Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Menganalisis Dan Mempraktikkan Keterampilan Dua Gaya Renang Mapel PJOK kelas 12 SMA/MA

Materi Menganalisis Dan Mempraktikkan Keterampilan Dua Gaya Renang Mapel PJOK kelas 12 SMA/MA - Hai adik adik yang baik apa kabar? semoga dalam keadaan baik baik saja, jangan lupa untuk mengikuti protokol dengan cara menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan untuk memutuskan mata rantai penularan virus covid 19. Oiya pada kesempatan yang baik ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai materi yang sudah disusun Menganalisis Dan Mempraktikkan Keterampilan Dua Gaya Renang dari mata pelajaran Penjaskes kelas XII SMA/MA.

Materi Menganalisis Dan Mempraktikkan Keterampilan Dua Gaya Renang Mapel PJOK kelas 12 SMA/MA
Materi Menganalisis Dan Mempraktikkan Keterampilan Dua Gaya Renang Mapel PJOK kelas 12 SMA/MA
Materi ini membahas  tentang  analisis ketrampilan 2 gaya renang untuk penyelamatan di air yaitu gaya dada dan gaya bebas, dimana kedua gaya ini  lebih umum digunakan dalam upaya penyelamatan diri. Selain itu modul ini juga akan menjabarkan tentang tindakan pertolongan kegawatdaruratan di air dengan menggunakan alat bantu, identifikasi teknik dan peralatan yang digunakan untuk tindakan penyelamatan di air, gerakan kaki, ayunan lengan, cara pengambilan napas renang gaya dada maupun gaya bebas., termasuk manfaat  renang terhadap kesehatan dan otot-otot yang dominan dipergunakan dalam renang gaya dada maupun gaya bebas serta sikap apa yang dapat dikembangkan dalam pembelajaran 

Isitilah
  • Back stroke saving action : Suatu aksi penyelamatan korban tenggelam dengan cara berenang terlentang menggunakan kaki gaya dada. 
  • Boost : Istilah yang digunakan untuk suatu gerakan yang dilakukan oleh perenang saat mereka muncul ke permukaan air dengan gerakan yang sangat cepat.  
  • Breast Stroke : Tangan digerakkan melingkar dari depan ke belakang, kemudian kaki ditekuk dan dihentakkan lurus. 
  • Cardiopulmonary resuctitation/CPR : Merupakan teknik penyelamatan hidup dalam keadaan darurat, saat korban tidak bernafas atau detak jantungnya terhenti 
  • Crawl Stroke : Gerakan kaki ke atas / bawah dalam posisi lurus. Sedangkan tangan bergerak dari depan ke belakang, kemudian diangkat di permukaan air secara bergantian. 
  • Daya tahan : Kemampuan bertahan terhadap segala pengaruh dari luar yang dapat merugikan 
  • Gaya Samping : Berasal dari perkembangan gaya dada. 
  • Kekuatan : Kemampuan otot untuk melakukan kontraksi guna membangkitkan ketegangan terhadap suatu tahanan. 
  • Kicking Board : Papan latihan yang digunakan dalam pengenalan air dalam renang 
  • Kram : Kejang otot yang bersifat mendadak dan terasa sangat sakit. 
  • Resusitasi Jantung Paru : Tindakan pijat jantung dan pemberian nafas buatan. 
  • RJP : Resusitasi Jantung Paru 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini, siswa diharapkan mampu: 
  1. Memiliki kesadaran tentang arti penting gerak tubuh sebagai wujud penghayatan dan pengamalan ajaran agamanya. 
  2. Menunjukkan perilaku bertanggung jawab terhadap pemeliharaan sarana dan prasarana pembelajaran.  
  3. Menunjukkan perilaku santun dan toleransi selama melakukan ketrampilan dua gaya renang. 
  4. Menganalisis dan mempraktikkan dua keterampilan gaya renang untuk keterampilan penyelamatan diri. 

