ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Lengkap - Soal Permainan Bola Kecil Mapel PJOK Kelas 12 SMA/MA

Soal Permainan Bola Kecil Mapel PJOK Kelas 12 SMA/MA - Adik adik yang baik apa kabar? semoga dalam keadaan baik baik saja. Jangan lupa untuk selalu mengikuti protokol kesehatan dengan cara menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan untuk mengurangi penyebaran covid 19. Oiya pada kesempatan yang baik ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai soal dari mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan kesehatan tentang materi Permainan Bola Kecil untuk adik adik kelas 19. Semoga bermanfaat yah.

Lengkap - Soal Permainan Bola Kecil Mapel PJOK Kelas 12 SMA/MA
Lengkap - Soal Permainan Bola Kecil Mapel PJOK Kelas 12 SMA/MA

Soal Permainan Bola Kecil Mapel PJOK Kelas 12 SMA/MA

Soal Permainan Bola Kecil Mapel PJOK Kelas 12 SMA/MA - Bagi sahabat bospedia dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal Permainan Bola Kecil Mapel PJOK Kelas 12 SMA/MA ini, adik adik bisa menguduh materi ini di bospedia dalam bentuk file doc. Berikut ini adalah rincian Soal Permainan Bola Kecil Mapel PJOK Kelas 12 SMA/MA SELAMAT MENGUNDUH YAA..


PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

Pilihlah jawaban yang tepat !

1. Salah satu taktik dalam permainan softball adalah pukulan pendek atau bunt, mengapa pukulan pendek digunakan dalam taktik penyerangan? 

2. Ketika melakukan pukulan bunt, hasil pukulan yang seperti apakah yang diharapkan dan berikan penjelasannya. 
 
3. Apabila terdapat pelari di base 3 dan berpeluang untuk mendapatkan score sedangkan kondisi belum 2 mati, intruksi apa yang harus diberikan kepada pemukul untuk dapat mendorong pelari di base 3 menuju home? 



 
4. Ketika menghadapi pemukul yang memiliki kekuatan yang besar dan tidak ada pelari di base manapun. apakah yang harus dilakukan penjaga untuk mengantisipasi hasil pukulan? 
 
5. Perhatikan gambar berikut ini : 


Dari gambar diatas, apabila bola hasil pukulan bergulir ke arah pemain nomor 6, strategi seperti apakah yang harus dilakukan pemain bertahan/penjaga (fielder)? Tentukanlah pergerakan setiap penjaga nya. Kondisi permainan dalam ke adaan tanpa mati/out. 
 
6. Bagaimanakah pola penyerangan permainan tunggal dalam olahraga bulutangkis ? 
 
7. Apa keuntungan permainan depan belakang pada nomor ganda permainan bulutangkis ? 
 
8. Apa yang dimaksud dengan sistem bergantian pada nomor ganda permainan bulutangkis ? 
 
9. Apa yang dimaksud dengan taktik servis adalam permainan tenis meja ? 
 
10. Apa prinsip adari strategi pertahanan permainan tenis meja dengan melakukan blok ? 
 
 
Jawaban dan Pembahasan 
 
1. Bunt atau pukulan pendek termasuk kedalam taktik penyerangan dikarenakan fungsi dari pukulan pendek ini dapat mengecoh para penjaga yang melakukan penjagaan normal sehingga dapat menghambat penjaga dalam mematikan pelari, dan tujuan dari pukulan pendek atau bunt yaitu mendorong pelari menuju base berikutnya sehingga dapat berpotensi mencetak poin. 

Baca juga - Soal Renang

 
2. Pukulan bunt yang efektif adalah yang hasil pukulannya tidak jauh dari plate dikarenakan untuk memberi kesulitan kepada penjaga, semakin jauh dari jangkauan penjaga akan semakin baik. 
 
3. Ketika terdapat pelari di base 3 dan berpeluang untuk mendapatkan score sedangkan kondisi belum 2 mati maka lebih baik menggunakan taktik sacrifice fly dimana pemukul memukul bola jauh ke atas sehingga dapat mendorong pelari di base 3 masuk ke homebase dan mencetak poin, namun dikarenakan sacrifice atau pengorbanan maka pemukul kemungkinan besar mati, akan tetapi masih dapat meyerang dikarenakan kondisi out belum mencapai 2 out. 
 
