Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Keterampilan Gerak Dasar Hindaran, Elakan, Tangkisan Olahraga Beladiri Pencak Silat Mapel PJOK kelas 10 SMA/MA

Materi Keterampilan Gerak Dasar Hindaran, Elakan, Tangkisan Olahraga Beladiri Pencak Silat Mapel PJOK kelas 10 SMA/MA - Hai adik adik semuanya apa kabar? semoga dalam keadaan baik baik saja ya, jangan lupa untuk selalu mengikuti protokol kesehatan yang disarankan pemerintah dengan cara menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan. Oiya pada kesempatan kali ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai Materi Keterampilan Gerak Dasar Hindaran, Elakan, Tangkisan Olahraga Beladiri Pencak Silat tentang BAB Olahraga Beladiri Pencak Silat dari mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahgara dan Kesehatan unutk adik adik kelas 10 SMA/MA. Semoga bermanfaat yah.

Materi Keterampilan Gerak Dasar Hindaran, Elakan, Tangkisan Olahraga Beladiri Pencak Silat Mapel PJOK kelas 10 SMA/MA

Tentunya kalian sudah tidak asing lagi dengan olahraga beladiri pencak silat. Olahraga beladiri pencak silat merupakan tradisi khas salah satu seni beladiri Indonesia yang telah ada dari generasi ke generasi. Dalam perkembangannya olahraga seni beladiri pencak silat di seluruh Indonesia memiliki keunikan gerak dan musik yang mengiringinya. Olahraga beladiri pencak silat juga memiliki seluruh elemen yang membentuk warisan budaya, di antaranya terdiri dari tradisi lisan, seni pertunjukan, ritual dan festival, kerajinan tradisional, pengetahuan dan praktik sosial serta kearifan lokal. 

Olahraga beladiri pencak silat selain mengandung unsur gerak fisik, juga memiliki nilai-nilai luhur seperti pembentukan kepribadian yang kuat, percaya diri, sabar, jujur, tekun, dan semangat yang pada akhirnya dapat membentuk manusia Indonesia seutuhnya. Oleh karena itu olahraga bela diri pencak silat makin berkembang diberbagai wilayah Indonesia. Bahkan pencak silat digolongkan menjadi salah satu jenis olahraga yang perlu dipelajari dalam dunia pendidikan. Hal ini karena substansi dan sarana pendidikan mental spiritual dan pendidikan jasmani untuk membentuk manusia yang mampu menghayati dan mengamalkan ajaran falsafah budi pekerti luhur. Untuk mempelajari olahraga beladiri pencak silat tersebut, maka kalian perlu  mempelajari gerakan teknik dasar pencak silat terlebih dahulu. 

