Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Simulasi Perlombaan Lompat Jauh Sesuai Peraturan Mapel PJOK kelas 12 SMA/MA

Materi Simulasi Perlombaan Lompat Jauh Sesuai Peraturan Mapel PJOK kelas 12 SMA/MA - Halo adik adik yang baik, bertemu lagi dengan kakak bospedia. Kali ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai materi yang telah disiapkan yaitu materi tentang Simulasi Perlombaan Lompat Jauh Sesuai Peraturan Mapel PJOK kelas 12 SMA/MA. Kakak juga menyiapkan latihan soal serta kunci jawaban. Yang mana akan membantu adik adik dalam memahami materi yang diberikan. Selamat belajar!!

Materi Simulasi Perlombaan Lompat Jauh Sesuai Peraturan Mapel PJOK kelas 12 SMA/MA
Materi Simulasi Perlombaan Lompat Jauh Sesuai Peraturan Mapel PJOK kelas 12 SMA/MA

Atletik merupakan aktivitas jasmani yang berisikan gerakan-gerakan dasar yang dinamis dan harmonis, yaitu jalan, lari, lompat, dan lempar. Atletik biasa disebut juga ibu dari olahraga, karena sebagian besar cabang olahraga lain menggunakan gerakangerakan yang ada dalam olahraga atletik. 

Saat mengikuti perlombaan dalam nomor atletik, kalian sebagai peserta memerlukan taktik dan strategi dalam memenangkan perlombaan. Taktik dan strategi dalam perlombaan atletik terdiri dari 2 yaitu taktik dan strategi individu dan kelompok/tim. Dalam modul ini kita akan  menganalisis taktik dan strategi dalam perlombaan atletik; yaitu lomba jalan cepat, lomba lari jarak pendek, lomba lompat jauh, dan lomba tolak peluru. 
 
Selain sebagai peserta lomba, kalian juga diharapkan mampu menjadi penyelenggara perlombaan jalan cepat, lari, lompat dan lempar yang disusun sesuai peraturan. Hal ini dimaksudkan, agar kalian mampu merancang dan menyelenggarakan perlombaan di kelas atau lingkungan sekitar tempat tinggal kalian. 

Istilah

  • Jalan cepat : Salah satu nomor lomba pada cabang olahraga atletik 
  • Lari jarak pendek : Lomba lari dengan jarak 100-400 meter 
  • Lompat jauh : Salah satu nomor lomba pada cabang olahraga atletik yang mengukur kemmpuan seseorang melompat pada bak pasir 
  • Tolak peluru : Salah satu nomor lomba pada cabang olahraga atletik yang mengukur hasil tolakan peluru oleh tangan 
  • Teknik start jongkok : Teknik memulai lomba lari jarak pendek dengan cara jongkok 
  • Teknik start berdiri : Teknik memulai lomba jalan cepat/lari jarak menengah dan jauh dengan cara berdiri 
  • Teknik start : Teknik menyambung  lomba lari jarak pendek nomor lari estafet  dengan cara berlari menunggu pengoperan tongkat estafet dari pelari ebelumnya 
  • Peluru  : Bola besi dengan ukuran tertentu yang dipakai dalam perlombaan tolak peluru 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 3 ini kalian diharapkan mampu: 
  1. Melaksanakan perlombaan lompat jauh sesuai peraturan sebagai peserta, maupun penyelenggara dengan mengedepankan nilai-nilai kejujuran, sportifitas dan saling menghormati satu sama lain. 
  2. Menjabarkan perlombaan lompat jauh sesuai peraturan. 
  3. Melakukan perlombaan lompat jauh sesuai peraturan. 

