Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Keterampilan Sikap Dasar, Gerak Dasar, Dan Teknik Dasar Serangan Tangan Mapel PJOK kelas 10 SMA/MA

Materi Keterampilan Sikap Dasar, Gerak Dasar, Dan Teknik Dasar Serangan Tangan Dan Serangan Tungkai Olahraga Beladiri Pencak Silat Mapel PJOK kelas 10 SMA/MA - Halo adik adik yang berbahagia, apa kabar? semoga dalam keadaan sehat saja ya, kebetulan kali ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai materi yang telah disusun, materi ini kakak ambil dari mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dengan tema Keterampilan Sikap Dasar, Gerak Dasar, Dan Teknik Dasar Serangan Tangan Dan Serangan Tungkai Olahraga Beladiri Pencak Silat yang dikhususkan untuk adik adik kelas X SMA/MA. Semoga bisa bermanfaat yah.

Materi Keterampilan Sikap Dasar, Gerak Dasar, Dan Teknik Dasar Serangan Tangan Mapel PJOK kelas 10 SMA/MA
Materi Keterampilan Sikap Dasar, Gerak Dasar, Dan Teknik Dasar Serangan Tangan Mapel PJOK kelas 10 SMA/MA

Tentunya kalian sudah tidak asing lagi dengan olahraga beladiri pencak silat. Olahraga beladiri pencak silat merupakan tradisi khas salah satu seni beladiri Indonesia yang telah ada dari generasi ke generasi. Dalam perkembangannya olahraga seni beladiri pencak silat di seluruh Indonesia memiliki keunikan gerak dan musik yang mengiringinya. Olahraga beladiri pencak silat juga memiliki seluruh elemen yang membentuk warisan budaya, di antaranya terdiri dari tradisi lisan, seni pertunjukan, ritual dan festival, kerajinan tradisional, pengetahuan dan praktik sosial serta kearifan lokal. 

Olahraga beladiri pencak silat selain mengandung unsur gerak fisik, juga memiliki nilai-nilai luhur seperti pembentukan kepribadian yang kuat, percaya diri, sabar, jujur, tekun, dan semangat yang pada akhirnya dapat membentuk manusia Indonesia seutuhnya. Oleh karena itu olahraga bela diri pencak silat makin berkembang diberbagai wilayah Indonesia. Bahkan pencak silat digolongkan menjadi salah satu jenis olahraga yang perlu dipelajari dalam dunia pendidikan. Hal ini karena substansi dan sarana pendidikan mental spiritual dan pendidikan jasmani untuk membentuk manusia yang mampu menghayati dan mengamalkan ajaran falsafah budi pekerti luhur. Untuk mempelajari olahraga beladiri pencak silat tersebut, maka kalian perlu  mempelajari gerakan teknik dasar pencak silat terlebih dahulu. 

Istilah

  • Sikap kuda-kuda : Sikap dasar dengan posisi kaki tertentu sebagai dasar tumpuan untuk melakukan sikap dan gerakan belaserang. 
  • Sikap pasang : Sikap siaga untuk melakukan pembelaan atau serangan yang berpola dan dilakukan pada awal serta akhir dari rangkaian gerak. 
  • Simpuh : Cara duduk dengan kedua belah kaki dilipat ke belakang dan ditindih oleh pantat. 
  • Mengorak sila : Bangkit berdiri dan pergi 
  • Trapsila : Tata krama, susila 
  • Ingsutan : Bergeser sedikit-sedikit, beralih perlahan-lahan 
  • Tebak : Pukulan dengan telapak tangan 
  • Tinju : Pukulan dengan dengan kepalan tangan 
  • Sodok : Pukulan dengan ujung-ujung jari tangan 
  • Bandul : Pukulan dengan ayunan kepalan kepala 
  • Catok : Pukulan dengan mengayun kepalan tangan 
  • Sanggah : Pukulan dengan pangkal telapak tangan 
  • Colok : Pukulan dengan ujung jari tangan 
  • Pedang : Pukulan dengan sisi telapak tangan 
  • Tampar : Pukulan dengan telapak tangan 
  • Kepret : Pukulan dengan punggung tangan 
  • Tungkai : Seluruh kaki dari pangkal paha ke bawah 
  • Hindaran : Usaha pembelaan dengan cara memindahkan bagianbagian badan yang menjadi sasaran serangan, dengan melangkah atau memindahkan kaki 
  • Hindar hadap : menghindar dengan memindahkan kaki, sehingga posisi tubuh menghadap lawan 
  • Hindar sisi menghindar dengan memindahkan kaki, sehingga posisi tubuh menyamping lawan 
  • Elakan : Usaha pembelaan yang dilakukan dengan sikap kaki yang tidak berpindah tempat atau kembali ke tempat semula 
  • Tangkisan : Usaha pembelaan dengan cara mengadakan kontak langsung dengan serangan 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 1 ini diharapkan kalian dapat : 
  1. Menjelaskan keterampilan sikap dasar, gerak dasar, dan teknik dasar serangan tangan dan serangan tungkai olahraga beladiri pencak silat. 
  2. Mempraktikkan keterampilan sikap dasar, gerak dasar, dan teknik dasar serangan tangan dan serangan tungkai olahraga beladiri pencak silat. 
  3. Menganalisis keterampilan sikap dasar, gerak dasar, dan teknik dasar serangan tangan dan serangan tungkai olahraga beladiri pencak silat. 