Istilah

  • Sikap kuda-kuda : Sikap dasar dengan posisi kaki tertentu sebagai dasar tumpuan untuk melakukan sikap dan gerakan belaserang. 
  • Sikap pasang : Sikap siaga untuk melakukan pembelaan atau serangan yang berpola dan dilakukan pada awal serta akhir dari rangkaian gerak. 
  • Simpuh : Cara duduk dengan kedua belah kaki dilipat ke belakang dan ditindih oleh pantat. 
  • Mengorak sila : Bangkit berdiri dan pergi 
  • Trapsila : Tata krama, susila 
  • Ingsutan : Bergeser sedikit-sedikit, beralih perlahan-lahan 
  • Tebak : Pukulan dengan telapak tangan 
  • Tinju : Pukulan dengan dengan kepalan tangan 
  • Sodok : Pukulan dengan ujung-ujung jari tangan 
  • Bandul : Pukulan dengan ayunan kepalan kepala 
  • Catok : Pukulan dengan mengayun kepalan tangan 
  • Sanggah : Pukulan dengan pangkal telapak tangan 
  • Colok : Pukulan dengan ujung jari tangan 
  • Pedang : Pukulan dengan sisi telapak tangan 
  • Tampar : Pukulan dengan telapak tangan 
  • Kepret : Pukulan dengan punggung tangan 
  • Tungkai : Seluruh kaki dari pangkal paha ke bawah 
  • Hindaran : Usaha pembelaan dengan cara memindahkan bagianbagian badan yang menjadi sasaran serangan, dengan melangkah atau memindahkan kaki 
  • Hindar hadap : menghindar dengan memindahkan kaki, sehingga posisi tubuh menghadap lawan 
  • Hindar sisi menghindar dengan memindahkan kaki, sehingga posisi tubuh menyamping lawan 
  • Elakan : Usaha pembelaan yang dilakukan dengan sikap kaki yang tidak berpindah tempat atau kembali ke tempat semula 
  • Tangkisan : Usaha pembelaan dengan cara mengadakan kontak langsung dengan serangan 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 2 ini diharapkan kalian dapat : 
  1. Menjelaskan keterampilan gerak dasar hindaran, elakan, tangkisan olahraga beladiri pencak silat. 
  2. Mempraktikkan keterampilan gerak dasar hindaran, elakan, tangkisan olahraga beladiri pencak silat. 
  3. Menganalisis keterampilan gerak dasar hindaran, elakan, tangkisan olahraga beladiri pencak silat. 

B. Uraian Materi 

Pada modul pembelajaran yang sebelum kalian sudah mempelajari tentang materi keterampilan gerak dasar olahraga beladiri pencak silat yang meliputi sikap dasar, gerak dasar dan teknik dasar serangan tangan dan serangan tungkai. Untuk pembelajaran kali ini, kalian akan menganalisis keterampilan  teknik hindaran, elakan dan tangkisan, sehingga kalian lebih memahami dari masing-masing karakteristik dari masing-masing keterampilan gerak tersebut. 
 
Pencak didefinisikan sebagai gerak dasar beladiri yang terikat pada aturan dan digunakan dalam belajar, latihan dan pertunjukan. Silat dapat diartikan sebagai gerak beladiri yang sempurna dan bersumber pada kerohanian yang suci murni guna keselamatan diri atau kesejahteraan bersama, serta untuk menghindarkan manusia dari bencana/bahaya. Peranan pencak silat adalah sebagai sarana dan prasarana untuk membentuk manusia seutuhnya yang sehat, kuat, tangkas, terampil, sabar, ksatria dan percaya diri. Gerakan tangan dan tubuh baik dengan iringan musik atau tidak, menggambarkan patriotisme seseorang dalam mempertahankan diri. Ada 4 (empat) aspek atau unsur dalam pencak silat, yaitu : unsur olahraga, unsur kesenian, unsur bela diri, dan unsur kerohanian (kebatinan). 
 
Baiklah dalam modul ini akan diuraikan tentang keterampilan teknik dasar hindaran, elakan, dan tangkisan dalam olahraga beladiri pencak silat. Jika kalian menguasai keterampilan teknik dasar ini, maka lengkaplah apa yang kalian pelajari dalam olahraga beladiri pencak silat. Berikut merupakan keterampilan teknik dasar dalam olahraga beladiri pencak silat pada pembelajaran kedua ini : 
 
1. Teknik Dasar Hindaran 

Hindaran adalah suatu usaha pembelaan dengan cara memindahkan bagianbagian badan yang menjadi sasaran serangan, dengan melangkah atau memindahkan kaki. Sasaran yang dimaksud adalah bagian badan yang menjadi tujuan serangan lawan. Kalian perhatikan bentuk-bentuk hindaran berikut ini : 
  • Hindar hadap, yaitu menghindar dengan memindahkan kaki, sehingga posisi tubuh menghadap lawan. 
  • Hindar sisi, menghindar dengan memindahkan kaki, sehingga posisi tubuh menyamping lawan. 
  • Hindar angkat kaki, menghindar dengan cara angkat kaki. 
  • Hindar kaki silang, menghindar dengan memindahkan kaki secara menyilang. 
2. Teknik Dasar Elakan 

