Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Fungsi, Bentuk, dan Jenis Musik Barat Mapel Seni Budaya kelas 11 SMA/MA

Materi Fungsi, Bentuk, dan Jenis Musik Barat Mapel Seni Budaya kelas 11 SMA/MA - Halo adik adik yang baik, apa kabar? semoga dalam keadaan baik baik saja, nah pada kesempatan yang baik ini tentunya kakak tidak bosan bosannya memberikan materi dan soal kepada adik adik yang membutuhkan. Nah kali ini yaitu materi tentang Fungsi, Bentuk, dan Jenis Musik Barat dari mata pelajaran Seni Budaya untuk adik adik kelas 11 SMA/MA. Semoga bermanfaat yah.

Materi Fungsi, Bentuk, dan Jenis Musik Barat Mapel Seni Budaya kelas 11 SMA/MA
Materi Fungsi, Bentuk, dan Jenis Musik Barat Mapel Seni Budaya kelas 11 SMA/MA

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan mampu :
  1. Mengidentifikasi fungsi musik barat.
  2. Mengidentifiasi bentuk musik barat.
  3. Mengintifikasi jenis musik barat.

B. Uraian materi

Mengulas kembali pada pembahasan awal, tradisi musik barat berawal untuk tujuan spiritual, yaitu memuji keagungan para dewa. Pada zaman itu, masyarakat Yunani menggunakan musik sebagai sarana pemujaan terhadap dewi kesenian bangsa Yunani bernama Musae (cikal bakal nama musik). Hal itulah yang membuat musik tidak bisa lepas dari ritual keagamaan. Alat-alat musik seperti Lyra dan Aulos menjadi alat musik yang digunakan aliran pemuja Apollo dan Dionysus.

Oleh karena itu, awalnya musik tersusun dari rangkaian suara (vokal dan instrumen) yang membentuk melodi dan harmoni yang terdengar seperti mantra. Sesuai dengan kemajuan peradaban, kepercayaan, dan pemujaan terhadap dewa digantikan oleh kepercayaan kepada Tuhan yang diajarkan oleh agama. Akhirnya, musik pun diciptakan sebagai sarana peribadahan agama. Musik pun berkembang di gereja-gereja dan istana secara sakral sebagai doa. Musik dalam masa ini biasanya bersifat monofoni dan sakral. Lama kelamaan, karena seni musik juga menyajikan keindahan musikal yang menyentuh rasa keindahan secara umum, terutama setelah aspek harmoni digarap dengan baik, maka musik pun berkembang menjadi sarana hiburan yang menyenangkan.

Disamping fungsinya musik barat pun mengalami bentuk dan jenisnya dilihat dari berbagai perspektif musik. Seperti bentuk pertunjukan, jenis musik, dan peyajiannya. Bahkan kini, dengan berkembangnya teknologi sangat mempengaruhi peradaban musik di masyarakat. Contoh halnya muncul pertunjukan musik virtual yang didalamnya merupakan hasil budaya teknologi dalam kegiatan musikal.
Untuk itulah dalam pembahasan berikut ini akan dibahas beberapa fungsi, bentuk, dan jenis musik barat dalam masyarakatnya.

1. Fungsi Musik Barat
Sebagai hasil kebudayaan, musik memiliki fungsi tertentu bagi masyarakatnya. Begitu pula dengan musik barat diantaranya sebagai berikut.

a. Sebagai Sarana Ritual
Musik barat banyak dan berkembang digunakan dalam upacara-upacara ritual masyarakatnya, baik ritual keagamaan maupun ritual budaya, seperti pernikahan dan kematian. Contoh musik gregorian yang dipakai dalam upacara ibadat agama katolik.

