Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Analisis Unsur Buku Fiksi Mapel Bahasa Indonesia kelas 10 SMA/MA

Materi Analisis Unsur Buku Fiksi Mapel Bahasa Indonesia kelas 10 SMA/MA - Hai adik adik yang baik apa kabar? semoga dalam keadaaan baik baik saja, nah pada kesempatan kali ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai materi yang telah kakak siapkan, materi ini marupakan materi yang disusun dari mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas X SMA/MA yang sudah direvisi terbaru, dengan adanya materi ini semoga bisa membantu adik adik. Selamat belajar!!

Materi Analisis Unsur Buku Fiksi Mapel Bahasa Indonesia kelas 10 SMA/MA
Materi Analisis Unsur Buku Fiksi Mapel Bahasa Indonesia kelas 10 SMA/MA

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah kegiatan pembelajaran 1 ini, kalian diharapkan dapat memahami analisis unsur-unsur yang terdapat dalam buku fiksi secara kreatif, jujur, dan bertanggung jawab.

B. Uraian Materi

Menganalisis Isi Buku Fiksi

Pengertian Fiksi secara Umum
Sebenarnya apa itu fiksi? Pengertian fiksi adalah sebuah prosa naratif yang sifatnya imajinasi atau karangan non-ilmiah dari penulis dan bukan berdasarkan kenyataan. Dengan kata lain, fiksi tidak terjadi di dunia nyata dan hanya berdasarkan imajinasi atau pikiran seseorang.

Walaupun fiksi hanya imajinasi penulis, fiksi tetap masuk akal dan bisa mengandung kebenaran yang bisa mendramatisasikan hubungan-hubungan antarmanusia. Kata “fiksi” berasal dari bahasa Inggris yaitu “fiction” yang artinya rekaan atau khayalan.

Ada beberapa jenis karya seni yang termasuk dalam tulisan fiksi, di antaranya:
  1. Novel
  2. Cerpen
  3. Sinetron
  4. Drama
  5. Telenovela
  6. Film komedi
Buku fiksi berarti buku yang dibuat berdasarkan imajinasi penulisnya, imajinasi sendiri adalah daya olah pikir yang menghasilkan khayalan sehingga apa yang dituliskan oleh pengarangnya merupakan karya tulis yang bersifat imajinatif seperti novel, kumpulan cerpen, kumpulan puisi, naskah drama. Dalam hal ini merupakan karya sastra yang di dalamnya terdapat unsur intrinsik dan ekstrinsik.

Unsur intrinsik adalah unsur dalam yang membentuk karya sastra tersebut, sedangkan unsur ekstrinsik adalah unsur luar yang membentuk karya sastra tersebut. Oleh karena itu, buku fiksi dapat dianalisis berdasarkan unsur tersebut, Adapun unsur tersebut sebagai berikut :

a. Unsur Intrinsik dalam Buku Fiksi

1. Tema
Merupakan pokok persoalan yang menjiwai seluruh cerita. Tema diangkat dari konflik kehidupan.
2. Plot
Dasar cerita; pengembangan cerita.
3. Alur
Rangkaian cerita
4. Proses alur bisa maju; mundur; atau maju mundur. Penyelesaian alur ada alur klimaks dan ada alur anti klimaks.
5. Latar atau Setting : tempat terjadinya cerita, terbagi menjadi : latar geografis > tempat kejadian berlangsung
setting antropologis ----> kejadian berkaitan dengan situasi masyarakat, kejiwaan pola pikir, adat-istiadat.
6. Penokohan / Perwatakan.
Tokoh
digambarkan sebagai tokoh utama (protagonis), tokoh yang bertentangan (antagonis), maupun tokoh pembantu - tapi ini bukan PRT Penghadiran tokoh bisa langsung dengan cara melakukan deskripsi, melukiskan pribadi tokoh; atau tidak langsung dengan cara dialog antartokoh.
7. Bidang tokoh harus digambarkan
Bidang tampak : gesture, mimik, pakaian, milik pribadi, dsbBidang yang tidak tampak : motif berupa dorongan / keinginan, psikis berupa perubahan kejiwaan, perasaan, dan religiusitas.
8. Sudut pandang : yang mendasari tema dan tujuan penulisan. Penghadiran bisa dengan :
gaya orang pertama > penulis terlibat sebagai salah satu tokoh
gaya orang ketiga > penulis serba tahu apa yang terjadi tetapi tidak terlibat
di dalam cerita.
9. Suasana : yang mendasari suasana cerita adalah penokohan karena perbedaan karakter sehingga menimbulkan konflik. Dengan konflik, pengarang berhadapan dengan suasana menyedihkan, mengharukan, menantang, menyenangkan, atau memberi inspirasi.