B. Uraian Materi 

1.  Menganalisis Keterampilan Renang Gaya Dada untuk penyelamatan di air 

Gaya dada merupakan gaya berenang paling populer untuk renang kesehatan dan rekreasi, karena renang gaya ini lebih mudah dan lebih enak untuk dilakukan. Selain itu gaya dada juga sering digunakan dalam penyelamatan kecelakaan di air. Gaya dada atau gaya katak adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air, namun berbeda dari gaya bebas, batang tubuh selalu dalam keadaan tetap. Kedua belah kaki menendang ke arah luar sementara kedua belah tangan diluruskan di depan. Kedua belah tangan dibuka ke samping seperti gerakan membelah air agar badan maju lebih cepat ke depan dengan dibarengi kepala keluar permukaan air sehingga dapat mengambil nafas. Gerakan tubuh meniru gerakan katak yang sedang berenang sehingga disebut gaya katak. Analisa gerakan renang gaya dada sebagai berikut: 
  
1.1 Gerakan kaki 

Gerak kaki pada gaya dada saat ini adalah kedua tungkai kaki bagian bawah ditarik serentak mendekati pinggul dan kemudian setelah fase itu dikerjakan pergelangan kedua kaki diputar mengarah keluar hingga membentuk sudut lebih kurang lima puluh derajat, kemudian dari posisi ini kedua kaki melakukan gerak menginjak dan diakhiri dengan menendang sehingga kedua kaki bertemu lurus kebelakang.    
Gambar 1.1. Fase bentuk latihan kaki renang gaya dada 

Sumber : https://perpustakaan.id 
 
1.2 Gerakan tangan 

Gerakan tangan dalam renang gaya dada adalah dengan menarik tagan kesamping sampai selebar bahu, kemudian tarik kebelakang sampai di depan dada, untuk selanjutnya diputar kembali diluruskan ke depan. Berikut untuk lebih jelasnya gambar bentuk tangan gaya dada: 
Gambar 1.2. Gambar gerakan tangan 
  
Sumber : https://www.materi.carageo.com/renang-gaya-dada/  
   
Gambar 1.3. Bentuk gerakan tangan gaya dada 

Sumber : https://materiku86.blogspot.com  
 
1.3 Pernafasan 

Dalam renang gaya dada, teknik pengambilan napas dilakukan ketika sedang melakukan tarikan tangan, dengan mengangkat kepala keatas sampai keluar dari permukaan air. Pengambilan nafas dilakukan dari mulut. 
Gambar 1.4. Bentuk gerakan pengambilan napas gaya dada 

Sumber : https://Falenmarlissmpn1gresik.wordpress.com 
 
1.4 Koordinasi kaki-nafas 

Koordinasi gerak antara kaki dengan nafas dikerjakan dengan dua pendapat, ada yang mengerjakan kepala sebagai kendali, dimana kepala diangkat kedua kaki mengikuti dengan menarik kearah pinggul dan kepala kembali masuk permukaan air, kedua kaki melalui sikap kedua pergelangan kaki mengarah keluar mengerjakan injakan dan tendangan hingga berakhir lurus ke belakang. Pendapat lain dan juga banyak dikerjakan yaitu, saat kedua kaki mengerjakan proses menginjak dan menendang hingga lurus ke belakang, kepala diangkat dan selanjutnya kepala masuk kepermukaan air justru kedua kaki ditarik mendekati pinggul (saat melakukan fase istirahat). 
 
1.5 Koordinasi nafas – tangan 

Pada saat ambil nafas dilakukan pada saat tangan melakukan akhir fase menarik, atau pengambilan nafas dilakukan pada saat melakukan fase mendorong.  
   