b. Sebagai Sarana Ekspresi Diri
Bagi para seniman, baik pencipta, penyanyi, maupun pemain musik, musik adalah media untuk mengekspresikan diri mereka. Melalui musik, mereka mengaktualisasikan potensi dirinya. Melalui musik pula, mereka mengungkapkan perasaan, pikiran, gagasan, dan cita-citanya tentang diri, masayarakat, Tuhan, dan dunianya. Salah satu yang berkembang dalam musik sebagai sarana dengan muncul musik kontemporer. Dimana karakter musik ini merupakan musik sebagai medium ekspresi penciptanya, kadangkala konsep yang dibuat hanya penciptanya sendiri yang mengerti.

c. Sebagai Sarana Hiburan
Musik dilihat sebagai cara untuk menghilangkan kejenuhan akibat rutinitas harian maupun sebagai sarana rekreasi dan ajang pertemuan dengan warga lainnya. Masyarakat pada umumnya menyukai pagelaran, termasuk pagelaran musik.

Saat ini, dengan berkembangnya teknologi media seperti internet dan televisi, atau radio memudahkan terpenuhinya kebutuhan masyarakat akan sarana hiburan. Mereka tidak perlu lagi mendatangi pagelaran musik di tempat-tempat pertunjukan. Mereka hanya perlu menikmatinya di rumah sambil istirahat atau bahkan sambil bekerja.

d. Sebagai Sarana Ekonomi
Bagi para musisi dan artis profesional, musik tidak hanya sekedar media ekspresi dan aktualisasi diri. Musik juga dapat dijadikan sumber penghasilan mereka. Mereka merekam karya-karyanya dalam bentuk rekaman audio dan video yang kemudian dijual ke pasaran. Selain itu pula, para musisi juga bisa melakukan pertunjukan-pertunjukan yang menggunakan sistem tiket atau karcis. Setiap orang yang ingin menyaksikan pertunjukan musiknya harus membeli tiket atau karcis dengan harga tertentu. Atau sekarang ini media internet bisa dijadikan media untuk mempertunjukan musiknya. Dengan semakin banyaknya viewer (penonton) semakin besar pula penghasilan yang didapatkan, contoh dalam media seperti Youtube.

e. Sebagai Sarana Pengobatan atau Terapi
Musik sebagai terapi (music therapy), berkembang di Eropa dan Amerika Serikat setelah Perang Dunia II. Ketika itu, musik banyak dipakai sebagai terapi tambahan untuk penyembuhan para korban perang dan veteran perang, khususnya aspek mental dan psikologi mereka. Para korban ini dirangsang untuk mengekspresikan emosi mereka melalui kegiatan menari, berteriak, tertawa, atau menangis.Saat ini music therapy banyak dipakai untuk membantu para penyandang cacat dan mental. Selain itu, mereka juga banyak membantu para pasien yang mengalami kesulitan berbicara atau para penderita autisme. Para pasien dibantu mengekspresikan diri mereka secara efektif dengan menggunakan bunyi-bunyi musik.

f. Sebagai Sarana Peningkatan Kecerdasan atau Intelegensi
Berdasarkan penelitian Dr. Roger W. Sperry terhadap otak kiri dan kanan manusia, beberapa ahli kemudian merancang musik yang dapat meningkatkan kecerdasan seseorang. Pola utamanya adalah bagaimana merangsang keseimbangan otak kiri dan kanan manusia. Keseimbangan kedua bagian otak ini akan mempengaruhi kecerdasan seseorang.

Musik dipakai sebagai penyeimbang otak kiri manusia. Dengan keseimbangan tersebut, kecerdasan atau intelegensi (IQ) seseorang akan meningkat. Terapi kecerdasan ini sangat efektif dilakukan pada usia-usia dini saat masih terjadi perkembangan otak.

g. Sebagai Pengiring Tarian
Musik barat banyak dipakai sebagai pengiring tari atau dansa. Sebagai contoh, musik yang dirancang untuk tarian balet.