b. Unsur Ekstrinsik dalam Buku Fiksi
  1. bagian sampul buku
  2. rincian subbab buku
  3. judul subbab
  4. tema cerita
  5. bahasa yang digunakan
Sekarang, kalian diharapkan dapat mengetahui kekhasan yang menjadi ciri dari buku fiksi yang selama ini telah kalian baca seperti novel, kumpulan cerpen, kumpulan puisi, bahkan naskah drama atau kumpulan naskah drama. Dengan demikian, kalian diharapkan tidak lagi bingung dalam mengenali buku fiksi.

Kegiatan mengidentifikasi buku fiksi juga dapat dilakukan dengan membaca buku fiksi yang telah direplikasi menjadi resensi buku. Dengan membaca resensi melalui surat kabar baik cetak ataupun elektronik atau pun dari media internet maka kalian akan lebih mudah menemukan unsur intrinsik dari karya sastra yang menjadi ciri khas buku fiksi. Selanjutnya, kalian diharapkan memiliki keinginan untuk membaca bukunya hingga selesai.

Berikut satu contoh buku fiksi yang telah diresensi.

Contoh Resensi Buku Novel

Identitas Buku
Judul : I Love Your Secrets
Penulis : Gaby Kusuma
Penerbit : Elexa Printing
Tahun terbit 2017
Tebal halaman : 123 halaman

Sinopsis Buku

Ray tidak bisa memungkiri perasaan aneh yang terus berkembang dalam benaknya setiap kali ia melihat Siska. Tetapi, Ray sadar bahwa dalam pembawaan Siska yang ceria, perempuan itu sebenarnya menyimpan rahasia kelam yang rasanya sulit untuk digali. Meski begitu, Ray tetap setia menjadi pendengar Siska di kala Siska membutuhkan. Lantas, apakah Siska punya perasaan yang sama dengan Ray?

Itulah sekilas mengenai sinopsis buku novel I Love Your Secrets. Buku ini memiliki dua karakter utama, yakni Ray dan Siska. Keduanya baru saja masuk kuliah di jurusan yang sama, yakni Psikologi. Ray dan Siska bertemu ketika mendapatkan tugas kelompok bersama.

Selama menjalankan tugas dengan Siska, Ray sebenarnya sadar kalau ia punya perasaan lebih dari sekadar teman. Tapi, sayangnya Siska kerap menjauhi Ray apalagi ketika Ray berusaha mengutarakan perasaannya. Sampai suatu hari, Ray tidak sengaja mendengar obrolan Siska dengan sang Mama di telepon, sedikit rahasia kelam Siska pun terdengar.
 
Kelebihan Buku
Penggambaran karakter Siska sangat kuat dalam buku ini, seolah mau menyuarakan meskipun Siska punya masa lalu yang kelam dan misterius, tokoh ini punya dampak yang luar biasa bagi tokoh Ray dan kawan-kawan lainnya. Alur penulisan pun sangat halus sehingga tidak ada kesan ‘loncat-loncat’ dari adegan ke adegan lain.

