Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Bagian-Bagian Proposal Kegiatan/Penelitian Mapel Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/MA

Materi Bagian-Bagian Proposal Kegiatan/Penelitian Mapel Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/MA - Halo adik adik yang baik, apa kabar? semoga sehat selalu ya, nah pada kesempatan yang baik ini tentunya kakak tidak habis habisnya untuk membagikan kepada adik adik mengenai pembahasan sekolah, nah kali ini kakak ingin berbagi tentang materi yang sudah kakak siapkan yaitu Materi Bagian-Bagian Proposal Kegiatan/Penelitian Mapel Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/MA. Semoga bermanfaat yah.

Materi Bagian-Bagian Proposal Kegiatan/Penelitian Mapel Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/MA
Materi Bagian-Bagian Proposal Kegiatan/Penelitian Mapel Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/MA

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah kegiatan pembelajaran 1 ini diharapkan kalian mampu mengetahui bagian-bagian dalam proposal kegiatan/penelitian dengan cermat, kritis, dan bertanggung jawab sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

B. Uraian Materi

Sebagaimana kalian tahu bahwa proposal merupakan suatu rancangan yang dibuat secara sistematis dan terperinci untuk kegiatan yang akan diselenggarakan. Tujuan dari pembuatan proposal kegiatan yaitu agar bisa mendapatkan persetujuan dari pihak yang berkepentingan terhadap acara untuk diajak bekerja sama melancarkan kegiatan tersebut.

Selain itu, pengajuan proposal juga dapat digunakan sebagai pengajuan permohonan dana bantuan yang nantinya pihak terkait akan bekerja sama dengan penyelenggara kegiatan dengan memberikan bantuan dana. Pada pembahasan modul ini, kalian akan mempelajari bagian-bagian penting dalam proposal. Untuk menunjang pemahamanmu, perhatikanlah contoh proposal berikut ini.

PROPOSAL PELAKSANAAN PENTAS SENI (PENSI) DALAM RANGKA PERPISAHAN SISWA-SISWI KELAS XII SMAN 48 JAKARTA

I. PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Seni adalah salah satu kreativitas yang patutnya kita kembangkan semakin besar, dan salah satu cara pengembangannya melalui Pentas Seni. OSIS SMAN 48 Jakarta akan mengadakan pentas drama bagi siswa di setiap kelasnya. Pentas drama tersebut dilakukan untuk meningkatkan apreasiasi siswa dalam dunia peran dan melatih rasa percaya diri yang hingga saat ini masih sangat kurang.
Selain itu, dance modern juga mampu mengembangkan kreativitas siswa dalam hal tarian. Dan adapula kontes band maupun penyanyi yang akan menambah kesan semangat dalam suasana. Pentas Seni ini pula diadakan untuk menghibur siswa yang sebentar lagi akan siap menjalani ujian.
Selain itu, Pentas Seni ini juga dapat menjadi hiburan dalam rangka Perpisahan Siswa-Siswi kelas XII. Untuk itulah, OSIS merasa perlu untuk mengadakan acara ini dengan tema “Bintang Panggung Sehari”.

B. Tujuan Kegiatan
Adapun tujuan kegiatan dilaksanakannya acara ini adalah :
1. Mempererat tali silaturahmi antar sesama siswa dan siswi SMA Negeri 48 Jakarta
2. Memupuk semangat untuk bekerja sama dalam satu tujuan.
3. Meningkatkan kreatifitas siswa dalam bidang seni

II. ISI PROPOSAL

A. Tema
Dalam kegiatan kali ini tema yang akan kami angkat adalah “Jadi Artis Sehari’ yang memberikan kesempatan bagi siswa untuk merasakan bagaimana rasanya bermain dalam dunia peran.

B. Macam-macam Kegiatan
Adapun kegiatan yang akan kami laksanakan yaitu :
1. Pentas Drama
2. Modern Dance
3. Band

C. Peserta
Peserta kali ini yang dapat mengikuti Pentas Seni adalah perwakilan masing- masing siswa kelas X dari tiap kelas SMAN 48 Jakarta.

