Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Analisis Unsur Buku Nonfiksi Mapel Bahasa Indonesia kelas 10 SMA/MA

Materi Analisis Unsur Buku Nonfiksi Mapel Bahasa Indonesia kelas 10 SMA/MA - Halo adik adik yang baik, pada kesempatan kali ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai materi yang sudah kakak siapkan, materi ini kakak ambil dari berbagai sumber yang relavan, oiya materi ini dari mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan pembahasan Analisis Unsur Buku Nonfiksi yang dikhususkan untuk adik adik kelas X SMA/MA, Semoga bermanfaat yah.

Materi Analisis Unsur Buku Nonfiksi Mapel Bahasa Indonesia kelas 10 SMA/MA
Materi Analisis Unsur Buku Nonfiksi Mapel Bahasa Indonesia kelas 10 SMA/MA

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah kegiatan pembelajaran 2 ini diharapkan kalian dapat mengetahui cara menganalisis dan meresensi buku nonfiksi dengan berpikir kritis, berintegritas, dan bertanggung jawab.

B. Uraian Materi

Menganalisis Isi Buku nonfiksi

Apakah yang disebut dengan buku nonfiksi? Pada kesempatan ini Kalian akan mempelajari apa buku nonfiksi itu sebelum masuk pada pengertian buku nonfiksi. Pengertian nonfiksi adalah suatu tulisan yang isinya bukanlah imajinasi atau rekaan penulisnya. Dengan kata lain, tulisan nonfiksi adalah suatu karya ilmiah yang sifatnya faktual atau berdasarkan kenyataan dan mengandung kebenaran (fakta) di dalamnya.

Apa itu buku nonfiksi atau buku pengayaan? Nonfiksi adalah sebuah tulisan atau karangan yang dihasilkan dalam bentuk cerita nyata. Atau, cerita kehidupan sehari-hari yang dituangkan dalam bentuk tulisan.

Fungsi dari buku nonfiksi diantaranya adalah untuk mengisi waktu luang, sarana pengembangan diri, mencegah kepikunan, menambah konsentrasi, dan menambah wawasan.


Pengertian Buku Nonfiksi

Apa yang dimaksud dengan buku fiksi dan buku nonfiksi? Buku nonfiksi merupakan buku yang berisi kejadian sebenarnya dan bersifat informatif. Dalam buku nonfiksi, membutuhkan pengamatan dan data dalam pembuatannya sehingga dapat dipertanggungjawabkan isinya.

Bahasa yang digunakan biasanya bahasa denotatif atau bahasa sebenarnya sehingga pembaca dapat langsung memahami maksud dari isi buku. Buku nonfiksi dibuat berdasarkan pengamatan dan data maka isi dari buku tersebut harus memiliki fakta-fakta. Oleh karena itu, buku nonfiksi sering dijadikan sumber informasi oleh para pembaca.

Biasanya, cerita-cerita nonfiksi melihat sebuah momentum atau kejadian yang penting dan menarik, kemudian diangkat kembali dengan menguatamakan nilai-nilai penting di dalamnya. Cerita nonfiksi yang kemudian dibukukan terdiri dari berbagai jenis. Kira-kira apa saja ya jenis-jenisnya? Berikut penjelasannya.

Jenis-jenis Buku Nonfiksi

(a) Buku Biografi
pada urutan pertama ada buku biografi. Buku biografi ini merupakan buku yang berisi riwayat hidup seseorang, contohnya yang sering sekali kita temui yaitu tentang riwayat hidup pahlawan atau tokoh-tokoh berpengaruh.

selanjutnya buku itu ditulis untuk mendokumentasikan peristiwa penting yang dialami oleh seseorang tersebut. Buku biografi ini tentunya ditulis agar para pembaca dapat terinspirasi dari peristiwa yang dialami oleh orang tersebut. buku biografi dapat disebut juga buku autobiografi atau memoirs.

Jika kalian membaca artikel ini, kemungkinan kalian baru memulai perjalanan penerbitan kalian. Jadi, penerbit tidak akan mengejar kalian untuk menerbitkan cerita kalian (yaitu autobiografi). Akan tetapi, menulis biografi (kisah hidup orang lain) jelas merupakan suatu pilihan.

Jika kalian mengenal orang-orang sukses yang telah membuat kalian dalam bidang pekerjaan mereka, kalian memiliki keterampilan menulis untuk menjadikan kisah mereka menjadi hidup. Kalian harus mempertimbangkan untuk menulis buku biografi atau memoar seseorang yang menjalani kehidupan yang diinginkan pembaca.