B. Uraian Materi 

Lompat jauh salah satu nomor yang diperlombakan dalam nomor lompat cabang olahraga atletik. Nomor lain yang juga diperlombakan adalah lompat jangkit. Namun kali ini kita hanya akan membahas bagaimana perlombaan lompat jauh dilakukan. Teknik lompat jauh terdiri dari; awalan, tolakan, melayang, dan mendarat. Peserta yang mampu melakukan awalan dan tolakan dengan kecepatan dan kekuatan yang baik akan terbawa melayang jauh. Ada tiga gaya yang populer dalam nomor lompat jauh, yaitu: lompat jauh gaya jongkok, lompat jauh gaya menggantung, dan lompat jauh gaya berjalan di udara 
  
Gambar : Gerakan lompat jauh 

Sumber: https://www.shutterstock.com/search/long+jump 
 
1. Aturan perlombaan 

a. Berikut ini adalah aturan yang berkaitan dengan peserta lompat jauh: 
  1. Apabila peserta lomba lebih dari 8 orang, setiap peserta diperbolehkan melompat 3 kali secara bergiliran, kemudian hasil 8 pelompat terbaik akan kembali melakukan lompatan 3 kali untuk menentukan pemenang. Namun jika peserta kurang dari 8 orang, maka setiap peserta melompat 6 kali secara bergiliran dan setelah itu langsung ditentukan pemenang. 
  2. Pengukuran akan dilakukan jika peserta sudah menghasilkan lompatan; pengukuran adalah dari titik bebas paling dekat dengan bak pasir pendaratan. 
  3. Waktu yang diberikan adalah 1,5 menit kepada setiap peserta dalam melakukan lompatan. 
  4. Lompatan yang dianggap paling baik adalah hasil yang bakal dicatat supaya bisa dilakukan penentuan pemenangnya. 
b. Aturan lapangan tempat dilaksanakannya lompat jauh.  
  1. Papan tolakan harus memiliki panjang 1,22 m dengan ketebalan 10 cm dan lebar 20 cm. 
  2. Lintasan awalan harus mempunyai panjang anatar 30-40m (sesuaikan dengan kondisi yang ada) dengan lebar 1,22 m. 
  3. Papan tolak harus diletakkan di sisi dekat dengan tempat pendaratan. Hal ini agar supaya bekas kaki pelompat bisa terlihat dengan baik ketika ada kesalahan tolakan yang dilakukan. Jarak papan tolak ke bak pasir pendaratan adalah 1m. 
  4. Tempat pendaratan harus memiliki lebar minimal 2,75 m dengan minimal 10 m untuk jarak antara garis tolakan hingga akhir area lompatan. 
  5. Tinggi atau datar permukaan pasir pada tempat pendaratan juga wajib untuk sama dengan bagian sisi atas papan tolakan.
Gambar : Lapangan lompat jauh 
Sumber: https://iniberbagigambar.blogspot.com/2019/11/gambarlapangan-lompat-jauh-beserta.html 
 
