Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Simulasi Perlombaan Lari Jarak Pendek Sesuai Peraturan Mapel PJOK kelas 12 SMA/MA

Materi Simulasi Perlombaan Lari Jarak Pendek Sesuai Peraturan Mapel PJOK kelas 12 SMA/MA - Halo adik adik dimana saja berada, semoga dalam keadaan sehat walafiat. Kali ini masih bersama kakak bospedia, kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai materi yang sudah dirangkum untuk adik adik kelas XII SMA/MA tentang Simulasi Perlombaan Lari Jarak Pendek Sesuai Peraturan dari mapel Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Semoga bermanfaat yah.

Materi Simulasi Perlombaan Lari Jarak Pendek Sesuai Peraturan Mapel PJOK kelas 12 SMA/MA
Materi Simulasi Perlombaan Lari Jarak Pendek Sesuai Peraturan Mapel PJOK kelas 12 SMA/MA

Atletik merupakan aktivitas jasmani yang berisikan gerakan-gerakan dasar yang dinamis dan harmonis, yaitu jalan, lari, lompat, dan lempar. Atletik biasa disebut juga ibu dari olahraga, karena sebagian besar cabang olahraga lain menggunakan gerakangerakan yang ada dalam olahraga atletik. 

Saat mengikuti perlombaan dalam nomor atletik, kalian sebagai peserta memerlukan taktik dan strategi dalam memenangkan perlombaan. Taktik dan strategi dalam perlombaan atletik terdiri dari 2 yaitu taktik dan strategi individu dan kelompok/tim. Dalam modul ini kita akan  menganalisis taktik dan strategi dalam perlombaan atletik; yaitu lomba jalan cepat, lomba lari jarak pendek, lomba lompat jauh, dan lomba tolak peluru. 
 
Selain sebagai peserta lomba, kalian juga diharapkan mampu menjadi penyelenggara perlombaan jalan cepat, lari, lompat dan lempar yang disusun sesuai peraturan. Hal ini dimaksudkan, agar kalian mampu merancang dan menyelenggarakan perlombaan di kelas atau lingkungan sekitar tempat tinggal kalian. 

Istilah

  • Jalan cepat : Salah satu nomor lomba pada cabang olahraga atletik 
  • Lari jarak pendek : Lomba lari dengan jarak 100-400 meter 
  • Lompat jauh : Salah satu nomor lomba pada cabang olahraga atletik yang mengukur kemmpuan seseorang melompat pada bak pasir 
  • Tolak peluru : Salah satu nomor lomba pada cabang olahraga atletik yang mengukur hasil tolakan peluru oleh tangan 
  • Teknik start jongkok : Teknik memulai lomba lari jarak pendek dengan cara jongkok 
  • Teknik start berdiri : Teknik memulai lomba jalan cepat/lari jarak menengah dan jauh dengan cara berdiri 
  • Teknik start : Teknik menyambung  lomba lari jarak pendek nomor lari estafet  dengan cara berlari menunggu pengoperan tongkat estafet dari pelari ebelumnya 
  • Peluru  : Bola besi dengan ukuran tertentu yang dipakai dalam perlombaan tolak peluru 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 2 ini, kalian diharapkan mampu: 
  1. Melaksanakan perlombaan lari jarak pendek sesuai peraturan sebagai peserta, maupun penyelenggara dengan mengedepankan nilai-nilai kejujuran, sportifitas dan saling menghormati satu sama lain. 
  2. Menjabarkan perlombaan lari jarak pedek sesuai peraturan. 
  3. Melakukan perlombaan lari jarak pendek sesuai peraturan. 

B. Uraian Materi 

1. Peserta lomba lari jarak pendek 

Lari jarak pendek atau yang biasa disebut sprint atau lari cepat terbagi menjadi beberapa nomor lomba, diantaranya yatu lari 100 meter, 110 meter gawang lari 200 meter, lari 400 meter, estafet 4x100 meter dan estafet 4x400 meter. Teknik start yang digunakan dalam lari jarak pendek adalah teknik start jongkok.  
 