4. Untuk mengantisipasi pukulan yang jauh dari pemukul dengan tipe slugger dimana tidak ada pelari satupun di base maka system pertahanan yang digunakan yaitu  Deep system atau D-position dikarenakan penjagaan model ini memungkinkan pemain untuk menggapai bola yang jauh sebab posisi pemain agak terbuka dan jauh dari posisi normal, dan lebih mudah mencapai hasil pukulan yang jauh. 



 
5. Dikarenakan terdapat pelari di base 3 dan base 1 dan kondisi belum ada yang mati maka, pemain nomor 6 setelah menangkap bola hasil pukulan terlebih dahulu melihat pergerakan pelari di base 3 apabila pelari di base 3 lari ke home maka pilihan pertama bisa melempar ke arah home plate, namun apabila pelari 3 tidak berlari ke home maka pilihan melempar bisa di alihkan ke arah base 2 atau base 1 namun penjaga yang menangkap bola tetap mewaspadai pelari base 3 dengan memperhatikan gerakan pelari di base 3. 
 
6. Pola penyerangan permainan tunggal: 
  • Permainan berdasarkan keuletan dan daya tahan 
  • Permainan berdasarkan kekuatan dan kecepatan 
  • Permainan berdasarkan faktor deception [tipuan] dan teknik 
Pembahasan :  
  • Permainan berdasarkan keuletan dan daya tahan : Bentuk permainan ini mengutamakan pukulan rally yang didasarkan pada faktor keuletan dan daya tahan atau lebih mengutamakan pukulan panjang. 
  • Permainan berdasarkan kekuatan dan kecepatan : Permainan ini lebih mengutamakan pukulan yang cepat dan keras. Rata-rata shuttlecock yang dipukul dengan kekuatan ini jatuh ke bawah atau curam. 
  • Permainan berdasarkan faktor deception [tipuan] dan teknik : Untuk pemain yang menggunakan teknik ini, maka ia sudah benar-benar ahli dalam bermain bulu tangkis. 

7. Untuk menyerang dan menyembunyikan kawan yang memiliki permainan lemah. Pembahasan: Ada beberapa keuntungan yang di dapatkan oleh pemain ganda dalam menggunakan sistem depan belakang. Salah satu keuntungan yang bisa di dapat oleh pemain adalah sistem ini dikhususkan untuk menyerang dan juga bisa menyembunyikan kawan yang memiliki permainan lemah. 
 
8. Adalah salah satu sistem yang menggabungkan antara sistem berdampingan (side by side) dengan sistem depan belakang (front and back). 
Pembahasan: Sistem ini muncul untuk menutupi kelemahan dari sistem yang lain seperti front and back dan side by side, Sistem berdampingan bisa digunakan untuk bertahan dari serangan lawan yang begitu kuat. Dan untuk sistem depan belakang bisa digunakan untuk menyerang lawan. 



 
9. Taktik servis yaitu servis dari daerah mana saja, arahkan servis ke mana saja ke daerah lawan. 
Pembahasan: Taktik servis dalam tenis meja merupakan servis dari daerah mana saja, arahkan servis ke mana saja ke daerah lawan. Usahakan setelah bola dipukul servis, lawan tidak dapat melakukan serangan. 
10. Mengembalikan bola dengan cara menggunakan atau meminjam datangnya tenaga desakan bola serangan lawan artinya memanfaatkan keuatan bola. 
Pembahasan : Blok mampu menyerap, mengurangi, atau memperlemah tenaga pantulan bola lawan. Blok sangat efektif digunakan ketika lawan berada pada posisi jarak tengah atau jarak jauh dari meja. 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Soal Permainan Bola Kecil Mapel PJOK Kelas 12 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 
#
Soal Permainan Bola Kecil File ini dalam Bentuk .word File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • contoh soal permainan bola besar dan jawabannya
    • buatlah 5 soal kebugaran jasmani
    • back up merupakan latihan persiapan renang yang berfungsi untuk
    • soal tentang sepak bola
    • soal dan jawaban softball
    • soal essay permainan bola besar
    • pukulan (serangan) pertama untuk memulai permainan dalam tenis meja disebut
    • pegangan bet tenis meja yang populer
    Post a Comment

    Post a Comment