Kekurangan Buku
Meskipun karakter Siska terkesan kuat, tetapi sayangnya karakter ini tidak dimaksimalkan karena penulis terkesan hanya peduli pada perasaan Ray. Padahal, karakter Siska bisa lebih berpotensi apabila dikembangkan lebih banyak.

C. Rangkuman

Buku fiksi merupakan buku yang dihasilkan dari hasil imajinasi penulisnya yang umumnya berupa karya sastra seperti novel, kumpulan cerpen, kumpulan puisi, bahkan naskah drama.
Unsur ekstrinsik buku fiksi, yaitu: bagian sampul buku, rincian subbab buku, judul subbab, tema cerita, dan bahasa yang digunakan. Adapun, unsur intrinsik buku fiksi, yaitu: tema, alur, latar tokoh, penokohan, sudut pandang, penceritaan, dan suasana.

D. Penugasan Mandiri

Carilah buku fiksi di rak buku keluargamu atau di perpustakaan sekolahmu, kemudian bacalah dengan baik kemudian buatlah laporan hasil bacaanmu dengan berpedoman pada petunjuk berikut!

LAPORAN MEMBACA BUKU

Melaporkan Kegiatan Membaca Buku

Setelah mempelajari materi ini, kamu diharapkan mampu menemukan butir-butir penting dan nilai-nilai dari buku fiksi yang dibaca; dan melaporkan kegiatan membaca buku dalam bentuk rekaman tertulis dalam buku laporan membaca.

Menemukan Butir-Butir Penting dan Nilai-Nilai dari Buku Fiksi yang Dibaca

Kegiatan membaca sangat berguna. Dari kegiatan membaca, kita memperoleh banyak pengetahuan, wawasan, atau informasi berharga. Banyak sumber bacaan yang dapat kamu baca. Namun, saat ini kamu belajar dari membaca buku nonfiksi. Salah satu jenis buku nonfiksi adalah buku-buku pengayaan. Buku-buku ini akan memperkaya pengetahuan, keterampilan, dan sikapmu.

Marilah mempersiapkan kegiatan membaca buku fiksi sebagai proyek membaca 15 menit membaca di masa pendemik Covid-19.

Proyek membaca ini dilaporkan secara mandiri. Langkah-langkah berikut dapat kamu jadikan sebagai panduan.
  1. Carilah buku fiksi di perpustakaan atau di toko buku atau yang telah kamu miliki sebelumnya di rak buku keluarga. Buku yang kamu baca bukan buku teks pelajaran. Bacalah buku tersebut .
  2. Siapkan untuk membaca. Siapkan format yang telah tersedia di modul ini untuk diisi sebagai laporan membaca.
  3. Tuliskanlah judul buku, nama penulis, penerbit, tahun terbit, dan kota terbit.
  4. Amatilah daftar isi buku tersebut. Bacalah sekilas daftar isinya, lalu tuliskanlah, ada berapa bab isi buku tersebut.
  5. Sebelum membaca secara menyeluruh, berdasarkan daftar isi buku, susun pertanyaan yang mungkin akan kamu dapatkan dari isi buku. Pada buku laporan membaca, tuliskanlah pertanyaan-pertanyaan yang ingin didapatkan jawabannya dari membaca buku.
  6. Mulailah membaca. Jika buku itu milikmu, tKalianilah butir-butir penting dari setiap subbab yang dibaca. Jika buku itu milik perpustakaan, setiap kamu membaca butir- butir penting, tuliskanlah pada buku khusus laporan membaca yang kamu sediakan.
  7. Pada setiap akan memulai membaca, tuliskan terlebih dahulu hari, tanggal, dan waktu membaca agar kegiatanmu terdata.
  8. Jika sudah selesai membaca buku, susunlah laporan kegiatan tersebut dalam buku rekaman tertulis kegiatan membaca. Untuk membantu melaporkan kegiatan membaca, berikut ini contoh format yang dapat kamu buat.
Untuk mempermudah pemahaman kalian dalam membaca 15 menit di rumah, silakan kalian membuat laporan kegiatan membaca buku.