B. Uraian Materi 

Modul pada kegiatan pembelajaran kali ini akan membahas materi keterampilan gerak dasar olahraga beladiri pencak silat yang meliputi sikap dasar pencak silat, gerak dasar pencak silat, teknik dasar serangan tangan, teknik dasar serangan tungkai. Selanjutnya kalian akan menganalisis keterampilan  gerak tersebut, sehingga kalian lebih memahami dari masing-masing karakteristik keterampilan gerak tersebut. 
 
Pencak Silat merupakan sistem beladiri yang diwariskan oleh nenek moyang sebagai budaya bangsa Indonesia sehingga perlu dilestarikan, dibina, dan dikembangkan. Indonesia merupakan negara yang menjadi pusat ilmu beladiri tradisional pencak silat. Pencak silat diartikan permainan (keahlian) dalam mempertahankan diri dengan kepandaian menangkis, menyerang dan membela diri dengan atau tanpa senjata. Pencak silat juga merupakan seni beladiri, sehingga di dalamnya terdapat unsur keindahan dan tindakan. Pencak silat merupakan hasil budi dan akal manusia, lahir dari sebuah proses perenungan, pembelajaran dan pengamatan. 
 
Baiklah untuk mempermudah kalian dalam belajar, pada modul ini akan diuraikan tentang keterampilan dasar dalam olahraga beladiri pencak silat. Pembahasan pada modul ini tentang sikap dasar, gerak dasar, dan serangan dengan tangan dan kaki. Keterampilan dasar ini perlu dipelajari agar dapat dijadikan dasar kalian dalam mengembangkan olahraga beladiri pencak silat. Berikut merupakan keterampilan dasar dalam olahraga beladiri pencak silat : 
 
1. Sikap Dasar Pencak Silat 

Teknik pertama yang harus kalian pelajari dan kuasai adalah sikap dasar dari pencak silat. Sikap ini merupakan sikap-sikap statis. Dan dilakukan untuk melatih kekuatan otot-otot pada tungkai. Terbentuknya sikap dasar ini juga sebagai pondasi pembentukan gerak teknik untuk pesilat selanjutnya, yang meliputi sikap jasmaniah dan juga sikap rohaniah. Adapun beberapa sikap dasar dari seni bela diri ini, meliputi : 

a. Sikap Berdiri 

Yang perlu kalian ketahui mengenai sikap berdiri dalam pencak silat, dikenal 3 sikap, yaitu : sikap berdiri tegak, sikap berdiri kangkang, dan sikap berdiri kuda-kuda. 

1) Sikap berdiri tegak 
Badan tegak lurus, pandangan fokus ke depan, bahu, dada, perut wajar, rileks, tumit rapat, telapak kaki membuat sudut 90 derajat. Berat badan pada kedua kaki. Bernafas wajar melalui hidung. Sikap berdiri tegak sesuai dengan sikap kedua tangan dapat dibedakan menjadi 4 (empat) sikap tegak. 
  • Sikap tegak 1, kedua lengan dan tangan lurus ke samping. 
  • Sikap tegak 2, kedua tangan mengepal berada di samping. 
  • Sikap tegak 3, kedua tangan mengepal di dada. 
  • Sikap tegak 4, kedua tangan menyilang di depan dada. 
Untuk lebih jelasnya kalian perhatikan gambar di bawah ini : 
  