1.6 Gerak kordinasi kaki – nafas – tangan. 

Latihan kordinasi kaki nafas dan tangan dilakukan dengan melakukan gerakan keseluruhan tanpa menggunakan pelampung. 
Gambar 1.5. Bentuk renang gaya dada 

Sumber : https://suksesdalamgenggaman.blogspot.com/ 
 
2. Menganalisis Keterampilan Renang Gaya Bebas 

2.1 Posisi start 
  • Pandangan lurus ke depan atau pada air. 
  • Posisi badan membungkuk. 
  • Lutut sedikit ditekuk ke depan. 
  • Posisi kaki menginjak balok start dan posisi jari kaki berada diluar balok start atau tidak diinjakkan pada balok start. 
  • Jarak kaki kanan dan kiri selebar genggaman telapak tangan. 
  • Posisi tangan lurus ke bawah dan punggung tangan menghadap ke depan dan posisi tangan berada di samping luar kaki kanan dan menyentuh balok start 
Gambar 1.6. Gerakan start renang 
Sumber : http://archiverio.nbcolympics.com/  
 
2.2 Posisi badan saat berenang 

a. Tangan 
Pada saat tangan kanan melakukan gerakan masuk ke air hingga lurus ke depan atau melakukan gapaian ke depan maka tangan kiri melakukan tarikan atau dorongan ke belakang. Setelah tangan melakukan dorongan ke belakang, tangan diangkat ke atas permukaan air dengan posisi siku tangan kiri agak ditekuk didekat telinga. Kemudian dimasukkan ke dalam air hingga posisi tangan lurus ke depan. Begitu seterusnya. Tangan kiri dan kanan bergerak secara bergantian. 
Gambar 1.7. Bentuk gerakan tangan renang gaya bebas 
  Sumber : http://perpustakaan.id  
 
b. Kepala 
Posisi kepala dalam renang gaya bebas adalah menghadap ke air, dengan Sebagian kepala berada diatas permukaan air dari batas telinga atas. Posisi saat mengambil nafas, jika mengambil nafas ke arah kanan maka posisi tangan kiri lurus ke depan dan tangan kanan melakukan dorongan atau tarikan, pada saat itu kepala ditolehkan ke arah kanan, dan sebaliknya. Pada saat mengambil nafas kepala tidak boleh diangkat ke depan. 
 
Gambar 1.8. Posisi kepala saat pengambilan napas 

Sumber : https://tutorialolahraga.com  

c. Kaki 
Dalam renang gaya bebas, kaki digerakkan secara bergantian antara kaki kanan dan kiri memukul bergantian permukaan air. Kaki digerakkan berporos pada pangkal paha dan lutut tidak ditekuk. 
  
Gambar 1.9. Gerakan kaki gaya bebas 
Sumber : https://underwateraudio.com/  
 
d. Badan 
Posisi badan tengkurap ke dalam air dengan posisi mengapung, dan badan sejajar dengan permukaan air 
Gambar 1.10. Posisi badan saat berenang gaya bebas 

Sumber : https://jualbajurenang.com/  
 
3. Teknik renang gaya bebas 

Teknik renang gaya bebas terbagi ke dalam beberapa tahapan, yaitu sebagai berikut : 
 
3.1. Teknik dasar mengapung. 

Posisi mengapung tidak dapat dilakukan dalam satu sikap saja, tetapi banyak posisi yang bisa dilakukan supaya tubuh dapat terapung di atas permukaan air. Lakukanlah dengan rileks dan melayang tanpa mengeluarkan tenaga. Berikut teknik mengapung dalam renang. 
  • Berdiri di depan dinding kolam sejauh satu meter, air kolam dengan ketinggian air setinggi perut. 
  • Tarik napas dalam-dalam, kemudian masukkan kepala ke dalam air dengan sedikit merebahkan tubuh ke depan dalam posisi telungkup, mata tetap terbuka, dan buanglah napas perlahan-lahan. 
  • Tubuh tetap rileks pertahankan sikap tersebut di dalam air hingga napas tidak kuat lagi. 
  • Lakukanlah latihan ini berulang-ulang. 
Gambar 1.11. Posisi mengapung dengan posisi wajah menghadap ke atas 

Sumber : https://freedomsiana.id  
 
3.2 Teknik dasar meluncur 

Setelah menguasai teknik mengapung, lanjutkan dengan latihan meluncur. Latihan ini bertujuan untuk melatih keseimbangan tubuh di air. Jika tidak mampu menguasai keseimbangan tubuh maka tubuh akan tenggelam dan tidak mampu berdiri di kolam renang, meskipun kolam tersebut dangkal. 