Umumnya, musik-musik ini diciptakan selaras dengan gerak tariannya sehingga tidak bisa dipakai untuk jenis gerak lain. Musik waltz misalnya, hanya dirancang untuk tarian waltz sehingga tidak bisa dipakai untuk tarian disco atau tango.

h. Sebagai Pengiring Teater
Musik tidak hanya sekadar sebagai pertunjukan musik saja secara mandiri. Tetapi musik bisa dipakai untuk pengiring teater yang berperan untuk memperkuat cerita atau karakter dari pemeran dengan tata musik yang sesuai. Dalam pertunjukan teater, musik merupakan suatu kesatuan yang tidak bisa dihilangkan.

Musik dapat memperkuat suasana yang ingin dicapai dari adegan ke adegannya, bahkan efek suara akan mempertegas suasana yang dibangun dalam pertunjukan teater, dan lain-lain.

2. Bentuk Musik Barat
Sebelum membahas lebih jauh tentang bentuk musik barat, coba kamu amati kedua gambar di bawah ini!

Menurut kalian apa persamaan dan perbedaan dari kedua foto di atas? Nampak terlihat dari kedua foto tersebut memiliki persamaan yakni foto pemusik sedang memainkan gitar jenis gitar klasik. Lantas apa yang membedakannya? Yang membedakan dari kedua foto tersebut adalah dilihat dari jumlah pemainnya. Foto pertama terlihat seseorang bermain gitar sedangkan foto kedua terlihat sekelompok orang atau beberapa orang secara bersama memainkan gitar.

Hal di atas menunjukkan permainan musik berdasakan bentuk penyajiannya, dimana dalam musik barat terdapat beberapa bentuk, meliputi :
a. Penyajian dalam bentuk solo (tunggal/perorangan), yaitu permainan musik secara perorangan atau tunggal atau seorang saja.
b. Penyajian dalam bentuk kelompok baik memainkan alat yang sejenis seperti foto kedua atau permainan musik yang menggabungkan beberapa jenis alat musik yang disebut ansamble. Contoh bentuk ansamble yang sering kamu lihat seperti grup band dimana dalam satu grup band terlihat beberapa orang pemusik memainkan alat musik yang beragam, seperti gitar, bass, drum, dan piano.
c. Selain istilah ansambel berdasarkan jumlah pemainnya terdapat beberapa istilah yang digunakan yakni :
  • Duet (dimainkan oleh dua orang)
  • Trio (dimainkan oleh tiga orang)
  • Kuartet (dimainkan oleh empat orang)
  • •Kuintet (dimainkan oleh lima orang)
  • Sektet (dimainkan oleh enam orang
  • Octet (dimainkan oleh 7 orang)
  • Dalam musik vokal ada yang disebut paduan suara atau koor, yang dinyanyikan oleh banyak orang.
  • Sedangkan dalam permainan alat musik selain ansamble terdapat istilah lain yang dimainkan sebuah kelompok dengan komposisi pemain yang lebih besar yang disebut dengan orkestra. Coba kamu dengarkan dan amati beberapa karya orkestra seperti karya Mozart, Sebastian Bach, dan lain-lain.
Pertunjukan orkestra

3. Jenis Musik Barat
Sebelum membahas sub materi kali ini, sama seperti pembahasan sebelumnya sekarang coba kamu amati lagi beberapa foto di bawah ini!

Dari ketiga gambar di atas, coba kamu amati apa perbedaan yang tampak dari penampilan beberapa penyanyi dan alat musik yang dimainkan? Jika kamu amati foto pertama terlihat jelas beberapa penyanyi sedang bernyanyi, adakah pemain musiknya? Foto kedua sebaliknya, beberapa orang sedang memainkan alat musik, adakah orang yang bernyanyi? Sedangkan foto ketiga beberapa orang memainkan alat musik namun terlihat pula di depan mereka terdapat dua orang sedang bernyanyi.
Selain itu pula, disamping hubungan antara penyanyi dan alat musik, terdapat pula perbedaan yang terlihat. Ketiga foto di atas terdiri dari beberapa jenis musik yang berbeda-beda bukan?
Hal di atas merupakan perbedaan pertunjukan musik barat dilihat dari jenis medianya dan perbedaan dari aliran musiknya. Dalam musik barat, terdapat tiga jenis musik dilihat dari medianya, yakni :