Gambar 1 : Sikap Tegak 

2) Sikap berdiri kangkang 
Sikap berdiri kangkang adalah sikap dasar untuk langkah dan kudakuda. Titik pertemuan garis-garis sikap menunjukkan titik berat badan, agar kedua kaki sama simetris. Cara mengambil sikap dengan merentangkan kaki kiri ke kiri, atau merentangkan kaki kanan ke kanan, atau loncatan kecil merentangkan kedua kaki langsung membentuk sikap kangkang. 
Untuk lebih jelasnya kalian perhatikan gambar di bawah ini : 
Gambar 2 : Sikap kangkang 
  
3) Sikap berdiri kuda-kuda 
Sikap berdiri kuda-kuda adalah sikap dasar dengan posisi kaki tertentu sebagai dasar tumpuan untuk melakukan sikap dan gerakan belaserang. Latihan ini dilakukan dengan sikap tegak dan dua kepalan tangan di pinggang. Sikap ini terdiri atas berikut ini : 
  • Kuda-kuda depan yaitu dari posisi berdiri kuda-kuda salah satu kaki ditarik ke depan dengan lutut tetap ditekuk, sedangkan kaki lainnya di belakang dan berat badan bertumpu di kaki depan 
  • Kuda-kuda belakang yaitu dari posisi berdiri kuda-kuda salah satu kaki berada di depan, sedangkan kaki lainnya berada di belakang dan berat badan bertumpu di kaki belakang. 
  • Kuda-kuda tengah yaitu sikap kedua kaki melebar sejajar dengan bahu dan berat badan ditopang secara merata oleh kedua kaki, dapat juga dilakukan dengan posisi serong. 
  • Kuda-kuda samping yaitu kudakuda dengan posisi kedua kaki melebar sejajar dengan tubuh dan berat badan bertumpu di salah satu kaki yang menekuk ke kiri dan ke kanan. 
Kuda-kuda silang depan dan silang belakang yaitu dari posisi sikap berdiri kuda-kuda tarik salah satu kaki secara serong ke depan kanan, atau kiri, atau ke arah belakang kanan atau kiri. Untuk lebih jelasnya kalian perhatikan gambar di bawah ini : 
Gambar 3 : Sikap kuda-kuda 
  
b. Sikap Jongkok 
Ada dua macam sikap jongkok, yaitu : sikap jongkok dan jengkeng. Sikap jongkok di sini bukan jongkok biasa, tetapi mencangkung pantat duduk pada ujung kedua tumit. Pinggang, punggung, leher dan kepala tegak lurus pandangan mata ke depan. Keseimbangan tetap dijaga dengan baik. Kedua telapak tangan diletakkan di kedua lutut masing-masing tetapi tetap dijaga kewaspadaan dan keseimbangan. Jari-jari dilatih juga otot-otot bahu tungkai bawah dan sendi lutut ditambah sendi bahu. Untuk putri kedua kaki agak merapat, demikian juga sikap jengkeng 
Untuk lebih jelasnya kalian perhatikan gambar di bawah ini : 

Gambar 4 : Sikap Jongkok 
  c. Sikap Duduk 
Sikap duduk meliputi sikap duduk pada umumnya dan sikap duduk sebagai dasar permainan bawah. Untuk permainan bawah ada lima sikap, yaitu : duduk, sila, simpuh, sempok/depok, dan trapsila/mengorak sila. Untuk lebih jelasnya kalian perhatikan gambar di bawah ini : 
  
Gambar 5 : Sikap Duduk 

d. Sikap Berbaring 
Sikap berbaring mempunyai fungsi untuk dasar menjatuhkan diri dan sikap pembelaan, seorang pesilat tidak boleh jatuh, tetapi kalau jatuh, apakah jatuhnya telentang, miring atau telungkup, harus benar-benar jatuhnya tidak apa-apa, masih dalam sikap pembelaan. Pada jatuh telungkup mendarat kedua tangan dulu, jangan muka dulu, hati-hati dada, otot-otot lengan, tangan bahu harus kuat. Sikap berbaring terdiri dari sikap telentang, sikap miring dan sikap telungkup. 
Untuk lebih jelasnya kalian perhatikan gambar di bawah ini : 
  