Cara melakukan latihan meluncur sebagai berikut: 
  • Berdirilah di tepi kolam dengan sikap membelakangi dinding kolam, salah satu kaki menempel pada dinding untuk melakukan tolakan. 
  • Kedua lengan lurus ke atas di samping telinga dengan ibu jari saling berkaitan. 
  • Ambil napas dalam-dalam, condongkan tubuh ke depan, berusaha ujung jari tangan lebih dahulu yang masuk ke dalam air. 
  • Tolakkan kaki yang menempel pada dinding kolam sampai tubuh terdorong ke depan. 
  • Saat tubuh sedang meluncur, biarkan sampai tubuh berhenti melaju, dengan membuang nafas sampai nafas benar benar habis. 
Gambar 1. 12. Tahapan meluncur 

Sumber : https://narmadi.com/ 
 
3.3 Teknik pernapasan 

Latihan pernapasan sebaiknya dilakukan di darat terlebih dahulu. Caranya yaitu dengan melatih gerakan seperti yang dikerjakan di air. Pengambilan napas dilakukan pada saat mulut berada di atas permukaan air yaitu dengan cara memiringkan kepala (memutar) ke sisi kanan atau kiri. Latihan pernapasan juga dapat dilakukan di dalam kolam dangkal. 
 
3.4 Koordinasi saat berenang 

Koordinasi gerakan dalam renang gaya bebas adalah dengan cara menggabungkan seluruh fase-fase yang telah dikemukakan dalam suatu rangkaian gerakan secara bersamaan sehingga dapatlah diperoleh gerakan gaya bebas sebenarnya. 

C. Rangkuman  

Renang gaya dada atau Breast stroke biasa disebut juga dengan nama renang gaya katak. Disebut demikian karena gaya renang ini mirip sekali dengan cara katak berenang. Gaya dada merupakan gaya berenang  yang cukup santai sehingga populer untuk berenang dengan tujuan bersenang-senang. Gerakan yang halus membuat tubuh tidak terlalu capek saat berenang. 
 
Gaya dada dilakukan dalam posisi terlungkup dalam air (dada nempel ke air), posisi tubuh stabil, lalu bergerak maju dengan gerakan tangan dan kaki secara simultan. Kedua kaki digerakkan dengan cara menendang-nendang ke luar air dan Kedua tangan lurus ke arah depan. Kedua tangan lalu dibuka ke posisi samping, ini bertujuan supaya badan lebih mudah dan cepat untuk melaju ke arah depan. 
 
Menggunakan gaya dada saat berenang memungkinkan perenang dapat mengambil nafas saat mulut sedang berada di atas air setelah 2 – 4 kali gerakan tangan dan kaki. Namun gaya dada memiliki kecepatan paling lambat dibandingkan dengan teknik renang lainnya. 
 
Renang Gaya bebas (bahasa Inggris: front crawl) adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Kedua belah tangan secara bergantian digerakkan jauh ke depan dengan gerakan mengayuh, sementara kedua belah kaki secara bergantian dicambukkan naik turun ke atas dan ke bawah. Sewaktu berenang gaya bebas, posisi wajah menghadap ke permukaan air. Pernapasan dilakukan saat lengan digerakkan ke luar dari air, saat tubuh menjadi miring dan kepala berpaling ke samping. Sewaktu mengambil napas, perenang bisa memilih untuk menoleh ke kiri atau ke kanan. 
 
Dibandingkan gaya berenang lainnya, gaya bebas adalah gaya berenang yang bisa membuat orang berenang lebih cepat. 
 