(b) Buku Akademik
Pikirkan semua buku yang kalian baca di sekolah atau di kampus kamu. Kalian tidak punya pilihan dalam memilih apa yang kalian baca, bukan? Apakah itu terkait dengan sains, seni, teknik, medis, matematika atau lembaga pendidikan mendikte silabus dan buku teks yang direkomendasikan.
Di sekolah dan kampus lain, ratusan ribu siswa melakukan hal yang sama persis. Bayangkan jumlah salinan yang terjual untuk buku-buku itu. Namun tidak semua buku akademik masuk ke dalam kategori bacaan wajib. Ada penerbit yang fokus pada buku-buku akademik.

(c) Buku Literatur
Selanjutnya adalah buku literatur. Buku literatur merupakan buku yang memiliki fungsi untuk digunakan sebagai rujukan kajian keilmuan. Buku literatur sering disebut diktat atau buku kuliah. Biasanya, buku literatur sering ditulis berdasarkan penelitian. Maka dari itu, buku ini sudah jelas memiliki kadar keilmiahan yang sangat tinggi. Jadi, buku literatur ini sering ditulis oleh dosen atau peneliti.

Jenis buku Ini dapat mengambil banyak bentuk salah satunya adalah buku literatur perjalanan. Jurnal perjalanan adalah bentuk literatur yang lebih formal yang dibuat para pelancong selama perjalanan.
Ini bisa untuk mendidik orang lain yang mungkin tertarik untuk menempuh jalan yang sama atau untuk mendukung diri mereka sendiri (yaitu membantu dalam memenuhi biaya perjalanan mereka sendiri). Tulisan perjalanan juga dapat berbentuk buku panduan wisata. Lalu ada fiksi perjalanan, yang mungkin menggambarkan perjalanan faktual, tetapi itu bisa mencakup aspek penulisan kreatif.

(d) Buku Motivasi
Buku motivasi merupakan buku yang berisi kajian psikologis untuk membangkitkan gairah atau semangat bagi para pembacanya. Buku motivasi dapat disusun berdasarkan kajian keagamaan atau moral.

Biasanya buku ini sering ditulis oleh entrepreneur. Tulisan-tulisannya merupakan kiat-kiat membagi semangat, setelah para entrepreneur ini mencapai satu titik keberhasilan setelah melewati proses yang panjang.

Dengan membaca buku motivasi, pembaca diharapkan mendapat energi baru untuk meneruskan hidup dan semangat untuk terus berkarya. Genre lain yang menghasilkan banyak uang. Setiap orang memiliki masalah. Tambahan, banyak dari mereka mencari cara untuk mengatasi itu.

Ada sangat sedikit yang mampu membayar penasihat pribadi yang mahal. Bagi sebagian besar orang, buku adalah cara yang lebih mudah, lebih murah, dan lebih mudah diakses untuk memanfaatkan kebijaksanaan para ahli, dalam kenyamanan rumah mereka.

Tulislah buku yang dapat memotivasi pembacanya dan bisa membuat dampak yang lebih besar. Ubah hidup. Mengubah dunia dan selain bisa memotivasi para pembaca, Kalian juga menghasilkan uang yang layak juga. Itu juga bisa meluncurkan atau meningkatkan karir Kalian sebagai pembicara tamu, pelatih, dan konsultan.

(e) Buku Pendamping
Buku pendamping merupakan buku yang memiliki fungsi untuk mendampingi buku utama. Biasanya buku pendamping disebut pula buku pengayaan. Jadi, buku pendamping ditulis setelah ada buku utama.
Contohnya, buku pelajaran untuk anak sekolah. Kajian buku pelajaran itu masih bersifat umum. Jadi, buku pelajaran memerlukan buku pendamping untuk menjelaskan buku utama karena ada beberapa bagian dari buku utama yang tidak dijelaskan secara lengkap dalam buku utama.

Contoh Buku Nonfiksi
  1. Buku berjudul Rudy: Kisah Masa Muda Sang Visioner
  2. Buku berjudul Ketika Mozart Kecil Memainkan Jemarinya
  3. Buku berjudul dengan Perempuan
  4. Terakhir buku berjudul Fisika untuk SMA

Demikianlah penjelasan tentang buku nonfiksi yang dapat diinformasikan oleh modul ini untuk dapat dipahami, sehingga Kalian dapat membedakan antara buku fiksi dengan buku nonfiksi dengan mudah, sedangkan untuk mengenal buku lebih cepat ada buku-buku yang telah direplikasi (dituliskan berupa replika dan contoh) yang lebih padat dalam bentuk rersensi buku nonfiksi. Sebagai bahan bacaan dilampirkan contoh resensi buku yang sudah menjadi replika.

Contoh Resensi Buku Nonfiksi

Identitas Buku
  1. Judul buku: God Explained in a Taxi Ride
  2. Pengarang: Paul Arden
  3. Penerbit: Perigee
  4. Tahun Terbit: 2009
  5. Tebal halaman: 123 halaman


Sinopsis Buku
Sejak awal peradaban, lebih banyak pikiran dicurahkan untuk memahami Tuhan dibanding topik lainnya. Namun tak seorang pun dapat memahaminya. Akhirnya buku kecil ini berhasil menjelaskan dalam sekali perjalanan naik taksi.