Gambar 6 : Sikap Berbaring 

e. Sikap Khusus 
Sikap khusus adalah sikap tegak satu kaki. Sikap tegak satu kaki ini merupakan dasar melatih keseimbangan yang perlu untuk gerak pembelaan maupun serangan. Sikap khusus antara lain : sikap tegak satu kaki, sikap rimau/merangkak, sikap monyet, sikap naga, dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya kalian perhatikan gambar di bawah ini : 
  
Gambar 7 : Sikap Khusus 
f. Sikap Pasang 
Pengertian sikap pasang adalah suatu sikap siaga untuk melakukan pembelaan atau serangan yang berpola dan dilakukan pada awal serta akhir dari rangkaian gerak. Sikap pasang mempunyai unsur-unsur; sikap kudakuda, sikap tubuh, sikap lengan dan tangan. Ditinjau dari tinggi rendahnya sikap tubuh, maka sikap pasang dapat dibagi menjadi 3, yaitu: pasang atas, pasang tengah dan pasang bawah. Pasang atas dan pasang tengah menggunakan kuda-kuda atau sikap kaki sebagai berikut: Kuda-kuda depan, kuda-kuda belakang, kuda-kuda silang (depan dan belakang), dan sikap khusus lainnya atau menirukan binatang, kuda-kuda samping. Untuk lebih jelasnya sikap pasang atas dilihat pada gambar dibawah ini : 
Gambar 8 : Sikap Pasang 
 2. Gerak Dasar Pencak Silat 

Setelah kalian mempelajari tentang bentuk-bentuk sikap dasar dalam olahraga beladiri pencak silat, maka dilanjutkan dengan gerak dasar pencak silat, yang meliputi :  

a. Arah  

Yang perlu kalian pahami dalam olahraga beladiri pencak silat adalah delapan penjuru mata angin, dalam pengertian gerak, yaitu : arah belakang, serong kiri belakang, samping kiri, serong kiri depan, depan, serong kanan depan, samping kanan, dan serong kanan belakang.  

b. Cara melangkah  

Yaitu cara memindahkan injakan kaki. Cara melangkah, dilakukan dengan cara : 
1) Angkatan : Didalam teknik ini terdapat dua macam bentuk yakni antara lain sebagai berikut : 
  • Angkatan tinggi, Cara melakukan angkatan tinggi adalah salah satu kaki diangkat pada tempat tertentu yang sesuai dengan tujuan dan arah. 
  • Angkatan rendah, Cara melakukan angkatan rendah adalah salah satu kaki diangkat biasa dengan paha bersudut ± 30 derajat, kemudian kaki yang diangkat tersebut diletakkan pada tempat tertentu yang sesuai dengan tujuan dan arah. 
2) Geseran : Cara melakukan langkah geseran adalah salah satu kaki digeser namun ujung kaki (tumit) menyentuh lantai, kemudian kaki yang digeser tersebut diletakkan pada tempat tertentu yang sesuai dengan tujuan dan arah. 
3) Putaran : Cara melakukan langkah putaran adalah salah satu kaki (kanan) diangkat kemudian memutar keluar dan kaki pada sebelah kiri yang berada dibelakang menjinjit. 
4) Lompatan : Satu kaki bertolak, disusun oleh kaki lainnya. Kaki yang satu mendarat/diletakkan di tempat yang sesuai dan kedua kaki mendarat bersama-sama. Lompatan dilakukan dengan tumpuan satu kaki dan mendarat satu persatu. 
5) Loncatan :  
  • Tumpuan pada kedua kaki saat bertolak dan mendarat dengan kedua kaki secara bersamaan. 
  • Kedua kaki mendarat/diletakkan bersama ditempat yang sesuai dengan arah tujuan. 
6) Ingsutan : Cara melakukan langkah ingsutan adalah dapat dijelaskan antara lain sebagai berikut : 
  • Menggeser telapak tangan dari lantai menggunakan tumit (tidak diangkat). 
  • Telapak kaki keluar dan dalam. 
  • Bisa juga dilakukan dengan gerakan tumit (telapak kaki sejajar/searah). 
  • Kedua lutut di bengkokkan. 
c. Langkah dan posisi 

Langkah adalah perbuatan injakan kaki dari satu tempat ke tempat lain. Langkah dilakukan dengan posisi segaris, tegak lurus dan serong. Langkah diperhitungkan terhadap posisi lawan sehingga setiap langkah mempunyai arti dan isi. 