D. Penugasan Mandiri  

Lakukan dan analisa lah tugas di bawah ini dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab, dan disiplin yang tinggi dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran! 
 
a. Renang Gaya Dada 
 
b. Renang Gaya Bebas 
 

E. Latihan Soal 

erjakan dan jawablah soal-soal di bawah ini dengan cara memberikan tanda silang (X) pada huruf di depan jawaban yang paling benar dari opsi jawaban yang tersedia! 
 
1. Posisi kaki renang gaya dada adalah ... 
A. Berdiri tegak 
B. kedua kaki dibuka lebar 
C. kedua kaki dirapatkan 
D. kedua lutut sedikit ditekuk 
E. kedua kaki lurus rapat 
 
2. Nomor renang gaya dada yang diperlombakan untuk pria adalah ... 
A. 50m dan 100m 
B. 100m dan 200m 
C. 300m dan 400m 
D. 400m dan 800m 
E. 500 m dan 800m 
 
3. Nomor renang gaya dada yang diperlombakan untuk wanita adalah ... 
A. 100m dan 200m 
B. 200m dan 400m 
C. 300m dan 400m 
D. 400m dan 800m 
E. 500m dan 800m 
 
4. Pengambilan nafas pada renang gaya dada muka menghadap ke ... 
A. Kanan 
B. Bawah 
C. Kiri 
D. Depan 
E. Atas 
 
5. Nama lain renang gaya dada adalah ... 
A. gaya lumba lumba 
B. gaya katak 
C. gaya bebas 
D. gaya punggung 
E. gaya crawl 

6. Gambar  ini merupakan teknik dasar renang gaya… 
 A. Dada  
B. Bebas 
C. Punggung  
D. Dholfin  
E. Kupu kupu 
 
7. Posisi kepala saat melakukan renang gaya bebas yang benar adalah … 
A. Diatas permukaan air dan menghadap keatas 
B. Didalam air dan menghadap kebawah 
C. Dibawah permukaan air dan menghadap kekiri 
D. Dibawah Permukaan air dan menghadap kekanan 
E. Diatas permukaan air dan menghadap kedepan 
 
8. Teknik gerakan yang lebih dominan digunakan dalam renang gaya bebas yaitu gerakan... 
A. Lengan 
B. Kepala 
C. Perut 
D. Pinggang 
E. Kaki 
 
9.  yang melakukan renang akan merasa senang, percaya diri dan berani, hal ini merupakan pengaruh renang dilihat dari.... 
A. Fisiologis 
B. Biologis 
C. Pisikologis 
D. Anatomi 
E. Ilmu Faal 
 
10. Gerakan gaya bebas pertama-tama dilakukan oleh Crawl Australia, yaitu dilakukan dengan dua kali gerakan lengan dan diteruskan dengan .... 
A. Satu kali gerakan kaki 
B. Dua kali gerakan kaki 
C. Tiga kali gerakan kaki 
D. Empat kali gerakan kaki 
E. Kaki tetap diam lurus 

KUNCI JAWABAN LATIHAN SOAL 
1. B 
2. B 
3. A 
4. D 
5. B        
6. B 
7. B 
8. A 
9. C 
10. D 
 

F. Penilaian Diri 

Berilah tanda ceklis (√) pada kolom ‘Ya’ jika kalian sudah menguasai materi/melakukan hal tersebut dan pada kolom ‘Tidak’ jika kalian belum menguasai materi/melakukan hal tersebut! 
Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Menganalisis Dan Mempraktikkan Keterampilan Dua Gaya Renang Mapel PJOK kelas 12 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Menganalisis Dan Mempraktikkan Keterampilan Dua Gaya Renang  File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • renang gaya dada adalah
    • renang gaya bebas adalah
    • teknik dasar renang gaya bebas
    • teknik renang gaya bebas
    • gerakan tangan renang gaya dada
    • gerakan kaki pada renang gaya dada adalah
    • teknik dasar renang gaya dada
    • manfaat renang gaya dada
    • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022