a. Vokal, yaitu jenis permainan musik yang ditampilkan melalui alunan vokal manusia, yakni kegiatan bernyanyi. Ketika bernyanyi, seseorang membunyikan alunan nada-nada yang apabila dibidik dengan baik akan terdengar indah. Contoh musik acapella atau koor yang memainkan lagu dengan menonjolkan permainan vokal saja. Coba kamu bisa amati beberapa penampilan musik acapella, dalam jenis musik ini akan terdengar suara alat musik yang dihasilkan bukan dari alat musik melainkan dari permainan vokal.

b. Instrumen atau alat musik, yakni bunyi musik yang ditampilkan melalui permainan alat-alat musik, seperrti piano, seruling, gitar, biola, dan terompet. Contoh seperti penampilan beberapa konser musik jazz, dalam karya ini yang kamu dengar dan amati hanya permainan instrumen saja atau istilah yang digunakan dalam musik barat sering disebut musik instrumental.

c. Campuran atau kombinasi vokal dan instrumen, yakni sajian musik yang didalamnya menampilkan perpaduan antara alunan vokal manusia dan instrumen yang melahirkan bunyi musik yang indah. Jenis campuran ini ada pada hampir semua kebudayaan di dunia bahkan menjadi trend musik saat ini. Perhatikan grup-grup band yang mengkombinasikan nyanyian vokal dengan permainan alat-alat musik.

Dalam perkembangan musik barat, dari setiap zaman atau setiap periode mengalami perkembangan yang beragam. Hal ini ditunjukkan dengan bermunculannya jenis musik yang berbeda dilihat dari aliran musiknya. Istilah lain aliran musik ini sering disebut pula genre atau gaya musik. Meski pada beberapa ahli musik masih memperdebatkan istilah ini.

Namun secara umum, istilah genre dalam musik sudah lazim digunakan di kalangan pemusik. Genre musik merupakan pengelompokkan musik sesuai dengan kemiripannya. Sebuah genre dapat didefinisikan oleh teknik musik, gaya, konteks, dan tema musik. 

Secara umum, musik dikelompokkan menurut kegunaannya, yang dapat dikelompokkan dalam tiga ranah besar, yaitu Musik Seni, Musik Populer, dan Musik Tradisional. 

a. Musik seni (art Music) 
Musik Seni atau sering disebut juga musik serius dan musik-musik sejenis (musik avant garde, kontemporer) adalah sebuah istilah pengelompokan jenis musik yang mengacu pada teori bentuk musik klasik Eropa atau jenis-jenis musik etnik lainnya yang di serap atau diambil sebagai dasar komposisinya. Berbeda dengan musik populer atau musik masa, musik jenis ini biasanya tidak lekang dimakan waktu, sehingga bertahan berabad-abad lamanya. Contoh beberapa komponis barat, John Cage, Stravinsky, Bartok, dan Schoenberg sedangkan di Indonesia, terdapat pula beberapa komponis pada jenis musik ini, antara lain; Amir Pasaribu, Tri Suci Kamal, Slamet Abdul Syukur, Rahayu Supanggah, Otto Sidharta, Tony Prabowo, Michael Asmara, I Wayan Sadre, Iwan Gunawan, Dody Satya E. Gustdiman dan sebagainya. Beberapa karya musik komponis di atas bisa kamu amati di beberapa media internet. Setelah kamu amati coba kesan apa yang kamu rasakan setelah menyimak karya-karya musik tersebut? 

b. Musik Klasik 
Musik klasik biasanya merujuk pada musik klasik Eropa, tapi kadang juga pada musik klasik Persia, India, dan lain-lain. Musik klasik Eropa sendiri terdiri dari beberapa periode, misalnya barok, klasik, dan romantik. Musik klasik merupakan istilah luas, biasanya mengacu pada musik yang berakar dari tradisi kesenian Barat, musik kristiani, dan musik orkestra, mencakup periode dari sekitar abad ke-9 hingga abad ke-21. 