d. Bentuk/pola langkah 

Pengembangan langkah yang berangkai dengan tujuan tertentu merupakan bentuk/pola langkah. Pola langkah dalam pencak silat, merupakan teknik dasar gabungan dalam pencak silat. Teknik ini merupakan perkembangan dari gerakan kuda-kuda yang lebih mudah. Supaya gerakan ini tidak mudah untuk dibaca oleh lawan, maka kalian bisa melakukan perubahan injakan kaki dari sudut ke sudut lain. Pola langkah antara lain : 
  1. Pola langkah lurus 
  2. Pola langkah gergaji/zig-zag 
  3. Pola langkah ladam atau huruf U 
  4. Pola langkah segitiga 
  5. Pola langkah segi empat 
  6. 6Pola langkah huruf S 
3. Teknik Dasar Serangan Tangan 

Serang dapat dibagi menurut jenisnya berdasarkan alat yang digunakan untuk melakukan serangan, antara lain : serangan tangan/lengan yang lazim disebut pukulan dan serangan tungkai/kaki yang lazim disebut tendangan. Setiap serangan memiliki unsur-unsur : sikap tangan/kaki sebagai alat serangan, sikap kuda-kuda, sikap tubuh. 

a. Teknik serangan  tangan/lengan 

1) Serangan tangan arah depan : 
  • Tebak : pukulan dengan telapak tangan. Cara melakukannya sebagai berikut : sikap tangan terbuka menghadap ke depan, jarijari rapat dan lurus ke depan. Arah sasaran ditujukan pada dada lawan. 
  • Tinju : pukulan dengan kepalan tangan. Cara melakukannya sebagai berikut ; Tangan dikepalkan, sikap tangan mengenggam, dan asaran diarahkan pada dagu, leher, atau dada. 
  • Dorong : pukulan dengan kedua telapak tangan. Pukulan dorongan dapat dilakukan dengan menggunakan dua tangan. Cara melakukannya adalah dengan mengambil posisi siap atau sikap pasang. Angkat kedua tangan lurus ke depan setinggi bahu dengan telapak tangan menghadap ke depan. Setelah itu lakukan dorongan ke arah lawan sesuai target yang dituju. 
  • Sodok : pukulan dengan ujung-ujung jari tangan. Cara melakukannya sebagai berikut: sikap tangan terbuka, telapak tangan menghadap ke atas, jari-jari rapat dan lurus ke depan. Arah sasaran ditujukan pada ulu hati atau dagu. 
  • Bandul : pukulan dengan ayunan kepalan tangan. Cara melakukannya sebagai berikut ;  sikap tangan menggenggam. Sasaran ditujukan pada muka atau dada. Perhatikan gambar : 
Gambar 9 : Teknik serangan tangan arah depan 
2) Serangan tangan arah bawah : 
  • Bantul/catok : pukulan dengan mengayun kepalan tangan. Cara melakukannya sebagai berikut : tangan menggenggam berada di depan perut bagian bawah. Ayunkan tangan dengan lintasan dari bawah menuju ke depan atas. Sasaran diarahkan pada ulu hati dan dagu sasaran. 
  • Sanggah : pukulan dengan pangkal telapak tangan. Cara melakukannya sebagai berikut : posisi jari-jari tangan terbuka dan berada di depan perut bagian bawah. Kemudian, tangan diayunkan dengan lintasan dari bawah menuju ke depan atas. Sasaran diarahkan pada ulu hati dan dagu sasaran. 
  • Colok/tusuk : pukulan dengan ujung jari tangan. Cara melakukannya sebagai berikut; tangan berada di depan perut dengan jari-jari tidak menggenggam. Tangan diayunkan dengan lintasan dari bawah menuju ke depan atas. Sasaran diarahkan pada leher dan kepala.
Untuk lebih jelasnya kalian perhatikan gambar di bawah ini : 
Gambar 10 : Teknik serangan tangan arah bawah 
3) Serangan tangan arah atas : 
  • Tumbuk : pukulan dengan kepalan tangan. Cara melakukannya sebagai berikut : tangan mengenggam menghadap ke bawah dan berada di depan atas kepala. Tangan diayunkan diawali dari atas ke arah depan bawah. Sasaran di arahkan pada dada dan kepala. 
  • Pedang : pukulan dengan sisi telapak tangan. Cara melakukan sebagai berikut : posisi awal, berdiri dengan kuda-kuda arah serong. Gerakan pukulan dengan sisi telapak tangan, tangan yang lain ditekuk di samping badan dengan jari-jari rapat menghadap ke depan. Tangan terbuka dan jari-jari rapat dan berada di depan salah satu telinga. Tangan diayunkan diawali dari atas menuju arah depan bawah. Sasaran diarahkan pada leher dan dagu. 
  • Tebak : pukulan dengan telapak tangan. Cara melakukannya sebagai berikut :tangan menyerang dimulai dari atas kepala, dengan telapak tangan menghadap ke bawah dan jari-jari rapat agak di tekuk. Tangan diayunkan dengan lintasan dari atas atau depan kepala menuju ke depan bawah. Sasaran diarahkan pada kepala dan dada atas. 
Untuk lebih jelasnya kalian perhatikan gambar di bawah ini : 
Gambar 11 : Teknik serangan tangan arah atas 
4) Serangan tangan arah samping : 
  • Pedang : pukulan dengan sisi telapak tangan. Cara melakukannya sebagai berikut : siku ditekuk sehingga telapak tangan lebih tinggi dari siku. Tangan diayunkan ke arah depan mendatar. Sasaran diarahkan pada badan dan leher samping. 
  • Tampar : pukulan dengan telapak tangan. Cara melakukan sebagai berikut : posisi awal, berdiri dengan kuda-kuda, yaitu salah satu kaki di depan dengan lutut ditekuk dan kaki yang lain lurus ke belakang. Salah satu tangan memukul ke sasaran dengan telapak tangan dan tangan yang lain ditekuk di depan dada dengan telapak tangan rapat menghadap ke depan. 
  • Bandul : pukulan dengan kepalan tangan. Cara melakukannya sebagai berikut : tangan menggenggam, berada di samping depan badan, siku ditekuk sehingga genggaman berada lebih tinggi dari siku. Tangan diayunkan ke arah samping badan agak ke depan mendatar, kemudian ke samping sisi bagian badan lain. Sasaran diarahkan pada bagian badan samping dan sendi bahu atau pipi.  
  • Kepret : pukulan dengan punggung tangan. Cara melakukannya sebagai berikut : tangan terbuka dan lemas. Siku di tekuk sehingga tangan berada di depan agak ke samping depan pada sisi badan lain. Tangan mengayun ke arah depan mendatar. Sasaran diarahkan pada kepala dan dada lawan.  
Untuk lebih jelasnya kalian perhatikan gambar di bawah ini : 

