Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Klasifikasi dan Teknik Memainkan Alat Musik Barat Mapel Seni Budaya kelas 11 SMA/MA

Materi Klasifikasi dan Teknik Memainkan Alat Musik Barat Mapel Seni Budaya kelas 11 SMA/MA - Hai adik adik yang baik apa kabar? semoga dalam keadaan baik baik saja, oiya pada kesempatan yang baik ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai materi yang sudah disiapkan yaitu materi tentang  Klasifikasi dan Teknik Memainkan Alat Musik Barat dari mata pelajaran Seni Budaya kelas 11 SMA/MA. Semoga bermanfaat yah.

Materi Klasifikasi dan Teknik Memainkan Alat Musik Barat Mapel Seni Budaya kelas 11 SMA/MA
Materi Klasifikasi dan Teknik Memainkan Alat Musik Barat Mapel Seni Budaya kelas 11 SMA/MA

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan mampu:
  1. Mengidentifikasi klasifikasi alat musik barat.
  2. Mengklasifikasikan alat musik barat.
  3. Mengidentifikasi teknik memainkan alat musik barat.
  4. Memainkan alat musik berdasarkan konsep dan teknik dalam musik barat.

B. Uraian Materi

Untuk memotivasi kalian dalam mempelajari materi kali ini, terlebih dahulu coba kamu amati beberapa gambar berikut ini.

Jika kalian amati, nampak dari ketiga gambar tersebut beberapa musisi sedang memainkan alat musik. Alat musik apa saja yang mereka mainkan? Bagaimana cara memainkannya? Dan secara musikal apa fungsi alat musik tersebut?

Pertanyaan-pertanyaan di atas bisa kamu jawab setelah kamu mempelajari materi yang akan dibahas kali ini. Dalam pembahasan kali ini, kita akan membahas lebih dalam tentang alat musik dilihat dari bahan, cara memainkan, fungsinya secara musikal, sumber bunyi, dan teknik memainkannya.

C. Uraian Materi

Sejak awal munculnya perkembangan musik barat diawali pada zaman Yunani, alat musik atau instrumen telah lama ada. Instrumen musik memiliki peranan yang sangat penting dalam komposisi musik. Karena musik bersumber dari bunyi maka disamping suara manusia, instrumen pun memiliki peranan yang penting dalam musik.

Orang Yunani memainkan musik sebagai cara memuja dewa-dewi mereka, dan menjadikan dunia sebagai tempat yang lebih beradab dan indah. Sayangnya, tidak diketahui bagaimana ciri khas bunyi musik Yunani kuno, karena mereka tidak menuliskan musik mereka.

Alat musik Yunani kuno antara lain pipa (syrinx), lira, drum, dan simbal. Pipa dibuat dari kayu atau gelagah yang diberi sejumlah lubang. Beberapa pipa dimainkan secara vertikal, seperti rekorder, dan bebeberapa lainnya dimainkan secara menyamping seperti seruling. Terkadang, orang memainkan lebih dari satu pipa secara bersamaan. Pipa dan drum dimainkan untuk menghasilkan musik yang keras dan hidup, yang digunakan untuk mengiringi tarian. Musik ini digunakan ketika orang Yunani memuja Dyonisos, dewa anggur dan pesta.

Orang Yunani juga memiliki lira, yang bentuknya mirip harpa kecil, dan bunyinya mungkin mirip gitar. Menurut legenda Yunani, lira diciptakan dari cangkang kura-kura oleh dewa Hermes semasa masih bayi, dan diberikan kepada dewa Apollo. Apollo sendiri adalah dewa akal dan logika, dan orang Yunani menganggap musik sebagai ekspresi dari keberaturan dan pola yang indah. Lira dimainkan untuk menghasilkan musik yang lebih lembut dan tenang.

Baik pria dan wanita memainkan alat musik. Penggambaran orang yang bermain musik sering ditampilkan pada lukisan guci. Di sekolah, anak lelaki kaya biasanya diajari cara memainkan lira dan bernyanyi. Sementara anak perempuan kaya kemungkinan belajar memainkan alat musik di rumah, karena mereka tidak boleh bersekolah. Namun penggambaran perempuan yang sedang bermain musik pada lukisan guci nampaknya merupakan para budak yang bertugas menghibur pada pesta-pesta.
Dalam perkembangannya di tradisi musik barat, alat musik mengalami perkembangan yang cukup pesat. Dari zaman kuno, zaman klasik, hingga era abad ke-21 saat ini telah bermunculan beragam alat-alat musik. Dari alat musik yang sederhana hingga alat-alat musik berteknologi canggih seperti sekarang ini.

Saat ini telah terjadi perubahan yang sangat pesat di dunia teknologi, dari zaman era analog hingga era digital. Hal ini memberi pengaruh pula terhadap perkembangan bentuk dan jenis-jenis alat musik saat ini.