Isi Resensi:
Buku God Explained in a Taxi Ride ini menceritakan tentang pengalaman penulis bagaimana cara pandang ia tentang Ketuhanan. Paul Arden adalah penulis beberapa buku tentang periklanan dan motivasi. Beberapa karya buku lainnya yang terkenal adalah Whatever You Think, Think The Opposite dan It’s Not How Good You Are, It’s How Good You Want To Be.

Dalam bukunya yang berisi filosofi ketuhanan menurutnya ini, Paul Arden tidak berusaha memberitahu mana agama yang benar dan salah. Ia lebih menekankan pada kepercayaan akan masing-masing orang di muka bumi, tentang bagaimana kepercayaan itu memengaruhi kepribadian dan tingkah laku.
 
Kelebihan Buku:
Paul Arden bisa membawakan karya ini dengan bahasa yang mudah dimengerti beserta ilustrasi-ilustrasinya. Meskipun ia memberikan pandangan pribadinya, tapi tidak ada kesan memojokkan kepercayaan tertentu, melainkan seolah Arden mengajak kita semua untuk saling menghormati dan menghargai perbedaan.

Kekurangan Buku:
Meskipun judulnya seolah memberi kesan bahwa buku ini bisa dimengerti dalam sekali perjalanan taksi, tapi sebenarnya tidak semudah itu. Buku ini merupakan buku filosofi yang perlu dibaca oleh orang berpikiran terbuka dan perlu analisa lebih lanjut tentang apa yang dibaca.

C. Rangkuman

Buku nonfiksi merupakan buku yang berisi kejadian sebenarnya dan bersifat informatif. Dalam buku nonfiksi, membutuhkan pengamatan dan data dalam pembuatannya sehingga dapat dipertanggungjawabkan isinya. Dasar penulisannya adalah fakta yang dapat diidentikkan dengan karya ilmiah.

D. Penugasan Mandiri

Untuk mempermudah pemahaman kalian dan sebagai administrasi membaca 15 menit di rumah, silakan kalian membuat laporan kegiatan membaca buku.
Melaporkan Kegiatan Membaca Buku Laporan Kegiatan Membaca Buku
Judul Buku : ...................................................................................................
Pengarang : ...................................................................................................
Penerbit : ...................................................................................................
Kota Terbit : ...................................................................................................

Kegiatan Prabaca

Kalian dapat memilih buku kemudian menuliskan pernyataan alasan memilih buku di sebelum membaca hingga ketertarikan Kalian terhadap buku tersebut.

Kegiatan Pascabaca

Saat membaca pasti Kalian mendapatkan hal-hal baru atau hal-hal yang menarik dari buku yang Kalian baca, oleh karena itu silakan tuliskan butir-butir yang menarik pada bagian demi bagian dari buku.
Dilaporkan Oleh : ............................................................................................
Kelas : ............................................................................................

E. Latihan

Cermati resensi novel Tips dan Trik jao Main Rubrik berikut!

Tips dan Trik jao Main Rubrik
Judul Buku : Tips & Trik Jago Main Rubik Penulis Buku : Wicaksono Hadi
Penerbit Buku : Gradien Mediatama Cetakan : 1, 2009
Tebal Buku : 184 halaman
Sinopsis Tips & Trik Jago Main Rubik

Rubik merupakan permainan puzzle mekanik berbentuk kubus yang mempunyai enam warna yang berbeda pada setiap sisinya. Ditemukan pada tahun 1974 oleh Profesor Erno Rubik.
Profesor Erno Rubik adalah seorang arsitek dan pemahat asal Hungaria. Dengan waktu yang tidak lama, rubik menciptakan sensasi Internasional. Setiap orang ingin memilikinya dan memainkannya.
Demam ini menjalar baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Ada sesuatu yang memikat pada kubus kecil ini. Ia mempunyai konsep yang serhana, elegan, namun secara mengejutkan sangat sulit untuk diselesaikan.

Satu demi satu kompetisi lokal diadakan untuk berlomba menyelesaikan permainan rubik. Diantaranya adalah United Kingdom Rubik’s Cube Championship (Desember 1981),
American Rubik’s Cube Championship (November 1981), Canada Rubik’s Cube Championship (Maret 1982).

Puncaknya adalah pada bulan Juni 1982 untuk pertama kalinya diselenggarakan Rubik’s Cube World Championship di Budapest, dimana orang-orang dari berbagai negara dipertemukan oleh permainan rubik.