Elakan adalah usaha pembelaan yang dilakukan dengan sikap kaki yang tidak berpindah tempat atau kembali ke tempat semula. Gerakan elakan menghindari pukulan lawan dengan cara mengelak. Elakan dilakukan dengan memindahkan posisi tubuh untuk menghindari pukulan atau tendangan. Keterampilan gerak elakan silahkan kalian perhatikan terdiri atas : 
a. Elakan bawah 
Cara melakukan elakan bawah adalah sebagai berikut : Sikap kuda-kuda depan. Rendahkan tubuh dengan cara lutut ditekuk tanpa memindahkan letak posisi kaki. Sikap tangan waspada. 
b. Elakan atas 
Cara melakukan elakan atas adalah sebagai berikut : Sikap kuda-kuda depan. Angkat kedua kaki dengan sikap tungkai ditekuk. Sikap tangan tetap waspada. Mendarat dengan kedua kaki saling menyusul. 
c. Elakan samping 
Cara melakukan elakan samping adalah sebagai berikut. : Sikap kuda-kuda tengah. Pindahkan berat badan ke samping kiri/kanan dengan mengubah sikap kuda-kuda tengah menjadi kuda-kuda samping. Sikap tangan tetap waspada. 
d. Elakan belakang lurus atau berputar dalam posisi kuda-kuda depan 
Cara melakukan elakan elakan belakang berputar adalah sebagai berikut : Sikap kuda-kuda depan. Posisi badan sedikit dicondongkan ke belakang. Sikap tangan waspada. 
Untuk lebih jelasnya kalian perhatikan gambar elakan di bawah ini ! 
  
Gambar 15 : teknik dasar elakan 
3. Teknik Dasar Tangkisan 

Tangkisan adalah usaha pembelaan dengan cara mengadakan kontak langsung dengan serangan. Kontak langsung itu bertujuan : mengalihkan serangan dari lintasannya dan membendung atau menahan serangan, jika terpaksa. Sikap menangkis selalu disertai sikap kuda-kuda dan sikap tubuh dengan menggunakan satu lengan, dua lengan, dan kaki. 

a. Tangkisan satu lengan 

1) Tangkisan dalam, dari luar ke dalam  
Berdiri tegak dengan kedua kaki rapat dan kedua tangan berada di depan dada. Langkahkan satu kaki ke belakang (misalnya kaki kiri) disertai dengan tangan kanan bergerak ke samping kiri. Saat tangan kanan bergerak ke belakang, jari-jari terbuka dan tangan kiri tetap di depan dada. Perkenaan tangkisan pada lengan bawah atau pada pisau tangan dekat pergelangan tangan kanan. 
 
2) Tangkisan luar, dari dalam keluar 
Berdiri tegak dengan kedua kaki rapat dan kedua tangan berada di depan dada. Langkahkan salah satu kaki ke belakang (mislanya kaki kiri) disertai tangan kanan bergerak ke samping kanan. Tangan kanan saat bergerka ke depan jari-jari tangan terbuka, sedangkan tangan kiri tetap berada di depan dada. Perkenaan tangkisan pada lengan bawah atau pada pisau tangan dekat pergelangan tangan kanan.  

3) Tangkisan atas, dari bawah ke atas 
Berdiri tegak dengan kedua kaki rapat dan kedua tangan di depan dada. Langkahkan salah satu kaki ke belakang (misalnya kaki kiri) disertai dengan tangan kanan bergerak ke atas. Saat bergerak, lengan bawah tangan kanan tetap horizontal sehingga siku bergerak mengikuti ke atas. Tangan kanan bergerak menghadap ke depan dengan jari-jari tangan terbuka, sedangkan tangan kiri tetap berada di depan dada. Perkenaan tangkisan pada lengan bawah atau pada pisau tangan dekat pergelangan tangan kanan.  