Dari keberagaman alat musik yang berkembang di dunia tersebut, maka muncul ilmu dalam pengelompokkan alat musik tersebut. Pengelompokkan alat musik dilihat dari beberapa aspek seperti bahan, cara memainkan, sumber bunyi, dan fungsi musikalnya. Di bawah ini akan dijelaskan aspek-aspek pengelompokkan alat musik dalam musik barat tersebut.

1. Klasifikasi alat musik barat
Dalam klasifikasi atau pengelompokkan alat musik, terdapat beberapa aspek, antara lain:

a. Berdasarkan bahannya
Berdasarkan bahannya, alat-alat musik barat dapat dikelompokkan sebagai berikut :
  • Kayu, yaitu alat musik yang terbuat dari bahan kayu seperti, xylophone kayu, vibra slap, clarinet, dan lain-lain.
  • Bambu, yaitu alat musik yang terbuat dari bahan bambu seperti; angklung dan arumba.



  • Logam, yang terbuat dari berbahan logam baik besi, perunggu, stainless seperti; gong, xylofone, saxophone, bel, trompet, dan lain-lain.
  • Selaput tipis atau membran, alat musik yang dibuat dari selaput tipis baik kulit atau selaput tipis lainnya seperti, drum, conga, timpani, dan
  • lain-lain
b. Berdasarkan cara memainkannya
Berdasarkan cara memainkannya, alat-alat musik barat dapat dikelompokkan dalam jenis-jenis berikut :
  • Alat musik yang dimainkan dengan dipetik seperti; gitar, harpa, gitar bass, contra bass, dan lain-lain.
  • Alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul dengan alat pemukul (stick) seperti, drum, xylophone, timpani, dan lain-lain.
  • Alat musik yang dimainkan dengan cara ditepuk dengan telapak tangan seperti, conga, zimbe, cajon, dan lain-lain.
  • Alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup seperti, trompet, saxophone, tuba, dan lain-lain.
  • Alat musik yang dimainkan dengan cara digesek seperti, biola, cello, dan lain-lain
  • Alat musik yang dimainkan dengan cara digoyang contoh, marakas, kabasa, dan lain-
  • lain.
c. Berdasarkan fungsinya dalam musik, alat-alat musik barat dapat dikelompokkan dalam jenis-jenis berikut:
  • Alat musik melodis, yaitu alat musik yang digunakan untuk memainkan rangkaian nada atau melodis sebuah lagu. Contohnya, flute, saxophone, violin, suling, trompet, dan lain-lain.
  • Alat musik harmonis, yaitu alat musik disamping dapat memainkan melodis lagu, juga dapat memainkan akor. Contohnya, gitar dan piano.
  • Alat musik ritmis, yaitu alat musik yang digunakan untuk memberikan atau menentukan irama dalam permainan musik. Contohnya, drum, conga, zimbe, dan lain-lain.
d. Berdasarkan sumber bunyinya, alat-alat musik barat dapat dikelompokkan antara lain:
  • Idiofon, alat musik yang sumber bunyinya dari alatnya sendiri. Kebanyakan alat ini berbahan kayu, bambu, dan logam. Contohnya, xylophone, vibra slap, triangle, dan lain-lain.
  • Aerofon, alat musik yang sumber bunyinya dari udara yang ada dalam alat musik tersebut. Contoh, flute, trompet, saxophone, tuba, dan lain-lain.
  • Membranofon, alat musik yang sumber bunyinya dari selaput tipis baik kulit binatang atau kulit sintetis seperti drum, conga, timpani, dan lain-lain.
  • Kordofon, alat musik yang bunyi dihasilkannya bersumber dari dawai atau senar yang ditegangkan. Contoh, gitar, bass, cello, biola, dan lain-lain.
  • Elektrofon, alat musik yang bersumber bunyinya karena adanya aliran listrik atau elektrik. Tanpa elektrik atau daya listrik maka alat musik tersebut tidak dapat menghasilkan suara seperti, synthesizer, keybord, dan gitar listrik.
2. Teknik memainkan alat musik barat
Seperti disebutkan dalam materi sebelumnya, jika kita perhatikan begitu beragam alat musik barat terutama dalam cara memainkannya yang berbeda-beda. Untuk itu, pada bagian ini kita akan belajar memainkan alat musik gitar dan piano.

a. Teknik memainkan gitar
Gitar adalah jenis alat musik dawai atau senar yang dimainkan dengan cara dipetik. Gitar memiliki enam buat senar. Bila dipetik tanpa ditekan (opened-strings), setiap senar menghasilkan nada tertentu.
  • Senar 1 menghasilkan nada E’
  • Senar 2 menghasilkan nada B
  • Senar 3 menghasilkan nada G
  • Senar 4 menghasilkan nada D
  • Senar 5 menghasilkan nada A
  • Senar 6 menghasilkan nada E
Perhatikan gambar di bawah ini!

