Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Simulasi Perlombaan Jalan Cepat Sesuai Peraturan Mapel PJOK kelas 12 SMA/MA

Materi Simulasi Perlombaan Jalan Cepat Sesuai Peraturan Mapel PJOK kelas 12 SMA/MA - Halo adik adik yang baik apa kabar semoga dalam keadaan baik baik saja, jangan lupa untuk selalu menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk mengurangi penyebaran covid 19. Oiya pada kesempatan yang baik ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai materi yang sudah dipersiapkan yaitu materi tentang Simulasi Perlombaan Jalan Cepat Sesuai Peraturan dari mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan kelas XII SMA/MA. Semangat!! 

Materi Simulasi Perlombaan Jalan Cepat Sesuai Peraturan Mapel PJOK kelas 12 SMA/MA
Materi Simulasi Perlombaan Jalan Cepat Sesuai Peraturan Mapel PJOK kelas 12 SMA/MA

Atletik merupakan aktivitas jasmani yang berisikan gerakan-gerakan dasar yang dinamis dan harmonis, yaitu jalan, lari, lompat, dan lempar. Atletik biasa disebut juga ibu dari olahraga, karena sebagian besar cabang olahraga lain menggunakan gerakangerakan yang ada dalam olahraga atletik. 

Saat mengikuti perlombaan dalam nomor atletik, kalian sebagai peserta memerlukan taktik dan strategi dalam memenangkan perlombaan. Taktik dan strategi dalam perlombaan atletik terdiri dari 2 yaitu taktik dan strategi individu dan kelompok/tim. Dalam modul ini kita akan  menganalisis taktik dan strategi dalam perlombaan atletik; yaitu lomba jalan cepat, lomba lari jarak pendek, lomba lompat jauh, dan lomba tolak peluru. 
 
Selain sebagai peserta lomba, kalian juga diharapkan mampu menjadi penyelenggara perlombaan jalan cepat, lari, lompat dan lempar yang disusun sesuai peraturan. Hal ini dimaksudkan, agar kalian mampu merancang dan menyelenggarakan perlombaan di kelas atau lingkungan sekitar tempat tinggal kalian. 

Istilah

  • Jalan cepat : Salah satu nomor lomba pada cabang olahraga atletik 
  • Lari jarak pendek : Lomba lari dengan jarak 100-400 meter 
  • Lompat jauh : Salah satu nomor lomba pada cabang olahraga atletik yang mengukur kemmpuan seseorang melompat pada bak pasir 
  • Tolak peluru : Salah satu nomor lomba pada cabang olahraga atletik yang mengukur hasil tolakan peluru oleh tangan 
  • Teknik start jongkok : Teknik memulai lomba lari jarak pendek dengan cara jongkok 
  • Teknik start berdiri : Teknik memulai lomba jalan cepat/lari jarak menengah dan jauh dengan cara berdiri 
  • Teknik start : Teknik menyambung  lomba lari jarak pendek nomor lari estafet  dengan cara berlari menunggu pengoperan tongkat estafet dari pelari ebelumnya 
  • Peluru  : Bola besi dengan ukuran tertentu yang dipakai dalam perlombaan tolak peluru 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 1 ini, kalian dirapkan mampu: 
  1. Melaksanakan perlombaan jalan cepat sesuai peraturan sebagai peserta, maupun penyelenggara dengan mengedepankan nilai-nilai kejujuran, sportifitas dan saling menghormati satu sama lain. 
  2. Menjabarkan perlombaan jalan cepat sesuai peraturan. 
  3. Melakukan perlombaan jalan cepat sesuai peraturan. 

B. Uraian Materi 

Lari adalah gerakan maju dengan cepat, kedua kaki melayang sesaat di atas lintasan/tanah, sedangkan jalan cepat adalah bergerak maju dengan langkah kaki dimana satu kaki selalu berhubungan atau kontak dengan lintasan. Kaki yang menumpu harus diluruskan untuk minimal sesaat apabila dalam posisi vertikal. 

1. Peserta lomba jalan cepat 

Jalan cepat sebagai nomor lomba pada cabang atletik secara prinsip perlombaan sama dengan nomor lari jarak menengah dan jauh, hanya saja cara melakukannya sambil berjalan dan kecepatan yang berbeda. Seperti yang kalian pelajari sebelumnya di kelas X, bahwa ketika seseorang berlari telapak kakinya akan melayang sesaat di udara atau di atas lintasan/tanah, membuatnya jarang menginjak lintasan, sementara untuk nomor jalan cepat, kaki lebih sering bersentuhan dengan lintasan.  
 
Teknik start dalam lomba jalan cepat menggunakan teknik start berdiri. Aba-aba yang diberikan wasit/juri untuk peserta yang akan memulai lomba yakni;  
  • “SIAP”, dan  
  • “MULAI/YA” atau suara letusan pistol.  
Biasanya perlombaan jalan cepat akan menempuh jarak 20-50 km untuk putera dan 10-20 km untuk puteri. 
 
2. Penyelenggaraan lomba jalan cepat 

Adapun pokok-pokok peraturan jalan cepat adalah sebagai berikut: 
  • Pada waktu melangkah salah satu kaki harus selalu tetap kontak dengan lintasan/tanah. 
  • Diskualifikasi (larangan untuk berlomba/melanjutkan perlombaan) disebabkan: 
    • Gagal atau tidak memenuhi definisi jalan cepat pada waktu perlombaan. Jika menurut pendapat juri, peserta tersebut dalam gerakan majunya tidak memenuhi syarat teknik jalan cepat (kehilangan kontak dengan tanah). 
    • Biasanya peserta lomba jalan cepat diberi peringatan terlebih dahulu apabila melakukan pelanggaran sebanyak satu kali. Apabila peserta membuat pelanggaran yang kedua kali, dia langsung dikeluarkan/didiskualifikasi. 
    • Pada lomba jalan cepat yang dilaksanakan di track atetik (lintasan) peserta yang terkena diskualifikasi harus meninggalkan lintasan. Jika perlombaan jalan cepat dilaksanakan di jalan raya peserta yang kena diskualifikasi harus mencopot nomor dadanya dan segera keluar meninggalkan perlombaan. 