Gambar 12 : Teknik serangan tangan arah samping 
b. Serangan siku 

Pada serangan dengan siku, jarak lawan harus dekat. Serangan dengan menggunakan siku dapat dilakukan dengan arah serangan : 

1) Arah serangan depan 
Cara melakukan sebagai berikut : 
  • Posisi awal, berdiri dengan kuda-kuda, yaitu kaki kiri di depan dengan lutut ditekuk dan kaki kanan lurus ke belakang. 
  • Untuk melakukan serangan kepada lawan, yaitu siku tangan kiri ditekuk lurus ke depan dan tangan kanan ditekuk di depan dada jari-jari rapat dalam posisi berdiri. 
2) Arah serangan belakang 
Cara melakukannya sebagai berikut : 
  • Posisi awal, berdiri dengan kaki kiri di belakang dalam keadaan ditekuk dan kaki kanan di depan dengan lutut agak ditekuk. 
  • Untuk melakukan serangan kepada lawan dengan siku tangan kanan ditekuk lurus ke belakang dan siku tangan kiri ditekuk di depan dada dengan jari-jari rapat dengan telapak tangan berdiri tegak. 
3) Arah serangan serong 
Cara melakukan sebagai berikut : 
  • Posisi awal, berdiri serong ke kiri dengan sikap kuda-kuda, yaitu kaki kanan di depan dengan lutut ditekuk dan kaki kiri lurus ke belakang. 
  • Untuk melakukan serangan kepada lawan siku kanan ditekuk, kemudian dilemparkan ke arah sasaran dan tangan kiri ditekuk di depan dada. 
4) Arah serangan bawah 
Cara melakukan sebagai berikut : 
  • Posisi awal berdiri dengan sikap kuda-kuda, yaitu kaki kiri dengan lutut ditekuk dan kaki kanan lurus ke belakang. 
  • Untuk melakukan serangan kepada lawan, tangan kiri ditekuk di depan dada dalam keadaan tegak lurus, kemudian dipukulkan ke bawah, yaitu ke arah sasaran, sedangkan tangan kanan ditekuk di samping badan. 
Untuk lebih jelasnya kalian perhatikan gambar di bawah ini : 
  