Gitar dapat dipakai sebagai alat musik melodis atau alat musik harmonis. Sebagai alat melodis, berarti gitar dapat menghasilkan melodi. Sebagai alat harmonis, gitar dapat memainkan akor-akor untuk mengiringi permainan melodi sebuah alat musik atau mengiringi vokal seorang penyanyi.
Sebelum belajar memainkan gitar, ada baiknya kita perhatikan hal-hal dalam memainkan gitar, antara lain:
• Posisi duduk yang baik saat bermain gitar adalah sebagai berikut :
  • Kaki kiri diletakkan pada sebuah alas penyangga (foot stool) dengan posisi menghadap ke depan.
  • Gitar diletakkan pada pangkal kaki kiri dengan badan gitar menyentuh dada.
  • Posisi gitar harus miring sekitar 300 dari garis horizontal.
Perhatikan gambar berikut!
  • Posisi jari tangan kiri saat menekan harus cukup melengkung agar tidak menyentuh senar lainnya dan bunyi yang dihasilkan benar-benar sempurna.
  • Semua jari dari kedua tangan dipakai, kecuali ibu jari tangan kiri. Biasanya untuk mempermudah berlatih gitar, jari-jari tangan diberi kode-kode tertentu, yaitu :
- Jari tangan kiri
Jari telunjuk deberi kode 1
Jari tengah diberi kode 2
Jari manis diberi kode 4
Jari kelingking diberi kode 5
- Jari tangan kanan
Ibu jari diberi kode p
Jari telunjuk diberi kode i
Jari tengah diberi kode m
Jari manis diberi kode a
Jari kelingking diberi kode ch
Perhatikan gambar berikut!

• Memainkan melodi
Bila diperhatikan, pada gitar tersebut terdapat bidang tekan jari (finger board) yang dibagi atas ruas-ruas (frets). Pada bidang ruas-ruas inilah terletak nada-nada apabila ditekan dan dipetik. Tatkala bermain gitar kamu harus tahu letak nada-nada pada bidan ruas-ruas tersebut untuk bisa memainkan melodi. Letak nada-nada tersebut adalah sebagai berikut!

Letak nada-nada pada gitar
Sumber : Dok. Pribadi

Cara memainkan nada-nada tersebut adalah dengan menekan dengan jari tangan kiri pada ruas nada tersebut, kemudian memetik senarnya dengan tangan kanan. Berikut adalah contoh urutan petikan senar pada ruas gitar sesuai dengan letak nadanya.

Cara memetik senar dapat dilakukan dengan teknik apoyando (res stroke) atau dengan teknik al aire (free stroke). Dalam teknik apoyando, senar dipetik dengan arah lurus sehingga menyentuh senar berikutnya. Teknik ini biasanya dipakai dalam memainkan melodi lagu. Dalam teknik al aire, senar dipetik dengan arah melengkung sehingga tidak menyentuh senar berikutnya. Teknik ini biasa dipakai untuk memainkan akor. Perhatikan gambar di bawah ini!

• Memainkan akor
Pada materi sebelumnya telah dipelajari tentang akor. Masih ingatkan dengan akor? Dalam permainan gitar, memainkan akor berarti menekan beberapa senar sekaligus dan membunyikan atau memetiknya secara serempak.

Bagaimana mengetahui letak jari dan senar yang akan dipetik untuk menghasilkan sebuah akor? Kalian telah mengenal letak nada-nada pada setiap frets. Kalian juga mengenal nada-nada yang menghasilkan akor-akor, baik akor mayor maupun akor minor. Berdasarkan pengetahuan itu, kalian bisa menentukan letak jari dan senar untuk menghasilkan akor. Contoh, akor C terdiri atas C-E-G. Dengan demikian posisi jari tangan pada gitar untuk akor ini adalah sebagai berikut.

Hal yang sama bisa kita praktikan pada akor-akor lainnya. Untuk membiasakan jari-jari dalam menghasilkan akor. Coba perhatikan beberapa akor berikut ini!

b. Teknik memainkan piano
Piano termasuk alat musik melodis. Namun demikian, alat musik ini tidak jarang juga dipakai sebagai alat musik harmonis. Bahkan, dalam banyak sajian musik, piano dimainkan sebagai alat musik melodis dan harmonis.

Sama seperti pianika, piano terdiri atas tuts-tuts putih dan hitam yang masing-masing menghasilkan nada tertentu. Perhatikan gambar berikut!