Musik klasik Eropa dibedakan berdasarkan dari bentuk musiknya, non-Eropa dan musik populer terutama oleh sistem notasi musiknya, yang sudah digunakan sejak abad ke-16. Notasi musik barat digunakan oleh komponis untuk memberi petunjuk kepada pembawa musik mengenai tinggi nada, kecepatan, metrum, ritme individual, dan pembawaan tepat suatu karya musik. Hal ini membatasi adanya praktik-praktik seperti improvisasi dan ornamentasi yang sering didengar pada musik non-Eropa (bandingkan dengan musik klasik India dan musik tradisional Jepang) maupun musik populer.

Dahulu musik klasik di Eropa terutama digunakan untuk keperluan lagu di Gereja ataupun lagu untuk pengiringan Raja. Sejalan dengan perkembangan, mulai juga bermunculan musik klasik yang digunakan untuk keperluan lain, seperti misalnya musik klasik yang menggambarkan visual secara audio, contohnya lagu Cat and Mouse yang menggambarkan kucing mengejar tikus.
Beberapa contoh jenis musik ini seperti:
  • Musik Gregorian, musik berupa musik vokal dan hanya mengandung satu suara tanpa iringan alat musik. Musik ini berasal dari abad pertengahan dan hingga kini masih digunakan khususnya dalam upacara ritual agama Katolik.
  • Musik Oratorium, merupakan perkembangan musik Gregorian. Dalam musik ini, penyanyi terdiri dari kelompok laki-laki dan kelompok perempuan. Paduan suara ini diiringi dengan sebuah orkes. Musik ini juga masih berkembang dalam ritual keagamaan Kristen.
  • Musik Instrumental, Musik ini berasal dari zaman Barok. Dalam musik ini permainan alat-alat musik sangat dominan sebagai media bermusik. Cembalo, harpsicrd, piano, alat musik tiup, dan alat musik gesek adalah alat-alat musik dominan dalam musik ini. Beberapa komponis Zaman Barok adalah Claudio Monteverdi, Henry Purcell, Johann Sebastian Bach, Jean-Philippe Rameau, George Frideric Handel, dan Antonio Vivaldi. Coba kamu simak pertunjukan musik karya dari Antonio Vivaldi. 
  • Opera, musik ini merupakan musik pertunjukkan dengan melibatkan unsur teatrikal. Dalam musik ini, penyanyi membawak dialog-dialog dalam sebuah naskah cerita dalam bentuk lagu atau nyanyian. Lagu atau nyanyian ini biasanya diiringi sebuah orkes. Jenis musik ini sangat diminati masyrakat barat khususnya Eropa, dan hampir setiap minggu terdapat pagelaran dengan tema yang bermacam-macam. 
  • Musik kamar (Chamber Music), merupakan sajian musik yang dimainkan oleh sekelompok pemain musik yang umumnya terdiri dari 4-5 pemain musik gesek. Namun tidak jarang pula melibatkan pemain musik tiup. Alat musik yang biasa digunakan adalah biola, cello, dan kontrabass. 
  • Orkes Simfoni, musik ini telah berkembang sejak zaman klasik. Sajian musik ini melibatkan banyak orang dengan berbagai jenis alat musik. Biasanya para pemain dibagi atas kelompok-kelompok musik, yaitu kelompok alat musik gesek 6-8 orang, alat musik tiup 4-6 orang, alat musik perkusi 4-6 orang, dan seorang dirigen atau konduktor.