Gambar 13 : Teknik serangan siku 
4. Teknik Dasar Serangan Tungkai 

Pada teknik tendangan tidak berbeda dengan serangan lengan/tangan, dimana terdapat bermacam-macam penggunaan variasi bagian kaki, antara lain : punggung kaki telapak kaki, ujung kaki, tumit, sisi kaki, dan pergelangan kaki. Semua teknik serangan tungkai tersebut tergantung pada sikap pasang dan gerak gerik lawan. Teknik serangan dengan menggunakan tungkai sebagai berikut : 

a. Teknik serangan kaki 

Teknik serangan dengan tendangan dapat dilakukan dari berbagai posisi, antara lain : 

1) Posisi tendangan depan 
Tendangan lurus adalah tendangan yang dilakukan lurus ke depan dengan kekuatan penuh. Adapun cara melakukannya silahkan kalian perhatikan berikut ini : 
  • Kaki kuda-kuda kiri. 
  • Kaki kanan ditendangkan ke depan hentakan telapak kaki sejajar dengan bahu 
  • Kedua tangan berada di depan dada sebagai penyeimbang. 
2) Posisi tendangan samping 
Tendangan samping adalah tendangan yang langsung di arahkan ke samping badan. Silahkan kalian perhatikan cara melakukannya berikut ini : 
  • Kaki kuda-kuda kiri. 
  • Kaki kanan ditendangkan ke samping dengan punggung kaki. 
  • Kedua tangan berada di depan dada sebagai penyeimbang. 
3) Posisi tendangan melingkar 
Tendangan melingkar adalah tendangan ayunan. Cara melakukannya silahkan kalian ikuti dan cermati instruksi berikut ini : 
  • Kaki kuda-kuda kiri. 
  • Kaki kanan ditendangkan ke depan dengan hentakan punggung kaki. 
  • Kedua tangan berada di depan dada sebagai penyeimbang. 
4) Posisi tendangan T 
Tendangan T adalah tendangan yang menggunakan kekuatan paha dan betis. Silahkan kalian cermati intrusksi berikut ini : 
  • Kaki kuda-kuda kiri. 
  • Kaki kanan ditendangkan dari samping ke depan dengan hentakan telapak kaki. 
  • Kedua tangan berada di depan dada sebagai penyeimbang. 
Untuk lebih jelasnya kalian perhatikan gambar di bawah ini : 
Gambar 14 : Teknik serangan kaki 
b. Teknik serangan lutut 

Berdasarkan arah lintasan serangnya, serangan lutut dibedakan menjadi 2 bentuk, yaitu: 
  1. Serangan lutut bawah, yaitu lintasannya dari bawah ke atas. 
  2. Serangan lutut samping, yaitu lintasannya dari samping. 

C. Rangkuman 

Pencak silat merupakan salah satu olahraga bela diri yang merupakan asli dari Indonesia. Olahraga ini menerapkan suatu upaya dalam mencoba mempertahankan diri dari sebuah bahaya atau ancaman keselamatan dan juga kelangsungan hidupnya. Pencak silat sebagai metode atau juga ilmu bela diri yang lahir di tengah-tengah kehidupan sosial masyarakat bangsa Indonesia. Tentunya membuat pencak silat sangat di pengaruhi oleh falsafah, budaya, dan kepribadian bangsa Indonesia yang masih di pertahankan hingga saat ini. Hal ini di tandai dengan banyaknya perguruan silat yang berdiri di Indonesia hingga saat ini. 
 
Latihan keterampilan dasar olahraga beladiri pencak silat tidak bisa dikuasai sekaligus, melainkan harus dilatih tahap demi tahap. Tahap yang pertama kalian harus berlatih sikap dasar dalam olahraga beladiri pencak silat. Tahap kedua kalian harus berlatih gerak dasar pencak silat. Tahap ketiga kalian harus berlatih teknik serangan tangan dan tungkai. Setelah kalian menguasai tahapan-tahapan dari masing-masing keterampilan dasar tersebut, menganalisis langkah-langkah gerakan yang benar dalam melakukan gerakan keterampilan dasar olahraga beladiri pencaksilat agar menghasilkan gerak yang efektif.  
 

