, disebut dengan … 
A. Karikatur  
B. Kartun  
C. Sketsa  
D. Poster 
E. Vinyet  
 
Kunci Jawaban dan penjelasan 
 
1. e 
Seni arsitektuktur termasuk karya seni tiga dimensi  
2. a 
Fine art terjemahan dari seni murni 
3. a 
Teknik pembuatan seni grafis adalah dengan cara di cetak diatas kertas 
4. d 
Applied art terjemahan dari seni terapan 
5. b 
Unsur warna, tekstur, garis, titik adalah elemen yang dapat menimbulkan bayangan  
6. e 
Teknik linier merupakan cara menggambarkan obyek dengan menggunakan unsur baik garis lurus maupun garis lengkung. 
7. a 
( Sudah jelas ) 
8. c 
Seni ilustrasi salah satu fungsinya adalah menjelaskan atau menggambarkan sebuah cerita  
9. e 
Vinyet merupakan karya seni rupa dua dekoratif yang merupakan kreasi improvisatif pengisian halaman kosong  
10. d 
Poster merupakan jenis karya seni dua dimensi yang difungsukan sebagai media reklame berupa selembaran kertas yang berisi gambar dan tulisan yang dibuat semenarik mungkin dan ditempatkan dengan cara ditempel ditempat-tempat umum yang strategis. 
 

E. Penilaian Diri 

No.

Pertanyaan

Jawaban

01.

Saya berusaha belajar tentang bahan, teknik dan medium berkarya seni rupa

Ya

Tidak

02.

Saya berusaha belajar membuat karya seni rupa dua dimensi

Ya

Tidak

03.

Saya mengikuti pembelajaran berkarya seni rupa dua dimensidengan sungguh-sungguh

Ya

Tidak

05.

Saya mengerjakan tugas yang diberikan guru tepat waktu

Ya

Tidak

06.

Saya mengajukan pertanyaan jika ada yang tidak dipahami

Ya

Tidak

07.

Saya aktif dalam mencari informasi tentang medium, bahan dan teknik berkarya seni rupa

Ya

idak

08.

Saya menghargai keunikan berbagai jenis karya seni rupa 2 dimensi

Ya

Tidak

09.

Saya menghargai keunikan karya seni rupa 2 dimensi yang dibuat oleh teman saya

Ya

Tidak

 

Bila ada jawaban "Tidak", maka segera lakukan review pembelajaran, terutama pada bagian yang masih "Tidak". Bila semua jawaban "Ya", maka Anda dapat melanjutkan ke pembelajaran berikutnya. 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Macam-macam Karya Seni Rupa Dua Dimensi Mapel Seni Budaya kelas 10 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Konsep Pertunjukan Musik Tradisional File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • contoh karya seni rupa dua dimensi
      • seni rupa 3 dimensi
      • karya seni rupa 3 dimensi contohnya
      • contoh karya seni rupa 3 dimensi
      • contoh karya seni rupa 3 dimensi dan cara pembuatannya
      • contoh karya seni dua dimensi adalah
      • jenis karya seni rupa 2 dimensi
      • contoh seni rupa 2 dimensi dan 3 dimensi
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022