C. Rangkuman 

Jalan cepat sebagai sebuah nomor lomba dalam olahraga atletik diikuti oleh peserta putera maupun puteri. Peserta putera menempuh jarak 20-50 km, sedangkan puteri menempuh jarak 10-20 km. Secara prinsip saat melakukan gerakan jalan cepat, salah satu kaki harus selalu menempel/menapak pada lintasan/tanah. Lutut kaki tumpu saat jalan cepat tidak boleh dibengkokan, artinya kaki yang menumpu harus diluruskan minimal sesaat, saat berada dalam posisi vertikal.. 
 

D. Penugasan Mandiri  

Lakukanlah tugas di bawah ini dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab, dan disiplin yang tinggi dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran! 
 
Lakukanlah tugas mandiri dengan petunjuk sebagai berikut: 
  1. Buatlah 2 kelompok besar berdasarkan gender laki-laki dan perempuan, 
  2. Setelah itu setiap kelompok gender laki-laki dibagi menjadi kelompok A dan kelompok B. Lakukan hal yang sama pada kelompok gender perempuan, 
  3. Lakukanlah pengundian antara masing-masing kelompok baik laki-laki maupun perempuan. Kelompok yang memenangkan undian berhak memilih peran di putaran pertama, apakah memilih sebagai peserta atau penyelenggara. 
  4. Kelompok yang terpilih sebagai peserta segera melakukan pemanasan untuk perlombaan, 
  5. Kelompok yang terpilih sebagai penyelenggara membentuk petugas perlombaan untuk menyiapkan: 
  6. 2 buah rute perlombaan, satu  untuk peserta laki-laki dan satu untuk peserta perempuan, 
  7. Wasit serta juri yang memimpin serta memantau lomba. 
  8. Setelah lomba putaran pertama selesai, maka kalian segera berganti peran untuk lomba putaran kedua, 
  9. Setiap kelompok panitia atau penyelenggara wajib menyerahkan formulir  laporan hasil    setiap lomba dan pembagian tugas wasit/juri yang dibuat dengan mengedepankan sikap jujur, sportifitas dan kerjasama antara satu sama lain, 
  10. Setiap peserta harus melakukan lomba dengan penuh kejujuran, sportifitas tinggi dan saling menghormati antar peserta lomba. 

E. Latihan Soal  

Kerjakan dan jawablah soal-soal di bawah ini dengan cara memberikan uraian singkat dengan jelas! 
  1. Saat kalian ditunjuk untuk mewakili sekolah mengikuti lomba jalan cepat 10 km tiga bulan yang akan datang, apa saja persiapan yang kalian akan lakukan? 
  2. Sekolah kalian akan mengadakan lomba jalan cepat dengan mengundang perwakilan siswa dari seluruh SMA di kota kalian. Tuliskan langkah-langkah kerja untuk menyelenggaran kegiatan tersebut! 
Pembahasan Latihan

1) Saat kalian ditunjuk untuk mewakili sekolah mengikuti lomba jalan cepat 10km tiga bulan yang akan datang, apa saja persiapan yang kalian akan lakukan? 
  • Meminta arahan guru PJOK dalam menyusun program 
  • Secara mandiri dan terstruktur melakukan latihan sesuai program yang sudah direncanakan 
  • Melakukan koordinasi dan evaluasi program latihan dengan guru PJOK 
  • Menjaga kesehatan dengan pola makan dan istirhat yang cukup 
  • Mempersiapkan diri baik fisik maupun mental, agar memliliki kepercayaan diri yang tinggi saat lomba 
  • Senantiasa berdoa selama berlatih dan sebelum lomba 
2) Sekolah kalian akan mengadakan lomba jalan cepat dengan mengundang perwakilan siswa dari seluruh SMA di kota kalian. Tuliskan langkah-langkah kerja untuk menyelenggaran kegiatan tersebut! 
  • Berkoordinasi dengan guru PJOK untuk mendapatkan arahan kerja, 
  • Membuat beberapa alternatif rute lomba dengan mengutamakan keselaman peserta dan panitia, 
  • Melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk mendapat perijinan 
  • Meminta bantuan pengurus atletik setempat terkait wasit/juri 
  • Menyebarkan undangan lomba 
  • Menyusun petugas lomba 
  • Berdoa kepada Tuhan YME agar lomba bisa berjalan dengan baik dan lancar 

F. Penilaian Diri 

Berilah tanda ceklis (√) pada kolom ‘Ya’ jika kalian sudah menguasai materi/melakukan hal tersebut dan pada kolom ‘Tidak’ jika kalian belum menguasai materi/melakukan hal tersebut! 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Simulasi Perlombaan Jalan Cepat Sesuai Peraturan Mapel PJOK kelas 12 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Simulasi Perlombaan Jalan Cepat File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • nomor jalan cepat yang dilombakan
      • start yang digunakan dalam perlombaan jalan cepat adalah
      • teknik jalan cepat
      • nomor jalan cepat putra
      • berapa umumnya jarak yang ditempuh untuk olahraga jalan cepat
      • tahapan jalan cepat
      • langkah awal yang harus dilakukan dalam lomba jalan cepat adalah
      • jarak jalan cepat
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022