c. Musik Populer 
Musik populer merupakan jenis-jenis musik yang saat ini digemari oleh masyarakat awam. Musik jenis ini merupakan musik yang sesuai dengan keadaan zaman saat ini, sehingga sesuai di telinga kebanyakan orang. Genre musik ini dapat ditemui di hampir seluruh belahan dunia oleh karena sifat musiknya yang hampir bisa diterima semua orang. Berikut beberapa genre musik yang termasuk dalam musik populer. • Musik Jazz Musik jazz pertama kali dikembangkan oleh orang-orang Afrika-Amerika sekitar awal abad ke-20 di New Orleans, Amerika Serikat. Ciri utama musik jazz adalah improvisasi. Pemusik jazz berimprovisasi dengan aturan-aturan dan gaya yang telah mereka pilih. Improvisasi tersebut disertai dengan akor progresi yang berulang dari sebuah lagu populer atau komposisi asli. Jazz adalah jenis musik yang tumbuh dari penggabungan blues, ragtime, dan musik Eropa, terutama musik band. Beberapa subgenre jazz adalah Dixieland, swing, bebop, hardbop, cooljazz, freejazz, jazzfusion, smooth jazz, dan CafJazz. Contoh dalam permainan jazz dengan pemain piano (pianis) Joey Alexander anak muda kelahiran Denpasar Bali yang pernah berkesempatan bermain di Gedung Putih Amerika Serikat.
  • Musik Rythm adn Blues (R&B) Musik R&B terdiri dari berbagai jenis musik populer yang saling terkait. Musik Rythm-and-Blues terdiri dari genre-genre seperti, jump blues, club blues, black rock and roll, doo swoop, soul, motown, funk, disco, dan rap. Musik R&B dibuat dan didukung oleh sebagian besar masyarakat Afrika-Amerika pada awal 1940. R&B pertama kali diciptakan oleh Jerry Wexler, yang terkenal dengan Atlantic Records-nya. 
  • Music Pop Musik populer atau musik pop memiliki dua makna. Pertama, musik-musik yang sedang disenangi atau digandrungi masyarakat dalam kurun waktu tertentu. Kedua, sebuah aliran atau gaya musik tertentu seperti halnya aliran musik jazz dan country. Dalam makna ini, musik pop memiliki karakteristik musik tersendiri yang berbeda dengan karakteristik musik lain. Musik pop memiliki ciri antara lain melodi sangat mudah diterapkan dengan berbagai karakter lirik, sangat fleksibel untuk dipadukan dengan gaya musik lain, harmoni tidak terlalu rumit, tempo bervariasi, penggunaan ritme bebas dengan mengutamakan permainan drum dan gitar bass. Contoh grup band westlife, JKT 48, Smash, dan beberapa grup yang hit saat ini dari K-Pop (Korean Pop) yang berasal dari Korea Selatan. 
  • Musik Rock Musik rock mendominasi musik populer di barat sejak sekitar tahun 1955. Musik rock berawal dari Amerika Serikat, tetapi dipengaruhi oleh beragam kebudayaan dan tradisi musik, termasuk di dalamnya musik gospel, blues, country, klasik, asia, afrika, dan amerika latin. Instrumen musik yang dominan pada musik rock ialah gitar dan amplifiernya, bass gitar elektrik, piano dan organ eletrik, synthesizer, drum set, dan microphone sebagai alat pengeras suara. Pada perkembangannya musik rock memiliki beberapa aliran seperti heavy metal, punk, alternative, dan grunge. Contoh yang pengusung musik rock yang terkenal seperti Gun and Roses, Nirvana, Pearl Jam, Led Zepelin, Queen, Deep Purple, di Indonesia seperti God Bless, Slank, Edane, PAS Band, ST 12, Dewa 19, Noah, dan sebagainya.