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam bermain piano adalah sebagai berikut:
  • Piano dimainkan dengan cara dipukul dengan menggunakan jari-jari tangan kanan dan kiri. Posisi jari ketika memainkan piano harus lengkung membentuk siku-siku. Telapak tangan tidak boleh mengenai tuts. Perhatikan gambar berikut!
  • Posisi badan ketika duduk harus tegak, tidak boleh bungkuk. Jarak badan dari piano pun tidak boleh terlalu dekat.
  • Untuk mempermudah berlatih, jari-jari tangan diberi kode-kode tertentu. Perhatikan gambar berikut!


  • Jari-jari tangan bertugas menekan tuts-tuts mulai dari middle atau nada C dan tuts-tuts lain di sebelah kanannya. Jari-jari tangan kiri bertugas menekan tuts-tuts dari middle atau nada C dan tuts-tuts lain di sebelah kirinya. Perhatikan gambar berikut!
Latihan 1
Pada sesi latihan jika tidak dengan piano kamu boleh coba dengan pianika.
Tekanlah tuts C pada gambar 1 dengan jari kanan nomor 1, kemudian gambar 2 dengan jari kiri nomor 1 sambil perhatikan notasi di bawahnya!

Tekan tuts C dengan jari kanan nomor 1! Kemudian, tekanlah tuts D dengan jari kanan nomor 2 pada gambar, sambil memperhatikan notasi di bawah ini!

 

Latihan 4
Tekanlah tuts C dengan jari kanan nomor 1, tuts D dengan jari kanan nomor 2! Kemudian dilanjutkan tuts C ditekan oleh jari kiri nomor 1, dan tuts B oleh jari kiri nomor 2, sperti gambar.

C. Rangkuman

  • Kelompok alat musik berdasarkan bahan terdiri dari alat musik berbahan, kayu, bambu, logam, dan selaput tipis.
  • Kelompok alat musik berdasarkan cara memaminkannya terdiri alat musik yang dipetik, dipukul, ditepuk, digesek, ditiup, dan digoyang.
  • Kelompok musik berdasarkan fungsinya dalam musik adalah alat musik melodis, alat musik harmonis, dan alat musik ritmik.
  • Kelompok alat musik berdasarkan sumber bunyinya terdiri dari alat musik idiofon, aerofon, kordofon, membranofon, dan elektrofon.
  • Gitar adalah jenis alat musik dawai atau senar yang dimainkan dengan cara dipetik. Gitar memiliki enam buat senar. Bila dipetik tanpa ditekan (opened-strings), setiap senar menghasilkan nada tertentu.
  • Piano termasuk alat musik melodis. Namun demikian, alat musik ini tidak jarang juga dipakai sebagai alat musik harmonis. Bahkan, dalam banyak sajian musik, piano dimainkan sebagai alat musik melodis dan harmonis. Sama seperti pianika, piano terdiri atas tuts-tuts putih dan hitam yang masing-masing menghasilkan nada tertentu.

D. Penugasan

Setelah mempelajari tentang pengelompokkan atau klasifikasi alat musik barat, coba kamu klasifikasikan alat-alat musik barat di bawah ini!
Klasifikasi Alat Musik
Nama Siswa : ....................................................................
Kelas : ..............................

E. Latihan Soal

Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar !
1. Lihatlah gambar alat musik disamping ini dan isilah titik-titik di bawah ini!
Nama alat musik : .........................
Bahan : .........................
Cara dimainkan : .........................
Fungsi : ........................
Sumber bunyi : ..........................

2. Secara musikal, piano adalah alat musik yang memiliki dua fungsi yakni sebagai alat musik ......................... dan ................................

3. Drum merupakan alat musik yang berfungsi sebagai
pengatur irama dalam musik, yang disebut sebagai alat musik ...........................

4. Biola merupakan alat musik dimana sumber bunyinya berasal dari senar atau dawai yang digesek 
merupakan alat musik .................

5. Teknik memetik senar gitar terdiri dari ......................... dan .................

Pembahasan Latihan Soal Kegiatan Pembelajaran 5
Isian Soal
1. Nama alat musik : Angklung
Bahan : bambu
Cara dimainkan : digoyang
Fungsi : melodis
Sumber bunyi : Idiofon
2. melodis dan harmonis
3. ritmis.
4. kordofon.
5. Apoyando dan Al Aire

F. Penilaian Diri

Nama : ............................................................................
Kelas : .............................
Semester : ........
Waktu Penilaian : ..............................................


Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Klasifikasi dan Teknik Memainkan Alat Musik Barat Mapel Seni Budaya kelas 11 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Klasifikasi dan Teknik Memainkan Alat Musik Barat File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • nama alat musik di seluruh dunia
      • contoh alat musik ritmis
      • alat musik modern dan tradisional
      • alat musik harmonis
      • alat musik ritmis adalah
      • alat musik harmonis adalah
      • nama alat musik dan cara memainkannya
      • jenis alat musik
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022