Melaporkan Kegiatan Membaca Buku 
Laporan Kegiatan Membaca Buku
Judul Buku : ...................................................................................................
Pengarang : ...................................................................................................
Penerbit : ...................................................................................................
Kota Terbit : ...................................................................................................

Kegiatan Prabaca

Kalian dapat memilih buku kemudian menuliskan pernyataan alasan memilih buku di sebelum membaca hingga ketertarikan Kalian terhadap buku tersebut

Kegiatan Pascabaca

Saat membaca, kalian pasti mendapatkan hal-hal baru atau hal-hal yang menarik dari buku yang dibaca. Oleh karena itu, silakan tuliskan butir-butir yang menarik pada bagian demi bagian dari buku.



Dilaporkan oleh : ............................................................................................
Kelas : ............................................................................................

E. Latihan Soal

Cermati resensi novel Dear Nathan berikut!

Dear Nathan
Penulis novel : Erisca Febriani Penyunting buku : Maskur Priatna Pemeriksa Aksara : Rahmia Mn.
Desain Sampul & Penata Isi : Rumah Desain ISBN : 9786026940148
jumlah halaman : 520 halaman
Diterbitkan pertamakali tahun : 2016 oleh Best Media Finished (cetakan ke-3) 27 Juni 2016

Buku ini mengisahkan perihal percintaan dan persahabatan di masa SMA. Buku novel ini berkisah tentang seorang gadis bernama Salma dan seorang pria bernama Nathan. Buku novel ini terdiri dari 31 bab yang memiliki alur cerita dan tema setiap babnya berbeda- beda. Penulis sukses membuat seorang tokoh yang bisa membuat pembaca terbuai.
Bagaimana sang tokoh ini bertingkah, bersikap, kenakalannya, dan paling utama cara dia bisa bersama Salma, semuanya sungguh menarik. Pengarang bisa membuat suasana ceritanya menjadi penuh dengan semangat yang membuat pembacanya penasaran cerita di bab selanjutnya. Dear Natahan merupakan jenis buku fiksi dikarenakan karakter yang ada merupakan karakter buatan.

Keunggulan Buku Novel Dear Nathan

Meskipun tema dari buku ini sudah mainstream atau banyak penulis novel yang membuat cerita dengan rema serupa, akan tetapi karakter Nathan yang menjadi unggulan dalam novel ini. Pada intinya penulis berhasil membaut karakter yang kuat. Tak hanya tokoh utama, tokoh pendukung yang jumlahnya banyak , penulis piawai memberikan karakter khas di setiap karaketer pendukungn dengan ciri khas anak SMAnya. Jalan cerita yang di sajikan juga masuk akal. Konflik yang di ceritakan bisa disampaikan dengan bagus, dan penyelesaian konfliknya pun apik. Banyak sekali amanat yang bisa diambil dari buku novel ini. Mengenai kasih sayang, pengorbanan, persahabatan, dan arti memaafkan dan mau menerima realitas kehidupan.

Kelemahan Buku Novel Dear Nathan

Penggunaan bahasa yang baku dalam percakapan diantara dua orang tokoh tidak menggambarkan bahwa mereka merupakan pasangan anak yang masih muda, dan lebih terasa kaku. Cara penulis membaut narasinya terasa berlebihan. Terkadang, pemilihan katanya tidak pas. Narasinya juga sering memutar ke sana kemari. Buku dengan tebal 528 halaman ini memberikan kesan malas untuk membaca buku ini untuk pertama kali. Akan tetapi, buku ini bagus untuk kamu para remaja untuk menjalani masa mudanya.
 
Nilai yang Terkandung Dalam Buku Novel Dear Nathan

Nilai yang ingin disampaikan dalam novel ini adalah mengenai kesetiaan diantara dua orang kekasih. Mengajarkan agar kita selalu berjuang dan selalu setia kepada sesuatau yang kita anggap baik untuk masa depan kita.