4) Tangkisan bawah, dari atas ke bawah 
Berdiri tegak dengan kedua kaki rapat dan kedua tangan berada di depan dada. Langkahkan salah satu kaki ke belakang (misalnya kaki kiri) disertai dengan tangan kanan bergerak ke bawah di depan badan. Telapak tangan saat bergerak ke belakang dengan jari-jari tangan terbuka, sedangkan tangan kiri tetap berada di depan dada. Perkenaan tangkisan pada lengan bawah atau pada pisau tangan dekat pergelangan tangan kanan.  

Gambar 16 : Teknik tangkisan satu lengan 
  b. Tangkisan siku 

1) Tangkis siku dalam : siku dalam tinggi dan siku dalam rendah 
Berdiri dengan kedua tumit rapat dan kedua tangan di depan dada. Langkahkan salah satu kaki ke belakang dan kedua siku ditekuk kemudian digerakkan ke arah dalam melewati depan badan sampai berhenti di sisi badan yang lain. Saat bergerak posisi siku tetap ditekuk sehingga lengan bawah vertikal ke atas dan telapak tangan menghadap ke badan. Tangan yang tidak untuk menangkis tetap berada di depan dada. Perkenaan tangkisan pada siku. 

2) Tangkis siku luar : siku luar tinggi dan siku luar rendah 
Berdiri dengan kedua tumit rapat dan kedua tangan berada di depan dada. Langkahkan salah satu kaki ke belakang dan kedua siku ditekuk kemudian digerakkan ke arah luar melewati depan badan sampai berhenti di sisi badan yang lain. Saat bergerak, posisi siku tetap ditekuk sehingga lengan bawah vertikal ke atas dan telapak tangan menghadap ke badan. Tangan yang tidak untuk menangkis tetap berada di depan dada. Perkenaan tangkisan pada siku. 
  
Gambar 17 : Teknik tangkisan siku 

c. Tangkisan dua lengan 

1) Sejajar dua tangan/lengan atas 
Berdiri tegak dengan kedua kaki rapat dan kedua tangan berada di depan dada. Langkahkan satu kaki ke belakang disertai dengan gerakan kedua lengan atau tangan menangkis ke depan. Gerakan dilakukan oleh kedua lengan bawah secara bersamaan dan sejajar, serta kedua telapak tangan saling berhadapan. Perkenaan tangkisan pada kedua tangan atau lengan bawah dekat pergelangan tangan. 

2) Belah tinggi/rendah 
Berdiri tegak dengan kedua kaki rapat dan kedua tangan berada di depan dada. Langkahkan salah satu kaki ke belakang disertai dengan gerakan kedua lengan atau tangan membelah ke atas atau ke bawah. Gerakan dilakukan oleh kedua lengan secara bersamaan. Saat bergerak, awalnya kedua tangan saling berhadapan, namun setelah kedua lengan hampir lurus secara mendadak kedua tangan diputar dan masing-masing dibawa ke luar atau samping, sehingga kedua telapak tangan saling membelakangi dan secara bersamaan menjauh. Gerakan tangan pada tangkis belah ini seperti pada gerakan pada tangan renang gaya kupukupu. 

3) Silang tinggi/rendah 
Berdiri tegak dengan kedua kaki rapat dan kedua tangan berada di depan dada. Langkahkan salah satu kaki ke belakang disertai dengan gerakan kedua lengan atau tangan menyilang ke atas atau ke bawah. Gerakan dilakukan oleh kedua tangan secara bersamaan, jari-jari terbuka dan rapat. Pertemuan kedua lengan untuk posisi silang adalah pada pertengahan lengan bawah. Kedua telapak tangan menghadap ke luar, sehingga punggung tangan saling berhadapan. 