  • Musik Blues Musik blues adalah tipe atau aliran musik yang dimainkan pemusik Afrika-Amerika sepanjang akhir abad ke-19. Musik blues memiliki banyak variasi gaya. Musik blues secara langsung maupun tidak langsung, mempengaruhi banyak aliran musik populer sepanjang abad ke-20, termasuk Jazz, Rock, Rythm & Blues, dan musik gospel. Musisi Blues seperti, Louis Jordan, B.B. King, Ray Charles, Gary Moore, dan lain-lain.
  • Musik Ska dan Reggae Musik reggae merupakan perpaduan musik-musik tradisional di kawasan Laut Karibia, terutama musik mento Jamaika deng musik modern Barat. Pada tahun 1950 terinspirasi musi R&B di Amerika, musisi-musisi Jamaika bereksperimen dengan menambahkan pukulan drum dan pola permainan gitar bass dalam permainan musik tradisi Jamaika. Dari eksperimen itu, muncul sebuah gaya musik baru yang dikenal dengan musik ska, tokohnya antara lain Don Drummond. Pada tahun1966, eksperimen berlanjut dengan kombinasi gaya musik rock steady pada musisi tradisi Jamaika. Dalam permainan gitar rythm dan gitar bass menjadi sangat menonjol. Gitar ryhtm lebih banyak memainkan akor-akor sedangkan gitar bass memainkan pola melodi khas. Gaya inilah yang kemudian dikenal dengan reggae. Tokoh-tokoh musik reggae antara lain Jimmy Cliff dan Bob Marley.
  • Musik Rap atau Hip Hop Musik rap merupakan genre (jenis) musik R&B yang terdiri dari ritmik vokal dan alunan musik. Ciri umumnya adalah sang rapper membawakan vokal secara ritmik seolah-olah sedang berpidato. Musik rap lebih menekankan lirik dan permainan kata-kata pada melodi dan harmoninya. Keindahannya terletak pada kompleksitas ritmik dan variasi pada pengungkapan lirik-liriknya. Saat ini musik rap banyak dipengaruhi musik jazz.
d. Musik Tradisional 
Musik tradisional adalah musik yang hidup di masyarakat secara turun temurun, dipertahankan bukan sebagai sarana hiburan saja, melainkan ada juga dipakai untuk pengobatan dan ada yang menjadi suatu sarana komunikasi antara manusia dengan penciptanya, hal ini adalah menurut kepercayaan masing-masing orang saja. Musik tradisional merupakan perbendaharaan seni lokal di masyarakat. Adapun musik tradisional dalam musik barat antara lain :
  • Latin Genre musik tradisional latin ini biasanya merujuk pada musik Amerika latin termasuk musik dari Meksiko, Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Karibia. Musik latin ini memiliki subgenre Samba.
  • Country Musik tradisional country dipengaruhi oleh blues, dan berkembang dari budaya Amerika kulit putih, terutama di kota Nashville. Beberapa artis country awal adalah Merle Haggard dan Buck Owens.