Teknik start jongkok untuk lari estafet digunakan oleh pelari pertama, sedangkan pelari selanjutnya menggunakan teknik start melayang. Aba-aba yang diberikan oleh juri saat start jongkok adalah: 
  • Bersedia 
  • Siap 
  • Ya atau letusan pistol 
2. Penyelenggaraan lomba lari jarak pendek 

a. Tempat/Lapangan yang digunakan: 
 
Gambar : Ukuran lapangan atletik lomba lari & jalan 
Sumber: http://www.frewaremini.com/2015/01/gambar-ukuran-skemalapangan-atletik-olah-raga-lengkap.html 
  1. Garis pada awal start dan juga garis untuk finish mempunyai lebar 5 sentimeter dimana garis tersebut harus tegak lurus dengan garis tepi lintasan. Jarak lintasan diukur dari garis terluar untuk garis pada start dan garis terdalam untuk garis pada finish. 
  2. Lapangan harus dibuat lintasan, atau dibatasi dengan ban, dimana lintasan dalam perlombaan resmi terdapat 8 jalur lintasan untuk jalur lari masing-masing pelari. Dan juga masing- masing jalur memiliki ukuran 1,22 m. 
 
b. Aturan perlombaan: 
  1. Pelari hanya boleh berlari ketika mendengar aba-aba “Ya” atau suara dari tembakan pistol. 
  2. Pelari yang melakukan kesalahan ketika start harus diperingatkan dan saat melakukan kesalahan yang kedua pelari didiskualifikasi. Maksimal peserta boleh melakukan kesalahan hanya di 3 kesempatan start, selebihnya peserta didiskualifikasi. Artinya siapapun yang melakukan kesalahan di start ke-3, maka dia didiskualifikasi. 
  3. Dalam perlombaan lari jarak pendek biasanya dilakukan dalam beberapa tahapan, yaitu babak penyisihan, babak semi fnal, dan babak final 
  4. Babak penyisihan biasanya diadakan karena peserta terlalu banyak sehingga harus menyaring dan mendapatkan peserta terbaik untuk menuju ke babak semifinal. Pada babak penyisihan peserta hanya diambil 2 pemenang yaitu juara I dan juara II. 
  5. Setiap pelari memiliki lintasan masing-masing untuk berlari, jika melanggar maka pelari di diskualifikasi. 
  6. Pelari yang keluar dari lintasan yang sudah ditentukan juga dianggap hal yang melanggar, sehingga menyebabkan pelari terdiskualifikasi. 
  7. Pemenang dalam perlombaan lari jarak pendek adalah yang pertama kali sampai di garis finish, dimana dihitung dari anggota tubuh yang pasif (dada).  
c. Wasit dalam Perlombaan lari 

Dalam sebuah perlombaan lari jarak pendek, kehadiran wasit atau pengawas perlombaan sangatlah penting. Berikut adalah beberapa wasit yang ada pada pertandingan lari jarak pendek: 
  1. Starter, merupakan pengawas yang bertugas pada saat pemberangkatan pelari, starter juga bertanggung jawab ketika pelari melanggar saat melakukan start. 
  2. Recall Starter, merupakan pengawas yang bertugas mengecek para pelari sebelum lomba dimulai.  
  3. Timer yaitu pengawas yang bertugas mencatat waktu pelari saat mlewati garis finish. 
  4. Pengawas Lintasan, merupakan pengawas yang bertugas mengawasi pelari apabila pelari melakukan pelanggaran pada saat berlari ketika perlombaan berlangsung. 
  5. Juri Kedatangan, merupakan penngawas yang bertugas mencatat dan menentukan urutan pelari melewati garis finish, mulai pelari pertama hingga pelari yang terkahir kali sampai melewati garis finish. 
  6. Juri Pencatat Hasil, merupakan pengawas yang bertugas mencatatat hasil perlombaan setelah seluruh pelari berhasil sampai di garis finish. 
d. Peralatan yang digunakan 

Dalam sebuah perlombaan lari jarak pendek, dibutuhkan beberapa peralatan pendukung diantaranya yaitu: 
  1. Sepatu Spikes, sepatu ini sudah didesain untuk bisa mengoptimalkan kecepatan berlari. Ciri dari sepatu ini adalah memliki paku pada alas sepatu dengan ukuran sesuai aturan yang telah ditetapkan. 
  2. Start Block, merupakan peralatan yang digunakan untuk melakukan start. 
  3. Nomor Pelari, dalam setiap perlombaan setiap pelari harus menggunakan untuk dijadikan sebagai identitas dalam setiap lomba. 

C. Rangkuman 

Perlombaan lari jarak pendek, terutama lari 100m merupakan lomba paling ditunggu-tunggu di setiap kejuaraan atletik. Catatan rekor dunia atletik dipegang oleh Usain Bolt dari Jamaika dengan catatan waktu 9,58 detik, sedangkan rekor nasional saat ini dipegang oleh Lalu Muhammad Zori  dengan catatan waktu 10.03  detik. 
 