4) Buang samping 
Berdiri tegak, kedua tumit rapat, dan kedua tangan berada di depan dada. Langkahkan salah satu kaki ke belakang dan kedua lengan menjulur ke depan dengan kedua tangan berada di atas dan di bawah. Kedua telapak tangan menghadap ke samping badan dengan kedua ibu jari saling berdekatan. Siku lengan yang berada di atas agak diangkat sehingga berada lebih tinggi dari tangan. Gerakan tangan dari depan badan sampai ke samping badan. Kedua lutut agak ditekuk untuk keseimbangan badan. Perkenaan pada kedua telapak tangan dan serangan lawan dibuang ke arah samping badan. 
Gambar 18 : Teknik tangkisan dengan dua tangan 
  d. Tangkisan kaki 

1) Tangkisan kaki tertutup samping 
Berdiri tegak menyamping arah serangan, kedua lengan mengepal depan dada, kedua kaki rapat, kedua telapak kaki membentuk sudut ± 45°.  Saat serangan datang dari arah samping lurus badan bawah, lakukan gerakan mengangkat salah satu kaki bersamaan lutut tertekuk, sedangkan kaki satunya sebagai kaki tumpu, badan tegak dan kedua tangan depan badan. 

2) Tangkisan kaki tutup depan 
Berdiri tegak menghadap arah serangan, kedua lengan mengepal depan dada, kedua kaki rapat, kedua telapak kaki membentuk sudut ± 45°. Saat serangan datang dari arah depan lurus badan bawah, lakukan gerakan mengangkat salah satu kaki bersamaan lutut tertekuk, sedangkan kaki satunya sebagai kaki tumpu, badan tegak dan kedua tangan depan badan. 
 

C. Rangkuman 

Pencak silat merupakan jenis olahraga seni bela diri perorangan yang tumbuh dan berkembang secara turun-temurun diwariskan dari generasi ke generasi. Ada empat pengertian dalam olahraga pencak silat yaitu pencak silat sebagai seni, pencak silat sebagai bela diri, pencak silat sebagai olahraga, dan pencak silat sebagai pendidikan jasmani. Latihan pencak silat didasari dengan latihan pembentukan sikap, pembentukan gerak, teknik dasar serangan dengan tangan, serangan dengan tungkai, hindaran, elakan dan tangkisan. Hindaran elakan dan tangkisan dalam olahraga beladiri pencak silat sangatlah penting untuk dipahami dan dikuasai oleh kalian secara mendalam. Dengan menguasai keterampilan gerakan tersebut, kalian dapat mengembangkan strategi, taktik bela diri, strategi, teknik penguasaan, dan taktik serangan. 
 
Teknik dasar hindaran, elakan dan tangkisan dalam olahraga beladiri pencak silat pada dasarnya dengan tujuan untuk pembelaan terhadap serangan dari lawan. Karena itu kalian selain belajar teknik dasar serangan  Setelah kalian menguasai tbaik dengan tangan maupun tungkai, kalian pun harus menguasai teknik hindaran, elakan dan tangkisan. Dengan demikian lengkaplah sudah kalian dalam pembelajaran olahraga beladiri pencak silat.  
 

D. Penugasan Mandiri  

Nah kalian sudah mempelajari modul ini, sekarang kalian lakukan tugas latihan praktiknya baik dilakukan secara berdua dengan teman kalian atau secara berkelompok. Ayo mencoba dan lakukan praktiknya : 

1. Diskusikanlah lembar kriteria gerak berikut ini! 
2. Amatilah teman-teman kalian (kelompok lain) yang sedang melakukan latihan 
keterampilan gerak pencak silat! 
3. Perhatikan beberapa keterampilan gerak yang dilakukan oleh teman kalian atau dari 
kelompok lain tersebut! 
4. Rumuskanlah cara melakukan masing-masing keterampilan gerak  yang dilakukan 
oleh teman kalian tersebut! 
5. Berikan catatan kesalahan-kesalahan yang terjadi ketika keterampilan gerak pencak 
silat tersebut dilakukan! 
6. Tampilkan keterampilan gerak yang benar untuk mem perbaiki kesalahan yang 
terjadi pada akhir pembelajaran dan sebagai bentuk lati sesuai petunjuk Guru ! han yang kalian lakukan, 

E. Latihan Soal  

Nah untuk mengetahui kemampuan kalian sejauh mana dalam penguasaan materi olahraga beladiri pencak silat, ayo kerjakan latihan berikut dengan cara menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan benar !  