D. Peralatan yang Dibutuhkan
1. Panggung
2. Mikrofon
3. Speaker/pengeras suara
4. Kostum
5. Atribut
6. Spanduk

E. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Adapun waktu dan tempat pelaksanaan Pentas Seni ini adalah :
Tanggal Waktu: Minggu, 23 September 2020
waktu: Pukul 16.00 WIB –18.30 WIB
Tempat: Gedung JSN 45

Tanggal Waktu: Minggu, 23 September 2020
waktu: Pukul 19.00. WIB – 20.35 WIB
Tempat: Gedung JSN 45

Tanggal Waktu: Minggu, 23 September 2020
waktu: Pukul 20.55 WIB – 21.35 WIB
Tempat: Gedung JSN 45

III. SUSUNAN ACARA

1. 14.00-14.20 :  Kumpul siswa di Gedung JSN 45. Koodinator : Aswar Amrul
2. 14.25-14.55 :  Pembukaan di Panggung PENSI. Koordinator : Elmayulianti
3. 15.00-16.00 : Sambutan oleh Ketua Panitia, Ketua OSIS, Kepala Sekolah di Panggung Pensi. Koordinator : Elfyrah
4. 16.00-19.45 :  Acara    Kegiatan Pentas,     Drama   Modern,    Dance Band Kordinator : Jongwoon
5. 19.50-20.00 : Istirahat di Aula. Koordinator : Anggota
6. 20.00-sd Selesai : Penutup. Kordinator : Elmayulianti

IV. SUSUNAN KEPANITIAN

• Pelindung : Drs. Ridwan M.Pd. (Kepala Sekolah)
• Pengarah : Surisman S.Pd.
• Penanggung Jawab : Muhammad Ardhan Akil (Ketua OSIS)
• Ketua Panitia : Sri Elfirah Munawar
• Sekretaris : Ria Puspita Sari
• Bendahara : Ihfa Khaerawaty Gau
• Seksi acara : Musdalifah Eka Pratiwi
• Seksi Dana Usaha : Khaera Tunnisa
• Seksi Humas : Eriska Amsari
• Seksi Keamanan : Heriyanto
• Seksi Dokumentasi : Mirnawati A
• Seksi Peralatan : Diliana Eka Astuti

V. ANGGARAN DANA

Dalam kegiatan Pensi kali ini, ada beberapa anggaran dana yang didapat maupun yang dikeluarkan agar pensi ini berjalan dengan baik.
Kegiatan ini diperoleh dari dana:
1. Dana kas sekolah : Rp. 300.000,-
2. Dana partisipasi siswa : Rp. 1.000.000,-
3. Dana sponsor AXIS : Rp. 3.500.000,-
4. Dana Sponsor AS : Rp. 5.000.000,-
5. Dana pastisipasi guru : Rp. 500.000,- 6.  Total : Rp. 10.300.000,-

Biaya pengeluaran:
1. Sewa Tempat : Rp. 3.000.000,-
2. Penyewaan Panggung : Rp. 2.500.000,,-
3. Penyewaan Alat Musik : Rp. 1.000.000,-
4. Biaya Penataan Panggung : Rp. 200.000,- 5.  Konsumsi : Rp. 500.000,-
6. Spanduk : Rp. 300.000,-
7. Lain – Lain : Rp. 250.000,-
8. Total : Rp. 7.750.000,-

VI. PENUTUP

Demikian proposal ini kami buat. Kami mengharapkan dukungan dan partisipasi dari sekolah. Semoga acara ini dapat terlaksana sebagaimana yang kita harapkan.

(Sumber : https://woazy.com/contoh-proposal/, dengan penyesuaian)
Berdasarkan contoh tersebut dapat dirumuskan bahwa yang dimaksud dengan proposal adalah teks yang berupa permintaan kepada seseorang atau suatu lembaga untuk melakukan suatu kegiatan (penelitian).