Jawablah berdasarkan resensi Dear Nathan.
1. Sebutkan identitas novel resensi tersebut?
2. Menurutmu, permasalahan apa yang diungkapkan dalam resensi tersebut?
3. Jelaskan perwatakan tokoh utamanya!
4. Menurutmu, apa daya tarik novel tersebut untuk dibaca?
5. Menurutmu, akankah permasalahan yang dihadapi tokoh utama terjadi juga di kehidupan nyata?

KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN

1. Sebutkan identitas novel resensi tersebut?
Dear Nathan
Penulis novel : Erisca Febriani Penyunting buku : Maskur Priatna Pemeriksa Aksara : Rahmia Mn.
Desain Sampul & Penata Isi : Rumah Desain ISBN : 9786026940148
jumlah halaman : 520 halaman
Diterbitkan pertamakali tahun : 2016 oleh Best Media Finished (cetakan ke-3) 27 Juni 2016

2. Menurutmu, permasalahan apa yang diungkapkan dalam resensi tersebut?
Percintaan dalam kehidupn Nathan. Tapi ada juga masalah yang besar yang memang sudah lama dihadapinya, yaitu masalah keluarga yang sangat berat, hingga Nathan merasa berat menanggungnya.
Kehilangan orang yang sangat disayanginya, merasa ditinggalkan oleh ayahnya, dan masih banyak lagi masalah-masalah yang ada dalam otak Nathan.

3. Jelaskan perwatakan tokoh utama!
Nathan merupakan anak remaja yang masih SMA. Dia memiliki sifat nakal yang sebenarnya sebagai pusat perhatian. Di balik nakalnya Nathan, ia sebenarnya sangat perhatian dan perasa. Kenakalannya mulai berangsur menghilang ketika ia mulai jatuh cinta dengan Salma Alvira

4. Menurutmu, apa daya tarik novel tersebut untuk dibaca?
Cerita yang tepat dan sesuai untuk usia remaja, khususnya anak SMA. Kisah Nathan dengan Salma Alvira membuat kisah dalam novel itu mengajak pembaca meresapi kisah anak remaja. Tambahan lagi, novel ini menceritakan kenyataan kehidupan yang dekat dengan peserta didik.

5. Menurutmu, akankah permasalahan yang dihadapi tokoh utama terjadi juga di kehidupan nyata?
Sangat memungkinkan terjadi dalam kehidupan nyata. Novel ini sebagai pencerminan anak-anak SMA remaja saat ini.

F. Penilaian Diri

Setelah Kalian belajar bertahap dan berlanjut melalui kegiatan belajar 1 dan 2, berikut diberikan tabel untuk mengukur diri Kalian terhadap materi yang sudah Kalian pelajari. Jawablah sejujurnya terkait dengan penguasaan materi modul ini, dan Isilah tabel refleksi diri terhadap pemahaman materi di tabel berikut dan (Centanglah).

Tabel Refleksi Diri Pemahaman Materi

Jika menjawab “TIDAK” pada salah satu pertanyaan di atas, maka pelajarilah kembali materi tersebut dan pelajari ulang kegiatan belajar 1, 2, yang sekiranya perlu Kalian ulang. Jangan putus asa untuk mengulang lagi!.

apabila Kalian menjawab “YA” pada semua pertanyaan, maka lanjutkan berikut. Setelah Kalian menuliskan penguasaanmu terhadap materi analisis buku fiksi, lanjutkan kegiatan berikut untuk mengevaluasi penguasaan Kalian!

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Analisis Unsur Buku Fiksi Mapel Bahasa Indonesia kelas 10 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 


#
Analisis Unsur Buku Fiksi File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • contoh unsur buku fiksi
      • analisis buku fiksi
      • contoh analisis buku non fiksi
      • unsur-unsur buku fiksi dan penjelasannya
      • unsur terakhir dalam buku fiksi adalah
      • unsur-unsur buku non fiksi dan penjelasannya
      • contoh buku fiksi
      • unsur cerita non fiksi
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022