Nomor lari jarak pendek dilombakan dengan menggunakan teknik start jongkok. Penentuan pemenang dilihat dari pelari yang berhasil melewati garis finish dengan bagian pasif dari tubuh (patokan dada) terlebih dahulu, bukan tangan atau kaki. 
 

D. Penugasan Mandiri  

Lakukanlah tugas di bawah ini dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab, dan disiplin yang tinggi dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran! 
 
Lakukanlah tugas mandiri dengan petunjuk sebagai berikut: 
1) Buatlah  kelompok berdasarkan gender laki-laki dan perempuan dengan jumlah anggota antar 6-8 siswa, 
2) Setelah itu setiap kelompok baik laki-laki maupun perempuan melakukan pengundian.  
3) Kelompok yang memenangkan undian berhak menjadi peserta lomba urutan pertama dan yang kalah disusun secara berurutan. Upayakan peserta perempuan terlebih dahulu untuk melakukan perlombaan. 
4) Kelompok yang terpilih sebagai peserta pertama dan kedua segera melakukan pemanasan untuk perlombaan,  
5) Kelompok berikutnya/yang lain bertugas sebagai penyelenggara dan petugas perlombaan untuk menyiapkan: 
a. Lintasan perlombaan lengkap dengan garis start dan finish, serta lintasan antara pelari sejumlah maksimal 8 lintasan,  
b. Wasit serta juri yang memimpin serta memantau lomba, yang terdiri dari: 
  • Starter,  
  • Recall Starter,  
  • Timer, 
  • Pengawas Lintasan,  
  • Juri Kedatangan,  
  • Juri Pencatat Hasil,  
6) Setelah lomba putaran pertama dan kedua selesai, maka kalian segera berganti peran untuk lomba putaran berikutnya, 
7) Setiap kelompok panitia atau penyelenggara wajib menyerahkan formulir  laporan hasil    setiap lomba dan pembagian tugas wasit/juri yang dibuat dengan mengedepankan sikap jujur, sportifitas dan kerjasama antara satu sama lain, 
8) Setiap peserta harus melakukan lomba dengan penuh kejujuran, sportifitas tinggi dan saling menghormati antar peserta lomba. 
 

E. Latihan Soal 

Kerjakan dan jawablah soal-soal di bawah ini dengan cara memberikan uraian singkat dengan jelas! 
 
1) Perhatikan tabel berikut keterangan situasi pelepasan start lari 100m di bawah ini!    





Pertanyaan: 
a) Apakah Aaa dikenakan diskualifikasi? Mengapa? 
b) Apakah Ccc dikenakan diskualifikasi? Mengapa? 
c) Siapakah yang terkena diskualifikasi dalam situasi seperti di atas? 
 
2) Perhatikan gambar situasi melewati finish di bawah ini! 
Dari gambar di atas, siapakah yang menjadi pemenang lomba? Apakah pelari paling atas, tengah atau bawah? Jelaskan mengapa! 

Pembahasan Latihan Soal Kegiatan Pembelajaran 2 
 
Soal No.1 
 
Jawaban : 
a) Ya diskualifikasi, karena dipelepasan start ke-3 dia melakukan kesalahan 
b) Ya diskualifikasi, karena 2 kali melakukan kesalahan 
c) Aaa, Ccc, dan Hhh 
 
Soal No.2 
Perhatikan gambar situasi melewati finish di bawah ini! 

Pemenang lomba adalah pelari paling atas, karena bagian dada dari pelari tersebut melewati garis finish lebih awal dibanding pelari lainnya. 

 

F. Penilaian Diri 

Berilah tanda ceklis (√) pada kolom ‘Ya’ jika kalian sudah menguasai materi/melakukan hal tersebut dan pada kolom ‘Tidak’ jika kalian belum menguasai materi/melakukan hal tersebut! 

 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Simulasi Perlombaan Lari Jarak Pendek Sesuai Peraturan Mapel PJOK kelas 12 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Simulasi Perlombaan Lari Jarak Pendek File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • peraturan lari jarak pendek
      • manfaat lari jarak pendek
      • jarak lari pendek
      • start yang digunakan dalam lari jarak pendek adalah
      • teknik dasar lari jarak pendek
      • jarak lari menengah
      • sejarah lari jarak pendek
      • teknik dasar lari jarak pendek ada 3 yaitu
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022