Adapun ciri-ciri dari proposal sebagaimana yang kalian lihat dari contoh di atas adalah :
  1. Proposal dibuat sebagai rencana kerja dari kegiatan yang akan dilakukan.
  2. Sebagai pemberitahuan pertama suatu kegiatan.
  3. Berisikan latar belakang dan tujuan-tujuan kegiatan.
  4. Proposal itu berupa lembaran-lembaran pemberitahuan yang telah dijilid.
Selanjutnya, kita akan mempelajari struktur penulisan proposal. Dalam beberapa aspek, proposal penelitian memiliki beberapa perbedaan dengan proposal kegiatan kemasyarakatan. Namun, secara umum berikut bagian-bagian atau unsur-unsur yang sebaiknya ada di dalam proposal.

1. Latar Belakang
Dalam bagian ini dikemukakan tentang kejadian, keadaan, atau hal yang melatarbelakangi pentingnya dilaksanakan suatu penelitian. Apabila kegiatan yang diusulkan itu berupa kegiatan kesehatan penduduk desa, yang kita kemukakan dalam latar belakang adalah tentang berjangkitnya penyakit menular dan sebagainya.

2. Masalah dan Tujuan
Secara rinci dan spesifik kita perlu menyebutkan masalah dan tujuan-tujuan kegiatan. Rumuskanlah tujuan-tujuan itu dengan rasional dan persuasif sehingga yang membacanya tertarik pada tujuan-tujuan tersebut.

3. Ruang Lingkup Kegiatan
Kegiatan yang diusulkan harus dijelaskan batas-batasnya. Membatasi ruang lingkup persoalan kegiatan, sekurang-kurangnya memberikan dua manfaat. Dapat lebih terlihat oleh pengusul duduk persoalan dari kegiatan yang akan dilakukannya.

4. Kerangka Teoretis dan Hipotesis
Dalam hal ini dikemukakan telaah terhadap teori atau hasil-hasil penelitian sebelumnya yang berkaitan dengan masalah yang dirumuskan. Telaah itu bisa berupa perbandingan, pengontrasan, dan peletakan teori-teori itu pada masalah yang akan diteliti. Teori-teori itu merupakan dasar argumentasi bagi pengusul dalam meneliti persoalan- persoalannya sehingga diperoleh jawaban yang dapat diandalkan.

5. Metode
Pada bagian ini, dikemukakan metode kegiatan yang akan dilaksanakan, termasuk teknik-teknik pengumpulan data. Dalam hubungan ini dapat disebutkan metode historis, deskriptif, ataupun eksperimental. Sementara itu, dalam hal teknik pengumpulan data dapat disebutkan teknik angket (kuesioner), wawancara, observasi, studi pustaka, atau tes. Dalam bagian ini harus juga dikemukakan rencana pengolahan data yang diperlukan.

6. Pelaksana Kegiatan
Salah satu faktor yang turut diperhitungkan oleh penerima proposal adalah susunan personalia dari badan yang menyampaikan proposal tersebut. Sebab itu, tuliskanlah personalia yang dapat diandalkan untuk mengerjakan pekerjaan yang diusulkan itu. Bila perlu daftar personalia atau pelaksana kegiatan tersebut dilengkapi dengan pendidikan dan keahlian mereka.

7. Fasilitas
Untuk mengerjakan suatu pekerjaan diperlukan pula fasilitas- fasilitas tertentu. Di pihak lain, fasilitas-fasilitas yang ada itu akan lebih menekankan biaya sehingga kalkulasi biaya yang disodorkan akan menjadi lebih murah daripada kalau harus menyewa dari pihak-pihak lain.

8. Keuntungan dan Kerugian
Tentu lebih meyakinkan lagi jika dikemukakan juga keuntungan-keuntungan yang akan diperoleh dari pekerjaan itu. Hal ini bukan sesuatu yang berlebihan, tetapi untuk meyakinkan penerima usul bahwa biaya yang akan dikeluarkan tidak akan sia-sia dengan yang akan diperoleh. Akan lebih simpatik lagi apabila pengusul menyampaikan juga kerugian atau hambatan-hambatan yang akan dihadapi kelak.