c. Aturan pengukuran lompatan pada olahraga lompat jauh:  
  1. Pengukuran seluruh lompatan adalah dari sisi bekas pendaratan yang paling dekat dengan balok tumpuan. Pengukuran dilakukan dengan menarik garis lurus ke sisi balok tumpuan yang tak jauh dengan bak lompatan. 
  2. Juri pengukur berjumlah 2 orang adalah satu-satunya yang berhak mengukur hasil lompatan. 
  3. Lompatan yang dinyatakan sah-lah yang akan diukur oleh juri pengukur. 
  4. Juri pengukur akan mengambil pengukuran lompatan dari balok ujung balok tumpu paling dekat dengan bak pasir hingga tanda awal pendaratan. 
  5. Apabila seusai melakukan lompatan kemudian si pelompat berjalan mundur, maka otomatis pengukuran yang dilakukan adalah pada jarak saat pelompat mundur. Itulah mengapa pelompat harus berjalan maju sesudah melompat. 
  6. Alat yang digunakan dalam proses pengukuran harus sama pada setiap hasil lompatan atlet saat perlombaan berlangsung. Artinya hanya ada satu buah alat ukur di lomba tersebut. 
  7. Pengukuran harus dilakukan seteliti mungkin karena selisih 1 cm saja tentu sangatlah berpengaruh. 
  8. Pencatatan akan hasil lompatan selalu dilakukan oleh pencatat hasil perlombaan. 
d. Aturan diskualifikasi. Peserta akan dikenakan diskualifikasi, apabila: 
  1. Peserta belum melompat juga setelah dipanggil 3 menit. 
  2. Tumpuan tolakan memakai 2 kaki. 
  3. Pendaratan dilakukan di luar bak lompat. 
  4. Proses menolak dilakukan dari luar ujung balok tumpuan, sebelum atau juga setelah garis perpanjangan garis tumpuan. 
  5. Peserta dengan bagian tubuh manapun menyentuh tanah yang ada di belakang garis batas tumpuan, entah itu saat ancang-ancang ketika hendak melakukan lompatan maupun saat lari kencang tanpa adanya tolakan. 
  6. Sewaktu melakukan pendaratan, peserta menyentuh permukaan tanah di luar area tempat mendarat atau bak lompat sebelum adanya pendaratan yang tepat di bagian bak pendaratan. 
  7. Peserta melakukan pendaratan dengan melakukan gerakan semacam salto. 
  8. Ketika sudah melakukan lompatan secara sempurna, pelompat perlu berjalan kembali melewati bak lompat. Artinya, pelompat perlu berjalan kembali ke arah awalan sesudah melompat, jika tidak maka akan dikenakan diskualifikasi. 
2. Penyelenggaraan lomba lompat jauh. 

a. Tugas Utama Juri 

Pada perlombaan lompat jauh terdapat juri yang mengukur hasil lompatan peserta atau atlet. Ada juga juri yang mengangkat bendera merah sebagai tanda ketika pelompat dianggap gagal dalam melakukan lompatan atau mengangkat bendera warna putih ketika lompatan peserta dianggap benar dan sah melakukan lompatan. 
 
b. Penentuan Pemenang 

Penentuan pemenang perlombaan lompat jauh, adalah sebagai berikut: 
  1. Untuk jarak lompatan yang sama di sebuah lomba lompat jauh, juara atau pemenangnya akan ditentukan dengan memberikan kesempatan kedua atlet yang memiliki jarak lompatan yang sama. Kesempatan tersebut berupa melakukan lompatan kembali, hingga bisa didapat perbedaan hasil lompatan. 
  2. Apabila tidak didapat perbedaan hasil lompatan, maka dalam penentuan pemenang akan dilihat dari prestasi peserta atau si atlet sebelumnya. Apabila keduanya memiliki prestasi yang setara sehingga masih sulit dalam penentuannya, barulah undian diadakan untuk menentukan dan memutuskan pemenang lompat jauh. Namun peristiwa kecil kemungkinannya dalam sebuah perlombaan. 

C. Rangkuman 

Lomba lompat jauh sesungguhnya merupakan perlombaan untuk mengalahkan diri sendiri terhadap tantangan alam. Mengapa demikian? Karena saat melakukannya tidak ada lawan yang berdiri di sebelah kita untuk menuju atau meghasilkan sesuatu. Kalian berlomba dengan diri kalian sendiri mengahadapi graviatsi. 
 
Lompat jauh sebagai sebuah vektor atau resltan dua gaya, merupakan paduan gaya horisontal (awalan) dan gaya vertikal (tolakan). Jika awalan dan tolakan dilakukan dengan kecepatan dan kekuatan yang baik, maka akan lebih lama kita melayang hingga akhirnya terjatuh karena gravitasi bumi. 
Pemenang dari lomba ini adalah mereka yang berhasil melakukanlompatan terjauh diantara peserta. 
 

D. Penugasan Mandiri 

Kerjakan tugas di bawah ini dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab, dan disiplin yang tinggi dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran! 
 