D. Penugasan Mandiri  

Nah kalian sudah mempelajari modul ini, sekarang kalian lakukan tugas latihan praktiknya baik dilakukan secara berdua dengan teman kalian atau secara berkelompok. Ayo mencoba dan lakukan praktiknya : 

PERINTAH 
  1. Diskusikanlah lembar kriteria gerak berikut ini! 
  2. Amatilah teman-teman kalian (kelompok lain) yang sedang melakukan latihan keterampilan gerak pencak silat! 
  3. Perhatikan beberapa keterampilan gerak yang dilakukan oleh teman kalian atau dari kelompok lain tersebut! 
  4. Rumuskanlah cara melakukan masing-masing keterampilan gerak  yang dilakukan oleh teman kalian tersebut! 
  5. Berikan catatan kesalahan-kesalahan yang terjadi ketika keterampilan gerak pencak silat tersebut dilakukan! 
  6. Tampilkan keterampilan gerak yang benar untuk memperbaiki kesalahan yang terjadi pada akhir pembelajaran dan sebagai bentuk latihan yang kalian lakukan, sesuai petunjuk Guru ! 


E. Latihan Soal   

Nah untuk mengetahui kemampuan kalian sejauh mana dalam penguasaan materi olahraga beladiri pencak silat, ayo kerjakan latihan berikut dengan cara menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan benar !  

1. Sikap pasang dalam olahraga beladiri pencak silat merupakan sikap siaga untuk melakukan pembelaan atau penyeranganyang berpola dan dilakukan pada awal serta akhir dari .…  

2. Teknik serangan tangan arah depan, dengan dua telapak tangan dalam olahraga beladiri pencak silat dinamakan …  

3. Perhatikan gambar di bawah ini ! 
  
Merupakan teknik gerakan kuda-kuda dalam olahraga beladiri pencak silat yaitu teknik  …  

4. Teknik serangan dalam olahraga beladiri pencak silat dengan menggunakan lutut dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu …  

5. Perhatiakan gambar di bawah ini ! 
 
Teknik tendangan pada gambar di atas merupakan gerakan yang sering dilakukan dalam olahraga 
beladiri pencak silat yaitu gerakan …  

Kunci Jawaban dan Pembahasan : 
1. Rangkaian gerakan 
Pembahasan : Sikap pasang merupakan sikap siaga untuk melakukan pembelaan atau serangan yang berpola dan dilakukan pada awal serta akhir dari rangkaian gerak. Sikap pasang mempunyai unsur-unsur; sikap kuda-kuda, sikap tubuh, sikap lengan dan tangan. 
2. Dorong 
Pembahasan : Pukulan dorong merupakan pukulan dengan kedua telapak tangan. Pukulan dorongan dapat dilakukan dengan menggunakan dua tangan. 
3. Kuda-kuda depan 
Pembasan : Kuda-kuda depan yaitu dari posisi berdiri kuda-kuda salah satu kaki ditarik ke depan dengan lutut tetap ditekuk, sedangkan kaki lainnya di belakang dan berat badan bertumpu di kaki depan. 
4. Serangan lutut bawah dan serangan lutut samping 
Pembahasan : Serangan lutut bawah, yaitu lintasannya dari bawah ke atas dan serangan lutut samping, yaitu lintasannya dari samping. 
5. Tendangan Samping 
Pembahasan : Tendangan samping adalah tendangan yang lansung di arahkan ke samping badan. 

F. Penilaian Diri 

Berilah tanda √ pada kolom ‘Ya’ jika kalian sudah menguasai materi tersebut dan pada kolom ‘Tidak’ jika kalian belum menguasainya. 
Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Keterampilan Sikap Dasar, Gerak Dasar, Dan Teknik Dasar Serangan Tangan Dan Serangan Tungkai Olahraga Beladiri Pencak Silat Mapel PJOK kelas 10 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Keterampilan Sikap Dasar, Gerak Dasar File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • sikap dasar pencak silat
    • gerak dasar pencak silat
    • gerak dasar pencak silat adalah
    • teknik dasar pencak silat beserta penjelasannya
    • sikap pasang dalam pencak silat
    • sikap gerak dasar
    • sejarah pencak silat
    • teknik dasar pencak silat beserta gambarnya
    • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022