Kejuaraan tersebut dimenangkan oleh pelajar Vietnam yang baru berumur 16 tahun dengan catatan waktu hanya 22,95 detik. Suatu prestasi yang luar biasa sekali.

Ketertarikan publik pada permainan rubik mulai memudar menjelang tahun 1990-an. Orang-orang sudah terlalu kesal saat mencoba menyelesaikan tapi tak kunjung berhasil. Sebagian orang lebih tertarik dengan kehadiran video game elektronik pada saat itu.
Namun hingga hari ini, lebih dari 30 juta rubik telah terjual, menjadikannya sebagai permainan puzzle terlaris di Dunia sepanjang masa.

Dengan kemunculan internet, rubik akhirnya bangkit. Pada tahun 2000-an, petunjuk untuk dapat menyelesaikan rubik telah banyak ditemukan di internet. Demam rubik pun kembali melanda untuk kedua kalinya.

Puncaknya terjadi pada tahun 2003, ketika World Championship kedua yang diadakan di Canada. Rubik dipandang sebagai permainan yang positif, melatih motorik, daya ingat, serta mampu mendorong pemainnya untuk menjalin komunitas dan berkompetisi secara sehat.

Kelebihan Buku
Buku ini mempunyai banyak gambar yang menarik, penjelasannya lebih terperinci dan jelas, serta terdapat indeks untuk kata-kata yang sulit dimengerti.

Kekurangan Buku
Masih terdapat beberapa kata yang sulit dimengerti dan tidak terindeks pada bagian indeks.
 
Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan resensi tersebut!

1. Sebutkan identitas buku tersebut?
2. Apa yang diungkapkan dalam resensi tersebut?
3. Menurutmu, apa manfaat informasi yang diberikan pada buku tersebut!
4. Apakah kamu tertarik dengan buku tersebut, jelaskan!
5. Bagaimana penggunaan bahasa yang digunakan peresensi?

KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN

1. Sebutkan identitas novel resensi tersebut?
Tips dan Trik jao Main Rubrik
Judul Buku : Tips & Trik Jago Main Rubik Penulis Buku : Wicaksono Hadi
Penerbit Buku : Gradien Mediatama Cetakan : 1, 2009
Tebal Buku : 184 halaman
Sinopsis Tips & Trik Jago Main Rubik

2. Apa yang diungkapkan dalam resensi tersebut?
Tentang permainan rubrik yang disukai oleh anak-anak sampai orang dewasa. Selain itu, disampaikan juga penemu permainan rubrik serta perkembangan permainan rubrik dari sejak awal ditemukan sampai saat ini. Manfaat permainan ini juga disampaikan oleh peresensinya.

3. Menurutmu, apa manfaat informasi yang diberikan pada buku tersebut!
Bervariasi, disesuaikan dengan kegemaran peserta didik.

4. Apakah kamu tertarik dengan buku tersebut, jelaskan?
Bervariasi, disesuaikan dengan minat peserta didik.

5. Bagaimana penggunaan bahasa yang digunakan peresensi?
Bagus dan cukup dipahami oleh pembaca peresensi. Selain itu juga lengkap informasi yang diberikan sehingga pembaca dapat memutuskan untuk membaca buku tersebut atau tidak.

F. Penilaian Diri

Setelah Kalian belajar bertahap dan berlanjut melalui kegiatan belajar 1 dan 2, berikut diberikan tabel untuk mengukur diri Kalian terhadap materi yang sudah Kalian pelajari. Jawablah sejujurnya terkait dengan penguasaan materi modul ini, dan Isilah tabel refleksi diri terhadap pemahaman materi di tabel berikut dan (Centanglah).

Tabel Refleksi Diri Pemahaman Materi

Jika menjawab “TIDAK” pada salah satu pertanyaan di atas, maka pelajarilah kembali materi tersebut dan pelajari ulang kegiatan belajar 1, 2, yang sekiranya perlu Kalian ulang. Jangan putus asa untuk mengulang lagi!.Dan apabila Kalian menjawab “YA” pada semua pertanyaan, maka lanjutkan berikut.

Setelah Kalian menuliskan penguasaanmu terhadap materi analisis buku fiksi maupun nonfiksi, lanjutkan kegiatan berikut untuk mengevaluasi penguasaan Kalian!


Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Analisis Unsur Buku Nonfiksi Mapel Bahasa Indonesia kelas 10 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 


#
Analisis Unsur Buku Nonfiksi File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • contoh unsur buku Nonfiksi
      • analisis buku Nonfiksi
      • contoh analisis buku non fiksi
      • unsur-unsur buku Nonfiksi dan penjelasannya
      • unsur terakhir dalam buku Nonfiksi adalah
      • unsur-unsur buku non fiksi dan penjelasannya
      • contoh buku Nonfiksi
      • unsur cerita non fiksi
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022