Kerjakan tugas mandiri dengan petunjuk sebagai berikut: 
  1. Buatlah  kelompok berdasarkan gender laki-laki dan perempuan (hanya 2 kelompok),  
  2. Setelah itu kelompok laki-laki dan perempuan melakukan pengundian.  
  3. Kelompok yang memenangkan undian berhak menjadi peserta lomba urutan pertama dan yang kalah peserta kedua. Upayakan peserta perempuan terlebih dahulu untuk melakukan perlombaan. 
  4. Kelompok yang terpilih sebagai peserta pertama segera melakukan pemanasan untuk perlombaan,  
  5. Kelompok kedua bertugas sebagai penyelenggara bersiap di lapangan lompat jauh yang sudah ada, 
  6. Kelompok penyelenggara membagi petugas perlombaan untuk menyiapkan: 
a. Lapangan dan peralatan: 
  • Bak pasir pendaratan, bersihkan dari benda yang membahayakan. Usahakan pasir digemburkan terlebih dahulu dengan alat yang ada, agar peserta mendarat dengan nyaman dan tidak merasa sakit. 
  • Pita ukur, bendera warna merah dan putih, kapur sebagai penanda, serta alat tulis. 
b. Juri; 
  • Juri pengesahan 
  • Juri pengukur 
  • Juri pencatat hasil 
7) Setelah lomba putaran pertama selesai, maka kalian segera berganti peran untuk lomba putaran berikutnya, 
8) Setiap kelompok panitia atau penyelenggara wajib menyerahkan formulir  laporan hasil    setiap lomba dan pembagian tugas wasit/juri yang dibuat dengan mengedepankan sikap jujur, sportifitas dan kerjasama antara satu sama lain, 
9) Setiap peserta harus melakukan lomba dengan penuh kejujuran, sportifitas tinggi dan saling menghormati antar peserta lomba. 
 

E. Latihan Soal 

Kerjakan dan jawablah soal-soal di bawah ini dengan cara memberikan uraian singkat dengan jelas! 
 
Dalam suatau kesempatan menjadi panitia lomba lompat jauh, kalian dihadapkan dengan jumlah peserta sebanyak dari 20 orang peserta. Buatlah rencana pelaksanaan lomba hingga dihasilkan pemenang lomba! 

Pembahasan Latihan Soal Kegiatan Pembelajaran 3 
 
Dalam suatu kesempatan menjadi panitia lomba lompat jauh, kalian dihadapkan dengan jumlah peserta sebanyak dari 20 orang peserta. 
 
Buatlah rencana pelaksanaan lomba hingga dihasilkan pemenang lomba! 
 
Jawaban: 
a) Melakukan pendaftaran ulang peserta 
b) Melakukan undian nomor melakukan percobaan lompatan 
c) Menjelaskan prosedur lomba: 
• Lomba dibagi 2 (dua) tahap;  
 penyisihan 3 kali lompatan secara bergiliran, 
 final (8 pesrta dengan hasil lompatan terbaik) 3 kali melakukan lompatan secara bergiliran 
• Aturan lomba (batas waktu pemanggilan, diskualifikasi, dll) 
d) Melaksanakan lomba 
e) Membuat laporan lomba  

F. Penilaian Diri  

Berilah tanda ceklis (√) pada kolom ‘Ya’ jika kalian sudah menguasai materi/melakukan hal tersebut dan pada kolom ‘Tidak’ jika kalian belum menguasai materi/melakukan hal tersebut! 
Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Simulasi Perlombaan Lompat Jauh Sesuai Peraturan Mapel PJOK kelas 12 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Simulasi Perlombaan Jalan Cepat File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • ukuran lapangan lompat jauh
      • rancanglah simulasi perlombaan lompat jauh
      • pendaratan lompat jauh
      • teknik lompat jauh
      • macam-macam gaya lompat jauh
      • langkah lompat jauh
      • cara melakukan lompat jauh
      • gaya dalam lompat jauh
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022