1. Teknik hindaran pada olahraga beladiri pencak silat merupakan usaha pembelaan dengan cara memindahkan bagian-bagian tubuh yang menjadi sasaran lawan. Teknik hindaran dengan memindahkan kaki, sehingga posisi tubuh menyamping lawan adalah …  

2. Usaha pembelaan dalam olahraga beladiri pencak silat dengan cara mengadakan kontak langsung dengan serangan lawan dinamakan …  
 
3. Perhatikan gambar di bawah ini ! 

Merupakan teknik gerakan elakan dalam olahraga beladiri pencak silat yaitu teknik  …  

4. Perhatikan gambar di bawah ini ! 
 
Merupakan teknik gerakan tangkisan dalam olahraga beladiri pencak silat dikenal dengan teknik  … 
   
5. Perhatiakan gambar di bawah ini ! 
 
Teknik tangkisan pada gambar di atas merupakan gerakan yang sering dilakukan dalam olahraga beladiri pencak silat yaitu gerakan … 
 
Kunci Jawaban dan Pembahasan : 
1. Hindar sisi 
Pembahasan : Hindar sisi dilakukan dengan caramenghindar dengan memindahkan kaki, sehingga posisi tubuh menyamping lawan 
2. Tangkisan  
Pembahasan : Tangkisan merupakan usaha pembelaan dengan cara mengadakan kontak langsung dengan serangan. Kontak langsung itu bertujuan : mengalihkan serangan dari lintasannya dan membendung atau menahan serangan, jika terpaksa 
3. Elakan atas 
Pembahasan : Elakan atas dilakukan dengan sikap kuda-kuda. Angkat kedua kaki dengan sikap tungkai ditekuk. Sikap tangan tetap waspada. Mendarat dengan kedua kaki saling menyusul. 
4. Tangkisan atas 
Pembahasan : Tangkisan atas, dari bawah ke atas. Saat bergerak, lengan bawah tangan kanan tetap horizontal sehingga siku bergerak mengikuti ke atas. Tangan kanan bergerak menghadap ke depan dengan jari-jari tangan terbuka, sedangkan tangan kiri tetap berada di depan dada. Perkenaan tangkisan pada lengan bawah atau pada pisau tangan dekat pergelangan tangan kanan. 
5. Tangkisan sejajar dua tangan/lengan atas 
Pembahasan : Tangkisan sejajar dua tangan/lengan atas dengan kedua lengan atau tangan menangkis ke  depan. Gerakan dilakukan oleh kedua lengan bawah secara bersamaan dan sejajar, serta kedua telapak tangan saling berhadapan. Perkenaan tangkisan pada kedua tangan atau lengan bawah dekat pergelangan tangan. 
 

F. Penilaian Diri 

Berilah tanda √ pada kolom ‘Ya’ jika kalian sudah menguasai materi tersebut dan pada kolom ‘Tidak’ jika kalian belum menguasainya. 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Keterampilan Gerak Dasar Hindaran, Elakan, Tangkisan Olahraga Beladiri Pencak Silat Mapel PJOK kelas 10 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Materi Keterampilan Gerak Dasar Hindaran File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • sikap dasar pencak silat
    • gerak dasar pencak silat
    • gerak dasar pencak silat adalah
    • teknik dasar pencak silat beserta penjelasannya
    • sikap pasang dalam pencak silat
    • sikap gerak dasar
    • sejarah pencak silat
    • teknik dasar pencak silat beserta gambarnya
    • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022