9. Pembiayaan
Biaya merupakan salah satu topik yang juga sangat diperhatikan penerima usul. Namun, bagi badan penerima usul yang baik reputasinya, kualitas pekerjaan merupakan hal yang lebih diutamakan. Bagaimanapun juga, perincian biaya harus benar-benar digarap dalam proposal ini sehingga dapat meyakinkan penerima usul.
Yang lebih diinginkan agar semua pos pembiayaan diberikan perincian tersendiri. Perincian itu dapat dibagi untuk upah, alat perlengkapan, belanja barang, biaya umum, dan sebagainya.

C. Rangkuman

  1. Proposal merupakan suatu rancangan yang dibuat secara sistematis dan terperinci.
  2. Tujuan pembuatan proposal kegiatan yaitu agar bisa mendapatkan persetujuan dari pihak yang berkepentingan terhadap acara untuk diajak bekerjasama melancarkan kegiatan tersebut.
  3. Bagian-bagian proposal : latar belakang, maksud dan tujuan, ruag lingkup kegiatan, kerangka teoritis, metode, pelaksanaan kegiatan, fasilitas, keuntungan dan kerugian, dan pembiayaan.

D. Penugasan Mandiri

Isilah tabel berikut dengan memberikan tanda centang (√)!

Kunci Jawaban Penugasan Mandiri

E. Latihan Soal

Proposal Kegiatan Futsal Sekolah

1. PENDAHULUAN
Perkembangan dunia olahraga ini pada umumnya telah mengalami perkembangan pada beberapa tahun terakhir ini yang cukup memuaskan. Potensi-potensi muda telah bermunculan seiring dengan perkembangan dunia olahraga, hal ini tidak lepas dari peran serta dari beberapa pihak yang memberikan support dan ruang kepada para mahasiswa untuk mengaktualkan kreativitas dan sportivitas mereka dalam sebuah tournament/kompetisi.

2. TUJUAN KEGIATAN
Untuk pengaktualisasian diri dalam proses pengembangan potensi para pemuda dalam bidang olahraga khususnya dalam bidang olahraga Futsal.

3. PELAKSANA KEGIATAN
Pelaksana kegiatan ini adalah OSIS SMA Nusa Pertiwi periode tahun 2020/2021.

4. NAMA KEGIATAN
Nama kegiatan ini adalah “Ecodeuphoria Futsal Tournament”.

5. TEMA KEGIATAN
Tema kegiatan ini adalah “Let’s Play Together Fair Play Is Our Game”.

6. SASARAN
Seluruh sekolah di Kabupaten Lebak.

7. WAKTU DAN TEMPAT
Terlampir

8. ANGGARAN DANA
Terlampir

Cermatilah contoh proposal diatas.
Berdasarkan contoh proposal di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Proposal itu diajukan oleh siapa?
2. Kepada pihak mana sajakah proposal itu sebaiknya diajukan?
3. Apakah bagian-bagian proposal itu sudah lengkap?
4. Apabila kalian berperan sebagai penerimanya, adakah isinya yang masih memerlukan penjelasan?
5. Proposal itu dapatkah dimanfaatkan juga untuk kegiatan di sekolahmu? Jelaskan!
 
Kunci jawaban Latihan soal

1. Proposal diajukan oleh OSIS SMA Nusa Pertiwi.
2. Proposal diajukan kepada sekolah dan Dinas Olah Raga.
3. Bagian proposal sudah lengkap.
4. Waktu dan tempat pelaksanaan bisa dicantumkan dalam proposal.
5. Proposal dapat dipakai di sekolah.

Rubrik penilian latihan soal
Keterangan
Jawaban benar nilai skor 1 Jawaban salah skor 0
Soal 2 bila semuanya benar nilai seratus
 

F. Penilaian Diri

Berilah tanda centang (√) pada format di bawah ini sesuai dengan jawaban kalian!

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Bagian-Bagian Proposal Kegiatan/Penelitian Mapel Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 




#
Bagian-Bagian Proposal Kegiatan/Penelitian File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • contoh proposal kegiatan
      • struktur proposal dan contohnya
      • struktur proposal penelitian
      • bagian bagian proposal penelitian
      • contoh proposal penelitian
      • proposal kegiatan pdf
      • struktur proposal usaha
      • bagian bagian proposal dan penjelasannya
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022