C. Rangkuman

  • Fungsi musik barat terdiri dari sebagai sarana ritual,eskpresi diri, hiburan, eskpresi diri, ekonomi, pengobatan atau terapi, peningkatan kecerdasan otak, pengiring tari, dan pengiring teater.
  • Bentuk penyajian dalam musik barat meliputi penyajian solo/tunggal dan kelompok baik alat musik sejenis maupun beragam seperti ansambel, orkestra, dan paduan suara untuk kelompok vokal.
  • Jenis musik barat berdasarkan medianya terdiri dari musik vokal, musik instrumen/alat musik, dan campuran/kombinasi vokal dan instrumen.
  • Jenis musik barat berdasarkan aliran atau genre musik terdiri dari:
    • Klasik, contoh simfoni, orkestra, gregorian, musik kamar.
    • Populer contoh jazz, rock, pop, ska dan reggae, R and B, Rap atau Hip Hop.
    • Tradisional seperti Latin dan Country.

D. Penugasan

Setelah memahami tentang fungsi, bentuk, dan jenis musik barat coba kamu cari 10 pertunjukan musik barat dari berbagai sumber. Kemudian catat dan tuliskan hasil penelusuran kamu ke dalam format tabel berikut!

LAPORAN PENGAMATAN
PERTUNJUKAN MUSIK BARAT

Nama : ..........................................
Kelas : ..........................................

E. Latihan Soal

Pilihlah jawaban yang benar!

1. Pada zaman Yunani terdapat alat musik seperti Lyra dan Aulos yang digunakan untuk aliran pemuja dewa Apollo dan Donysus. Hal tersebut menunjukkan musik berfungsi sebagai sarana ......
a. ritual
b. ekspresi diri
c. ekonomi
d. hiburan
e. terapi

2. Katy Pery seorang penyanyi terkenal sedang menyelenggarakan sebuah konser di Hongkong. Konser tersebut berhasil menjual tiket sebanyak 100.000 lembar sehingga menghasilkan penadapatan sebesar kurang lebih 200.000 Dolar Amerika. Dari penghasilan konser tersebut sang artis mendapatkan royalti. Dari kasus tersebut memperlihatkan musik sebagai sarana .....
a. ritual
b. ekspresi diri
c. ekonomi
d. hiburan
e. terapi

3. Perhatikan gambar di bawah ini!
Gambar di atas menunjukkan permainan musik dalam bentuk .....
a. orkestra
b. paduan suara
c. acapella
d. solo
e. ansambel

4. Gambar di samping adalah musisi terkenal dari Jamaika yang mengusung musik bergenre reggae, siapakah musisi dalam gambar tersebut .....
a. Bob Dylan
b. Bob Marley
c. Bob Tutupoli
d. Mick Jagger
e. John Lennon

5. Dalam perkembangannya, musik R & B berpengaruh melahirkan beberapa aliran musik. Musik dengan ciri utamanya adalah mengutamakan vokal lirik dan permainan kata-kata dengan pola ritmik yang cepat seperti berpidato adalah jenis musik ......
a. Jazz
b. Reggae
c. Rap
d. Country
e. Funk

Jawablah pertanyaan di bawah dengan jelas!
1. Jelaskan fungsi musik sebagai peningkatan kecerdasan otak!
2. Apa yang disebut dengan musik ansambel dan berikan contohnya!
3. Sebutkan jenis musik berdasarkan media yang digunakannya!

Kunci Jawaban Pembahasan Latihan Soal Kegiatan Pembelajaran 2
Pilihan Ganda
1. A
2. B
3. D
4. B
5. C
Essai
1. Yaitu fungsi musik untuk meningkatkan kecerdasan seseorang dengan merangsang keseimbangan otak kiri dan kanan manusia. Keseimbangan kedua bagian otak ini akan mempengaruhi kecerdasan seseorang.
2. Kelompok musik dengan menggunakan alat musik yang beragam. Contohnya adalah grup band yang terdiri dari beberapa pemusik yang menggunakan alat seperti gitar elektrik, bass, drum, dan keybord.
3. Jenis musik berdasarkann media yang digunakannya adalah sebagai berikut:
a. Musik vokal, yakni musik yang menggunakan vokal manusia saja.
b. Musik instrumen, yakni musik yang menyajikan permainan alat musik atau instrumen saja baik perorangan maupun dalam bentuk kelompok dengan alat yang sejenis atau alat musik yang beragam.
c. Musik campuran atau kombinasi vokal dan instrumen yang menyajikan musik dengan perpaduan antara musik vokal manusia dan instrumen musik.

F. Penilaian Diri

Nama : ............................................................................
Kelas : .............................
Semester : ........
Waktu Penilaian : ..............................................


Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Fungsi, Bentuk, dan Jenis Musik Barat Mapel Seni Budaya kelas 11 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Fungsi, Bentuk, dan Jenis Musik Barat File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • jenis jenis musik barat
      • fungsi musik barat
      • konsep musik barat
      • sejarah musik barat
      • ciri ciri musik barat
      • materi musik barat kelas 11
      • contoh musik barat
      • unsur khusus musik barat
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022